15 Rekomendasi Pelembap Wajah Non-Comedogenic Terbaik

1 bulan, by Hai Gadis

Pelembap Wajah Non-Comedogenic Terbaik

Kamu pasti sering mendengar istilah non-comedogenic pada produk kecantikan, bukan? Baik itu pada produk skincare maupun produk make up memang ada yang diformulasikan agar bahan-bahan di dalamnya nggak berisiko menyumbat pori. Salah satunya ada pada produk pelembap yang non-comedogenic. Pelembap menjadi salah satu skincare basic yang sering digunakan sehari-hari.

Jika kandungan di dalamnya berisiko memicu tersumbatnya pori, maka kulit kamu dapat mengalami jerawat, komedo, tekstur yang nggak rata, hingga terlihat kusam. Nah, moisturizer non-comedogenic ini sangat disarankan digunakan pada kulit terutama jenis kulit berminyak dan acne-prone. Meski demikian, jenis kulit normal, kering, hingga kombinasi dan sensitif pun boleh-boleh saja memilih produk yang non-comedogenic.

Lalu, gimana ya cara memilih pelembap yang nggak berisiko menyumbat pori? Kamu nggak usah khawatir, karena Hai Gadis punya tipsnya. Simak, yuk!

Cara memilih pelembap non-comedogenic

a. Berdasarkan label “non-comedogenic” pada produk pelembap

Cara memilih moisturizer non-comedogenic yang satu ini pastinya paling gampang untuk dilakukan. Biasanya produk yang formulasi bahan aktifnya nggak berisiko menyumbat pori, akan menyematkan label ini kok. Entah pada kemasan maupun deskripsi produk.

b. Hindari pelembap dengan bahan-bahan penyumbat pori

Ada beberapa kandungan pada skincare yang berisiko menyumbat pori, yaitu isopropil miristat, isopropil palmitat, etilheksil palmitat, dan lanolin asetat. Apalagi jika bahan-bahan tersebut digunakan dalam konsentrasi tinggi. Nah, produk pelembap non-comedogenic biasanya nggak akan menggunakan bahan-bahan tersebut, atau menggunakannya tetapi dalam jumlah yang sedikit.

c. Pilih produk dengan kandungan eksfoliator

Seperti yang kamu tahu, bahan eksfoliator pada skincare memang bermanfaat dalam membersihkan pori dari kotoran, sel kulit mati, minyak, hingga sisa-sisa make up. Pelembap yang menggunakan bahan eksfoliator seperti AHA (alpha hydroxy acid) maupun BHA (beta hydroxy acid) akan memiliki kecenderungan bersifat non-comedogenic.

d. Pilih pelembap dengan kandungan humektan

Cara memilih pelembap non-comedogenic selanjutnya adalah pastikan produk dapat melembapkan wajahmu dengan baik. Kamu bisa memilih pelembap berbahan ringan dan dapat menarik air serta mengikatnya di kulit. Nah, bahan yang memiliki fungsi tersebut adalah bahan humektan seperti glycerin dan hyaluronic acid. Bahan-bahan tersebut selain melembapkan kulit, juga nggak akan menjebak minyak dalam pori-pori.

Gimana? Memilih moisturizer non-comedogenic sebenarnya cukup mudah, ‘kan? Yang terpenting, kamu perlu memperhatikan ingredients suatu produk dan juga label yang tersemat di dalam kemasannya. Namun kalau kamu masih kebingungan, tenang saja deh. Hai Gadis punya rekomendasi pelembab yang nggak berisiko menyumbat pori berikut ini.

Rekomendasi pelembap wajah non-comedogenic

1. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisture Gel

Pelembap non-comedogenic

photo via somethinc.com

Rekomendasi pelembap wajah non-comedogenic yang pertama adalah Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisture Gel. Moisturizer yang satu ini berasal dari produk lokal dan sedang happening banget lho. Dengan kemasan jar warna biru cerah, produk ini dapat kamu gunakan setiap hari, baik pagi dan sore hari.

Pelembap ini memiliki berbagai klaim, yaitu non-comedogenic certified, sehingga nggak akan berisiko menyumbat pori-pori kulitmu. Cocok deh untuk kulit acne prone hingga kulit sensitif. Kemudian ada juga klaim moisture lock, hypoallergenic, dan dermatology tested. Menariknya lagi, produk ini aman digunakan oleh remaja dan ibu hamil karena memang kandungannya bebas dari bahan berbahaya.

Dari segi kandungan, ada Hydrolyzed Marine Collagen yang mampu meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, ada juga Matrixyl 3000 yang bermanfaat dalam membantu produksi kolagen dan menenangkan kulit. Kalau kandungan Ceramide bermanfaat untuk mengurangi kerutan dan meningkatkan skin barrier. Lalu ada Betaine untuk menghaluskan kulit, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate (MiniHA) untuk melembapkan, dan juga Niacinamide untuk meningkatkan imunitas kulit.

Nggak hanya itu, skincare yang satu ini pun mengandung Hydrolyzed Algae Extract untuk memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar UV, ada oat sebagai oil control, dan caffeine sebagai anti-aging. Lengkap banget, ‘kan? Dengan tekstur gel yang ringan, produk ini dijual seharga Rp 169.000,- untuk kemasan jar 25 ml dan Rp 299.000,- untuk kemasan 50 ml.

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

photo via khyrastore.com

Produk moisturizer non-comedogenic selanjutnya juga masih tergolong baru dan sering dibandingkan dengan produk pelembap dari Somethinc nih Girls. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream memiliki formula water-based yang mampu menghidrasi kulit wajah tanpa terasa lengket dan berminyak.  Produk ini memiliki beberapa kandungan utama, yaitu 5% niacinamide, ceramide, watermelon extract, hyaluronic acid, adenosine,  dan cica.

Manfaatnya adalah membantu membuat kulit lebih sehat, kenyal, dan bercahaya. Bahkan kalau kamu punya masalah penuaan pun produk ini bisa melawan tanda penuaan dengan penggunaan teratur. Masalah jerawat, kemerahan, hingga garis halus juga bisa terbantu teratasi nih, Girls. Selain itu, moisturizer produk lokal ini dilengkapi dengan Blue Light Shield Technology.

Manfaatnya adalah membantu melindungi kulit dari paparan peralatan elektronik. Paparan dari blue light sendiri dapat memberi efek penuaan dini dan hiperpigmentasi lho. Oh ya, moisturizer yang satu ini pun memiliki klaim non-irritating, non-comedogenic, dan bisa digunakan oleh remaja. Harga Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream ini adalah Rp 129.000,-.

3. Emina Bright Stuff Moisturizing Cream for Acne Prone Skin

Pelembap non-comedogenic

photo via eminacosmetics.com

Buat para remaja yang mencari pelembap wajah non-comedogenic dengan harga yang affordable, produk dari Emina ini recommended. Pelembap yang satu ini memiliki kandungan ekstrak summer plum dan double brightening power yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan noda hitam. Masalah kulit kusam dan juga terdapat noda bekas jerawat bisa teratasi deh.

Selain itu, produk dari Emina ini juga mengandung ekstrak cinnamon bark yang bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah. Ada juga kandungan soothing agent yang mampu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit wajah. Cocok deh buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Yang lebih penting, pelembap ini juga non-comedogenic dan non-acnegenic.

Oh ya, moisturizer ini pun memiliki kandungan SPF 15 yang dapat melindungi kulitmu dari sinar UV saat beraktivitas. Kamu bisa membelinya seharga Rp 21.500,-. Produk ini mudah kok kamu temukan di toko kosmetik atau minimarket terdekat.

4. Olay Total Effect 7 in 1 Day Cream Normal SPF 15

Pelembap non-comedogenic

photo via olay.co.id

Untuk usia 20-an ke atas, disarankan kamu sudah mulai menggunakan produk skincare anti-aging lho. Misalnya saja pelembap Olay Total Effect 7 in 1 Day Cream Normal SPF 15 yang juga termasuk moisturizer non-comedogenic. Pelembap yang satu ini bermanfaat dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan, menyamarkan pori besar, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, pelembap dari Olay ini memiliki teknologi SPF 15 dan Solarsheer yang dapat melindungi kulit wajahmu dari bahaya sinar UVA maupun UVB. Lalu ada juga kandungan VitaNiacin Complex yang kaya vitamin dan membantu membuat kulit wajah tampak lebih muda. Ada juga kok kandungan lain dari produk ini, yaitu gliserin yang mampu meningkatkan kelembapan dan kelembutan kulit.

Selain non-comedogenic yang nggak berisiko menyumbat pori, moisturizer ini juga bebas kandungan minyak. Formulanya pun cepat meresap di kulit. Berbagai jenis kulit tetap cocok kok menggunakan produk ini. Harga moisturizer ini adalah Rp 149.900,- untuk kemasan 50 gram.

5. True to Skin Mugwort Tripeptide Gel Cream Soothing and Hydrating Moisturizer

photo via shopee.co.id

Rekomendasi pelembap non-comedogenic selanjutnya adalah True to Skin Mugwort Tripeptide Gel Cream Soothing and Hydrating Moisturizer. Pelembap ini memiliki tekstur di antara gel dan cream yang ringan, lembut, dan cepat meresap. Selain diformulasikan untuk melembapkan, menghaluskan, dan melembutkan kulit, produk dari True to Skin ini juga bermanfaat sebagai anti-aging. Garis halus dan kerutan bisa terbantu tersamarkan dengan pemakaian teratur.

Bahkan masalah jerawat juga dapat teratasi dengan produk ini, apalagi ada kandungan mugwort yang bisa menenangkan kulit. Bicara soal kandungan, selain mugwort produk ini juga mengandung Tripeptide, Bisabolol, Lactobionic Acid, dan Beta Glucan. Produk ini nggak akan menyumbat pori kok karena memiliki klaim non-comedogenic. pH dari pelembap ini juga sekitar 4,5 – 6 sehingga nggak berisiko menyebabkan iritasi. Kamu bisa membeli pelembap berkemasan jar warna pink dan biru ini seharga Rp 90.000-an.

6. Wardah Acnederm Day & Night Treatment Moisturizer

photo via wardahbeauty.com

Pelembap dari Wardah ini juga recommended untuk kamu pilih sebagai moisturizer non-comedogenic. Ada Acnederm Day Moisturizer yang bisa kamu gunakan siang hari. Kandungan dari day moisturizer ini adalah bahan aktif Derma Treat Actives dengan SPF 15. Manfaatnya adalah membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang membuat kulit terlihat kusam.

Pelembap dari Wardah yang cocok untuk kulit berjerawat ini juga dilengkapi dengan kandungan Triclosan, Aloe Vera, Pro Vitamin B5, dan Zinc Gluconate. Selain dapat mengatasi jerawat, juga dapat melembapkan, menenangkan, dan membuat kulit terasa lebih segar. Tricolsan sendiri bermanfaat mencegah timbulnya jerawat dan ekstrak Witch Hazel bermanfaat sebagai oil control.

Selain day moisturizer, ada juga Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer yang mengandung 7 ekstrak tumbuhan alami. Manfaatnya adalah menutrisi kulit, menjaga hidrasi kulit, dan mencerahkan kulit wajahmu saat tidur. Masalah jerawat juga bakalan teratasi kok dengan pemakaian teratur. Kedua produk ini masing-masing memiliki harga Rp 28.000-an dengan kemasan tube 40 ml.

7. Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Pelembap non-comedogenic

photo via neutrogena.com

Neutrogena Hydro Boost Water Gel merupakan pelembap yang terbukti secara klinis mampu menghidrasi kulitmu dengan baik. Produk ini juga mampu menstimulasi kulit untuk menghasilkan hyaluronic acid sendiri dari dalam sehingga dapat menghidrasi kulit hingga 72 jam. Kulit pun jadi tampak lebih cerah, kencang, kenyal, lembut, sehat, dan bercahaya.

Selain itu, kamu nggak perlu khawatir deh karena produk dari Neutrogena ini termasuk pelembap non-comedogenic, oil-free, dan dermatologist tested. Cocok kok digunakan untuk berbagai jenis kulit seperti kulit kering, normal, dan kulit kombinasi. Tekstur gel-nya pun ringan dan mudah meresap di kulit. Harga pelembap berkemasan jar kaca warna biru ini adalah Rp 229.000,- untuk ukuran 50 gram.

8. COSRX Centella Blemish Cream

photo via blibli.com

Kali ini, moisturizer non-comedogenic yang bisa kamu gunakan sehari-hari adalah produk Korea COSRX, yaitu Centella Blemish Cream. Produk ini sesuai namanya, memiliki kandungan utama Centella asiatica yang diklaim mampu mengatasi masalah kemerahan pada kulit wajah. Tanaman yang satu ini memang mengandung asam madecassic yang berperan dalam meredakan jerawat dan mengatasi peradangan.

Selain centella, ada juga kandungan zinc oxide yang mampu menyembuhkan kemerahan dan breakout pada kulit wajah. Meskipun bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat, pelembap ini nggak akan membuat kulit terasa kering kok. Digunakan untuk kulit sensitif juga tetap cocok. COSRX Centella Blemish Cream juga memiliki tekstur krim yang ringan, non-oily, dan nggak berisiko menyumbat pori. Untuk ukuran 30 ml, pelembap ini dijual seharga Rp 228.000,-.

9. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream

Pelembap non-comedogenic

photo via shopee.co.id

Lagi-lagi, ada produk Korea Selatan berupa pelembap non-comedogenic yang recommended nih, Girls. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream memang terkenal bagus dalam mengatasi masalah jerawat dan kemerahan di kulit. Dari segi kandungan sendiri ada ekstrak tea tree, Centella asiatica, dan juga Madecassoside. Ada juga kandungan AHA, BHA, dan PHA sesuai pada namanya. Manfaatnya adalah melembapkan kulit dan juga menenangkan kulit berjerawat.

Memiliki kemasan berbentuk jar warna hijau, produk ini memiliki tekstur ringan yang nggak lengket di kulit. Kamu bisa menggunakannya pada pagi hari sebelum mengaplikasikan sunscreen maupun pada malam hari. Pelembap yang satu ini dijual seharga Rp 200.000-an untuk kemasan berukuran 50 ml.

10. CeraVe Moisturizing Cream

photo via blibli.com

CeraVe Moisturizing Cream juga termasuk moisturizer non-comedogenic yang memiliki kualitas bagus. Pelembap ini bisa digunakan pada kulit normal hingga kering. Produk ini memiliki kandungan hyaluronic acid dan ceramide yang dapat membantu meningkatkan skin barrier, mengatasi kulit kering dan juga gatal.

Nggak hanya bisa digunakan pada kulit wajah, kamu juga bisa menggunakan produk ini di kulit bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki. Formula produk ini ringan dan nggak greasy, serta mudah meresap. Kulitmu bakalan terlembapkan sepanjang hari karena ada teknologi MVE Delivery Tecnology.

Kamu juga nggak perlu khawatir pori-pori kulit tersumbat karena produk ini non-comedogenic dan juga fragrance free yang cocok buat kulit sensitif. Untuk kemasan berukuran 56 ml, harga moisturizer ini Rp 200.000-an.

11. Cetaphil Moisturizing Cream for Dry Sensitive Skin

photo via blibli.com

Buat pemilik kulit kering dan juga sensitif, ada kok produk pelembap non-comedogenic yang aman untuk kamu gunakan, yaitu Cetaphil Moisturizing Cream for Dry Sensitive Skin.  Pelembap yang terkenal bagus ini formulanya fragrance free dan hypoallergenic, serta nggak mengandung bahan-bahan berbahaya yang memicu iritasi kulit.

Pelembap dari Cetaphil ini telah teruji secara klinis dapat memberikan kelembapan dan perlindungan tahan lama. Kalau dari segi kandungan, ada glycerin dan almond oil yang mampu melembapkan kulit dengan baik. Kamu bisa membeli produk ini dalam kemasan tube 100 gram seharga Rp 190.000-an atau dalam kemasan jar 453 gram seharga Rp 500.000-an.

12. ElsheSkin Hydra Boost Oil Free Moisturizer

photo via shopee.co.id

Selanjutnya, ada produk baru dari ElsheSkin yang juga recommended untuk kamu nih. ElsheSkin Hydra Boost Oil Free Moisturizer dengan kemasan tube berwarna biru ini dapat digunakan untuk kulit normal, oily, normal to oily, dan juga kulit kombinasi. Produk ini juga disebut breakout-free moisturizer karena memang bermanfaat untuk mengatasi breakout.

Dari segi kandungan, ada ceramide yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit, beet root sebagai anti-aging, dan cica untuk memperhalus serta memperbaiki struktur kulit. Kemudian, ada juga kandungan Galactosyl Salicylate sebagai agen antiinflamasi yang mengurangi jerawat. Lalu glycerin bermanfaat untuk melembapkan dan menyeimbangkan produksi sebum, serta ada zinc yang merawat iritasi kulit akibat jerawat.

Selain itu, pelembap yang satu ini memiliki klaim bebas alkohol, bebas paraben, bebas pewangi, bebas SLS, dan tentunya non-comedogenic. Harga produk ini adalah Rp 116.100,-. Kamu bisa dengan mudah membelinya secara online di e-commerce.

13. The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15

Pelembap non-comedogenic

photo via blibli.com

Rekomendasi moisturizer non-comedogenic yang nggak kalah bagus adalah The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15. Produk ini sangat ringan dengan tekstur gel dan nggak bikin kulit terasa semakin berminyak atau lengket. Selain itu, pelembap ini juga nggak akan menyumbat pori-pori wajahmu yang memicu munculnya jerawat dan komedo lho.

Dari segi kandungan, ada seaweed minerals, Community Trade Aloe Vera, dan tabir surya SPF 15 PA+++. Manfaatnya adalah menjaga kelembapan, menyeimbangkan kadar minyak, dan melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari. Cocok banget deh untuk kulit berminyak dan acne-prone. Kamu bisa membeli pelembap ini seharga Rp 199.000-an untuk kemasan tube 50 ml.

14. Bioderma Sebium Mat Control

photo via review.soco.id

Bioderma Sebium Mat Control juga menjadi salah satu pelembap wajah non-comedogenic yang cocok buat kulit berminyak serta acne-prone. Dari segi tekstur, produk ini terasa ringan dan nggak terlalu kental. Saat digunakan pun akan memunculkan hasil akhir yang matte dan memberi efek halus pada kulit. Hal ini karena produk diformulasikan dengan mattifying powders.

Dari segi kandungan, Bioderma Sebium Mat Control ini diperkaya dengan zinc dan vitamin B6 untuk menyeimbangkan sebum serta mengurangi kilap di wajah. Selain itu, ada juga kandungan aktif keratolytic dan astringent yang berfungsi memperbaiki tekstur kulit serta mengecilkan pori. Kemudian, kandungan Fluidactive bermanfaat dalam mencegah penyumbatan pori-pori.

Saat digunakan seharian, kulit jadi bebas kilap dan bebas minyak berlebih selama 8 jam. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelembap saat pagi dan malam hari. Bahkan digunakan sebagai primer sebelum make up pun bisa lho. Untuk kemasan 30 ml, harga produk ini adalah Rp 180.000-an.

15. ERHA AcneAct BHA & Ceramide Gentle Acne Moisturizer

Pelembap non-comedogenic

photo via halodoc.com

ERHA AcneAct BHA & Ceramide Gentle Acne Moisturizer merupakan pelembap yang diformulasikan khususu untuk kulit berjerawat dan cenderung berjerawat. Termasuk untuk kulit acne-prone yang sensitif, kering, dan atopi. Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, moisturizer dari Erha ini juga dapat melembapkan dan memperkuat skin barrier.

Formulanya sendiri nggak akan menyebabkan iritasi kok karena dibuat dengan bahan non-comedogenic dan memiliki pH balance. Kandungan dalam produk ini berupa Granative Acne dan asam salisilat yang bermanfaat sebagai antibakteri untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Selain itu, ada juga kandungan ceramide complex, PHA, dan betain.

Manfaat dari kandungan tersebut adalah melembapkan dan memperkuat skin barrier. Bahkan ada juga kandungan zinc gluconate dan niacinamide nih sebagai sebum regulator yang membuat produksi minyak di kulit lebih terkontrol. Selain bebas jerawat, kulit akan terasa lebih lembap dan nggak gampang muncul jerawat baru deh. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 100.000-an ya, Girls.

Itu dia beberapa rekomendasi pelembap wajah bagus yang non-comedogenic sehingga nggak berisiko menyumbat pori-pori kulit wajah. Sebagian besar dari produk di atas memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat yang memang lebih berisiko mengalami sumbatan pori-pori. Meski demikian, ada kok produk-produk yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Nah, kira-kira mana nih produk yang jadi favoritmu, Girls?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *