Rekomendasi Merk Cushion Bagus 2020 dengan Harga Di Bawah 300 Ribu

2 bulan lalu, by Hai Gadis

Hai Girls, di dunia per-makeup-an, kita pasti akan kenal yang namanya cushion. Ya, alat make up yang satu ini biasanya berbentuk compact dan sangat mudah diaplikasikan di wajah untuk tampil cantik.

Make up tools ini mulanya dipopulerkan di Korea Selatan. Lalu menyebar ke seluruh dunia deh, termasuk di Indonesia. Namun sebelum membahas cushion terbaik 2020, kamu tahu nggak sih cushion itu sebenarnya apa?

Cushion adalah perpaduan dari powder dan liquid foundation. Bahkan seringkali dilengkapi dengan kandungan SPF dan pelembap. Kosmetik ini ketika diaplikasikan ke wajah, mampu memberikan coverage yang cepat dan sempurna.

Cushion ini di wajah akan terasa lebih ringan dibanding foundation. Di compact cushion ini, biasanya sudah terdapat aplikator yang akan memudahkanmu melakukan make up dengan cepat. Aplikator berupa spons ini juga bukan spons biasa, lho. Melainkan spons yang mengandung cairan dan puff yang terbuat dari bahan polyurethane rubycel. Sehingga, meskipun coverage-nya maksimal, nggak akan terkesan berlebihan tapi tetap natural.

Cushion sendiri fungsinya sangat banyak. Bisa meratakan warna kulit, menutup noda di wajah termasuk jerawat, lebih menyamarkan pori-pori, bahkan bisa membuat wajahmu tampak cerah lho. Selain itu, cushion nggak akan membuat wajahmu kering karena dilengkapi moisturizer.

Nah kalau kamu mau beraktivitas di luar ruangan, cushion ini mengandung SPF. Jadi kulitmu lebih terlindungi dari sinar UV deh.

Oh ya, di tahun 2020 ini produk cushion semakin banyak berkembang di pasaran lho, terutama cushion produksi tahun 2018 hingga 2019 yang mulai banyak digunakan. Brand make up lokal maupun luar negeri banyak yang sudah memproduksi cushion ini dengan berbagai hasil akhir tampilan wajah yang beragam. Nggak heran kalau harga cushion juga beragam.

Namun, kamu nggak perlu khawatir karena cushion bangus nggak selalu mahal. Banyak banget produk cushion di bawah 300 ribu yang nggak bikin kantong kita terkuras.

Yang pasti, memilih cushion nggak bisa kamu lakukan asal-asalan, Girls. Kalau nggak cocok dengan kulitmu, make up malah jadi kurang oke deh. Berikut ini adalah beberapa tips memilih cushion.

Tips memilih cushion yang bagus dan pas untuk kulit mu

  • Pilihlah berdasarkan jenis kulit

    Setiap cushion memiliki hasil akhir yang berbeda-beda lho, Girls. Ada yang tampilan akhirnya membuat wajahmu lebih matte. Cushion jenis ini tidak akan membuat wajahmu tampak berkilau. Maka, cocok banget kalau kamu memiliki kulit berminyak, sehingga riasanmu nggak akan terlihat mengkilap karena minyak. Sementara itu, cushion ada juga yang memiliki hasil akhir dewy atau glowing. Nah, yang satu ini untuk kulit kering dan normal pas banget. Tampilan akhirnya, wajahmu akan terlihat berkilau sehat.

  • Pilihlah cushion sesuai warna kulit

    Nah, yang ini juga penting lho. Jangan sampai deh makeup-mu terlihat menyeramkan karena warna cushion terlalu terang. Atau justru aneh karena warna cushion terlalu gelap. Sekarang ini, produk cushion memiliki banyak varian shade kok. Kamu bisa deh memilih berdasarkan warna kulitmu. Untuk warna kulit yang cenderung pucat, kamu bisa menggunakan cushion dengan base warna pink. Warna yang memiliki base kuning akan cocok untuk kulitmu yang kuning langsat maupun sawo matang. Lalu jika kamu memiliki rona kemerahan di kulit, kamu bisa memilih cushion dengan base warna beige. Selain itu, pilihlah cushion yang warnanya setingkat lebih cerah dari kulitmu supaya kulit tampak cerah segar tapi tidak terlalu terang.

  • Pilihlah tekstur cushion dan tingkat coverage yang tepat

    Tekstur cushion ada yang cair dan ringan di wajah sehingga cocok untuk tampilan make up tipis natural. Sementara ada juga yang teksturnya lebih kental seperti krim untuk menghasilkan coverage lebih sempurna. Nah, kalau kamu perlu cushion untuk sehari-hari beraktivitas di sekolah, kerja, atau ngampus, mending pilih yang teksturnya cair. Kamu bisa menambahkan concealer untuk menutup noda-noda dan lingkar bawah mata. Lalu jika kamu perlu riasan yang agak tebal dan full coverage, pilih saja cushion yang teksturnya agak tebal. Yang terpenting kamu tetap nyaman menggunakannya ya, Girls.

  • Pilih cushion berdasarkan kandungannya disesuaikan jenis kulit

    Untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan, maka kamu bisa memilih cushion dengan kandungan SPF yang tinggi. Lalu untuk kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah kandungan cushion yang terdapat bahan hyaluronic acid, kolagen, dan lain sebagainya. Sementara untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, pilih saja cushion yang tidak mengandung paraben, alkohol, mineral oil, dan beberapa bahan lain yang menyebabkan iritasi. So, meski banyak harga cushion di bawah 300 ribu, kamu tetap harus mempertimbangkan hal-hal tersebut, ya.

Rekomendasi merk cushion terbaik 2020

Apabila kamu sudah tahu tips memilih cushion, berikut ini ada beberapa rekomendasi merk cushion bagus 2020 untuk tampil cantik di sepanjang tahun baru. Yang pasti, harga-harga cushion ini juga ramah banget di kantong.

1. Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion SPF 30 PA+++

Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion SPF 30 PA+++

Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion SPF 30 PA+++ | Photo via Shopee.co.id

Merk cushion bagus 2020 yang pertama ada Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion SPF 30 PA+++. Produk ini merupakan salah satu cushion terbaru dari Wardah yang rilis tahun 2019. Cushion dengan kemasan compact warna hijau ini mengklaim mampu menutupi noda hitam dan kemerahan bekas jerawat. Sebab, punya kandungan superfine silky particles di dalamnya yang bisa menutupi imperfection wajah hanya dengan 1 layering saja. Selain itu, dengan memakai cushion ini, pori-pori wajah akan lebih tersamarkan oleh tekonologi soft focus agent.

Cushion ini mampu memberikan hasil akhir wajah yang tampak lebih dewy. Pas banget untuk kamu yang punya kulit kering dan ingin riasan wajah terlihat natural glow. Complexion yang dihasilkan dari cushion ini meskipun glowing, nggak akan membuatmu tampak mengkilap berlebihan seperti cushion-cushion Korea.

Produk cushion terbaik dari Wardah ini juga dilengkapi dengan SPF 30 PA+++ yang akan melindungi kulitmu saat beraktivitas di luar ruangan seharian. Ada juga kandungan jojoba oil supaya wajah tetap lembap. Produk ini juga memiliki klaim tahan 10 jam pemakaian lho.

Untuk pilihan warna dari cushion terbaru Wardah ini, ada Light Beige untuk kulit light medium dengan undertone kuning. Lalu ada juga Honey Beige untuk kamu yang kulitnya light medium dengan undertone netral. Sementara itu untuk kulit medium undertone kuning, kamu bisa memilih Sandy Beige.

Untuk kulit undertone netral dengan medium dark, kamu bisa memilih shade Natural. Yang pasti, shade-shade-nya cocok banget untuk kulit Indonesia. Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion ini juga termasuk cushion di bawah 300 ribu lho, karena harganya hanya Rp 130.000-an.

Oh ya, produk ini juga memiliki sedikit kekurangan yaitu mudah teroksidasi. Sehingga, warnanya akan cenderung berubah menjadi gelap. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan penggunaan primer yang tepat dan juga skincare sebelum pengaplikasian cushion. Efek oxidize ini juga nggak terlalu terlihat kok.

2. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Pixy Make It Glow Dewy Cushion | Photo via prelo.co.id

Pixy Make It Glow Dewy Cushion adalah salah satu cushion buatan lokal. Cushion ini sudah ada sejak 2018 ini dan termasuk favorit lho, bahkan banyak beauty influencer yang merekomendasikan produk ini.

Cushion ini bagus karena memiliki daya coverage yang tinggi dan mampu menutup noda hitam, bekas jerawat, serta meratakan warna kulit dengan sangat baik. Produk ini mengklaim mampu tahan hingga 10 jam pemakaian.

Kandungannya berupa moisturizing botanical extract (olive oil, jojoba oil, yuzu extract) yang mampu melembapkan kulit dan membuatnya tampak sehat berseri. Sesuai namanya, cushion dari Pixy ini memang membuat riasan tampak glowing.

Lalu ada juga kandungan smooth polished powder yang membuat formulanya mudah menyatu di kulit, sehingga hasilnya akan flawless dan lembut. Nggak lupa, cushion ini pun dilengkapi SPF 23 dan PA++ yang melindungi kulitmu dari sinar UV secara optimal.

Produk cushion terbaik dari Pixy ini memiliki kemasan berwarna coklat glow yang tampak elegan. Teksturnya meskipun cair, tetap mudah meresap dan mudah diblend. Oh ya, untuk coverage lebih sempurna, kamu bisa menggunakannya 2 kali layering.

Kamu juga bisa memilih warna cushion di bawah 300 ribu ini sesuai kulitmu karena memiliki beberapa varian shade. Ada 102 Pinkish Beige, 101 Light Beige, 201 Neutral Beige, 301 Medium Beige, 401 Sandy Beige.

Meskipun Pixy Make It Glow Dewy Cushion ini memiliki banyak kelebihan, kamu juga perlu mempertimbangkan kekurangannya, Girls. Produk ini semakin lama di-build up di wajah, akan makin crack. Selain itu, cushion ini juga kurang transferproof sehingga mudah geser di kulit apalagi jika kamu berkeringat atau ter kena air. Tentunya untuk pemakaian yang nggak terlalu lama, akan tetap bagus kok hasilnya. Namun demikian, harganya tetap affordable kok, yaitu hanya RP 125.000,-.

Advertisement

3. Maybelline Ultra Cover Super BB Cushion SPF 50+ PA+++

Maybelline Ultra Cover Super BB Cushion SPF 50+ PA+++

Maybelline Ultra Cover Super BB Cushion SPF 50+ PA+++ | Photo via tokopedia.com

Berikutnya ada Maybelline Super Cushion Ultra Cover. Cushion dari Maybelline jenis ini diklaim merupakan salah satu cushion terbaik yang memiliki performa bagus untuk make up. Dimulai dari kemasan, produk cushion yang satu ini memiliki packaging berwarna hitam dengan aksen metalik soft gold. Tampilannya saja sudah tampak mewah apalagi dilengkapi spons bagus berwarna hitam.

Maybelline Super Cushion Ultra Cover ini merupakan produk BB cushion cair pertama dari Maybelline yang mengandung lebih dari 60% hydrating essence. Manfaatnya antara lain membuat tampilan tampak dewy tetapi agak velvet karena masih terlihat sedikit matte.

Selain itu, memakai cushion ini nggak akan membuat kulitmu kering lho. Karena dilengkapi 60% moisturizing essence yang akan melembapkan kulitmu sekaligus menutup pori-pori dengan sempurna.

Untuk coverage-nya sendiri termasuk tinggi. Bahkan dengan satu tap saja, cushion ini bisa diaplikasikan ke seluruh wajah. Berbagai kekurangan wajah seperti noda hitam, bekas jerawat, kemerahan, dan pori-pori besar juga akan tertutup dengan baik dalam 1 kali layering.

Namun untuk lingkar bawah mata yang hitam, kamu bisa menambahkan layering. Tekstur cushion dari Maybelline ini meskipun termasuk cushion cair, tapi agak sedikit kental. Sehingga sangat mudah diblend dan bahkan bisa tahan lama tanpa touch up. Untuk penggunaan seharian pun tetap terasa ringan di wajah.

Oh ya, produk cushion yang satu ini juga cocok kok diaplikasikan untuk kulitmu yang berminyak dengan hasil akhir dewy tapi nggak terlalu mengkilap. Sayangnya, hanya ada 2 shade yang bisa kamu pilih. Ada shade Natural Beige yang lebih terang untuk kulit yellow undertone dan Sand Beige yang agak gelap untuk orange undertone. Produk ini harganya lebih mahal dibanding produk lokal, yaitu Rp 259.000. namun tetap terjangkau kok untuk kamu yang mencari harga cushion di bawah 300 ribu.

4. Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion | Photo via sociolla.com

Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion juga termasuk cushion terbaik 2020 untuk penampilan cantikmu di tahun baru ini lho. Cushion dari brand lokal Make Over ini memiliki kemasan berwarna hitam yang cukup simpel dilengkapi puff berkualitas yang juga berwarna hitam. Oh ya, puff aplikator tersebut antibacterial dan waterproof lho, jadi pemakaiannya akan lebih hemat serta tahan lama.

Cushion ini di klaim bagus karena dapat menutup noda dan meratakan warna kulit hingga 12 jam. Hasil riasanmu pun akan lebih demi – matte natural, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak berkat formula oil control-nya.

Selain itu, kulitmu juga akan tampak lebih halus sehat dan mulus dengan soft focus-nya. Cushion ini pun sudah diperkaya dengan kandungan moisturizer, anti-pollution, dan SPF 50 PA++++, Girls. Cocok sekali untuk digunakan seharian saat beraktivitas di cuaca yang panas.

Tekstur dari cushion ini cair agak kental, tetapi cukup ringan ketika diapllikasikan di wajah. Cocok untuk pemakaian sehari-hari karena hasilnya tetap natural dan nggak flat. Cushion ini juga blendable, jadinya mudah diratakan di seluruh wajah tanpa terlihat cakey. Terutama untuk pemakaian dalam waktu lama. Untuk coverage-nya sendiri pun termasuk medium to full coverage dengan formula yang buildable bahkan untuk kulit berjerawat.

Cushion di bawah 300 ribu ini memiliki beberapa varian shade yang bisa disesuaikan dengan wajahmu. Ada N10, W22, N30, W42, N50, dan C51 yang cukup lengkap dan cocok dengan kulit wanita Indonesia, mulai skin tone fair hingga skin tone yang lebih gelap.

Saat awal pemakaian, cushion ini akan tampak terang, tetapi beberapa saat kemudian akan nge-set di kulit dan warnanya menyatu dengan baik. Oh ya, sedikit kekurangan dari cushion ini adalah kurang oke untuk kulit yang berminyak berlebihan. Kamu bisa membeli cushion terbaik ini di drugstore dengan harga Rp 215.000,-.

5. Rollover Reaction Cushion Compact

Rollover Reaction Cushion Compact

Rollover Reaction Cushion Compact | Photo via rollover-reaction.com

Rollover Reaction Cushion Compact ini juga bisa kamu pilih untuk cushion di bawah 300 ribu, lho. Cushion ini masih tergolong baru yang ada antara pertengahan 2018 hingga awal 2019. Kemasannya berbentuk bulat didominasi warna hitam dan ada warna nude yang cukup elegan. Puff dari cushion ini juga berwarna gelap sehingga ada kesan sleek. Nggak hanya kemasannya saja yang oke, produk ini juga oke untuk make up-mu lho.

Cushion ini dilengkapi kandungan asam hialuronat yang mampu menghidrasi kulit dengan baik. Dilengkapi juga dengan SPF 27 sehingga bagus melindungi kulitmu dari sinar UV. Hasil riasannya, wajahmu akan tampak cerah berseri dengan hasil akhir satin-finished, nggak terlalu dewy dan nggak terlalu matte. Coverage-nya pun cenderung medium to full, dan cukup buildable. Cukup penggunaan satu layer saja, bekas jerawat dan berbagai noda di wajahmu bisa tertutup dengan baik.

Tekstur dari cushion ini cukup ringan, dan nggak mudah cakey untuk pemakaian lebih bold dengan tambahan layer. Untuk varian warnanya sendiri ada 3 shade, yaitu 101 Custard Tart, 102 Honey Toast, dan 103 Milk Tea. Warna-warna ini cocok banget untuk kulit wanita Indonesia. Namun dibanding cushion lain, 3 pilihan warna dari brand Rollover Reaction ini masih cukup terbatas. Warna dari 101 Custard Tart yang paling terang ini bahkan masih agak kuning ketika dipakai.

Produk ini juga mudah teroksidasi setelah 3 – 4 jam pemakaian. Namun, tetap bisa diatasi dengan penggunaan bedak tabur transparan atau yang satu tingkat lebih cerah kok, Girls. Kemasan refill-nya juga belum tersedia, sehingga kalau habis, kamu harus membeli cushion ini beserta compact-nya. Harga cushion ini cukup terjangkau kok, yaitu Rp 195.000,-.

6. Y.O.U Dream Skin Perfect Cushion

Y.O.U Dream Skin Perfect Cushion

Y.O.U Dream Skin Perfect Cushion | Photo via shopee.co.id

Produk cushion dari Y.O.U ini juga recommended untuk kamu yang mencari cushion bagus 2020. Cushion ini masih tergolong baru karena baru rilis 2019 lalu dan termasuk dalam seri The Gold One. Dari kemasannya saja, produk ini sudah terlihat cukup mewah. Perpaduan warna hitam dan gold-nya sangat menarik dan elegan.

Y.O.U New Dream Skin Perfect BB Cushion ini diklaim memiliki breathable formula, sehingga membuat teksturnya lebih ringan saat diaplikasikan pada kulit. Kandungannya dilengkapi dengan ekstrak bunga Iris Florentine, sehingga membantu meningkatkan elastisitas kulit dan melembapkan wajah. Selain itu, ada juga kandungan oil control yang cocok banget untuk kulitmu yang berminyak. Sehingga make up-mu bakalan lebih tahan lama.

Tekstur cushion dari Y.O.U ini lumayan ringan dan buildable. Untuk hasil akhirnya adalah flawless satin finish. Coverage-nya cukup bagus karena mampu menyamarkan tampilan pori-pori, garis halus, dan noda hitam di wajah. Namun untuk kulit yang cenderung berminyak, cushion ini agak crease di area T-zone. Sehingga kurang cocok untuk pemakaian yang lama.

Y.O.U Dream Skin Perfect ini termasuk cushion di bawah 300 ribu, karena harganya bisa kamu beli Rp 229.000,-. Shade-nya sendiri ada 5 pilihan warna, yaitu 01 Ivory, 02 Light, 03 Natural, 04 Natural Beige, dan 05 Beige. Gimana, tertarik nggak Girls?

7. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion | Photo via shopee.co.id

Berikutnya ada produk cushion lokal keluaran Purbasari yaitu Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Meskipun tergolong baru karena baru rilis pertengahan 2018 sampai awal 2019 namun merk cushion terbaik ini recommended untuk kamu gunakan. Kemasan compact berwarna hitam dari produk ini berbahan plastik sehingga cukup ringan. Meski produk lokal, cushion ini diformulasikan khusus dari Korea, lho.

BB cushion yang satu ini cukup multifungsi, yaitu dapat membantu mengurangi sebum, menyamarkan pori-pori, dan mampu melindungi kulit dari efek sinar UV. Hasil akhirnya, kulit akan tampak elastis, halus, dan bercahaya tetapi tetap lembap. Bahkan untuk kulit berminyak, wajahmu akan terlihat matte.

Produk ini memiliki tekstur dan konsistensi yang cukup creamy kental seperti foundation. Namun saat diaplikasikan ke wajah, hasilnya tetap terasa ringan dengan hasil akhir matte tetapi nggak kering di wajah.

Kalau untuk coverage, produk dari Purbasari ini hasilnya medium to full. Bisa banget di-build up beberapa layer untuk coverage maksimal. Namun, hasilnya sendiri kurang tahan lama setelah beberapa jam pemakaian. Sehingga harus disiasati dengan concealer maupun setting powder. Terutama untuk coverage bagian imperfection di muka.

Cushion di bawah 300 ribu dari Purbasari ini memiliki 3 shade, yaitu 01 Light Beige, 02 Honey Beige, dan 03 Caramel. Shade-shade tersebut sudah cukup mewakili kulit Indonesia yang cenderung warm. Harganya juga murah abis lho, yaitu Rp 120.000-an. Cocok banget deh untuk kamu yang mencari cushion murah yang digunakan untuk sehari-hari.

8. APRILSKIN Magic Snow Cushion Black 2.0

APRILSKIN Magic Snow Cushion Black 2.0

APRILSKIN Magic Snow Cushion Black 2.0 | Photo via shopee.co.id

Terakhir adalah merk cushion terbaik keluaran APLIRSKIN yang saat ini cukup ramai diperbincangkan lho, yaitu APRILSKIN Magic Snow Cushion Black 2.0. Produk ini memiliki kemasan compact warna hitam yang tampak simpel dan elegan. Namun ada juga lho yang kemasannya warna putih dan dikhususkan untuk kulit kering. Cushion ini terbuat dari 45% formula water based sehingga selalu memberi kelembapan untuk kulitmu.

Kandungan dari cushion ini adalah blueberry dan ekstrak aloe vera yang mampu menghidrasi kulit dengan baik. Ada juga niacinamide untuk membantu mencerahkan wajah. Nggak lupa cushion ini didukung dengan SPF 50+ / PA+++ untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Hasil akhir menggunakan cushion ini adalah semimatte, di mana noda hitam dan jerawat akan tersamarkan dengan sempurna. Coverage-nya pun bagus dengan tekstur ringan yang mudah diblend. Cocok banget deh digunakan untuk make up sehari-hari.

Varian warna dari cushion APRILSKIN ini ada Light Beige, Pink Beige, dan Natural Beige. Shade-nya terbatas untuk kulit Indonesia. Namun demikian, produk ini cukup affordable karena selain murah, wajahmu akan lebih flawless untuk hasil akhirnya. Produk ini pun termasuk cushion di bawah 300 ribu karena harganya hanya Rp 180.000-an.

Itu dia Girls beberapa rekomendasi merk cushion bagus 2020. Cushion-cushion tersebut rilis antara tahun 2018 hingga 2019-an dan termasuk produk yang banyak digemari lho. Harganya juga terjangkau, cocok banget untuk para remaja yang masih sekolah atau anak kuliahan yang ingin hidup hemat tapi tetap cantik. Yang pasti, nggak semua cushion cocok untuk kulitmu. Jadi, pilih dengan bijak ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *