10 Fakta Psikologi Tentang Wanita, Wajib Kamu Ketahui!

By Hai Gadis

Menarik untuk dibahas, ini dia beberapa fakta psikologi tentang wanita yang kerap membuat kaum adam kebingungan menghadapinya!

Bagi kaum adam, wanita merupakan makhluk paling misterius dan sulit ditebak baik isi hatinya maupun isi pikirannya. Nggak heran jika banyak pria mengeluh karena merasa sulit untuk memahami isi hati dan pikiran pasangannya. Anggapan tersebut sepertinya tidak berlebihan, karena faktanya, kebanyakan wanita memang lebih suka memendam perasaannya dan mengatakan hal-hal yang bertentangan dengan isi hatinya.

Nah selain suka mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan isi hatinya, ada beberapa fakta psikologi tentang wanita lainnya yang menarik untuk dibahas lho! Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya!

1. Wanita lebih intuitif dibanding pria

Fakta Psikologi Tentang Wanita

photo via aura-soma.com

Wanita disebut lebih intuitif dibanding pria. Ini merupakan salah satu fakta psikologi wanita yang banyak orang menyetujuinya. Dengan kelebihannya tersebut, wanita cenderung lebih peka dan tidak sulit untuk membaca situasi dan keadaan. Hal tersebut membuat mereka lebih cepat untuk mengambil tindakan tanpa melakukan analisis atau proses berpikir panjang terlebih dahulu.

2. Wanita memiliki ingatan yang tajam

Jangan coba-coba mecari gara-gara dengan kaum hawa, karena wanita biasanya mudah memaafkan namun mereka tidak akan melupakan apapaun yang membuat hati mereka terluka. Ini karena wanita memiliki ingatan yang tajam. Meskipun orang yang berbuat salah telah melupakannya, namun tidak mudah bagi wanita untuk melupakannya meskipun telah memberi maaf. Kesalahan yang kamu perbuat 10 tahun lalu, bisa saja akan terungkin kembali kalau kamu membuatnya marah.

3. Wanita tidak suka diabaikan saat bertengkar

Fakta Psikologi Tentang Wanita

photo via indiatvnews.com

Fakta psikologi tentang wanita satu ini wajib banget para pria ketahui. Berbeda dengan laki-laki yang cenderung akan diam saat bertengkar dengan pasangannya. Para wanita justru tidak suka jika mereka diabaikan. Ketika para wanita marah dengan pasangannya, para wanita ini mengharapkan respon dari pasangannya. Oleh karena itu, entah itu bersalah atau tidak, sebaiknya tetap berilah para wanita penjelasan.

4. Ketika ada masalah, wanita tidak butuh nasehat

Menariknya lagi, ketika wanita sedang menghadapi sebuah masalah dan terlihat uring-uringan, lebih baik kamu diam saja. Jadilah pendengar yang baik dan dengarkan segala keluh kesahnya. Jangan memberikan nasehat ataupun menghakimi mereka jika kamu tidak ingin menjadi sasaran amarah mereka selanjutnya. Wanita yang sedang dirundung masalah hanya ingin didengarkan, dan hal itu akan membuat perasaan mereka menjadi lebih tenang.

5. Jika wanita sudah diam dan cuek, berarti dia sudah tidak peduli

Fakta Psikologi Tentang Wanita

photo via goodtherapy.org

Sifat alami yang dimiliki wanita adalah perhatian. Mereka memperhatikan setiap detail kecil dari pasangannya, dan hal ini sering kali disalah artikan oleh para laki-laki dengan menyebut wanita sebagai makhluk yang cerewet dan bawel. Padahal cerewet dan bawelnya wanita menunjukkan bahwa mereka sayang dan sangat peduli dengan pasangannya.

Karena jika wanita sudah bersikap diam, bersikap cuek dan berubah menjadi dingin, maka artinya dia sudah tidak peduli dengan kamu. Entah itu alasannya karena kamu telah melakukan kesalahan yang tidak bisa ditolerir, atau memang karena dia sedang mencari pilihan pria lain. Yang jelas, ketika kaum hawa sudah berubah dari perhatian dan bawel menjadi cuek dan dingin, pada para laki-laki harus berhati-hati.

6. Wanita juga memandang penampilan pria

Bagi wanita, pria yang memiliki penghasilan tinggi dan mapan menjadi salah satu syarat utama mereka dalam mencari pasangan. Namun selain itu, masih ada pertimbangan lain dalam memilih pasangan yang diperhatikan oleh para wanita lho.

Pertimbangan tersebut mengarah pada penampilan seorang pria. Ya, siapa bilang wanita hanya melihat harta dan uang? Mereka juga memiliki penilaian khusus tentang penampilan pria. Namun penampilan disini tidak harus memiliki wajah ganteng bagai idol Kpop, tapi lebih kepada cara berpakaian yang rapi, bersih dan wangi.

7. Bagi wanita penampilan sangat penting

Fakta Psikologi Tentang Wanita

photo via cosmeticsplus.com.au

Bagi kalian yang suka heran kenapa cewek memerlukan waktu berjam-jam hanya untuk berdandan, ketahuilah bahwa wanita merupakan makhluk yang sangat memperhatikan penampilan. Saking menganggap penting penampilan, mereka tidak akan mau keluar rumah jika alis mereka masih berantakan. Bahkan menurut penelitian, 91% wanita lebih memilih membatalkan kencan pertama mereka daripada muncul tanpa riasan.

8. Penilaian seorang wanita jarang salah

Dibanding pria, wanita lebih cepat untuk men-judge seseorang atau sesuatu yang mereka lihat. Namun menariknya, kebanyakan penilaian seorang wanita itu jarang salah meskipun dilakukan secara singkat. Nggak heran jika kebanyakan wanita akan mempertimbangkan untuk meninggalkan pacarnya jika sahabat wanitanya tidak menyukainya.

9. Wanita memiliki karakter schadenfreude

Fakta Psikologi Tentang Wanita

photo via newsweek.com

Meski semua orang pada dasarnya memiliki karakter schadenfreude, namun wanita disebut sebagai pemilik sisi schadenfreude yang lebih dominan daripada pria. Schadenfreude sendiri merupakan perasaan senang, gembira, atau puas yang muncul setelah melihat atau mendengar kabar seseorang yang sedang mengalami kesulitan, kegagalan atau kehinaan.

Schadenfreude bisa terjadi karena adanya rasa kecemburuan dengan seseorang atau kelompok lain. Saat dia melihat teman atau rekan kerja mendapatkan hadiah dari orang lain, maka ia akan merasa iri. Biasanya mereka yang iri akan meremehkan pencapaian orang lain setinggi apapun hanya demi menjatuhkan orang tersebut. Orang-orang ini baru bisa bahagia ketika kehidupan orang lain jauh lebih menyedihkan dibanding dirinya.

10. Wanita dengan perut kenyang lebih merespon rangsangan romantis

Inilah alasan kenapa setiap pergi bersama cewek, entah itu kencan, hangout atau apapun itu, makan merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, wanita dengan perut kenyang akan lebih mudah merespon rangsangan romantis. Jadi jika kamu memberikan gombalan pada cewek yang kelaparan, maka hal tersebut tidak akan mempan. Selain itu, jika seorang cewek sedang dalam mood yang buruk, maka ajak dia pergi makan untuk memperbaiki mood atau suasana hatinya.

Nah itu dia beberapa fakta psikologi tentang wanita yang menarik untuk dibahas. Bagaimana menurut kalian guys? Bila kamu wanita, apakah kamu relate dengan pernyataan diatas? Sedangkan jika kamu pria, apakah kamu pernah salah mengartikan keinginan pasangan kamu? Share pengalaman kamu di kolom komentar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.