11 Kesalahan Saat Diet Yang Dapat Mengganggu Kesehatanmu

6 bulan lalu, by Hai Gadis

Kesalahan saat diet

Diet merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan seseorang, salah satunya untuk mendapatkan berat badan ideal. Berat badan ideal memang dapat menunjang penampilan, sehingga nggak jarang seseorang mau melakukan berbagai upaya untuk diet.

Pada dasarnya, diet sendiri berarti makanan. Bukan semata-mata sebuah upaya untuk menurunkan berat badan. Sebab, ada diet menurunkan berat badan dan ada pula diet menaikkan berat badan. Bahkan ada juga diet diabetes, diet vegetarian, dan lain sebagainya. Namun yang sering dilakukan apalagi oleh para wanita adalah diet menurunkan berat badan.

Dampak melakukan diet yang kurang tepat

Dalam diet menurunkan berat badan, seringkali seseorang menginginkan hasil yang instan dan cepat. Padahal diet yang sehat dengan penurunan berat badan yang nggak akan mudah kembali naik, perlu proses yang nggak sebentar. Boleh-boleh saja kamu mengikuti metode diet mana pun asalkan tetap melibatkan pola hidup sehat. Nggak sedikit lho orang yang sering melakukan kesalahan dalam diet yang justru berdampak bagi kesehatan.

Jika diet yang kamu lakukan kurang tepat, maka kamu berisiko mengalami hal-hal berikut ini.

  1. Mudah lelah dan kurang energi

    Jika kamu melakukan kesalahan saat diet menurunkan berat badan, maka bisa-bisa kamu mudah merasa lelah dan pusing. Diet yang terlalu ekstrim bisa membuat kamu kurang energi. Jadinya, kurang bersemangat deh dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Diet kamu justru malah terasa menyiksa, bukan?

  2. Mudah sakit dan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh

    Ada lagi nih dampak gangguan kesehatan karena kamu melakukan kesalahan saat diet. Misalnya saja kamu terlalu ekstrem mengurangi asupan makan, sehingga zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh nggak terpenuhi dengan baik. Akibatnya, kamu bisa mengalami kekurangan gizi. Bisa jadi mungkin kamu nggak merasa lemas, tapi kamu nggak tahu kalau kamu kekurangan zat-zat gizi seperti vitamin, mineral, dan lain sebagainya. Akibatnya, sistem kekebalan tubub akan menurun. Kamu pun jadi mudah sakit. Nggak mau ‘kan Girls mengalami hal ini?

  3. Mengalami anemia

    Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa terjadi jika kamu melakukan kesalahan saat diet menurunkan berat badan. Jika asupan makanmu sangat rendah, bisa jadi kamu akan kekurangan zat-zat gizi yang berperan dalam pembentukan darah. Maka nggak heran apabila kamu jadi mudah pusing, sakit kepala, dan kelelahan akibat anemia.

  4. Mengalami penurunan metabolisme tubuh

    Bisa jadi lho niat kamu ingin menurunkan berat badan, tapi dalam jangka waktu panjang berat badanmu malah naik. Hal ini bisa terjadi jika kamu kekurangan asupan makan, Girls. Jika asupanmu sedikit, maka tubuh akan secara otomatis melakukan metabolisme lebih lambat agar cadangan energimu nggak cepat habis. Nah, nantinya, jika asupanmu terlalu banyak, kamu malah akan mudah gemuk lagi.

  5. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh

    Kesalahan dalam program diet kamu juga bisa menyebabkanmu mengalami dehidrasi. Bisa jadi karena asupan cairanmu kurang, atau karena kamu banyak mengonsumsi minuman diuretik. Banyak lho minuman diuretik yang menjanjikan penurunan berat badan. Namun dampaknya, kamu bisa mengalami diare atau bisa juga bolak-balik kamar mandi karena buang air kecil terus-menerus. Jika berlangsung dalam jangka panjang, kamu bisa mengalami dehidrasi.

  6. Penurunan berat badan hanya bersifat sementara

    Melakukan diet penurunan berat badan memang harus dilakukan dengan konsisten dan penuh komitmen. Selain itu, diet juga harus dilakukan secara sehat. Dengan begini, bukan angka berat badan turun saja yang kamu kerjar. Namun juga pola hidup sehat yang membuat berat badan idealmu stabil. Sebab, nggak jarang diet dilakukan secara instan, entah dengan cara sehat maupun nggak sehat. Mungkin berat badanmu akan menurun secara cepat, tetapi nggak akan stabil, Girls. Jika gaya hidup kamu yang terbiasa banyak makan nggak diubah, maka kamu bisa gemuk lagi. Padahal, penurunan berat badan yang sehat dan aman itu sebanyak 0,45 – 0,9 kg per minggu. Kalau lebih dari itu, berarti ada yang nggak beres. Entah pola dietmu nggak sehat, atau badanmu mengalami sesuatu.

Kesalahan saat diet yang dapat mengganggu kesehatanmu

Nah, dampak-dampak kesehatan di atas pasti nggak mau kamu alami hanya karena melakukan kesalahan dalam diet, bukan? Oleh karena itu, kesalahan-kesalahan tersebut harus dikurangi.

Namun, mungkin kamu juga belum tahu apa saja kesalahan yang mungkin kamu lakukan tanpa kamu sadari. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan dalam diet yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, Girls:

1. Terlalu banyak kalori yang dikurangi

Kesalahan pertama yang mungkin kamu lakukan adalah terlalu sedikit mengonsumsi makanan alias terlalu banyak kalori yang dikurangi. Idealnya, dalam menurunkan berat badan, sehari kamu dianjurkan menurunkan asupan kalori sebanyak 300-500 kkal. Kamu nggak dianjurkan melakukan diet terlalu ekstrem dengan mengasup makanan kurang dari kebutuhan tubuh.

Tiga ratus kalori itu kira-kira setara dengan nasi 2 centong. Kamu bisa mengurangi makan nasi sehari sebanyak 2 centong sehari. Misalnya saja pagi hari, makan nasi dikurangi 1/2 centong, makan siang kurangi 1/2 centong, dan makan malam kurangi 1 centong. Lalu untuk 200 kalori sisanya, kamu bisa mengurangi mengolah makanan dengan digoreng.

Satu sendok teh minyak kelapa sawit setara dengan 50 kkal lho. Dengan mengurangi makanan yang digoreng, kamu sudah berhasil mengurangi asupan kalori secara sehat dalam dietmu.

2. Melewatkan sarapan

Ada lagi nih kesalahan saat diet menurunkan berat badan yang harus kamu hindari. Melewatkan sarapan adalah hal yang sangat nggak dianjurkan, Girls. Meski sedang diet, bukan berarti kamu boleh nggak sarapan. Nggak sarapan justru akan membuat tubuhmu lemas sepanjang hari dan mudah lelah.

Lalu siangnya, kamu malah justru kelaparan dan cenderung makan lebih banyak. Jadinya, dietmu malah gagal deh! Untuk menurunkan berat badan, kamu tetap harus sarapan dengan mengurangi kalori yang diasup.

3. Takut makan nasi dan terlalu banyak mengonsumsi protein serta lemak

Kesalahan saat diet

Kesalahan saat diet takut makan nasi – Photto via wyrk.com & life.hu

Dalam diet menurunkan berat badan, terkadang seseorang cenderung berpikir takut untuk makan nasi. Nasi dianggap mudah membuat seseorang menjadi gemuk. Padahal nggak demikian, lho. Nasi nggak akan membuatmu gemuk asal nggak berlebihan konsumsinya.

Kamu tetap boleh kok makan nasi dengan mengurangi porsinya atau diganti dengan sumber karbohidrat lainnya. Justru, yang salah adalah kalau kamu nggak makan nasi tapi terlalu banyak konsumsi makanan sumber protein dan lemak.

Kesalahan dalam diet yang sering dilakukan adalah menghindari makan nasi dan makan makanan hewani terlalu banyak. Padahal, konsumsi protein dan lemak berlebihan pada makanan hewani bisa merusak ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Wah, bukannya sehat malah berisiko mengalami penyakit!

4. Nggak istirahat dengan cukup

Kesalahan saat diet

Kesalahan saat diet yaitu tidak istirahat dengan cukup – Photo via twitter.com

Dalam melakukan diet menurunkan berat badan, nggak cuma asupan makan saja lho yang harus kamu perhatikan. Waktu istirahat juga sangat penting untuk membuat tubuhmu lebih mudah memiliki berat badan ideal. Kurang istirahat / tidur dapat menyebabkan kekebalan tubuh kamu mengalami penurunan.

Selain itu, kurang tidur akan membuatmu mudah gemuk. Orang yang kurang tidur cenderung mengalami penurunan hormon leptin (hormon yang membuat kita merasa kenyang). Selain itu juga mengalami peningkatan hormon ghrelin (hormon yang meningkatkan rasa lapar). Maka nggak heran jika kurang tidur merupakan salah satu kesalahan saat diet yang perlu kamu hindari.

5. Nggak berolahraga atau olahraga berlebihan

Kesalahan saat diet

Kesalahan saat diet yaitu tidak berolahraga atau olahraga berlebihan – Photo via mp-body.com

Meskipun dengan mengurangi asupan makan saja kamu bisa menurunkan berat badan, kamu tetap harus berolahraga. Berolahraga mampu menaikkan massa otot dalam tubuhmu dan mengurangi massa lemak. Jadi, kalau kamu hanya fokus diet tapi nggak diimbangi olahraga, kamu bakalan kehilangan massa otot.

Meski berat badanmu berkurang, belum tentu lho massa lemak di tubuhmu bakalan turun juga. Olahraga juga mampu meningkatkan kekebalan tubuhmu dan membuatmu lebih bugar. Bahkan, dengan olahraga teratur, kulit kamu bisa lebih segar dan sehat lho.

Namun, kamu pun juga nggak dianjurkan melakukan olahraga berlebihan untuk menurunkan berat badan lho. Olahraga berlebihan melebihi kemampuanmu justru akan membuatmu drop dan malah jatuh sakit. Kamu nggak perlu memaksakan diri kok. Olahraga semampunya saja, yang penting konsisten. Gimana? Masih mau melakukan kesalahan dalam diet yang satu ini?

6. Nggak mengonsumsi makanan secara beragam

Saat melakukan diet, terkadang kesalahan yang kamu lakukan adalah menghindari sejumlah makanan yang kamu pikir akan menyebabkan berat badanmu naik. Lalu kamu akan makan itu-itu saja setiap hari. Hal ini nggak dianjurkan lho Girls kecuali kamu memang alergi atau nggak bisa memakan sejumlah makanan tertentu.

Meski sedang diet, kamu tetap harus makan makanan secara beragam. Prinsip diet supaya berat badan turun itu bukan menghindari makanan. Namun mengurangi asupan makan. Jadi, jenis makanan tetap harus bervariasi ya. Tujuannya supaya kamu nggak mengalami kekurangan zat gizi tertentu dan malah berujung penyakit.

7. Mengonsumsi suplemen atau obat pelangsing dengan sembarangan

Kesalahan saat diet

Kesalahan saat diet yaitu mengonsumsi suplemen atau obat pelangsing dengan sembarangan – Photo via medicalacademic.co.za

Obat pelangsing maupun suplemen diet seperti menjadi solusi ajaib untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan instan. Obat pelangsing atau suplemen diet nggak semuanya efektif untuk menurunkan berat badan. Diet akan lebih efektif jika dibarengi dengan pola makan yang benar (mengurangi asupan kalori) dan melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, nggak semua obat penurun berat badan itu aman lho. Sebelum memilih obat pelangsing, kamu harus tahu bahwa obat tersebut telah mendapatkan izin resmi dari BPOM atau FDA (Food and Drugs Administration) di US.

Lebih baik kamu benar-benar mengonsumsinya jika memang dianjurkan oleh dokter atau ahli gizi deh. Nggak mau ‘kan tubuh kamu kenapa-kenapa karena kesalahan dalam diet yaitu mengonsumsi obat pelangsing sembarangan?

8. Terlalu over saat melakukan cheating day

Kesalahan saat diet yaitu terlalu over saat melakukan cheating day

Kesalahan saat diet yaitu terlalu over saat melakukan cheating day – Photo via diariocorreo.pe

Pada penerapan diet, biasanya akan terdapat cheating day, di mana kamu bisa makan sesuai keinginanmu dalam satu hari. Tujuannya sih supaya saat diet kamu nggak bosen, jenuh, dan akhirnya nggak menjalani diet sampai tuntas. Namun, kesalahan saat diet menurunkan berat badan yang sering terjadi adalah melakukan cheating day terlalu over.

Boleh makan sesuai keinginan bukan berarti kamu kalap dan makan berlebihan lho. Takutnya, berat badanmu bakalan susah turun atau naik kembali. Cheating day harus tetap diatur ya. Kamu boleh makan lebih dari biasanya, tapi jangan sampai melebihi kebutuhan kalorimu. Selain itu, pemilihan makanan juga jangan terlalu yang berlemak, tinggi kalori, dan banyak gula. Nggak mau dong kalau dietmu sia-sia hanya karena kesalahan dalam sehari?

9. Minum minuman bergula secara berlebihan

Kesalahan saat diet yaitu minum minuman bergula secara berlebihan

Kesalahan saat diet yaitu minum minuman bergula secara berlebihan – Photo via calmatters.org

Diet nggak hanya fokus pada makanan. Minuman pun harus kamu perhatikan. Seringkali secara nggak sadar kamu minum minuman banyak gula seperti boba, soda, thai tea, dan lain sebagainya.

Padahal perlu kamu tahu bahwa minuman-minuman tersebut termasuk berkalori tinggi lho meskipun nggak mengenyangkan. Bisa jadi kesalahan saat diet yang satu ini akan menyebabkan berat badanmu susah turun. Kalau memang ingin minum minuman manis, mending minum jus buah yang nggak perlu ditambah gula atau susu lagi. Gimana?

10. Nggak minum air dengan cukup

Kesalahan saat diet yaitu tidak minum cukup air

Kesalahan saat diet yaitu tidak minum cukup air – Photo via otokonokakurega.com

Jangan lupa meski sedang diet, kamu tetap harus minum air putih dengan cukup. Meski nggak merasa haus, kebutuhan cairanmu harus terpenuhi. Jangan sampai deh karena diet, kamu justru dehidrasi dan mudah lelah.

Kamu harus mengasup cairan setidaknya 2 liter sehari. Oh ya, minum segelas air putih sebelum makan juga bermanfaat untuk dietmu lho. Makanmu akan lebih terkontrol karena perut nggak benar-benar kosong setelah terisi air putih.

11. Nggak konsultasi ke dokter / nutrisionist

Kesalahan saat diet yaitu tidak konsultasi ke dokter

Kesalahan saat diet yaitu tidak konsultasi ke dokter – Photo via watson.de

Kesalahan saat diet yang seringkali kamu lakukan adalah asal-asalan saja mengikuti diet ikut-ikutan orang lain tanpa pengawasan dokter / nutrisionist. Padahal, diet seharusnya didampingi oleh tenaga ahli lho. Hal ini supaya kamu terhindar dari risiko-risiko kesehatan yang nggak kamu tahu. Apalagi jika diet yang kamu lakukan ini termasuk diet berat.

Boleh-boleh saja sebetulnya jika kamu menggunakan panduan buku atau internet. Namun, pilihlah panduan diet yang bisa dipertanggungjawabkan, ya. Kamu juga harus mempertimbangkan baik buruknya metode diet tersebut bagi kesehatanmu.

Itu dia Girls beberapa kesalahan saat diet yang berisiko bagi kesehatan dan bisa membuat berat badanmu naik lagi. Ingat ya, jangan sampai diet yang kamu lakukan malah membuatmu tersiksa. Kamu juga nggak perlu memaksakan diri dan membahayakan kesehatanmu. Mending, lakukan diet dengan sehat secara konsisten dan komitmen, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *