14 Wanita Inspiratif Indonesia Yang Layak Jadi Panutan

3 minggu, by Hai Gadis

Wanita inspiratif Indonesia

Menjadi wanita bukan berarti nggak bisa memiliki power untuk meraih kesuksesan. Menjadi wanita juga bukan berarti nggak bisa menciptakan hal-hal baru maupun menjadi pemimpin. Ingat nggak, dulu RA Kartini sangat memperjuangkan hak-hak wanita karena wanita juga bisa memiliki pengaruh yang kuat, terutama di Indonesia. Meski sosok Kartini sudah tiada, kini hadir Kartini-Kartini masa depan yaitu wanita Indonesia yang inspiratif dan layak dijadikan panutan.

Mereka memiliki banyak prestasi di bidangnya masing-masing yang sangat berpengaruh di Indonesia lho. Nggak sekadar meraih prestasi untuk diri sendiri, mereka juga mampu mencetuskan perubahan untuk hal yang lebih baik dan bermanfaat. Bahkan, wanita-wanita Indonesia ini murni menginspirasi karena prestasi dan perjuangannya, bukan karena gimmick dan sensasi. Penasaran nggak dengan wanita-wanita hebat tersebut? Simak yuk, Hai Gadis sudah merangkumnya buat kamu nih.

1. Najwa Shihab

Najwa Shihab

Najwa Shihab termasuk salah satu wanita Indonesia yang inspiratif dan sangat populer. Jurnalis sekaligus pemandu program TV Mata Najwa ini memang terkenal cerdas, tegas, dan kritis. Terbukti dalam acara  yang dibawanya, ia dapat mewawancarai narasumber dengan sangat tajam sehingga informasi bisa didapatkan dengan baik. Sosok yang merupakan putri dari Quraish Shihab ini lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 16 September 1977.

Tentunya, selain terkenal akan ketegasannya, Najwa Shihab punya segudang prestasi. Wanita yang akrab dipanggil Mbak Nana ini merupakan lulusan sarjana hukum. Namun, ia mengawali karirnya menjadi seorang jurnalis yang terjun langsung ke lapangan. Ia pernah meraih penghargaan dari PWI pusat dan PWI Jaya pada tahun 2005. Penghargaan tersebut diberikan atas laporan-laporannya pada saat bencana tsunami Aceh pada 2004 lalu.

Kemudian pada tahun 2006, ia terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV. Nggak cukup sampai situ. Mbak Nana juga nggak berhenti berkarya dengan mendirikan Narasi TV di Youtube. Narasi TV ini isinya adalah konten-konten positif yang bermanfaat. Hmm, layak banget deh jadi panutan para cewek-cewek nih, Girls.

2. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati

Sosok wanita Indonesia yang inspiratif selanjutnya adalah Sri Mulyani Indrawati. Pastinya kamu tahu dong kalau Ibu Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan Indonesia periode 2016-2019 dan juga periode 2019-2024. Beliau punya banyak sekali prestasi hebat untuk Indonesia. Salah satunya, mampu memimpin perekonomian Indonesia sehingga tetap stabil saat melewati krisis besar pada tahun 2008. Hal ini karena strategi ekonominya sangat hebat.

Pada tahun 2008 tersebut beliau bahkan dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes dan Menjadi Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi majalah Emerging Markets. Selain itu, prestasi lain dari wanita inspiratif ini adalah pernah menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) pada periode Juni 2010 hingga Juli 2016.

Lalu pada April 2019, Ibu Sri Mulyani juga kembali dinobatkan menjadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik versi majalah keuangan Finance Asia. Lahir di Bandar Lampung pada 26 Agustus 1962, Ibu Sri Mulyani pernah menempuh pendidikan sebagai Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia, kemudian menjadi Master of Science of Policy Economics dan juga mendapatkan gelar Ph.D of Economics di University of Illinois Urbana Champaign, USA. Duh, sangat cerdas dan cocok jadi panutan.

3. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Sosok wanita Indonesia yang inspiratif kali ini terkenal dengan kata khasnya, “Tenggelamkan!” untuk memberantas nelayan ilegal yang berusaha mengambil ikan di perairan Indonesia. Ya, siapa lagi kalau bukan Ibu Susi Pudjiastuti? Wanita yang satu ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada periode pemerintahan Jokowi 2014-2019 lalu.

Ibu Susi menjadi sosok yang berpengaruh bagi Indonesia atas jasa dan ketegasannya dalam menyelamatkan perairan Indonesia. Terbukti di bawah pemerintahan Bu Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil mengurangi penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia sebanyak 25%. Hal ini juga disertai dengan angka tangkapan nelayan nasional yang bertambah 25% dan meningkatkan keuntungan sebanyak 12%.

Bahkan beliau juga mampu meningkatkan ekspor produk perikanan Indonesia yang tentunya sangat berpengaruh pada perekonomian negara kita. Nggak hanya itu, wanita inspiratif yang lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965 ini masuk dalam daftar wanita berpengaruh di dunia versi BBC pada 2017. Ibu Susi berada di urutan ke-54. Hebat banget, ya?

Meski baru menyelesaikan pendidikan paket C 2017, beliau adalah seorang pengusaha sukses. Beliau menjadi Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang merupakan perusahaan eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation alias perusahaan penerbangan dari Jawa Barat. Meski nggak berpendidikan tinggi, nggak ada alasan untuk nggak bisa sukses, ‘kan?

4. Tri Rismaharini

Tri Rismaharini

Kali ini, ada sosok wanita Indonesia yang inspiratif dari Surabaya, yaitu Ibu Tri Rismaharini. Wanita yang dikenal dengan panggilan Bu Risma ini adalah sosok pemimpin daerah yang tegas, jujur, dan berani. Nggak heran kalau beliau dipercaya menjadi walikota Surabaya selama 2 periode, yaitu 2010-2015 dan 2015-2020.

Lahir di Kediri pada 20 November 1961, Bu Risma adalah lulusan S-1 Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tahun 1987 dan lulus S-2 Manajemen Pembangunan Kota Surabaya yang juga di ITS tahun 2002. Sejak menjadi walikota Surabaya, beliau memiliki sejumlah penghargaan dan prestasi lho.

Di antaranya ada penghargaan “Mayor of The Month” pada tahun 2015 menjadi walikota terbaik ke-3 di dunia. Beliau bahkan berhasil menjadikan Surabaya kota yang bersih dan penuh keindahan. Terbukti dengan Piala Adipura yang diperoleh Surabaya secara berturut-turut tahun 2011-2017. Bahkan wanita yang satu ini pun berhasil menutup gang Dolly yang menjadi kawasan prostitusi di sana.

Tahun 2013, beliau menjadi wanita paling inspiratif versi Majalah Forbes. Lalu tahun 2014, Bu Risma juga pernah mendapatkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders dalam kategori Innovative City of The Future. Masih banyak lho prestasi Bu Risma, yaitu penghargaan Ideal Mother Award dari Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) 2016 lalu, dan lain sebagainya.

5. Merry Riana

Merry Riana

Merry Riana adalah seorang motivator dan juga termasuk wanita Indonesia yang inspiratif. Sosok yang satu ini pernah menciptakan buku motivatif berjudul “Dream of A Million Dollars” dari kisahnya menjadi seorang wirausaha. Buku tersebut berhasil menjadi best seller dan telah diangkat ke layar lebar mengisahkan soal hidupnya yang nggak mudah saat ia merantau di Singapura. Hebat, ya?

Sosok Merry Riana nggak hanya terkenal karena bukunya. Ia juga berprofesi sebagai seorang pembicara, pelatih, dan motivator nomor 1 di Asia. Lahir di Jakarta pada 29 Mei 1980, wanita yang satu ini menempuh pendidikannya di Singapura. Ia menempuh pendidikan di Nanyang Technological University (NTU) Singapura dengan uang hasil berhutang. Hidup dalam keprihatinan finansial membuatnya memiliki etos kerja yang tinggi.

Ia mulai berbisnis dan mencari kerja sampingan. Dengan hasil tabungannya sendiri Merry mencoba investasi dengan modal 200 dolar, tetapi ternyata ditipu dan uangnya hilang begitu saja. Setelah itu, bisnis demi bisnis ia jalankan meskipun gagal berkali-kali. Hingga ia juga mendirikan sebuah perusahaan keuangan bernama MRO (Merry Riana Organization).

Lalu tahun 2005, Merry mendapatkan penghargaan sebagai Top Agency of the Year dan penghargaan Top Rookie Agency. Kini, ia telah memotivasi dan melatih ribuan profesional serta eksekutif di berbagai bidang penjualan maupun pemasaran. Nah lho, jadi sukses itu harus gagal berkali-kali dulu ‘kan, Girls?

6. Putri Indahsari Tanjung

Putri Indahsari Tanjung

Kali ini, sosok wanita Indonesia yang inspiratif ini masih muda banget lho, Girls. Pasti kamu kenal ‘kan dengan Putri Indahsari Tanjung yang menjadi salah satu dari tujuh staf khusus Presiden Jokowi? Perempuan ini masih berusia 24 tahun dan merupakan pengusaha muda yang bergerak dalam bidang agensi kreatif.

Wanita inspiratif yang akrab disapa Putri Tanjung ini merupakan lulusan Academy of Art University di San Fransisco, California. Ia lahir di Jakarta pada 22 September 1996. Putri juga merupakan pendiri Creativepreneur Event Creator saat dirinya masih berusia 17 tahun. Dengan segudang prestasi yang membanggakan, Putri Tanjung pun berhasil menyebarkan “virus” berwirausaha di kalangan generasi milenial.

Pengalaman berwirausaha yang ia lakukan di usia muda pastinya sangat nggak mudah. Apalagi namanya selalu disangkutkan dengan ayahnya, Chairul Tanjung. Namun demikian, Putri berhasil membuat branding dirinya sendiri dengan segala prestasi yang dimiliki. Tahun 2020 pada rangkaian acara Hari Pers Nasional, Putri Tanjung bahkan didaulat sebagai ikon milenial yang pekerja keras, cerdas, dan peduli kepada masyarakat. Sudah cantik, cerdas, dan gigih pula. Sangat layak jadi panutan.

7. Agnez Mo

Agnez Mo

Siapa sih yang nggak tahu penyanyi berbakat Indonesia yang sudah terjun ke kancah internasional ini? Agnes Monica alias yang populer disapa Agnez Mo memang layak menjadi sosok wanita Indonesia yang inspiratif. Ia juga memiliki banyak penggemar karena kemampuan bernyanyinya yang sudah sekelas penyanyi internasional. Ia bahkan memiliki bakat dance yang luar biasa, sehingga penampilan di atas panggung nggak sekadar menyanyi tapi juga sambil nge-dance.

Nggak hanya berbakat, wanita cantik yang lahir di Jakarta pada 1 Juli 1986 ini juga punya banyak prestasi. Ia memulai karirnya di usia yang sangat belia, yaitu saat masih 6 tahun di dunia akting dan juga tarik suara. Kalau soal prestasi, Agnez Mo juga pernah meraih Panasonic Gobel Award untuk Pembawa Acara Anak-Anak Wanita Favorit tahun 1999 dan 2000.

Kemudian, ia juga menjadi Artis Solo Wanita Pop Terbaik tahun 2004, 2006, 2009, 2011, serta 2012 pada AMI Award. Ada lagi, yaitu penghargaan Mnet Asian Music Award sebagai Artis Asia Terbaik dari Indonesia pada tahun 2012 dan 2017, serta penghargaan iHeartRadio Music Social Star Award tahun 2019.

Meski sudah sangat terkenal dan punya banyak prestasi, wanita yang satu ini tetap memiliki attitude yang baik. Ia juga sangat rendah hati dan dermawan. Hayo, kamu penggemarnya Agnez Mo bukan nih?

8. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo

Diandra Paramita Sastrowardoyo pun termasuk wanita Indonesia yang inspiratif nih, Girls. Ia pernah masuk dalam majalah Forbes Indonesia sebagai wanita paling menginspirasi di tahun 2016 lalu. Soalnya, meski merupakan pemain film yang terkenal, sosok wanita cantik ini tetap mengedepankan pendidikan. Dian Sastro lahir di Jakarta, tanggal 16 Maret 1982.

Ia nggak hanya terkenal dengan film “Ada Apa dengan Cinta (AADC)” yang sukses dibintangi. Namun, banyak banget lho kiprahnya di dunia perfilman Indonesia. Karir Dian Sastro di dunia hiburan bermula sejak tahun 1996 ketika ia menjuarai ajang Gadis Sampul oleh majalah Gadis. Kemudian pada tahun 2002, ia pernah mendapat penghargaan sebagai pemeran wanita terbaik dalam Festival Film Internasional Singapura dan juga Festival Film Asia Deauville di Perancis.

Setelah film AADC pertama yang ia bintangi sukses di berbagai negara, Dian juga membintangi AADC 2 tahun 2016 yang nggak kalah sukses. Ia pun kini mulai merambah karir di dunia bisnis lho. Kalau soal pendidikan, Dian Sastro adalah lulusan S-1 jurusan Filsafat di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, UI tahun 2007. Ia juga melanjutkan pendidikan S-2 di Fakultas Ekonomi UI dan lulus tahun 2014 lalu. Karir oke, pendidikan tetap oke.

9. Angkie Yudistia

Angkie Yudistia

Keterbatasan nggak membuat wanita yang satu ini jadi nggak bisa sukses lho Girls. Angkie Yudistia merupakan salah satu staf khusus Presiden Jokowi yang kini berusia 33 tahun. Ia adalah penyandang disabilitas yang aktif dalam berorganisasi, hingga di organisasi internasional. Sebagai staf khusus, Angkie bertugas menjadi Juru Bicara Presiden di bidang sosial.

Ia juga termasuk dalam anggota Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) serta merupakan perempuan muda yang menginspirasi serta memiliki segudang prestasi. Pada tahun 2008, ia sukses menyabet penghargaan sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan. Kemudian tahun 2011, ia meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Perempuan Tunarungu Menembus Batas”. Pada tahun 2019, ia juga meluncurkan buku kembali berjudul “Become Rich as Sociopreneur”.

Wanita yang lahir di Medan pada 5 Mei 1987 ini pun aktif berkegiatan di Yayasan Tunarungu Sehjira sejak tahun 2009, kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama Thisable Enterprise pada 2011. Oh ya, pendengaran Angkie sendiri mulai terganggu sejak ia berusia 10 tahun karena efek obat-obatan saat ia mengalami malaria. Meski sempat terpukul dan nggak percaya diri, tetapi wanita ini berhasil bangkit.

10. Retno Marsudi

Retno Marsudi

Masih ada nih sosok wanita Indonesia yang inspiratif dan layak kamu jadikan panutan. Wanita dengan nama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi ini adalah Menteri Luar Negeri pada Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Jokowi periode 2019-2024 ini. Di periode sebelumnya pun, Bu Retno juga menempati posisi yang sama.

Wanita yang lahir di Semarang pada tanggal 27 November 1962 ini memang memiliki banyak prestasi nggak hanya secara nasional tetapi juga secara global. Prestasi-prestasinya pun tentunya sangat berpengaruh pada kemajuan Indonesia. Beliau memulai karir sebagai staf di Biro Analisa dan Evaluasi untuk ASEAN pada tahun 1986. Kemudian, pernah juga bergabung sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk periode 2019-2020.

Berkat kerja keras beliau, untuk periode 2020-2022, Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB. Bu Retno memperoleh pendidikan sarjananya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 1985. Kemudian, ia memperoleh gelar S-2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

Kalau soal penghargaan-penghargaan, beliau pernah mendapatkan Certificate of Merit sebagai “The Best Ambassador” oleh majalah Diplomat Magazine pada tahun 2015. Selain itu juga mendapatkan penghargaan Ridder Grootkruis in de Orde can Oranje Nassau dari Raja Willen Alexander. Hebat banget ya Kartini Indonesia yang satu ini?

11. Butet Manurung

Butet Manurung

Hayo, tahu nggak Girls dengan wanita Indonesia inspiratif yang satu ini? Butet Manurung alias yang punya nama Saur Marlina Manurung merupakan seorang antropolog yang mencatatkan prestasi di kancah internasional. Sosok yang satu ini telah meraih penghargaan Magsaysay karena kegigihannya melindungi dan memberdayakan kehidupan warga penghuni hutan Indonesia. Ya, dialah yang mendirikan sekolah rimba atau yang disebut “Sokola Rimba”.

Ia adalah pelopor di balik berdirinya sekolah untuk anak-anak suku terasing di 16 titik pelosok Indonesia. Butet memperkenalkan kegiatan menulis, menghitung, hingga membaca pada anak-anak tersebut. Perempuan yang lahir di Jakarta tanggal 21 Februari 1972 ini sejak dulu memang suka berpetualang dan menempuh pendidikan jurusan antropologi di Universitas Padjajaran, Bandung.

Prestasinya pun sudah banyak yang diraih. Sebelum mendapatkan penghargaan Magsaysay, perempuan ini sudah pernah menerima penghargaan “Man and Biospher” dari UNESCO dan LIPI pada 2001. Kemudian ia juga menjadi salah satu pahlawan versi majalah Time pada tahun 2004. Duh, berjasa sekali ya untuk turut  mencerdaskan anak bangsa?

12. Grace Natalie

Grace Natalie

Kalau sosok politikus muda bernama Grace Natalie ini, pasti kamu sudah mengenalnya ‘kan, Girls? Wanita Indonesia yang inspiratif ini adalah Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) yang mengawali karir sebagai jurnalis. Dulu ia pernah berperan dalam kompetisi SCTV Goes to Campus dan meraih kemenangan untuk wilayah Jakarta.

Lahir di Jakrta pada 4 Juli 1982, Grace menyelesaikan penddikannya di Manajemen Akuntansi Universitas Kwik Kian Gie. Pada tahun 2004, ia mengawali karir sebagai reporter SCTV. Sebagai jurnalis, ia pernah terjun ke daerah konflik untuk meliput aksi terorisme lho. Beberapa di antaranya adalah di Poso, Sulawesi Selatan, di Sumatera, hingga di Jawa. Ia pun pernah mewawancarai berbagai tokoh penting dunia.

Setelah 8 tahun terjun menjadi seorang wartawan, Grace kemudian masuk dalam lembaga survai yang disebut Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Di sana, ia diangkat menjadi Chief Executive Officer (CEO). Pengalaman-pengalaman yang ia dapatkan selama ini membuatnya berkeinginan terjun ke dunia politik. Sosok Grace memang gigih dan berani, ya?

13. Dian Pelangi

Dian Pelangi

Wanita Indonesia yang inspiratif kali ini ada Dian Pelangi. Dia adalah seorang desainer yang sukses di usia muda dan menuai banyak prestasi. Mungkin kamu sering mendengar namanya pada brand hijab yang fashionable banget itu, ‘kan? Nggak perlu ditanya lagi deh, soalnya brand fashion tersebut termasuk terbesar di dunia dan pemesanan produknya sudah merambah ke berbagai negara.

Sebelum berusia 30 tahun, wanita yang lahir di Palembang tanggal 14 Januari 1991 ini sudah menjadi pebisnis yang sukses. Kesuksesannya bahkan sampai mendunia hingga ia masuk dalam jajaran top level pebisnis sukses dan berpengaruh di dunia, khususnya Asia. Atas prestasinya tersebut, ia dimasukkan dalam majalah Forbes ke dalam daftar “Forbes 30 under 30”.

Nggak hanya itu, sejak memulai bisnis fashion dari tahun 2008, ia terus menekuninya tanpa menyerah. Hingga saat usianya baru 18 tahun, perempuan alumni sekolah fashion ESMODE di Jakarta ini telah memamerkan karyanya di Jakarta Fashion Week bersama desainer hebat lainnya. Hingga kini, Dian selalu langganan tampil di berbagai ajang fashion dunia seperti New York Fashion Week, Paris Fashion Week, dan London Fashion Week. Sangat menginspirasi perempuan muda untuk berkarya deh!

14. Diajeng Lestari

Diajeng Lestari

Sosok wanita Indonesia yang inspiratif berikutnya juga sangat berprestasi di bidang fashion, yaitu Diajeng Lestari. Ia adalah wanita cerdas yang mendirikan HijUp.com. Wanita yang satu ini dilahirkan di Bekasi pada 17 Januari 1986. Ia pernah menempuh pendidikan di FISIP UI dengan jurusan Ilmu Politik. Selepas kuliah, ia bekerja di GTZ, sebuah lembaga pemerintahan asal Jerman lalu pindah ke perusahaan komersil sebagai tim marketing research.

Awal mula mendirikan HijUp.com, Diajeng Lestari terinspirasi karena ingin membantu para muslimah untuk tetap tampil trendy meski berhijab. Apalagi tampil berhijab banyak dibutuhkan di segala acara. Seiring berjalannya waktu, pasti banyak lika-liku yang ia alami. Namun berkat kegigihannya, HijUp.com mampu meraih beragam prestasi.

Kini, HijUp.com menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Ia bahkan pernah mendapatkan funding dari salah satu perusahaan investasi yang membuatnya bisa menjadikan HijUp.com makin maju. Sukses atas perjuangan yang pantang menyerah, pastinya layak dijadikan inspirasi ‘kan, Girls?

Itulah beberapa sosok wanita Indonesia yang sangat inspiratif dan layak untuk kamu jadikan role model. Masing-masing tentunya memiliki prestasi di bidangnya sendiri dan pantang menyerah untuk meraih kesuksesannya. Mereka juga pastinya memiliki kepribadian yang baik. Sebenarnya masih banyak lho wanita inspiratif di Indonesia. Mungkin salah satunya adalah kamu.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *