Rekomendasi 15 Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

1 bulan, by Hai Gadis

Moisturizer Untuk Kulit Kombinasi

Setiap orang memang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Dari mulai normal, kering, sensitif, berminyak, hingga kombinasi, masing-masing membutuhkan tips tertentu dalam memilih skincare. Salah satunya adalah dalam memilih pelembap atau moisturizer yang bermanfaat untuk membuat wajah lebih lembap dan sehat. Dalam artikel ini, Hai Gadis akan lebih fokus membahas mengenai moisturizer untuk kulit kombinasi.

Nah, kamu sudah tahu tipe kulit kamu belum, Girls? Jika belum, kamu bisa mencari tahu jenis kulit dan cara merawatnya sebelum melanjutkan membaca artikel ini.

Kulit kombinasi merupakan perpaduan jenis kulit yang cenderung berminyak dan kering sekaligus. Pada kulit kombinasi, biasanya area dahi, hidung, dan dagu akan terasa berminyak setelah cuci muka. Sementara itu area pipi dan bawah mata akan terasa lebih kering. Nah, tipe kulit kombinasi lebih mudah mengalami masalah yang sering dialami kulit berminyak beserta masalah yang sering dialami kulit kering.

Misalnya saja, kamu bisa dengan mudah mengalami masalah kerutan dan garis halus bersamaan dengan pori besar, jerawat, atau komedo. Itulah kenapa tipe kulit kombinasi harus dirawat dengan tepat supaya masalah-masalah tersebut nggak mudah timbul. Cara merawatnya antara lain adalah konsumsi makanan sehat, minum dengan cukup, berolahraga, dan tentunya menggunakan skincare secara tepat khususnya pelembap.

Memilih pelembap untuk kulit kombinasi sendiri agak tricky, karena kamu perlu memilih produk yang bisa melembapkan kulit dengan baik tapi bisa mengontrol produksi sebum di area-area yang berminyak. Kamu nggak perlu bingung kok, Girls. Simak dulu deh tips dari Hai Gadis di bawah ini.

Tips memilih moisturizer untuk kulit kombinasi

a. Perhatikan kulitmu, apakah ada masalah yang dominan

Tips memilih pelembap untuk kulit kombinasi yang pertama adalah perhatikan dulu  kulitmu saat ini, Girls. Jika ada masalah tertentu yang dominan seperti jerawat, komedo, atau bahkan kulit di area yang kering terlalu kering dan mengelupas, serta lainnya. Nah, sebaiknya kamu fokus mengatasi masalah yang dominan tersebut terlebih dahulu. Gunakan pelembap untuk kulit kombinasi yang sekaligus bisa mengatasi masalah kulit tersebut, Girls.

b.Pilih produk yang teksturnya nyaman di kulit

Selanjutnya, kamu juga perlu memilih produk yang teksturnya nyaman saat diaplikasikan di kulit. Yang pasti, jangan sampai deh pelembapmu memberi kesan terlalu berminyak atau lengket di area tertentu. Ada beberapa macam tekstur dalam pelembap, seperti lotion yang ringan, gel yang cepat meresap, atau krim yang lebih pekat. Kamu bisa memilih pelembap dengan tekstur gel atau lotion yang lebih ringan serta mudah meresap di kulitmu, Girls. Namun jika suatu saat kulit kamu lebih dominan kering, kamu bisa memilih pelembap bertekstur krim kok.

c. Pilih produk yang formulanya non-comedogenic

Sekarang, tips memillih moisturizer untuk kulit kombinasi adalah dari segi formulanya. Pada area berminyak di kulit kombinasi, pasti bakalan cenderung mudah mengalami masalah komedo atau jerawat. Untuk itu, pilihlah pelembap yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic. Pelembap dengan formula tersebut nggak akan barisiko menyumbat pori. Meskipun secara berkala pun, kamu juga perlu mengeksfoliasi kulit wajahmu untuk membersihkan pori-pori, ya.

d. Pilih produk dengan bahan aktif yang bagus untuk melembapkan dan bisa mengontrol produksi minyak

Tips selanjutnya adalah memilih produk berdasarkan kandungan bahan aktifnya. Bahan aktif pada pelembap yang cocok untuk kulit kombinasi misalnya saja hyaluronic acid, tea tree oil, niacinamide, witch hazel, dan salicylic acid kalau kamu punya masalah jerawat. Kemudian, pastikan juga bahwa produk yang kamu pilih nggak menimbulkan iritasi, ya. Kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembap wajah yang sebelumnya belum pernah kamu gunakan.

e. Boleh kok kombinasikan beberapa produk

Selain pelembap, pastinya kamu juga akan menggunakan produk skincare lain ‘kan, Girls? Nah, kamu bisa mengkombinasikan produk dengan efek yang berbeda kok. Misalnya saja toner yang bisa melembapkan kulit dengan baik dipadukan dengan pelembap yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih sekaligus mengatasi masalah pori. Namun supaya lebih mudah, kamu bisa memilih produk pelembap yang memang dikhususkan untuk kulit kombinasi.

f. Pilih produk sesuai budget

Yang satu ini pun nggak kalah penting. Produk skincare seperti pelembap pastinya bakalan kamu gunakan secara rutin setiap hari. Untuk itu, kamu perlu membeli produk yang sesuai budget. Banyak kok produk pelembap yang murah tapi affordable. Jika kamu membeli produk yang terlalu mahal melebihi budget, takutnya kamu malah nggak bisa memakainya secara continue. Akibatnya, kulitmu bisa bermasalah lagi deh.

Gimana? Gampang ‘kan memilih moisturizer untuk kulit kombinasi? Sekarang kamu nggak perlu bingung lagi karena Hai Gadis punya rekomendasi produk pelembap terbaik buat kamu. Check this out!

Rekomendasi pelembap terbaik untuk kulit kombinasi                   

1. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via wardahbeauty.com

Rekomendasi moisturizer untuk kulit kombinasi yang pertama berasal dari produk lokal, yaitu Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel. Moisturizer berkemasan tube berwarna kuning ini cocok banget buat kulit berminyak maupun kombinasi. Dengan tekstur gel, pelembap ini akan memberikan kelembapan dengan baik tanpa menambah rasa berminyak.  Tekstur gel-nya juga cepat meresap dan akan membuat kulit terasa lebih halus.

Dari segi kandungan, ada ekstrak witch hazel yang bisa membuat tampilan pori tampak lebih kecil dan menjaga keseimbangan sebum. Ada juga pro vitamin B5 dan vitamin E yang mampu memberi kelembapan ekstra pada kulit sekaligus berperan sebagai antioksidan. Lalu ada pula Moisturizing Duo yang bermanfaat memberikan kelembapan dan menjaga kelembapan kulit wajahmu. Harga produk ini juga terjangkau dan cocok buat remaja lho, yaitu hanya Rp 16.000-an.

2. Innisfree Green Tea Balancing Cream EX

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via innisfree.com

Innisfree Green Tea Balancing Cream EX juga termasuk pelembap untuk kulit kombinasi terbaik yang bisa kamu gunakan, Girls. Produk skincare Korea Selatan ini mampu memberi kelembapan pada kulitmu secara ringan tanpa membuat kulit terasa lengket. Seperti namanya, kandungan moisturizer ini adalah formulasi beauty green tea dari Jeju dengan 16 jenis asam amino yang 3,5 kali bisa memberi kelembapan dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Kemudian ada juga green tea water yang segar dan efektif melindungi kulit dari rasa kaku atau kering. Dari segi tekstur sendiri produk ini cukup halus dan ringan. Dengan penggunaan teratur, kulit bakalan lebih sehat dan selalu lembap deh. Dengan kemasan jar berukuran 50 ml, kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 260.000,-.

3. Neutrogena Oil-Free Moisture Combination Skin

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via eutrogena.com

Rekomendasi moisturizer untuk kulit kombinasi berikutnya adalah Neutrogena Oil-Free Moisture Combination Skin. Produk yang satu ini memiliki formula ringan dan mengklaim memiliki aksi ganda untuk melembapkan area kulit kering sekaligus mengontrol minyak. Kandungan yang berfungsi mengontrol minyak adalah micro-spons.

Setelah pemakaian, kulitmu pun akan terasa lebih lembut, halus, dan terasa matte serta bebas kilap yang tahan sepanjang hari. Pelembap wajah ini pun formulanya non-komedogenik sehingga nggak akan menyumbat pori-pori wajahmu. Selain itu juga bebas fragrance dan hypoallergenic yang cenderung aman untuk kulit sensitif. Harga produk dari Neutrogena ini adalah Rp 200.000-an.

4. Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via inez.co.id

Selanjutnya, ada pelembap wajah untuk kulit kombinasi dari produk lokal yaitu Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin. Pelembap berbentuk lotion ini diformulasikan untuk kulit normal yang cenderung berminyak, termasuk bisa juga digunakan untuk kulit kombinasi. Kandungan dari produk ini ada pelembap dan fruity acid extract (tamarine extract).

Fungsinya adalah membantu mengontrol minyak berlebih di kulit wajah dengan tetap melembapkan kulit. Pelembap wajah dari Inez ini pun memiliki kandungan UV protection yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Harga Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin ini sangat affordable lho, yaitu Rp 35.100,-.

5. A’Pieu Glycolic Acid Cream

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via amazon.com

Buat kulit kombinasi yang sering mengalami masalah kering di area U-zone dan berminyak di area T-zone, coba saja produk A’Pieu Glycolic Acid Cream. Kemasan produk ini berbentuk tube yang sekilas mirip kemasan salep. Desainnya juga simpel dan ramping. Untuk klaimnya sendiri, produk ini bermanfaat sebagai antiaging, brightening, mengeksfoliasi dengan kandungan exfoliant yang gentle, melembapkan, memiliki tekstur ringan, dan membuat kulit kasar kering jadi terasa lembut.

Kandungan dari A’Pieu Glycolic Acid Cream ini ada 30% Betula alba juice, 3% glycolic acid, dan 0,45% salicylic acid. Betula alba juice bermanfaat untuk melembapkan kulit. Kemudian glycolic acid dan salicylic acid bermanfaar sebagai eksfoliator. Selain ketiga kandungan tersebut, ada juga niacinamide, panthenol, glycerin, dan allantoin. Lengkap banget deh!

Kalau dari segi tekstur, moisturizer untuk kulit kombinasi ini memiliki konsistensi yang thick. Namun setelah diaplikasikan di wajah, mudah diratakan dan nggak meninggalkan rasa lengket kok. Bahkan pelembap ini nggak ada aroma yang menyengat lho. Oh ya, kalau digunakan pada pagi hari, jangan lupa lanjutkan dengan pemakaian sunscreen, ya. Harga produk ini sekitar Rp 157.000-an ya, Girls.

6. Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via cetaphil.co.id

Pelembap untuk kulit kombinasi yang recommended selanjutnya adalah Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 yang mampu melembapkan kulit sekaligus melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk bisa digunakan pada kulit kombinasi sesuai dengan rekomendasi dari Cetaphil.

Dari segi tekstur, pelembap dari Cetaphil ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Kandungannya sendiri berupa Avobenzone 3% dan Octorylene 10%. Formulanya sangat ringan (lightweight) dan nggak menimbulkan efek greasy setelah pemakaian. Selain itu, produk ini juga non-comedogenic sehingga nggak akan berisiko menyumbat pori. Buat yang alergi wewangian, pelembap ini pun fragrance free kok. Harga produk ini sekitar Rp 199.000-an untuk kemasan 118 ml.

7. Acnes Oil Control & Whitening Cream

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via shopee.co.id

Acnes Oil Control & Whitening Cream termasuk moisturizer yang juga cocok untuk kulit kombinasi lho. Produk ini juga recommended digunakan untuk remaja. Kandungan dari pelembap Acnes ini adalah kombinasi 8 ekstrak tanaman yang mampu mengurangi minyak berlebih sehingga membantu mencegah jerawat. Moisturizer  yang satu ini tetap memiliki efek melembapkan kok karena diperkaya dengan Improved Hyaluronic Acid yang menjaga kelembapan kulit dan membuat kelembutan alami kulit dua kali lebih baik.

Kamu juga nggak perlu khawatir kulit punya masalah kusam  karena moisturizer ini mengandung arbutin dan vitamin C. Nggak hanya mencerahkan kulit, tapi juga menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat. Untuk kemasan tube 40 gram, produk ini dijual seharga Rp 30.000-an. Sangat affordable, ‘kan?

8. The Body Shop Seaweed Oil Control Gel Cream Moisturizer

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via thebodyshop.co.id

Selanjutnya, ada The Body Shop Seaweed Oil Control Gel Cream Moisturizer yang juga termasuk dalam pelembap untuk kulit kombinasi terbaik. Moisturizer yang satu ini memiliki tekstur gel-cream yang cenderung lembut di kulit. Kandungannya sendiri berupa seaweed extract dari Irlandia.

Fungsi pelembap wajah ini adalah melembapkan sekaligus menghidrasi kulit. Selain itu juga mampu menyeimbangkan kadar minyak dan sebum berlebih pada kulit wajah. Saat digunakan seharian, wajahmu akan bebas kilap tapi tetap terasa lembap. Dengan kemasan jar warna biru berukuran 50 ml, produk ini dijual seharga Rp 209.000,-.

9. La Tulipe Active Hydrating Gel for Combination to Oily Skin

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via tokopedia.com

Buat remaja, masih ada lho rekomendasi pelembap untuk kulit kombinasi yang bisa kamu coba. Kali ini ada La Tulipe Active Hydrating Gel for Combination to Oily Skin yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi. Kandungan dari pelembap ini adalah pro-vitamin B5 yang membantu menutrisi, merawat, dan melembapkan kulit.

Selain itu, moisturizer lokal ini juga diperkaya dengan tiga molekul kompleks gula alami yang mampu melembapkan kulit dengan baik. Kamu nggak perlu khawatir kulit jadi terasa berminyak deh karena produk ini nggak mengandung minyak. Setelah pemakaian pun ada sensasi segar dan nggak terasa lengket di kulit. Dengan kemasan yang cute, harga moisturizer ini sangat worth it, yaitu Rp 25.000-an saja.

10. COSRX Oil-free Ultra Moisturizing Lotion (with Birch Sap)

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi moisturizer untuk kulit kombinasi berikutnya hadir dari produk Korea Selatan nih Girls, yaitu COSRX. COSRX Oil-free Ultra Moisturizing Lotion (with Birch Sap) merupakan pelembap wajah yang dikemas dalam botol plastik dan memiliki tutup pump untuk memudahkan pengambilan produk. Pelembap berbentuk lotion ini mengklaim mampu menjaga, memberi kelembapan dan juga kenyamanan di kulit dengan formula bebas minyak.

Ingredients dari produk ini diantaranya adalah Betula Platyphylia Japonica Joice (birch sap) atau getah Pohon Birch sebanyak 70%. Kandungan ini mampu membantu kadar air tetap terjaga di dalam dan permukaan kulit.  Bahkan pelembap ini memiliki klaim all healing moisturizing lotion yang mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit akibat masalah dehidrasi. Dengan pemakaian rutin, kesehatan kulit akan lebih meningkat, lebih lembut, bagian kulit yang luka bisa terawat, rona kulit lebih merata, dan kemampuan regenerasi sel kulit meningkat.

Dari segi tekstur, produk ini berbentuk lotion berwarna putih yang cepat meresap. Aromanya ada, tapi lembut dan nggak menyengat kok. Oh ya, moisturizer ini bahkan cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung sensitif. Untuk kemasan berukuran 100 ml, harga pelembap ini adalah Rp 180.000-an.

11. Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via shopee.co.id

Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme merupakan pelembap yang memiliki tekstur lembut seperti pudding. Pelembap yang satu ini pun juga bisa kok digunakan pada kulit kombinasi. Kandungannya ada Betaine yang bekerja untuk menghidrasi kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Kemudian ada juga kandungan Niacinamide yang mampu meningkatkan produksi ceramide.

Ceramide sendiri bermanfaat untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus, dan juga mencerahkan wajah. Selain itu, niacinamide alias vitamin B3 ini pun mampu mengendalikan produksi minyak berlebih yang diproduksi kelenjar sebasea. Yang lebih menarik lagi, produk dari Joylab ini pun cruelty free, alcohol free, sulfate free, dan paraben free. Kamu bisa membelinya seharga Rp 145.000,-.

12. Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel

Photo via clinique.com

Masih ada lho moisturizer untuk kulit kombinasi yang bagus dan recommended. Kali ini ada Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel. Produk ini merupakan pelembap dengan tekstur gel yang formulanya telah teruji oleh dermatolog. Produk ini bebas kandungan minyak sehingga mampu melembapkan, menghidrasi, dan melembutkan kulitmu tanpa terasa greasy.

Tekstur gel-nya pun ringan banget dan mudah meresap serta mudah diratakan. Oh ya, pelembap dari Clinique ini juga nggak mengandung sulfat, paraben, minyak mineral, alkohol, pengharum sintetis, dan bahan lain pemicu iritasi. Formulanya juga non-comedogenic dan nggak menyumbat pori. Untuk kemasan berukuran 15 ml, produk ini dijual seharga Rp 120.000-an.

13. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via shopee.co.id

Kali ini, ada merek pelembap untuk kulit kombinasi terbaik asal Jepang lho, yaitu Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion. Produk ini diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, tetapi bisa juga kok digunakan pada kulit kombinasi. Kandungannya meliputi kombinasi 3 tipe hyaluronic acid, yaitu Improved Hyaluronic Acid (AcHA), Hyaluronic Acid, dan Nano-Sized Hyaluronic Acid.

Klaim dari kandungan tersebut adalah mampu melembapkan kulit dua kali lebih baik dibanding Hyaluronic Acid biasa. Meski demikian, produk ini memiliki formula yang cepat meresap pada kulit sehingga bikin kulit terasa halus dan elastis. Bahkan moisturizer ini pun bisa berfungsi selayaknya hydrating toner yang mampu mengembapikan pH alami kulit sekaligus mempersiapkan wajah untuk diaplikasikan skincare selanjutnya.

Dari segi tekstur, produk ini berbentuk cair dan berwarna bening, serta nggak beraroma. Saat diaplikasikan, nggak bakalan bikin kulit terasa lengket deh. Oh ya, kulit sensitif pun bisa kok pakai produk ini karena nggak mengandung pewarna, pewangi, dan mineral oil. Untuk kemasan 100 ml, harga produk ini hanya Rp 50.000-an lho. Sangat affordable, ‘kan?

14. Sebamed Clear Face Care Gel

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo voia tokopedia.com

Sebamed Clear Face Care Gel pun termasuk moisturizer untuk kulit kombinasi dan juga kulit berminyak yang recommended buat kamu nih. Pelembap ini memiliki bentuk gel yang fungsinya adalah melindungi wajah dari jerawat, komedo, dan juga noda. Di kulit kombinasi, area T­-zone pasti bakalan rawan jerawat, ‘kan? pH dari produk ini juga 5,5 sehingga seimbang dengan pH kulit. Tekstur dari produk ini juga sangat ringan dan mudah meresap lho.

Dari segi kandungan ada hyaluronic acid yang mampu meningkatkan kelembapan kulit. Lalu ada juga panthenol untuk mendukung penyembuhan jerawat dan menghaluskan kulit. Selain itu, ada juga kandungan ekstrak Aloe vera yang mampu menenangkan kulit iritasi dan allantoin untuk menghaluskan kulit. Untuk ukuran 50 ml, harga produk ini adalah Rp 160.000-an.

15. Benton Aloe Hyaluron Cream

Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Photo via bentoncosmetics.com

Benton Aloe Hyaluron Cream termasuk moisturizer untuk kulit kombinasi yang mengandung 40% ekstrak Aloe vera dan 7 Hyaluronic Acid Complex. Manfaatnya adalah merawat, menyejukkan kulit, melembapkan, dan membentuk lapisan moisture barrier untuk menjaga kelembapan kulit. Tekstur dari produk ini berwarna putih seperti krim pada umumnya, tetapi cukup ringan.

Seteah menggunakannya, kulitmu akan terasa lembut dan lembap tanpa terasa lengket lho. Cocok juga kok buat semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Soalnya moisturizer yang satu ini diformulasikan tanpa alkohol, fragrance, silikon, maupun PEGs. Harga produk ini adalah Rp 150.000-an untuk kemasan 50 gram. Sayangnya, PAO (period after opening) produk yang cukup nge-hits ini cukup singkat, yaitu hanya 6 bulan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi moisturizer untuk kulit kombinasi yang bisa kamu coba. Jangan lupa, bahwa setiap produk skincare nggak bisa berefek sama untuk setiap orang. Produk yang bagus pun belum tentu cocok buatmu. Untuk itu, lakukan patch test sebelum memilih produk-produk skincare, apalagi jika produk tersebut baru kamu gunakan, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *