Tips Memilih Bedak Sesuai Warna dan Jenis Kulit

By Hai Gadis

Bedak menjadi salah satu bagian makeup yang penting. Jangan sampai bedak yang kamu gunakan malah membuat finishing tidak maksimal girls. Biar makeup mu terlihat flawless, kamu bisa lakukan tips memilih bedak berikut ini ya!

Untuk memilih bedak, ada dua aspek yang harus kamu perhatikan. Pertama memilih bedak sesuai dengan warna kulit, sedangkan yang kedua memilih bedak sesuai jenis kulit. Dengan bedak yang tepat, penampilanmu bisa terlihat alami dan natural lho!

Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit

memilih bedak

photo by berkeluarga.id

Sebelum membeli bedak, kamu harus tahu warna kulit yang kamu miliki. Ada tiga jenis tipe warna kulit yang ada, yakni tone cool, warm dan netral. Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat urat nadi yang ada di tanganmu.

Kalau warnanya kebiruan, kamu termasuk dalam cool undertone. Beda kalau warnanya hijau, kamu masuk dalam kategori warm undertone. Kalau tidak jelas diantara keduanya, maka termasuk neutral undertone. Jika sudah tahu tipe tone warna kulit, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

1. Tes di Pergelangan Tangan

Warna pergelangan tangan ternyata punya kecenderungan sama dengan warna wajah lho girls. Untuk mendapatkan shade yang tepat, kamu bisa mengetesnya dulu di permukaan kulitmu. Dengan cara ini, kamu bisa dapat shade bedak yang tepat supaya wajahmu tak terlihat belang.

2. Kenali Pilihan Shade untuk Kulit

Kalau bingung memilih shade bedak, kamu bisa langsung lihat warna kulit wajahmu kok. Jika kulitmu cenderung pucat, kamu bisa gunakan bedak berwarna merah muda. Beda kalau warna kulitmu kuning langsat, bedak warna krem bisa jadi pilihan yang tepat buatmu.

3. Coba White Test

Kamu pernah gak girls bingung dengan dua shade yang warnanya sepintas mirip, jadi bingung kan mau pilih yang mana. Nah, ada tips memilih bedak kalau kamu menemukan dua shade yang mirip ketika kamu aplikasikan. Caranya dengan melakukan white test di kertas putih. Dengan kertas tersebut, kamu bisa melihat perbedaan dua shade tersebut lebih jelas.

4. Pilih Shade yang Mendekati Warna Kulit

Kalau misal kamu tak menemukan shade yang sama dengan warna kulitmu, pilih saja yang warnanya mendekati. Jika ingin mendapatkan kesan wajah yang lebih cerah, kamu bisa pakai wara satu strip diatas warna kulitmu. Jangan pilih bedak yang warnanya terlalu terang ya, bisa bisa wajahmu malah akan terlihat abu-abu.

Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

photo by shopback.co.id

Jika sudah menemukan shade yang tepat, kini kamu bisa memilih jenis bedak yang sesuai jenis kulit. Menemukan bedak yang pas dengan jenis kulit akan menghindari masalah pada wajah lho. Kamu juga bisa tampil maksimal dan flawless dengan bedak yang bisa menyamarkan masalah kulit.

1. Bedak untuk Kulit Kering

Untuk kamu yang punya kulit kering, sebaiknya pilih bedak berlabel hypoallergenic. Bedak ini akan memberikan kelembapan pada wajah, sehingga bedak lebih menempel di kulit. Hindari menggunakan bedak dengan finishing matte karena bisa membuat pori-porimu terlihat jelas.

2. Bedak untuk Kulit Berminyak

Wajah berminyak memang jadi kendala buat memilih bedak yang pas ya. Jika salah memilih, wajah malah akan terlihat kilap dan kusam. Untuk kulit berminyak, kamu bisa pakai bedak oil control matte agar produksi minyak berlebih bisa berkurang girls.

3. Bedak untuk Kulit Kombinasi

Berbeda untuk pemilik wajah berkulit kombinasi, kamu bisa pilih bedak two way cake. Dengan bedak tipe ini, area T-zone mu bisa tetap kering, sedangkan area lain bisa lembab. Bedak two way cake juga akan memberikan hasil matte, sehingga kamu bisa tampil natural dan flawless deh.

4. Bedak untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitive memang butuh perhatian ekstra untuk skincare atau makeup ya girls. Jika ingin membeli bedak, kamu bisa pilih bedak dengan bahan utama dari mineral. Selain itu, hindari pula penggunaan bedak yang mengandung paraben atau alcohol karena bisa menyebabkan iritasi.

Memilih bedak memang bukan urusan yang gampang ya girls, tips memilih bedak diatas semoga bisa membantumu. Kalau kamu ingin tampil flawless, bedak menjadi item makeup yang harus kamu perhatikan. Dengan banyaknya merek bedak saat ini, kamu bisa pilih yang sesuai kebutuhan, jadi jangan sampai salah pilih ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.