Penyakit yang Rentan Menyerang Remaja Wanita Saat Ini

By Hai Gadis

Usia remaja bukan berarti kebal dari segala penyakit. Untuk remaja perempuan misalnya, ada penyakit yang rentan kamu derita. Jika tak menjaga kesehatan dengan baik, bukan tak mungkin kamu bisa terkena penyakit ini.

Jika kamu merasakan keluhan di tubuhmu, ada baiknya kamu periksa kesehatan sekarang ya. Jangan sampai kamu memendamnya dan membuat tubuhmu semakin sakit. Agar kamu makin waspada dengan tubuhmu, simak penjelasan mengenai penyakit yang rentang menyerang remaja wanita ini deh.

Gangguan Kesehatan Mental

penyakit remaja wanita

Photo by alodokter.com

Mental awareness di Indonesia makin tinggi beberapa tahun terakhir. Dengan makin gencarnya kampanye mengenai kesehatan mental, makin banyak diketahui bahwa kebanyakan remaja wanita mengalami masalah ini, diantaranya adalah:

Bipolar Disorder

Gangguan mental ini terlihat dengan perubahan mood yang cepat. Remaja memang sering berubah suasana hatinya, tapi ada kemungkinan terkena bipolar disorder ketika perubahan mood atau suasana hati makin ekstrim. Gejala yang paling umum dari bipolar adalah perubahan mood dari depresi ke mania dalam jangka waktu pendek.

Depresi

Usia remaja juga rentan dengan depresi, ini terjadi karena pengelolaan stress belum dilakukan dengan baik. Apalagi dengan gaya hidup serba instan dan terbuka saat ini, ada rasa tak nyaman ketika melihat teman sudah memiliki banyak pencapaian kan? Kalau kamu merasa kesulitan mengelola stress dan terus-terusan mengalami depresi, ada baiknya segera mencari bantuan professional girls.

Gangguan Makan

penyakit remaja wanita

Photo by sehatq.com

Tak hanya gangguan mental, gangguan makan juga sering terjadi pada remaja wanita. Ini karena keinginan untuk punya tubuh ideal berlebih dengan pola diet salah. Beberapa gangguan makan yang umum terjadi adalah:

Anoreksia Nervosa

Punya tubuh yang kurus dan langsing bak model tentu jadi idaman setiap wanita. Tapi kalau cara mencapainya dengan diet ketat dan tak olahraga berlebih, kamu nantinya malah akan terkena anoreksi nervosa. Gangguan makan ini berbahaya lho karena bisa menyebabkan malnutrisi.

Bulimia Nervosa

Berbeda dengan anoreksia, penderita bulimia nervosa biasanya tak punya obsesi untuk punya tubuh yang kurus. Mereka yang mengalami bulimia akan makan secara berlebihan kemudian memuntahkannya kembali, baik dengan paksaan atau obat pencahar. Kalau ini terjadi, tentu imun dan sistem pencernaan tak bisa bekerja dengan baik.

Binge Eating

Penyakit yang rentan menyerang remaja wanita selanjutnya adalah binge eating. Gangguan makan ini adalah kecenderungan untuk makan berlebih. Bahkan ketika tak lapar pun, penderitanya akan terus makan. Jika terus berlangsung, berat badan tentu akan naik dan terjadilah obesitas.

Migrain

Photo by alomedika.com

Remaja juga rentan terkena migrain, baik pria maupun wanita. Apalagi kalau kamu punya anggota keluarga yang punya riwayat penyakit ini. Migrain adalah sakit kepala berulang karena gangguan saraf pada otak.

Mereka yang punya migrain biasanya akan merasakan sakit kepala hingga denging yang parah. Kalau kamu merasakan gejala tersebut beberapa kali dalam sebulan, sebaiknya segera periksakan diri ya.

Obesitas

Photo by alodokter.com

Obesitas juga bisa terjadi pada masa remaja, apalagi jika mereka tak menjaga pola makan denga baik. Konsekuensi obesitas tak hanya sekedar berat badan berlebih lho, penyakit ini juga menyebakan diabetes tipe dua, penyakit jantung hingga asma.

Selain masalah fisik, obesitas juga berdampak pada kesehatan mental. Tak jarang mereka yang mengalami obesitas akan mengalami depresi, gangguan kepercayaan diri, dan kecemasan berlebih. Cara menghindari obesitas bisa dengan pola hidup sehat dan banyak beraktifitas.

Diabetes

Photo by herstory.com

Ada anggapan bahwa penderita diabetes adalah para orang tua. Padahal ini salah girls, karena pola makan yang buruk, banyak remaja yang sudah mulai mengalami diabetes. Diabetes bisa dipicu dengan mengonsumsi makanan manis dan junk food yang tak punya gizi.

Menghindari diabetes tak sulit kok buat kamu lakukan, kamu bisa mulai dengan makan makanan yang sehat dan berimbang. Bukan berarti kamu tak bisa makan manis, kamu masih bisa melakukannya sesekali dengan takaran yang pas.

Jika kamu tak ingin terkena penyakit-penyakit ini, melakukan diet dan pola hidup sehat bisa kamu pertimbangkan mulai dari sekarang. Kamu pun jadi terhindar dari penyakit yang rentan menyerang remaja wanita deh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.