Ini Lho Masker Wajah Alami Yang Bisa Kamu Buat Sendiri

masker wajah alami

2 bulan lalu

Nowadays, trend masker wajah dari berbagai merk sedang booming-booming nya di Indonesia, selain praktis kita juga tidak harus pergi ke salon hanya untuk merawat wajah. Namun, karena terlalu digemari banyak orang, terdapat beberapa oknum yang memproduksi masker wajah yang palsu dan memakai nama merk terkenal. Mengerikan ya sobat? Bayangkan saja, bagaimana bila masker palsu tersebut terus digunakan untuk kulit wajah kalian? Tentu saja bisa membuat munculnya masalah pada kulit, bukannya semakin cantik, tapi semakin tak enak dipandang.

Tapi, jangan takut dulu nih, Kalian bisa saja membuat masker sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, selain sehat dan terjamin, bahan yang alami juga aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Kira-kira masker wajah apa saja? yuk kita intip beberapa masker alami yang bisa kamu buat sendiri.

1. Masker Strawberry dan Tepung Beras

masker wajah alami dengan strawberry

Photo via bordo.al

Strawberry selain enak untuk dikomsumsi, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan masker wajah lho, itu karena kandungan Vitamin C pada strawberry dapat meregenerasi sel kulit baru yang berkhasiat untuk mencerahkan dan melembabkan kulit. Kalian hanya perlu menyiapakan 5 buah strawberry dengan setengah sendok makan tepung beras. Cara membuat masker dari bahan strawberry dan tepung beras ini sangat mudah. Hanya haluskan buah strawberry dan campurkan dengan tepung beras, tambahkan sedikit air lalu aduk hingga rata. Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan masker ini. Sebaiknya gunakan masker ini sebelum tidur, dan bilas di keesokan harinya menggunakan air dingin.

2. Masker Apel dan Madu

masker wajah alami dengan apel dan madu

Photo via ammcobus.com

Siapa disini yang menyukai apel? Buah yang terkenal lewat cerita “Snow White” ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kecantikkan. Salah satunya adalah bermanfaat untuk menyingkirkan sel kulit mati pada kulit wajah, itu karena kandungan Vitamin A, B & C pada apel mempunyai khasiat untuk menumbuhkan sel kulit baru. Madu pun juga berkhasiat untuk mengencangkan dan melembabkan kulit. Sehingga keduanya menjadi kombinasi yang sangat tepat bila dijadikan bahan pembuatan masker. Caranya pun relatif gampang, yaitu parut buah apel beserta kulitnya lalu campurkan dengan 1sdm madu. Lalu, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.

3. Masker Kunyit

masker wajah alami dengan kunyit

Photo via doktersehat.com

Kunyit yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka, ternyata bisa digunakan untuk masker kecantikan untuk wajahmu. Kandungan pada kunyit yang mampu menyembuhkan dan menutup luka dengan cepat juga dapat dipercaya untuk menyembuhkan kulit yang rusak dan mampu menumbuhkan sel kulit baru. Tak perlu khawatir, untuk membuat masker satu ini, kalian hanya perlu menghaluskan kunyit dan mencampurkannya dengan madu. Oleskan masker ini pada wajah yang sudah bersih, diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal gunakan masker ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.

4. Masker Kayu Manis

masker wajah alami dengan kayu manis

Photo via nutrientssolutions.com

Kayu manis yang memiliki aroma wangi ini juga mempunyai beberapa keuntungan dalam dunia kecantikkan. Kandungan antiinflamasi, antimicroba, dan antiseptik dalam kayu manis berguna untuk membasmi jerawat pada wajah. Jadi, masker ini wajib dicoba bagi kalian yang frustasi melawan jerawat. Masker ini dibuat dengan cara menghaluskan kayu manis dan dicampurkan dengan air. Diamkan hingga mengering, dan bilas wajah menggunakan air bersih.

5. Masker Tepung Beras dan Susu

masker wajah alami dengan beras dan susu

Photo via ushuaia-beaute.fr

Jika biasanya tepung beras digunakan untuk bahan membuat kue, kali ini tepung beras digunakan untuk bahan masker wajah alami yang dipercaya dapat memutihkan kulit. Itu karena tepung beras memiliki kandungan Vitamin B, allantoin, dan tirosinase yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Cara membuat masker ini juga simple banget. Hanya perlu mencampurkan tepung beras dengan 1 sdm susu full cream hingga menjadi pasta. Oleskan merata pada wajah lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

6. Masker Kacang Kedelai

masker wajah alami dengan kedelai

Photo via konami.com

Masker wajah alami berikutnya adalah masker wajah menggunakan kacang kedelai. Kacang kedelai mempunyai kandungan magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan Vitamin B kompleks, A. E yang berguna sebagai anti-oksidan yang dapat mencegah proses penuaan dini pada kulit wajah. Selain itu, kacang kedelai juga dipercaya dapat menghilangkan komedo, miyak berlebih pada wajah. Membuat masker ini memang sedikit membutuhkan waktu yang lumayan lama, karena kalian perlu merendam kacang kedelai selama 1 hari. Setelah itu haluskan kacang kedelai agar terlihat seperti pasta. Lalu oleskan masker pada wajah yang bersih, diamkan selama 30 menit hingga mengering. Bilas wajah menggunakan air hangat.

7. Masker Pisang dan Yogurt

masker wajah alami dengan pisang dan yogurt

Photo via thequint.com

Vitamin C yang terdapat pada pisang dapat menghasilkan kolagen yang dibutuhkan oleh kulit dalam proses regenerasi sel kulit baru. Kandungan dalam pisang juga dapat digunakan untuk menghaluskan wajah, dan menyapu radikal bebas yang menempel pada kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan yogurt sebagai bahan tambahan, karena yougurt mempunyai kandungan kalsium dan zinc yang bisa melembabkan kulit wajah. Caranya, haluskan pisang dan campurkan dengan 2 sdm yogurt. Oleskan masker secara merata pada wajah dan diamkan 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Masker Madu dan Putih Telur

Jika bicara tentang madu, pasti tak akan ada habisnya, karena madu menyimpan banyak manfaat dalam kehidupan. Apalagi dalam masalah kecantikan, cairan lengket yang manis ini banyak digunakan untuk masker wajah yang diproduksi dalam pabrik. Madu memiliki kandungan mineral, dan anti-oksidan yang dapat menumbuhkan sel kulit baru. Selain itu, Putih telur juga mengandung banyak protein dan mineral yang dapat mengencangkan kulit wajah. Tidak perlu susah untuk membuat masker wajah alami ini, kalian hanya perlu mengambil putih telur, dan 1 sdm madu. Kocok putih telur yang sudah dicampur dengan madu hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering sekitar 3o menit. Setelah itu, bilas wajah kalian menggunakan air dingin.

9. Masker Kentang

Kandungan mineral pada kentang berkhasiat menjadi anti-biotik untuk membantu meregenerasi sel kulit baru. Sehingga kentang dapat dipercaya untuk menghilangkan noda hitam pada wajah atau lebih dikenal dengan “flek hitam”. Membuat masker kentang ini tidak begitu sulit. Hanya, haluskan kentang yang sudah direbus, lalu campurkan 2 sdm susu. Oleskan masker pada wajah dan diamkan 30 menit. Jika sudah terasa kering, bilas dengan air bersih.

10. Masker Tomat

Jika mendengar kata tomat? kalian pasti akan bingung apakah tomat ini termasuk golongan buah atau sayur? Dari masalah yang belum bisa dipecahkan ini, ternyata mengandung anti-oksidan yang tinggi, digunakan untuk menangkal radikal bebas dan debu yang hinggap pada kulit. Zat ini juga mampu untuk melindungi kulit wajah dari sengatan matahari. Cara pepmbuatan masker ini sangat mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan air tomat dan buttermilk. Hancurkan tomat lalu saring hingga mendapatkan airnya, lalu campurkan air tomat dengan buttermilk. Oleskan merata pada wajah. Tunggu hingga mengering kira-kira sekitar 30 menit. Bilas wajah dengan air dingin.

11. Masker Alpukat

masker wajah alami dengan alpukat

Photo via ortsplanungsrevisionthun.ch

Buah yang biasanya digunakan sebagai bahan isian suzi ini ternyata bisa dijadikan masker untuk wajah. Kandungan anti-oksidan pada buah alpukat dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Kalian yang memang mempunyai masalah kulit wajah kusam, masker wajah alami yang terbuat dari alpukat adalah salah satu cara untuk mengatasinya. Untuk membuat masker alpukat, kalian hanya perlu menhancurkan daging buah alpukat hingga menjadi seperti pasta, lalu campurkan dengan madu. Oleskan masker secara merata pada seluruh bagian wajah dan leher. Setelah 15 menit, bilas wajah menggunakan air hangat.

12. Masker Timun

Sudah tidak bisa diragukan lagu buah satu ini untuk kecantikan kulit. Timun dipercaya mampu untuk melembutkan kulit dan mencerahkan wajah. Besides, Timun juga mampu untuk menghilangkan bekas jerawat dan lingkar hitam pada wajah. Sehingga, tidak bisa dipungkiri jika timun banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan. Daripada membeli produk pabrik, kalian juga bisa membuat masker dari bahan dasar timun ini dirumah, dengan cara memotong timun menjadi beberapa bagian, lalu haluskan timun menggunakan blender. Setelah masker jadi, oleskan pada wajah dan diamkan 15 menit. After 15 minutes, kalian bilas wajah kalian dengan air hangat.

13. Masker Pepaya

Photo via cerev.info

Buah yang berwarna orange saat matang ini mempunyai kandungan “papain” yang dipercaya dapat memutihkan wajah dan menumbuhkan sel kulit baru. Selain itu, Vitamin A, C, dan E berperan sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk mencerahkan dan melembabkan wajah, sehingga wajah akan terasa kenyal dan cerah setiap hari. Cara membuat masker ini termasuk mudah, karena kalian hanya perlu menghaluskan pepaya dan mencampurnya dengan 1 sdm madu. Saat masker siap, oleskan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit. Setelahnya, basuh wajah menggunakan air hangat.

14. Masker Beras

Apakah kalian tau jika air rendaman beras bisa mencerahkan kulit wajah? Ternyata kandungan asam ferulic dan allantoin pada air beras berfungsi untuk melindungi kulit agar terbebas dari kulit kusam dan mencerahkan wajah. Cara membuat masker ini adalah dengan air bekas rendaman beras ini didiamkan selama 15 menit. Lalu ambil kapas dan celupkan kedalam air rendaman yang berada paling dasar. Oleskan pada wajah, lalu setelah menunggu kurang lebih 15 menit, basuh wajah menggunakan air dingin.

15. Masker Bengkoang

Jika kalian bertanya masker apa yang bisa digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah? mungkin kalian bisa mencoba masker bengkoang. Karena Vitamin C dan B1 pada bengkoang terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit. Cara membuatnya pun tidak susah. Pertama, kalian harus menumbuk bengkuang yang sudah bersih agar halus dan mengeluarkan sari. Lalu, Saring air sari bengkoang dan biarkan selama beberapa jam agar terjadi pengendapan. Nah, endapan ini kalian ambil untuk dijadikan masker. Saat mengaplikasikan masker pada wajah, kalian harus menunggu selama 15 menit agar masker teresap kedalam kulit wajah. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air dingin.

16. Masker Lobak Putih

Kulit kering sering kali menjadi penyebab tidak ratanya pengaplikasian makeup, yang ada malah jadi “cakey”. Nah, untuk menyiasati ini, kalian harus rajin memakai masker sebelum tidur pada malam hari. Salah satu masker yang recomended untuk di coba adalah masker yang terbuat dari lobak putih. You must be wondered how radish can be a mask for our skin? Lobak putih mempunyai kandungan Vitamin C, Vitamin B complex, fosfor, dan zinc yang dapat membantu mencerahkan dan melembabkan wajah. Masker satu ini dibuat dari campuran lobak putih yang dihaluskan dan 2 sdm minyak zaitun. Lalu oleskan pada wajah dan setelah 30 menit, basuh wajah menggunakan air bersih.

17. Masker Teh hijau

Photo via picdeer.com

Teh hijau memang sudah populer jika dibahas dalam dunia kecantikkan. Biasanya teh hijau digunakan sebagai bahan dasar lotion, scrub, hingga masker. Itu karena teh hijau mengandung anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas, dan mengeluarkan toxin pada tubuh kita. Maka dari itu, masker teh hijau banyak gunakan oleh remaja putri, hingga orang tua. Alih-alih membeli produk masker teh hijau dari pabrik, lebih baik kalian membuatnya sendiri di rumah karena untuk membuat masker ini tidaklah susah. Kalian hanya perlu membeli bubuk teh hijau nya saja. Setelah itu campurkan 1 sdm teh hijau dengan air bersih secukupnya. Aplikasikan masker secara menyeluruh dibagian wajah. Jika sudah dirasa mengering bilas dengan air hangat.

18. Masker Kopi dan Gula

Jangan bilang kalian tidak tau kalau kopi bisa dijadikan bahan kecantikkan untuk kulit. Selain mempunyai kandungan kafein yang relatif tinggi, Kopi juga berfungsi mengilangkan sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Jadi jangan ragu lagi terhadap biji hitam satu ini. The simple way untuk membuat masker ini yaitu, Cammpurkan 1 sdt bubuk kpi dengan 1 sdt gula dan tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Pengaplikasian masker ini dengan cara menggosokan terlebih dahulu masker pada wajah lalu ratakan pada seluruh bagian wajah. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat.

19. Masker Minyak Zaitun

Tau kah kalian jika zat linoleic acid pada minyak zaitun mampu menjaga kadar air pada wajah, sehingga wajah akan tetap terlihat lembab, segar, dan sehat. Minyak zaitun juga mempunyai anti-oksidan called polifenol yang bermanfaat untuk melindungi wajah dari kerusakan penyebab debu dan lain hal. Salah satu cara untuk melindungi wajah dari kerusakan tersebut adalah dengan membuat masker dari bahan dasar minyak zaitun. Steps yang harus kalian lakukan untuk membuat masker ini adalah campurkan 1sdm minyak zaitun dengan sdt madu, lalu aduk hingga rata. Poleskan pada wajah dan biarkan kurang lebih 10 menit. Step terakhir, bilas wajah menggunakan air bersih.

20. Masker Kulit Jeruk

Saat memakan buah jeruk kalian pasti langsung membuang kulitnya karena menganggap kulit jeruk hanya sampah. Tunggu dulu, ternyata kulit jeruk jauh lebih banyak mengandung Vitamin C dibandingkan dengan dagingnya sendiri. Yang tentu saja bagus untuk kulit wajah sehingga bagus sekali jika digunakan sebagai masker wajah alami. Untuk mendapatkan sari Vitamin C dari kulit jeruk, kalian tidak harus memakannya, tapi dengan cara membuat masker dari kulit jeruk. Cara membuatnya juga tidak terlalu susah. Hanya saja kalian perlu menjemur kulit jeruk hingga terlebih dahulu. Setelah kering, tumbuk kulit jeruk dan campurkan dengan air secukupnya. Setelah menjadi pasta, oleskan pada semua bagian wajah hingga sampai pada menit ke 30, bilas wajah menggunakan air hangat.

21. Masker Bawang Putih dengan Lidah buaya

Banyak orang yang tidak menyukai bawang putih karena baunya yang menyengat, namun bahan yang biasanya digunakan untuk membuat sambal ini ternyata juga berfungsi sebagai pembasmi jerawat. Nah, bagi kalian yang memiliki jerawat pada wajah bisa membaca ini baik-baik. Senyawa antibakteri pada bawang putih mampu untuk membunuh akar biang jerawat, dan menyembuhkan jerawat yang sedang meradang. Untuk memperoleh fungsi yang dihasilkan oleh bawang putih, kalian bisa mengaplikasikannya dengan cara membuat masker. Untuk meminimalisir bau aneh pada bawang putih, kalian bisa menyiapkan gel dari lidah buaya. Cara membuat nya, petama kalian hancurkan bawang putih hingga seperti jus lalu tambahkan 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm air lalu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah, dan bilas wajah setelah didiamkan selama 10 menit.

22. Masker Daun Mint

Photo via menshealth.pt

Sensasi mentol yang diperoleh dari daun mint ternyata mampu untuk meredakan rasa nyeri akibat jerawat, karena efek anti inflamasi yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit. Sangat cocok bagi kalian yang jerawatnya sedang meradang. Daun mint bisa dijadikan masker wajah untuk mendapatkan khasiat dari daun ini. Jika dilakukan secara teratur, niscaya jerawatpun akan menghilang. Pembuatan masker wajah alami dari daunt mint ini tidaklah sulit. Langkah-langkah yang bisa kalian lakukan adalah menghaluskan daun mint hingga menjadi pasta, lalu tambahkan sedikit air agar tidak terlalu padat. Kemudian, oleskan pada wajah lalu tunggu selama 20 menit, setelahnya bilas wajah menggunakan air dingin.

Itu dia beberapa cara untuk membuat masker wajah alami, lakukan cara tersebut sesuai kebutuhan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal dan memuaskan. Percayalah, di dunia ini tidak ada yang instan, dibutuhkan proses untuk mecapai sesuatu yang kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *