15 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik Agar Rambut Sehat Terawat

2 minggu, by Hai Gadis

Serum rambut terbaik

Dalam melakukan perawatan rambut, ternyata shampo dan conditioner saja nggak cukup lho. Apalagi jika kamu menginginkan rambut yang sehat dan bebas masalah seperti ketombe, gatal, lepek, rambut rontok, rusak, kusam, atau bahkan rambut mengembang yang susah diatur. Nah, melakukan perawatan rambut nggak harus pergi ke salon kok. Kamu juga bisa merawat rambutmu sendiri secara teratur, salah satunya menggunakan serum rambut terbaik.

Manfaat serum rambut

Nggak hanya wajah saja nih yang membutuhkan produk perawatan berupa serum. Rambutmu juga lho. Apalagi serum rambut punya segudang manfaat yang akan membuat rambutmu lebih sehat, antara lain:

  • Melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi
  • Mencegah rambut menjadi lepek
  • Melindungi rambut dari kerusakan karena alat styling seperti hair dryer, catokan, curler, dan lain sebagainya
  • Meningkatkan kesehatan dan vitalitas rambut
  • Membuat rambut lebih halus, lembut, dan berkilau.

Manfaat-manfaat dari serum rambut tersebut bisa kamu dapatkan karena produk serum memiliki kandungan tertentu yang bisa mencegah rambutmu dari kerusakan. Bahkan seringkali produk ini sudah dikhususkan untuk mengatasi masalah rambut tertentu seperti rambut rontok, bercabang, kering, kulit kepala berketombe, rambut berminyak, hingga rambut megar yang sulit diatur.

Tips memilih serum rambut terbaik

Buat kamu yang ingin menggunakan serum rambut untuk perawatan rutin, terkadang bingung kan memilih produk yang cocok? Apalagi produk serum rambut bagus di pasaran banyak banget, mulai yang harganya terjangkau hingga yang cenderung pricey. Namun, kamu nggak perlu khawatir, Girls. Mending simak deh tips dari Hai Gadis berikut ini.

a. Pilih produk berdasarkan masalah rambutmu

Tips memilih serum rambut yang pertama adalah sesuaikan dengan permasalahan rambutmu. Apakah kamu memiliki masalah rambut seperti rontok, rusak, kering, kusam, lepek, hingga gatal akibat ketombe. Dengan demikian, produk bisa lebih efektif mengatasi permasalahan rambutmu deh. Sebab, berbeda permasalahan rambut, akan berbeda pula kandungan bahan aktif produk. Meski demikian, ada juga kok Girls serum yang bisa mengatasi semua permasalahan rambut secara umum. Mungkin produk yang seperti ini akan lebih memudahkanmu dalam membelinya. Yang terpenting, pilih secara bijak, ya.

b. Pilih produk serum berdasarkan kandungannya

Tips selanjutnya, pilihlah produk serum rambut terbaik berdasarkan kandungannya. Biasanya kandungan paling umum dalam serum rambut adalah minyak dari tanaman seperti sunflower seed, coconut oil, jojoba oil, argan oil, dan lain sebagainya. Minyak tersebut bermanfaat dalam membuat rambut lebih  ternutrisi, lembap, dan berkilau.

Jika kamu memiliki masalah rambut rontok, kandungan seperti biotin dan vitamin D bisa mengatasi kerontokan serta merangsang pertumbuhan rambut lho. Kemudian untuk mengatasi rambut berminyak, kandungan zinc menjadi nutrisi yang efektif. Kalau rambutmu kusam, rapuh, hingga berisiko mengalami kebotakan, maka protein lah yang kandungan yang dibutuhkan untuk mengatasinya. Sementara untuk mengatasi ketombe, salah satu kandungan yang bisa dipilih adalah minyak serai.

c. Pertimbangkan produk yang memiliki kandungan silikon

Kandungan silikon pada produk serum rambut bisa jadi bermanfaat, bisa jadi juga enggak. Pada dasarnya, silikon pada produk perawatan rambut berfungsi untuk membuat rambut lebih berkilau dan nggak rentan rusak jika terkena alat styling. Namun, silikon yang bisanya dalam bentuk dimethicone justru cenderung sulit dibersihkan yang bisa mengakibatkan rambut berketombe. Untuk itu jika kamu memiliki masalah ketombe, sebaiknya pilih produk serum yang tidak mengandung silikon.

d. Pilih produk yang aromanya nyaman

Tips memilih serum rambut terbaik berikutnya adalah berdasarkan aromanya. Terkadang ada lho Girls produk perawatan rambut yang aromanya sangat menyengat dan nggak nyaman di hidung. Sebaiknya, pilih produk yang aromanya nyaman untukmu, ya. Atau jika kamu sensitif terhadap fragrance, bisa banget pilih produk serum rambut yang nggak mengandung parfum dan nggak beraroma.

e. Tetap rawat rambut dengan produk perawatan basic

Sebenarnya, serum rambut termasuk produk perawatan berkelanjutan dari shampo dan conditioner. Apalagi penggunaan serum rambut pun nggak bisa setiap hari. Untuk itu supaya rambut sehat maksimal, jangan lupakan perawatan basic seperti shampo dan conditioner secara teratur. Produk perawatan lain juga tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan rambutmu ya, Girls.

f. Pilih produk berdasarkan budget

Kebanyakan, produk serum rambut dari brand ternama memang memiliki harga yang mahal. Namun tentunya, kualitasnya nggak usah diragukan lagi. Meski bagus dan berkualitas, setiap produk belum tentu cocok dengan rambut dan kulit kepalamu lho. Untuk itu, nggak ada salahnya kok mencoba produk lokal yang harganya lebih terjangkau dengan kualitas yang nggak kalah bagus. Yang terpenting, pilih produk yang cocok dan sesuai kemampuan alias budget-mu, ya.

Itu dia beberapa tips memilih serum rambut terbaik yang bisa kamu perhatikan. Selanjutnya, Hai Gadis punya nih rekomendasi produk bagus yang bisa kamu pilih. Siapa tahu cocok, ‘kan?

Rekomendasi serum rambut terbaik

1. Kerastase Serum Extentioniste

Serum rambut terbaik

via coserty.com

Serum rambut terbaik yang pertama adalah Kerastase Serum Extentioniste yang cocok untuk segala jenis rambut. Serum ini memiliki konsentrasi tinggi dalam menstimulasi pertumbuhan rambut baru agar menjadi lebih kuat. Cocok nih buat kamu yang memiliki masalah rambut tipis dan rambut rontok.

Dari segi kandungan, ada ceramide yang berfungsi melindungi kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Buat kamu yang memiliki rambut berminyak, produk ini nggak akan meninggalkan rasa greasy setelah diaplikasikan. Selain kandungan ceramide, ada juga Safflower glucoside, Candelilla wax, Rose extract, Camellia sinensis leaf extract, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakannya sebanyak kurang lebih tiga tetes yang kemudian aplikasikan ke kulit kepala secara merata. Oh ya, menggunakan produk ini cukup 1-2 kali seminggu saja kok. Dengan volume 50 ml, serum yang berkemasan botol toska ini dijual seharga Rp 460.000,-. Agak pricey, tetapi dijamin awet deh Girls karena kamu nggak harus menggunakannya setiap hari.

2. L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum

Serum rambut bagus

via tokopedia.com

L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum juga termasuk serum rambut bagus yang recommended buat kamu. Serum ini bermanfaat untuk perawatan rambut secara intensif agar lebih ternutrisi, terlindungi, dan membuat rambut tampak halus, lembut, berkilau, serta bebas lepek.

Dari segi kandungan, serum rambut ini formulanya diperkaya dengan 6 minyak bunga istimewa yang mudah meresap ke dalam batang rambut. Ada ekstrak bunga lotus, chamomile, rose, tiare, linseed, dan soybean. Selain menutrisi rambut, serum ini juga akan melindungi rambutmu dan menyempurnakan penataan akhir rambut.

Serum rambut ini cocok kok digunakan pada rambut normal, rambut normal cenderung kering, rambut kering, hingga rambut rusak. Kamu bisa menggunakannya sebanyak 3-4 tetes sebelum keramas, bisa juga sebelum mengeringkan rambut, atau setelah penataan rambut. Untuk ukuran 100 ml, produk ini dijual Rp 150.000-an.

3. Erhair Hairgrow Serum

via erhastore.co.id

Selanjutnya, ada Erhair Hairgrow Serum sebagai serum rambut terbaik yang juga layak untuk kamu pakai. Produk ini diformulasikan untuk mengurangi kerontokan rambut dan membantu tumbuhnya rambut baru. Sangat cocok nih untuk kamu yang punya masalah rambut rontok maupun rambut tipis.

Kandungan dari serum rambut Erhair ini berupa Kopexll yang bekerja mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Kemudian ada juga ekstrak ginseng yang menguatkan rambut dari akarnya. Kamu bisa mengaplikasikan produk ini dalam keadaan rambut kering atau setengah basah. Setelah itu, nggak perlu dibilas deh. Serum dengan kemasan 7 x 8 ml ini bisa kamu beli seharga Rp 200.000-an.

4. Silkoro Color Care Serum

via shopee.co.id

Rekomendasi serum rambut bagus berikutnya adalah Silkoro Color Care Serum yang bermanfaat untuk merawat rambut  yang diwarnai. Produk ini diformulasikan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti penggunaan hair dryer yang menyebabkan rambut kering dan cepat rusak.

Selain itu, Silkoro Color Care Serum juga bisa mengatasi permasalahan rambut akibat hair styling seperti pewarnaan rambut, mengeritingkan rambut, rebonding, maupun catok. Rambut biasanya jadi mudah kering, kusut, bahkan rontok. Nah, serum ini bakalan membuat rambutmu sehat kembali jika digunakan secara teratur.

Dari segi kandungan, Silkoro Color Care Serum ini juga dilengkapi dengan minyak kemiri, jojoba oil, dan Aloe vera oil. Produk ini juga terdiri dari berbagai varian lho, ada varian warna hitam, hijau, biru, dan merah. Kamu bisa menggunakannya setelah keramas sebanyak 2-3 tetes lalu usapkan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Untuk kemasan 160 ml, harga produk ini hanya Rp 33.000-an. Cukup affordable, ‘kan?

5. Kiehl’s Silk Groom Serum

Serum rambut terbaik

via kiehls.in

Rekomendasi serum rambut terbaik yang nggak kalah berkualitas adalah Kiehl’s Silk Groom Serum. Produk ini bermanfaat untuk melembutkan rambut yang sulit diatur, melembapkan rambut, dan melindungi rambut dari masalah lepek. Kandungan dari serum ini adalah campuran minyak alami yang berasal dari biji bunga matahari, biji wijen, biji kacang kedelai, dan juga vitamin E.

Kandungan-kandungan tersebut nggak hanya bermanfaat untuk menyehatkan rambut, tetapi juga menyehatkan kulit kepala. Produk ini juga cocok digunakan di segala gaya rambut, mulai dari rambut halus, lurus, hingga keriting dan bergelombang. Kamu bisa menggunakan produk ini sebagai campuran shampo maupun digunakan saat rambut sudah kering. Sayangnya, harga serum ini cukup pricey, yaitu Rp 500.000,- untuk kemasan 75  ml.

6. Innisfree My Hair Recipe Repairing Oil Serum

via innisfree.com

Selanjutnya, ada produk serum rambut bagus dari Innisfree nih Girls. Produk tersebut adalah My Hair Recipe Repairing Oil Serum yang diformulasikan untuk rambut rusak. Serum ini mengandung nutrisi dari protein dan minyak alami kacang hijau yang ditanam di Jeju. Manfaatnya adalah membuat rambut lebih mengkilap dan elastis.

Selain itu, ada juga kandungan minyak dari argan, jojoba, dan macademia yang secara intensif dapat memperbaiki rambut rusak dan membuat rambut lebih berkilau sehat. Kamu bisa mengaplikasikan produk ini setelah keramas lalu mengeringkan rambut. Produk berukuran botol 70 ml ini dijual seharga Rp 180.000,-.

7. Olaplex No. 7 Bonding Oil

via olaplex.com

Olaplex No. 7 Bonding Oil juga termasuk serum rambut terbaik berbentuk oil yang recommended buat kamu. Fungsi dari bonding oil yang satu ini adalah untuk mengatasi rambut kering dan kaku. Selain itu juga membantu menutrisi dan memperbaiki jaringan batang rambut yang rusak. Apalagi jika rambutmu sering diwarnai menggunakan alat-alat hair styling.

Kandungan Olaplex No. 7 Bonding Oil antara lain ada Bis-aminopropyl Diglycol Dimaleate yang berfungsi memperbaiki rambut kusam, mudah patah, dan bercabang agar sehat kembali. Ada juga kandungan Grape seed oil yang melindungi rambut dari kerusakan dan radikal bebas. Lalu kandungan fermented green tea oil bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin dan nutrisi.

Oh ya, meski produk ini berbentuk oil, saat diaplikasikan nggak akan membuat rambutmu makin berminyak atau lepek. Cara penggunaannya yaitu cukup gunakan 2-3 tetes pada rambut yang setengah basah maupun rambut kering. Untuk ukuran 30 ml, harga serum rambut ini Rp 400.000-an.

8. Wella Professionals Invigo Balance Anti Hair Loss Serum

via us.wella.professionalstore.com

Punya masalah rambut rontok dan juga ketombean? Serum rambut bagus yang satu ini bisa banget kamu gunakan lho. Wella Professionnals Invigo Balance Anti Hair Loss Serum dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kepala sehingga dapat mengurangi ketombe. Selain itu, produk ini juga mampu menjaga kelembapan batang rambut agar nggak mudah kering dan patah.

Menariknya lagi, serum ini saat diaplikasikan memiliki sensasi dingin sehingga menyejukkan kulit kepala. Untuk lebih optimal, kamu bisa mengaplikasikan produk ini saat rambut dalam kondisi setengah kering dan lakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Untuk serum sebanyak 6 ml, harganya sekitar Rp 150.000-an.

9. Lae Sa Luay All in One Hair Keratin Serum

via shopee.co.id

Selanjutnya, ada produk serum rambut terbaik yang berasal dari Thailand nih Girls yaitu Lae Sa Luay All in One Hair Keratin Serum. Produk dari Lae Sa Luay memang lagi nge-hits dan terkenal bagus. Ada rangkaian produk shampo, hair mask, dan serum rambut. Nah, yang akan dibahas di sini adalah serum rambut tentunya. Serum dari Lae Sa Luay ini mampu menutrisi rambut dan mencegah kerusakan, serta membuat rambut tampak berkilau.

Kandungan dari produk ini berupa formula All-Inclusive-Cole charcoal dan juga keratin. Manfaatnya adalah untuk melembapkan rambut, menutrisi, mempertahankan warna rambut, dan membuat rambut lebih mudah diatur. Untuk kemasan berukuran 50 ml, harga serum rambut ini adalah Rp 95.000-an. Kamu bisa mengaplikasikan produk ini pada rambut yang sudah kering dan meratakannya.

10. XL Professionnel Spa Hair Serum

via shopee.co.id

Mau produk serum rambut bagus yang harganya lebih terjangkau? Kamu bisa mencoba XL Professionnel Spa Hair Serum. Produk ini memiliki 3 varian produk, yaitu varian Regenerating (warna hitam) untuk  meregenerasi rambut rontok. Lalu ada juga varian Invigorating (warna pink) yang menutrisi dan merawat rambut kusam. Sementara itu, varian Revitalizing (warna ungu) bermanfaat untuk merawat rambut kering yang diwarnai.

Dari berbagai varian tersebut, kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan masalah rambutmu, Girls. Dengan tekstur yang bening dan nggak lengket, produk ini cepat meresap saat diaplikasikan. Kamu juga nggak perlu khawatir rambut terasa lepek. Untuk kemasan 125 ml, harga produk ini adalah Rp 60.000-an. Masih affordable, ‘kan?

11. Natur Hair Serum Protecting Treatment

via tokopedia.com

Natur Hair Serum Protecting Treatment juga recommended nih sebagai serum rambut terbaik untuk perawatan rambutmu. Produk ini bermanfaat untuk menutrisi dan mempertahankan kekuatan rambutmu dari kerusakan. Rambut pun akan lebih lembap alami dan tampak berkilau dengan pemakaian teratur.

Dari segi kandungan, ada Natural Active Oil dan vitamin E. Serum ini cocok kok digunakan pada rambut rusak, kusam, bahkan bercabang. Karena produk ini berbentuk oil, sebaiknya kamu nggak menggunakannya pada kulit kepala agar rambut nggak lepek. Melainkan, aplikasikan saja pada helai rambutmu secara merata. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 90.000-an untuk kemasan berukuran 60 ml.

12. L’Occitane Aromachologie Intensive Repair Anti-Frizz Serum

via shopee.co.id

Selanjutnya, ada L’Occitane Aromachologie Intensive Repair Anti-Frizz Serum yang nggak kalah berkualitas. Serum rambut bagus yang satu ini cocok untuk mengatasi masalah rambut kusut. Formulanya dibuat tanpa silikon dan berupa serum 3-in-1 yang akan merapikan rambut kusutmu.

Apalagi kalau kamu sering melakukan styling rambut seperti menggunakan perangkat panas, serum ini mampu melindungi rambutmu dari panas hingga 230 derajat. Dalam membuat rambut lebih halus, serum ini diperkaya dengan minyak esensial Angelica, Ylang Ylang, Sweet Orange, Lavender, dan Geranium. Ada juga Sunflower, Jojoba, dan asam amino oat. Dengan kemasan tube bervolume 100 ml, produk ini dijual seharga Rp 420.000,-.

13. Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

via reviews.femaledaily.com

Kalau kamu punya masalah rambut singa alias rambut megar, Matrix Biolage Deep Smoothing Serum bisa banget nih dipilih sebagai serum rambut terbaik. Nggak hanya masalah rambut megar, rambut kusam, mudah kusut, dan frizzy juga  bisa teratasi dengan produk ini lho. Dari segi kandungan ada grape seed oil atau minyak biji anggur yang tinggi asam linoleat. Fungsinya adalah menjaga kelembapan rambut dan membuatnya terlihat berkilau.

Selain itu, ada kandungan alpukat yang bermanfaat untuk menutrisi rambut agar lebih mudah diatur dan nggak gampang megar. Dengan tekstur oil, produk ini nggak bakalan bikin rambutmu terasa lepek saat diaplikasikan kok. Kamu bisa mengaplikasikannya pada rambut setelah keramas atau dalam keadaan sudah kering maupun sebelum mengenakan hair styling tools. Harga produk ini adalah Rp 90.000-an untuk kemasan berukuran 100 ml.

14. Rudy Hadisuwarno Anti Dandruff Serum

via rudyhadisuwarnocosmetics.com

Rudy Hadisuwarno Anti Dandruff Serum juga menjadi salah satu serum rambut bagus yang recommended untuk kamu yang punya masalah ketombe. Serum ini mampu membantu mengatasi masalah ketombe berkepanjangan dan membuat kulit kepala tetap sehat. Kandungannya sendiri berupa Triple Active Care Treatment 3ACT.

Manfaat kandungan tersebut antara lain mengurangi ketombe, mengurangi gatal karena ketombe, kemerahan, dan iritasi pada kulit kepala. Selain itu, produk ini pun mampu membersihkan kulit kepala dengan baik dan menjaga kelembapannya. Cara penggunaannya adalah aplikasikan 1 botol kecil serum  pada kulit kepala lalu lakukan pijatan ringan. Kamu bisa membeli Rudy Hadisuwarno Anti Dandruff Serum seharga Rp 190.000-an untuk 6pcs serum dengan volume 9 ml.

15. Josie Maran Argan Oil Hair Serum

via josiemarancosmetics.com

Josie Maran Argan Oil Hair Serum merupakan serum rambut untuk memperbaiki rambut yang kusut, kusam, dan rusak. Terutama jika kamu sering menggunakan hair styling tools yang membuat rambut berisiko kering dan rusak. Dari segi kandungan, produk ini diperkaya dengan vitamin E, jojoba oil, dan avocado oil.

Selain itu, serum rambut ini bebas alkohol dan pewangi lho sehingga mampu menjaga serta merawat rambut dari akar hingga ujung rambut. Nggak hanya kandungan di atas, ada juga argan oil, Camelia sinensis leaf oil, avocado oil, dan masih banyak lagi. Cara pemakaiannya pun mudah lho karena kamu cukup menyemprotkan pada seluruh bagian rambut secara merata. Untuk kemasan 4,5 ml, harga produk ini adalah Rp 150.000-an.

Gimana? Rekomendasi serum rambut terbaik di atas berkualitas semua, ‘kan? Kamu bisa memilih produk yang paling cocok dan juga paling sesuai dengan masalah rambutmu. Nah, kira-kira ada produk yang menjadi favorit dan holygrail-mu nggak, Girls?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *