Girls, Ini Lho Kriteria Dalam Memilih Sahabat yang Baik

By Hai Gadis

Menemukan sahabat yang setia menemanimu dalam berbagai keadaan bukan hal yang mudah lho girls. Banyak hubungan pertemanan yang putus karena masalah sepele, mulai dari kesalah pahaman, percintaan, hingga perbedaan selera. Agar kamu tak salah memilih sahabat, kamu harus tahu kriteria dalam memilih sahabat ya.

Hal yang harus kamu garis bawahi adalah tidak semua orang bisa kamu jadikan teman, apalagi sahabat. Sahabat yang baik akan memberikan dampak positif pada hidupmu, pun mereka akan selalu mendukungmu dalam setiap langkah.

Pilih Sahabat dengan Sifat yang Baik

kriteria memilih sahabat

photo by bogor-daily.com

Kamu tak harus punya banyak sahabat kok girls, dalam memilih teman kamu harus mempertimbangkan kualitas yang mereka miliki, terutama dalam sifatnya. Sahabat yang baik seharusnya punya sifat seperti ini:

1. Bisa Saling Menjaga

Persahabatan tak hanya sekedar teman main dan hangout saja lho, sahabat yang baik akan menjagamu, pun kamu tak akan keberatan untuk menjaganya. Ketika kamu bersamanya kamu akan didukung dalam setiap langkah, sahabatmu juga peduli dengan dirimu girls.

2. Dapat Dipercaya

Pastikan kamu punya sahabat yang dapat dipercaya ya. Sahabat yang baik tak akan mengkhianatimu atau menusukmu dari belakang. Bukan hanya bisa dipercaya, sahabat juga tak akan bohong padamu. Kejujuran dan sifat saling percaya akan membuat hubungan kalian pertemanan lebih kuat.

3. Berkomitmen untuk Bersama Denganmu

Berikutnya adalah komitmen, sebagai seorang sahabat tentu kamu rela kan meluangkan waktumu untuk mereka ketika sedang ada masalah? Begitu pula dengan mereka, sahabatmu tentu akan meluangkan waktunya untukmu. Tak semua orang mau lho mengorbankan waktunya untuk orang lain jika tak punya ikatan.

4. Saling Memberikan Penghargaan

Ketika kamu berhasil mencapai sesuatu, kamu tentu ingin merayakannya bersama sahabat kan? Nah, sahabat yang baik akan memberikan penghargaan dan mendukungmu ketika kamu berhasil. Mereka akan memberikan feedback yang positif dan bahagia ketika kamu juga bahagia.

Pilih Sahabat yang Bisa Membantumu Mengendalikan Diri

photo by solopos.com

Kalau kamu tipe orang yang susah mengendalikan diri, misalnya kamu sering impulsif buat belanja, pilih teman yang memiliki pengendalian diri baik. Dengan mencari sahabat yang lebih disiplin, kamu akan memiliki kemauan untuk berubah dan memiliki sifat yang sama.

Kamu bisa bercerita ke sahabatmu mengenai masalahmu, kemudian meminta mereka mengingatkanmu. Tentu mereka tak akan ragu untuk memotivasimu buat berubah atau membantumu meninggalkan kebiasaan burukmu.

Sahabat juga bisa mempengaruhi kemampuanmu membuat keputusan lho girls. Kalau kamu berteman dengan orang yang suka shopping, secara tak sadar kamu juga akan melakukan kebiasaan yang sama. Jadi pilih dengan bijak seperti apa sahabatmu jika kamu tak ingin melakukan kebiasaan negatif ya.

Pertimbangkan untuk Memilih Sahabat dengan Prinsip Sama

photo by halodoc.com

Kita memang tak bisa menghindari perbedaan girls, namun akan lebih baik kalau kamu punya sahabat dengan prinsip yang sama. Punya sahabat dengan prinsip atau nilai yang sama akan membuat kamu tak goyah keyakinannya.

Lagi pula kamu juga tak akan mendapatkan pengaruh negative dari teman yang prinsipnya berbeda denganmu. Kalau kamu punya sahabat dengan prinsip yang sama, tentu mereka akan membantumu memegang teguh prinsip tersebut.

Sahabat dengan Jenjang yang Lebih Tinggi

sahabat yang baik

photo by medcom.id

Tidak semua orang nyaman dengan sahabat yang jenjang posisinya sama lho. Ada anggapan kalau kamu berteman dengan orang yang jenjangnya sama, kamu tak akan berubah ke arah yang lebih baik.

Untuk itu, kamu bisa mencoba bersahabat dengan mereka yang jenjangnya lebih tinggi darimu. Berteman dengan mereka akan membuatmu punya pikiran yang lebih luas dan pengalaman yang lebih baik. Namun bukan berarti kamu meninggalan sahabat seangkatan ya girls. Tak semua sahabatmu harus punya usia di atasmu kok.

Pilih Sahabat dengan Minat yang Sama

kriteria sahabat yang baik

photo by bola.com

Terakhir, kamu bisa memilih sahabat dengan minat yang sama. Ini tentu akan membuat hidupmu lebih menyenangkan karena kamu punya teman untuk melakukan aktifitas yang kamu sukai. Kamu pun juga mendapatkan dukungan dan motivasi untuk melakukan hal tersebut tanpa ada beban.

Itu dia girls cara yang tepat untuk memilih sahabat. Kamu harus bijak ya memilih sahabat, jangan sampai memilih teman yang salah. Sahabat sejati akan membantumu untuk terus berkembang dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.