Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

By Hai Gadis

Bekali diri kamu dengan beberapa tips menjaga diri agar terhindar dari kejahatan berikut ini!

Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Korbannya bisa menimpa siapa saja tanpa terkecuali. Walau tak sepenuhnya bisa dihindari, setidaknya kamu memiliki persiapan ekstra untuk menghadapi tindak kriminal tersebut, terlebih jika kamu adalah perempuan.

Seperti yang kita tahu, kaum perempuan memang sangat rentan menjadi korban kejahatan di jalan. Sehingga sangat penting bagi para perempuan untuk mengetahui cara mencegah atau melindungi diri dari berbagai tindak kejahatan terutama di jalanan. Untuk itu, berikut beberapa tips menjaga diri agar terhindar dari kejahatan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. So let’s check it out guys!

1. Belajar bela diri

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via verywellfamily.com

Perempuan paling rentan menjadi korban tindak kejahatan, maka dari itu menguasai gerakan bela diri menjadi hal penting agar kita bisa menjaga diri saat berhadapan dengan para penjahat. Karate dan taekwondo adalah dua contoh seni bela diri yang mudah dipelajari.

Kamu tidak perlu mempelajari ilmu bela diri sampai sabuk hitam atau tingkatan yang paling tinggi namun cukup tahu teknik yang tepat dan mudah diaplikasikan untuk menjaga diri. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari beberapa gerakan melindungi diri dari internet seperti menggunakan dua jari untuk menusuk mata penjahat, ataupun menendang daerah vital penjahat. Namun ingat gerakan bela diri ini hanya untuk membela diri dan bukan untuk menindas seseorang.

2. Bekali diri dengan alat semprot mata atau pepper spray

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via timesofmalta.com

Kamu juga bisa membekali diri kamu dengan membawa alat kemanan untuk pertahanan diri jika berada pada situasi yang berbahaya. Alat keamanan yang dimaksud adalah botol spray atau bubuk cabai yang bisa kamu gunakan untuk pertahanan diri. Jika terjadi tindak kejahatan, alat ini bisa berfungsi menahan aksi tersebut.

Kamu bisa langsung menyemprotkan alat ini ke mata penjahatnya sehingga pelaku menjadi tidak berdaya. Cairan ini akan memberikan efek perih pada mata dan memberi kamu waktu untuk pergi sejauh mungkin, serta mencari pertolongan. Jadi mulai sekarang cobalah membawa pepper spray di dalam tasmu sebagai pertolongan pertama dalam kondisi darurat.

3. Pastikan selalu membawa handphone

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via bbc.com

Belajarlah untuk tidak teledor, setidaknya jangan sampai kamu lupa membawa handphone saat kemanapun kamu pergi. Pastikan juga kamu selalu membawa powerbank dan jangan biarkan handphone kamu dalam keadaan mati. Selalu pastikan smartphone kamu dalam keadaan menyala, agar kamu bisa meminta bantuan ke keluarga maupun teman-temanmu ketika kamu dalam keadaan yang berbahaya.

Selain itu, kamera smartphone juga sangat bermanfaat untuk mendokumentasikan bukti-bukti yang kamu rasa diperlukan. Karena seperti yang kita tahu, tindak kejahatan tanpa bukti akan susah untuk diadili.

4. Hindari menggunakan perhiasan dan membawa barang berharga

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via dailymail.co.uk

Tips menjaga diri agar terhindar dari kejahatan berikutnya adalah dengan menghindari menggunakan perhiasan yang mencolok dan juga membawa barang-barang berharga. Pasalnya perhiasan yang terlihat mencolok dapat memancing orang berbuat jahat dan melakukan tidak kriminal lainnya, apalagi saat ini perekonomian sedang tidak menentu.

5. Hindari membawa uang cash dalam jumlah banyak

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via katestravel.com

Selain menghindari untuk menggunakan perhiasan, kamu juga harus mulai belajar untuk membawa uang seperlunya jika akan berpergian. Hal ini untuk meminimalisir tindak kejahatan. Meskipun kita tidak bisa menghindarinya, setidaknya nilai kerugian yang kita alami tidak terlalu besar. Jika kamu biasa membawa uang cash yang banyak, mulailah mencoba membawa uang cash seperlunya atau hanya membawa satu buah kartu kredit maupun debit saja.

Tak usah khawatir kekurangan uang cash, karena saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan transaksi secara online. Dengan demikian, kamu tidak lagi perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak karena tindakan itu dapat memancing aksi kejahatan.

6. Hindari daerah-daerah rawan

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via deviantart.com/malrynn

Sebesar apapun kerinduan kamu dengan tempat tidur di rumah, tetaplah mencari jalan-jalan yang ramai untuk menghindari tindak kejahatan. Meskipun kamu harus memutar jauh, namun hal tersebut jauh lebih baik daripada kamu harus melalui jalan-jalan yang sepi, kurang pencahayaan dan jarang ada rumah penduduknya. Biasanya jalan-jalan seperti itu menjadi tempat favorit para penjahat untuk melancarkan aksinya. Menghindari kondisi jalan seperti ini adalah langkah terbaik untuk menghindari kejahatan.

7. Jangan pergi sendiri terutama di malam hari

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via breezejmu.org

Tips menjaga diri agar terhindari dari kejahatan berikutnya adalah menghindari pulang larut malam. Namun seperti yang kita ketahui terkadang ada kesibukan di tempat kerja, kegiatan kampus dan kegiatan-kegiatan lainnya yang membuat kita mau tak mau harus pulang atau berpergian di malam hari.

Jika sudah begitu, sebisa mungkin untuk tidak pergi sendirian. Jika kamu pulang di malam hari karena kegiatan bersama teman, kamu bisa meminta bantuan pada teman-teman cowok kamu untuk mengantarkan kamu atau kamu juga bisa meminta jemputan dari orang tua atau saudara kamu.

Sebisa mungkin hindari pergi seorang diri dimalam hari karena jika kamu pergi seorang diri maka akan memancing para pelaku yang memiliki keinginan berbuat jahat. Sebab, hal ini memudahkan pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan karena kamu tidak memiliki teman yang dapat membantu.

8. Selalu waspada dengan situasi sekitar dan belajar peka dengan gerak-gerik yang mencurigakan

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via metro.co.uk

Belajarlah untuk selalu waspada dengan situasi sekitar tempat kamu datangi dimanapun itu. Jika kamu membawa tas, selalu tempatkan tas didepan badan kamu, dan jangan di belakang. Selain itu, kamu juga harus cerdik dalam menilai gerak-gerik orang-orang sekitar apalagi yang terlihat mencurigakan.

Yang paling penting, jangan pernah melamun dimanapun kamu berada, selalu waspada dengan keadaan sekitar. Kamu yang sering terlihat melamun merupakan sasaran empuk untuk para penjahat.

9. Hafali alamat dan nomor telepon orang tua serta nomor telepon darurat

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via savvywomen.tomorrowmakers.com

Siapa nih yang nggak hafal nomor telepon orang tuanya? Mulai sekarang jangan hanya menghafal nomor telepon sendiri, namun pastikan kamu menghafal nomor telepon orang tua atau nomor telepon saudara, kerabat ataupun teman-teman yang kamu rasa bisa diandalkan.

Kita tidak pernah tahu kapan nasib malang akan menimpa kita, jadi sangat penting untuk menghafal nomor orang-orang tersebut karena kalau ada keadaan yang mendesak dan butuh pertolongan, kita bisa segera menghubungi mereka.

Selain itu, pastikan juga kamu menghafal nomor telepon darurat. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menghubungi nomor 112 untuk meminta bantuan darurat. Nomor 112 ini bisa dibilang seperti 911 nya Indonesia lho.

Nomor telepon orang tua dan nomor darurat tersebut bisa kamu atur dalam mode speed dial atau panggilan cepat pada pengaturan ponselmu sehingga jika sesuatu hal yang buruk terjadi padamu, ponsel secara otomatis akan melakukan panggilan cepat pada nomor yang kamu daftarkan.

10. Jangan mudah percaya orang asing

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar dari Kejahatan

photo via securityalarm.com

Jangan mudah percara orang asing merupakan tips penting untuk menhindari tindak kejahatan. Jika ada orang asing yang mengetuk pintu rumah, maka jangan langsung dibukakan pintu. Apalagi orang asing tersebut mengaku kenalan kamu atau kenalan keluarga kamu yang diminta untuk mengambil barang di rumah kamu.

Selain itu, kita juga harus tetap waspada dengan orang-orang yang belum kita kenal. Jangan mau jika diajak pergi atau diberi sesuatu, terutama makanan dan minuman. Karena siapa tahu, di dalam makanan dan minuman itu terdapat bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh kita.

Nah itu dia beberapa tips menjaga diri agar terhindar dari kejahatan yang bisa kamu terapkan pada kehidupan sehari-hari. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan kapanpun dan dimanapun kamu berada agar kita dijauhkan dan terhindar dari tindak kejahatan. Dengan berdoa juga akan membuat hati lebih tenang dan merasa aman ketika dalam perjalanan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.