Tips Menyimpan Makeup Agar Awet dan Tahan Lama

By Hai Gadis

Bagi wanita, produk makeup dan skincare sudah jadi barang yang penting. Selain harus tahu cara memakainya, kamu juga harus tahu tips menyimpan makeup agar awet dan taha lama. Pasti kamu jadi bête kan lihat bedak yang pecah atau serum yang tumpah?

Banyak kosmetik sebenarnya gampang rusak lho, agar pemakaiannya tetap maksimal. kamu harus menyimpannya dengan baik. Beberapa produk juga bisa turun kualitasnya kalau kamu taruh sembarangan. Girls, simak tipsnya berikut ini ya supaya kamu gak melakukan kesalahan yang sama.

Cara Menyimpan Makeup

tips menyimpan makeup agar awet

Photo by kompas.com

1. Simpan di Tempat yang Aman

Produk kosmetik lebih baik kamu simpan di dalam ruangan yang tak terkena cahaya matahari langsung. Kamu bisa coba cek meja riasmu, kalau masih terkena sinar matahari, sebaiknya pindahkan ke lemari kecil atau laci. Kualitas dari produk riasmu bisa turun lho kalau kena sinar matahari dan ultraviolet.

2. Simpan Makeup Organik di Lemari Es

Sekarang ini sudah banyak brand yang menawarkan makeup dan skincare dari bahan organik. Karena menggunakan bahan alami, penyimpanannya harus kamu perhatikan dengan betul ya. Kamu bisa menyimpan makeup organik di dalam kulkas untuk menghindari tumbuhnya jamur.

3. Tempatkan Ulang

Ada lho produk skincare yang bisa kamu pindahkan ulang, misalnya krim pelembab yang memiliki bentuk jar. Kamu bisa pindahkan ke botol pompa atau menambahkan spatula pada jar nya. Kalau kamu langsung mengoleskan krim ke kulit dengan jari, bisa jadi krim kosmetik mu malah terkontaminasi bakteri dari jari tangan.

4. Jangan Simpan di Kamar Mandi

Tips menyimpan makeup agar awet selanjutnya adalah tidak menyimpan produk kecantikan di kamar mandi. Udara yang lembab di kamar mandi akan memperpendek masa pemakaian makeup maupun skincare. Solusinya kamu bisa pasang kotak penyimpanan khusus, jadi kamar mandi bisa tetap rapi deh!

Cara Menyimpan Kuas dan Alat Kosmetik

Photo by suara.com

1. Tempatkan Kuas di Wadah Khusus

Selain produk makeup, kamu juga harus memperhatikan kuas dan alat rias lainnya. Tempatkan di satu tempat khusus agar meja riasmu tak berantakan. Kalau kamu sembarangan meletakkan kuas, bulunya akan kotor dan cepat rontok lho.

2. Bersihkan secara Berkala

Kuas juga harus kamu bersihkan girls, jadi sisa makeup yang menempel di ujung bulunya tak akan menyumbat porimu. Cara membersihkannya mudah kok, kamu bisa teteskan sampo atau sabun cair di ujung kuas, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara Menyimpan Parfum dan Kuteks

tips menyimpan makeup agar awet

Photo by liputan6.com

1. Simpan dalam Suhu Ruangan

Untuk parfum, kamu sebenarnya tak perlu memperlakukannya secara khusus. Simpan saja di tempat yang sejuk, terhindar dari cahaya matahari dan dalam suhu ruangan. Akan lebih baik kalau kamu simpan parfum di tempat gelap agar lebih tahan lama.

2. Kuteks Harus dalam Posisi Tegak

Meski kuteks punya tutup yang membuatnya tak mudah luber, bukan berarti kamu bisa meletakannya sembarangan. Kamu bisa simpan kuteks dalam posisi tegak agar cairan warna dan minyaknya tetap terpisah. Jika ingin lebih awet, kamu bisa tambahkan petroleum jelly di bagian leher botol untuk mencegah udara masuk.

Susun Makeup Sesuai Ukuran

Photo by kompas.com

Kalau kamu tak punya lemari kecil untuk menyimpan makeup, ada baiknya kamu susun sesuai dengan ukuran kemasan. Ini akan memudahkanmu untuk menemukan produk rias yang kamu cari, bonusnya meja riasmu pun kelihatan lebih ringkas.

Cara ini juga meminimalisir ada makeup yang hilang dan terselip. Kamu bisa pasang kotak-kotak laci untuk memisahkan satu jenis makeup dengan yang lain. Jadi tak ada drama bedak atau lipstik jatuh deh.

Pisahkan Makeup yang Sering Kamu Pakai

Photo by lifestyle.okezone.com

Kamu pasti punya makeup yang sering kamu pakai di berbagai acara. Untuk memudahkan kamu menggunakannya, kamu bisa tambahkan satu kotak transparan khusus untuk menyimpannya. Dengan cara ini, kamu tak perlu ribet memilah tumpukan makeup mu girls.

Ternyata tips menyimpan makeup agar awet tak sulit ya buat dilakukan. Setelah tahu cara menyimpannya, kamu bisa benahi meja riasmu dan tempatkan makeup sesuai jenisnya. Jangan sampai deh kamu menyesal belakangan karena banyak makeup mu yang rusak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.