Tips Menabung Untuk Persiapan Menikah

By Hai Gadis

Pernikahan tak hanya butuh persiapan yang matang, namun juga budget yang besar. Kalau kamu dan pasangan ingin menikah dengan konsep pernikahan idaman, menabung untuk persiapan menikah mulai dari sekarang bisa jadi pilihan lho!

Jangan sampai kamu kebingungan menjelang pernikahan karena budget yang minim atau kurang. Menabung untuk persiapan pernikahan sebenarnya tak sulit kok, kamu hanya perlu konsisten dan komitmen dengan goal yang ingin kamu capai. Biar makin gampang, simak tips menabung untuk menikah berikut ini ya!

Punya Tabungan Khusus

menabung untuk persiapan pernikahan

Photo by kompasiana.com

Siapkan Rekening Pernikahan

Supaya kamu gak tergoda untuk mengambil tabungan yang sudah kamu sisihkan, kamu dan pasangan bisa buat tabungan pernikahan. Tabungan ini harus terpisah dari rekening biasa yang kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari ya girls.

Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan tabungan khusus untuk persiapan pernikahan. Kamu dan pasangan bisa bergantian mengisinya sesuai kesepakatan, yakin deh kamu sudah siap dana pas menikah nanti!

Alokasikan Pendapatan

Masih berkaitan dengan membuat rekening untuk persiapan pernikahan sebelumnya, kamu dan pasangan juga harus mengalokasikan pendapatan tiap bulan ya girls. Jangan langsung sisihkan setengah tabungan, cukup 20 hingga 30 persen saja.

Menyisihkan dan menyisakan beda maknanya, pastikan kamu memang sudah membagi pendapatan bulanan ketika terima gaji langsung ke rekening pernikahan. Jika kalian rajin, kurang dalam 5 tahun kalian sudah bisa melangsungkan lamaran dan pernikahan lho.

Komitmen Ketika Menabung

Awalnya memang sulit, tapi kalau kamu dan pacar sudah komitmen untuk melangsungkan pernikahan, menabung bukan perkara sulit kok. Pastikan kamu maupun pasangan sudah sepakat soal ini ya, begitu pula terkait jumlah tabungan yang harus kalian setorkan dan lamanya waktu menabung.

Kalau sudah sepakat di awal, kemungkinan untuk mundur dan lalai dalam menabung bisa lebih kecil. Tapi bukan berarti komitmen tak butuh pengorbanan ya girls, kamu tentu harus meminimalisir jajan di luar atau jalan-jalan sama pacar.

Tips Agar Tabungan Pernikahan Cepat Penuh

Photo by plaminan.com

Batasi Budget Kencan

Jika kalian sering jalan bareng buat nonton atau dinner, sebaiknya mulai kurangi ya. Kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal kencan atau membatasi pengeluaran selama kencan. Misalnya hanya menghabiskan 100 ribu rupiah tiap kencan yang kalian lakukan seminggu sekali.

Bawa Bekal ke Tempat Kerja

Ada tips lain nih biar tabunganmu cepat penuh, yaitu bawa bekal ke tempat kerja. Dengan membawa bekal, kalian bisa memangkas biaya makan siang, apalagi jika pas lunch kalian sering lapar mata dan kalap jajan. Kamu juga bisa buat bekal untuk pasangan, jadi tambah romantis kan?

Pacaran di Tempat Gratis

Kalau sebelumnya kamu dan pacar sering kencan di kafe atau bioskop, coba deh ganti ke taman. Dengan cara ini kalian bisa hemat biaya untuk beli tiket ataupun makan. Mau kencan di rumah juga bisa, kalian bisa nonton film bareng atau bermain game.

Persiapan Dana Menuju Pernikahan

tips menabung untuk persiapan pernikahan

Photo by koran.id

Buat Anggaran Pernikahan

Setelah kira-kira punya gambaran dana yang perlu dipersiapkan untuk pernikahan, kamu dan pasangan bisa mulai membuat anggaran pernikahan. Kalau ingin meminimalisir budget, pilih keluarga dan teman dekat sebagai undangan ya. Dengan begitu kalian bisa memotong budget catering dan sewa tempat yang terlalu besar.

Cicil Kebutuhan

Jika memang diperlukan, kalian bisa mulai mencicil kebutuhan untuk persiapan pernikahan. Misalnya memberikan kado berupa barang untuk pasangan pas anniversary atau ulang tahun. Cowokmu pasti senang kalau kamu beri hadiah sepatu atau dasi yang bisa digunakan di hari bahagia nanti.

Lakukan Investasi

Kalau kamu merasa tabungan pernikahan masih kurang banyak, pertimbangkan untuk melakukan investasi. Saat ini sudah banyak model investasi yang bisa kalian gunakan untuk menambah tabungan. Pastikan investasi yang kalian gunakan legal ya!

Tak sulit bukan menabung untuk persiapan menikah dengan cara-cara diatas? Kamu dan pasangan bisa mulai mendiskusikanya sekarang untuk mulai menabung lebih dini girls.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.