Tips Merawat Sepatu agar Tidak Bau dan Lapuk

By Hai Gadis

Tips merawat sepatu sebenarnya tidak sulit, tapi kadang karena salah perawatan, sepatu jadi gampang rusak dan bau. Kalau sudah begitu, kamu pun harus beli sepatu baru lagi. Biar budgetmu gak jebol karena harus gonta-ganti sepatu, yuk simak cara merawat sepatu berikut ini.

Untuk menghindari bau yang tidak sedap, kamu bisa membersihkan sepatumu secara rutin. Berbeda agar sepatumu tak mudah lapuk, kamu bisa membersihkannya dengan bahan pembersih khusus untuk sepatu. Ini nih tips merawat yang benar untuk menjaga sepatumu kesayanganmu tetap awet.

Perhatikan Bahan Sepatu

tips merawat sepatu

Photo by merdeka.com

Sebelum mencuci sepatu, ada baiknya kamu perhatikan bahan yang digunakan. Tidak semua sepatu punya perlakuan yang sama, apalagi jika bahan sepatu yang kamu miliki punya sifat khusus. Dengan tahu jenis bahan sepatu, kamu pun bisa merawatnya dengan lebih baik.

Gunakan Pelindung Khusus

Photo by liputan6.com

Agar sepatumu tidak gampang lapuk, kamu bisa menyemprotkan pelindung khusus sepatu. Selain bisa melindungi sepatumu, cairan ini juga bisa membantu sepatumu untuk tetap bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghindari kotoran menempel di permukaan sepatu.

Karena minim kotoran, kamu pun bisa membersihkannya dengan lebih gampang. Kamu bisa dapatkan semprotan ini di toko sepatu atau membelinya secara daring di e-commerce. Beberapa cairan pelindung sepatu bahkan bisa membuat sepatumu tahan air, lho.

Jagalah Kebersihan Kaki

merawat sepatu

Photo by tokopedia.com

a. Jaga Kaki Tetap Kering

Udara yang panas dan lembab di dalam sepatu akan membuat bagian kakimu gampang berkeringat. Nah, inilah yang menjadi penyebab bau pada sepatu. Menurut penelitian, bakteri yang hidup di kulit kaki akan memakan keringat, sehingga tercium bau asam yang menyenggat. Karena itu, usahakan kakimu kering sebelum memakai sepatu ya.

b. Kalau Kakimu Gampang Bau, Coba Rendam dengan Garam

Masalah kaki bau tidak hanya berasal dari sepatu, kadang dari kakimu juga, Girls. Kalau kamu punya masalah kaki bau, coba deh rendam dengan air garam. Kamu bisa larutkan seember air hangat dengan setengah cangkir garam, kemudian masukkan kakimu selama 20 menit. Lakukan setiap hari selama dua minggu, pasti ada perubahan yang signifikan.

c. Gunakan Kaos Kaki yang Tepat

Jika kakimu sudah kering dan bebas dari bau, kini saatnya memilih kaus kaki. Dengan menggunakan kaus kaki yang tepat, presentasi sepatu bau bisa berkurang. Kamu disarankan menggunakan sepatu berbahan nilon atau katun, sehingga kaki lebih mudah bernapas dan tidak lembab karena keringat.

Jangan Simpan dalam Keadaan Basah

Photo by artikelsepatu.com

Tips merawat sepatu berikutnya adalah tidak menyimpan sepatu dalam keadaan basah. Selain menyebabkan bau tak sedap dan jamur, kondisi tersebut juga gampang membuat sepatu lapuk. Keringkan terlebih dahuku dengan hair dryer atau jemur sampai kering, sebelum kamu simpan di rak sepatu.

Segera Bersihkan Ketika Kotor

tips merawat sepatu

Photo by kompas.com

Agar sepatumu tak gampang bau dan lebih awet, kamu bisa segera bersihkan jika terlihat kotor. Kamu tak harus menunggu seminggu lebih untuk mencucinya kok, jika terlihat sudah agak kotor, bisa segera cuci dan keringkan.

Jika tidak ingin mencucinya, kamu bisa lakukan pembersihan ringan. Misalnya mengelap sepatu dengan kain basah atau membersihkannya dengan tisu. Kotoran yang terlalu lama menempel dalam sepatu malah akan sulit kamu bersihkan nantinya, Kamu juga bisa gunakan sikat gigi halus untuk membersihkan kotoran yang berkerak.

Cara Mencuci dan Menyimpan yang Benar

Photo by liputan6.com

Menggunakan Detergen Lembut

Mencuci sepatu sebaiknya menggunakan detergen lembut, bisa yang khusus untuk perlengakapan bayi ya. Dengan detergen ini, sepatu pun tak akan cepat pudar warnanya. Sebagai campuran, kamu bisa gunakan air hangat untuk mencuci sepatu favoritmu, Girls.

Jangan Jemur Dibawah Sinar Matahari

Supaya cepat kering, banyak orang yang memilih menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Padahal cara ini akan membuat warna sepatu lekas pudar dan gampang lapuk. Kamu bisa mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh. Jadi warna dan ketahanannya tetap terjaga deh!

Gunakan Rak Terbuka

Kalau kamu sering menggunakan sepatu yang sama, sebaiknya kamu gunakan rak model terbuka. Rak seperti ini akan memudahkan pergantian udara agar tetap optimal. Sepatu yang sering kamu gunakan biasanya akan cepat lembab karena keringat dan kotoran menempel. Untuk mencegah bau tak sedap, rak terbuka jadi ruang penyimpanan sepatu terbaik.

Kini kamu tak bingung lagi kan bagaimana merawat sepatu dengan benar. Tips merawat sepatu ini bisa kamu praktekkan mulai sekarang ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.