20 Anime Romantis Terbaik, Awas Jadi Galau Dan Baperan!

4 bulan lalu, by Hai Gadis

Apa yang kamu lakukan di akhir pekan, Girls? Mungkin ada sebagian orang yang tetap bekerja atau belajar. Namun buat kamu yang bingung mau ngapain, mending akhir pekan kamu pakai untuk merefresh otakmu. Salah satu yang bisa kamu lakukan misalnya adalah menonton anime romantis dengan alur cerita terbaik dan menyentuh hati alias romantis abis.

Anime merupakan hiburan animasi yang banyak disukai. Selain menghibur, kadang ceritanya sangat menginspirasi. Beragam genre anime bahkan bisa kamu tonton lho, misalnya adalah anime bergenre romantis.

Anime romantis terbaik memang menjadi favorit. Ceritanya nggak cuma bikin baper, tapi kadang juga sangat menyentuh dan membuat emosi kita campur aduk. Dari remaja sampai dewasa, nggak heran deh kalau anime genre romance selalu disukai.

Kalau kamu ingin mengisi waktu luang dengan menonton anime, nggak perlu bingung lagi, Girls. Soalnya Hai Gadis punya rekomendasi anime romantis terbaik yang ceritanya nyentuh banget nih.

1. Chuunibyou Demo Koi ga Shitai! (2012)

Anime romantis terbaik

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai

Anime romantis terbaik yang pertama adalah Chuunbiyou Demo Koi ga Shitai! yang bercerita tentang masa-masa SMP nih. Tokoh-tokoh dalam anime ini diceritakan sedang mengalami “chuunibyou” atau sindrom kelas dua SMP. Ada karakter Yuuta Togashi yang bertemu Rikka Takanashi dan memiliki sifat yang sama.

Advertisement

Awalnya, Yuuta agak risih dengan Rikka.  Namun lama-kelamaan mereka justru saling suka. Hubungan Rikka dan Yuuta pun lama-lama semakin menarik dan ngebaperin. Anime yang satu ini termasuk genre komedi romantis yang nggak hanya menyentuh, tapi juga dapat mengocok perut kamu.

2. Ao Haru Ride (2014)

Anime romantis terbaik

Ao Haru Ride

Ao Haru Ride juga merupakan anime romantis terbaik yang menceritakan kisah cinta remaja. Ceritanya, Yoshioka Futama bertemu dengan teman satu angkatannya yang bernama Mabuchi Kou di SMP. Pertemuan mereka terjadi di sebuah kuil. Lama-kelamaan, mereka semakin dekat dan Futaba menyadari bahwa ia memiliki perasaan terhadap Kou. Hingga suatu hari, mereka berencana datang ke festival musim panas. Namun, Kou nggak datang sehingga Futaba menunggunya sendirian.

Ketika Futaba ingin bertemu Kou, ternyata Kou sudah pindah sekolah tanpa pamitan. Mereka pun bertemu kembali saat sudah SMA di kuil yang sama seperti dulu 3 tahun kemudian. Futaba awalnya senang, tetapi ia lalu tahu bahwa Kou yang ia temui kembali ini ternyata adalah Tanaka Kou, bukan Mabuchi Kou yang dulu. Penasaran sama kelanjutannya? Mending tonton saja deh, Girls.

3. Clannad (2007)

Anime romantis terbaik

Clannad

Penasaran sama cerita anime romantis terbaik berjudul Clannad? Anime yang satu ini punya 2 season, Girls. Ceritanya yaitu mengenai Tomoya Okazaki yang berusaha membantu menyelesaikan permasalahan temannya sambil membantu Nagisa Furukawa membentuk klub drama. Tomoya Okazaki adalah murid SMA kelas 3 yang diangga berandalan karena sering bolos sekolah.

Ia tinggal bersama kedua orang tuanya di sebuah rumah sederhana dan memiliki hubungan yang nggak harmonis dengan ayahnya, di mana ayahnya adalah seorang pemabuk. Suatu hari, Tomoya bertemu dengan Nagisa Furukawa yang merupakan teman satu angkatan. Sayangnya, ia menderita sakit keras sehingga harus absen sekolah berbulan-bulan dan akhirnya nggak lulus. Bikin baper banget deh anime yang satu ini. Kamu wajib banget nonton ya, Girls.

4. Ore Monogatari!! (2015)

Anime romantis terbaik

Ore Monogatari

Anime romantis terbaik yang juga ada nuansa komedi dan kisah sedih yang menyentuh ini juga harus kamu tonton untuk mengisi waktu luang. Ore Monogatari!! bercerita mengenai sosok Takeo Gouda, sosok lelaki dengan badan kekar, berwajah seram, dan terlihat menakutkan. Namun di balik penampilannya itu, ia punya hati yang lembut. Takeo memang punya badan yang kekar, tetapi kurang beruntung soal percintaan.

Apalagi setiap ia menyukai seorang perempuan, pasti perempuan tersebut akan tertarik dengan temannya yang bernama Makono Sunakawa karena lebih tampan. Kisah berawal dari Gouda yang jatuh cinta kepada Rinko Yamato saat menyelamatkannya dari pelecehan seksual di kereta. Kira-kira gimana ya kelanjutan cerita cinta Gouda dan Yamato?

5. Tsugi ga Kirei (2017)

Anime romantis terbaik

Tsugi ga Kirei

Tsugi ga Kirei merupakan salah satu anime romantis terbaik yang bercerita tentang Kotarou Azumi dan Akane Mizuno. Mereka adalah dua remaja yang satu sekolah tapi baru saling mengenal saat tahun terakhir sekolah. Kotarou adalah seorang ketua klub sastra yang suka membaca dan memiliki karakter pendiam. Sementara Akane adalah anggota klub lari yang punya banyak teman dan selalu ceria.

Mereka sering bertemu karena terlibat di suatu urusan sehingga saling menyukai satu sama lain. Suatu hari Kotarou menyatakan perasaannya pada Akane dan gadis itu menerimanya. Namun kisah cinta mereka mengalami banyak hambatan. Kira-kira mereka tetap bersama untuk mempertahankan hubungan mereka nggak ya? Tonton saja deh, dijamin baper abis!

6. Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

Anime romantis terbaik

Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan sebuah anime yang menceritakan tentang anak berusia 11 tahun yang sangat berbakat dalam memainkan piano yang bernama Kousei Arima. Kousei Arima merupakan anak seorang pianis hebat bernama Arima Saki. Ia juga pernah menjuarai kompetisi piano sehingga menjadi terkenal.

Namun, Kousei mendapatkan didikan yang kasar dari Saki, sehingga hidupnya sangat tertekan. Kisah Kousei ini amat menyentuh tetapi ia selalu bangkit dan berjuang. Kamu bakalan belajar banget deh nonton anime romantis terbaik yang satu ini. Nggak melulu percintaan, kisah Shigatsu wa Kimi no Uso ini juga mengangkat tentang perjuangan meraih cita-cita.

7. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (2018)

Anime romantis terbaik

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Selanjutnya, mari membahas tentang anime romantis terbaik bergenre romance, school, comedy, dan supranatural ini. Anime ini menceritakan tentang sebuah sindrom pubertas yang banyak dialamui pelajar SMA. Sindrom yang aneh ini membuat Azusagawa Sakuta mendapatkan luka seperti cakaran dadanya tanpa sebab yang jelas. Lalu, adiknya yang juga mendapatkan sindrom ini bahkan sampai nggak bisa pergi ke sekolah.

Suatu hari, Sakuta bertemu dengan Sakurajima Mai, kakak kelasnya yang juga merupakan seorang artis. Sakurajima Mai ini selalu berlalu lalang memakai kostum bunny girl tapi nggak disadari orang sekitarnya. Hanya Sakuta yang bsia melihatnya. Mungkin ini adalah sindrom aneh yang juga ia rasakan, tetapi bentuknya berbeda. Kemudian, Sakuta berusaha memecahkan masalah sindrom pubertas Sakurajima Mai bersama Futaba Ryo, teman dekatnya. Sakuta dan Mai pun lama-lama pacaran. Kalau penasaran dengan kelanjutannya, tonton saja deh. Anime yang satu ini ceritanya menarik abis.

8. Nisekoi (2014)

Anime romantis terbaik

Nisekoi

Nisekoi juga termasuk anime romantis terbaik yang recommended banget untuk kamu tonton. Nisekoi menceritakan tentang seorang pemuda SMA bernama Raku Ichijo yang menjadi pewaris grup Yakuza. Demi keamanan kota, ia dipaksa berpacaran dengan Chitoge Kirisaki, seorang putri kepala gangster yang termasuk blasteran. Padahal Raku sebenarnya sedang menyukai seorang gadis bernama Kosaki Onodera yang merupakan anak seorang komisaris polisi.

Setelah itu, kehidupan Raku semakin kompleks dan masalah selalu berdatangan. Bahkan muncul juga gadis lain yang menyukai Raku seperti Marika Tachibana dan Seishirou Tsugumi. Wah, Raku jadi terjebak oleh cinta 4 orang gadis. Gimana ya kehidupan ia selanjutnya? Yang pasti cerita dari Nisekoi ini seru abis.

9. Kimi no Na wa (2016)

Anime romantis terbaik

Kimi no Na wa

Sudah pernah nonton Kimi no Na wa atau yang juga terkenal dengan judul Your Name ini belum, Girls? Anime romantis terbaik yang satu ini punya banyak banget penggemar karena ceritanya memang bagus dan menyentuh. Ada seorang siswa SMA bernama Mitsuha Miyamizu yang hidup di Desa Itomori, jauh banget dari keramaian kota. Suatu hari, ia bosan dengan kehidupan di desa dan berharap punya pacar dengan tinggal di kota. Mitsuha ini tinggal bersama nenek dan adik perempuannya karena ibunya sudah meninggal akibat sakit. Sementara ayahnya adalah seorang politikus.

Kejadian aneh menimpa Mitsuha saat terbangun dari tidur, ia menjadi seorang laki-laki bernama Taki. Ia lalu menjalani kehidupan sebagai Taki yang hidup di Kota Tokyo. Memang sih, ia sangat memimpikan tinggal di kota. Namun, kira-kira Mitsuha bisa nggak ya bertahan sebagai Taki? Dan sampai kapan?

10. Tada-kun wa Koi wo Shinai (2018)

Anime romantis terbaik

Tada-kun wa Koi wo Shinai

Anime romantis terbaik berjudul Tada-kun wa Koi wo Shinai ini mengisahkan seorang anak SMA bernama Tada Mitsuyoshi yang menyukai fotografi. Karena sangat menyukai fotografi, ia lalu mengikuti sebuah klub dan selalu membawa kamera ke mana pun ia pergi. Suatu hari, Tada Mitsuyoshi bertemu dengan seorang bule bernama Teresa Wagner saat sedang memotret kastil. Ternyata, Teresa ini adalah seorang putri Kerajaan Luksemburg yang tersesat dan terpisah dengan teman-temannya.

Tada pun lalu menolong Teresa dengan membawanya ke tempatnya agar bisa menghubungi Alexandra Magritte, teman Teresa. Lalu esok harinya, Tada terkejut mendapati bahwa Teresa dan Alex kini menjadi teman sekolahnya. Bahkan mereka juga mengikuti klub fotografi. Nah, di sini kisah Tada, Teresa, Alex, dan lainnya dimulai Girls. Penasaran? Tonton saja!

11. Byousoku 5 Centimeter (2007)

Anime romantis terbaik

Byousoku 5 Centimeter

Byousoku 5 Centimeter atau 5 Centimeters per Second juga merupakan anime romantis terbaik yang ceritanya sangat menarik dan menyentuh. Anime yang satu ini terkenal dengan ceritanya yang sangat sedih. Alur ceritanya indah dengan musik latar yang pas banget untuk menggambarkan nuansa sedih. Cerita dimulai dari kisah dua orang sahabat bernama Takaki Tono dan Akari Shinohara. Mereka bersekolah di sebuah sekolah dasar yang sama.

Selain itu, mereka pun memiliki kesamaan sifat dan sikap, sering sakit-sakitan, dan sering juga menghabiskan waktu berdua di perpustakaan. Lama kelamaan, mereka memiliki perasaan satu sama lain. Namun suatu hari, keluarga Akari pindah karena urusan pekerjaan sehingga mereka harus berpisah. Keduanya pun lalu saling berkomunikasi melalui pesan.

12. Kimi ni Todoke (2011)

Anime romantis terbaik

Kimi ni Todoke

Pernah nonton anime romantis terbaik berjudul Kimi ni Todoke ini belum, Girls? Anime ini memiliki kisah yang sangat kelam. Cerita  berfokus pada seorang wanita yang dijauhi teman sekelasnya hanya karena wajahnya sekilas mirip Sadako. Bahkan ada gosip bahwa apabila seseorang menatapnya selama lebih dari 3 detik, maka orang tersebut akan terkena sial. Gadis itu jadi nggak punya teman di sekolah.

Gadis bernama Sawako Kuronuma ini padahal terkenal baik dan sejak kecil sudah diajarkan orang tuanya untuk selalu menolong orang yang membutuhkan. Hanya saja sifatnya memang pendiam dan wajahnya terlihat lesu. Suatu hari, Sawako membantu seorang laki-laki bernama Shouta Kazehaya yang sedang mencari alamat. Di tengah gosip yang menimpa Sawako, Kazehaya nggak mempercayainya. Sejak peristiwa itulah kisah cinta mereka dimulai. Penasaran banget ‘kan?

13. Hotarubi no Mori e (2011)

Anime romantis terbaik

Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e bercerita tentang pertemuan seorang wanita dengan laki-laki di dimensi yang berbeda. Tokoh bernama Takegawa Hotaru sewaktu kecil tersesat di hutan pada suatu desa di tempat tinggal pamannya. Ia lalu kebingungan dan nggak tahu jalan pulang. Padahal konon desa tersebut adalah tempat tinggal roh dewa gunung. Ada  mitos baha siapa pun yang masuk ke hutan tersebut, maka ia nggak akan bsia kembali.

Hotaru sangat ketakutan dan menangis. Kemudian seorang roh datang mendekatinya. Kira-kira nasih Hotaru gimana ya? Tenang saja, Girls. Di anime romantis terbaik yang satu ini nggak hanya bercerita seputar petualangan Hotaru, tapi juga kisah percintaan yang bikin baper. Recommended deh untuk mengisi akhir pekan atau waktu luangmu.

14. Sukitte Ii Na Yo (2012)

Anime romantis terbaik

Sukitte Ii Na Yo

Sukitte Ii Na Yo berkisah tentang Mei Tachibana, seorang gadis yang nggak pernah punya pacar dalam 16 tahun. Suatu hari, ia nggak sengaja melukai Yamato Kurosawa, seorang anak paling populer di sekolah. Yamato kemudian menjadi tertarik dengan Mei dan memulai persahabatan dengannya.

Lama-kelamaan, mereka berdua saling mencintai. Bahkan Yamato berusaha selalu melindungi Mei dari para penguntit dengan cara mencium nya. Anime romantis terbaik yang satu ini ngebaperin banget deh. Ceritanya juga menyentuh dan mampu mengaduk-aduk emosimu. Pas banget jadi teman libur atau weekend-mu.

15. Kuzu no Honkai (2017)

Anime romantis terbaik

Kuzu no Honkai

Anime romantis terbaik yang wajib kamu tonton selanjutnya adalah Kuzu no Honkai. Ceritanya menarik banget tetapi hanya bisa ditonton oleh kamu yang berusia 18 tahun ke atas, ya. Kuzu no Honkai bercerita tentang 2 anak sekolah yang sama-sama menyukai seseorang. Mereka berdua nggak saling menyukai, tapi sama-sama nggak bisa memiliki orang yang dicintai.

Mereka berdua pun saling menjadikan satu sama lain pelampiasan atas cintanya yang nggak tersampaikan. Hingga lama-lama, mereka akhirnya bisa mengungkapkan perasaan masing-masing pada orang yang disukai. Namun tetap saja, cinta mereka nggak bersambut. Penasaran nggak sih sama cerita dari anime yang satu ini?

16. Just Because! (2017)

Anime romantis terbaik

Just Because

Just Because! ini adalah anime romantis terbaik yang memiliki unsur cinta segitiga. Berkisah tentang Izumi Eita yang harus pindah sekolah di masa-masa kelulusan karena pekerjaan ayahnya. Di sekolah baru, Izumi bertemu dengan teman SMP-nya yang bernama Souma Haruto dan Natsume Mio. Sejak dulu, Izumi sudah menyukai Mio tetapi Mio menyukai Haruto.

Di SMA, Haruto ternyata menyukai gadis dari klub terompet yang bernama Marikawa Hazuki. Namun, Izumi nggak pernah memberitahu Haruto tentang perasaan Mio dan perasaannya pada Mio yang nggak tersampaikan. Rumit, ya? Belum lagi ada Ena Komiya dari klub fotografi yang memiliki perasaan pada Izumi. Di anime ini, kamu bakalan menemukan cerita perjuangan, penyesalan, kesedihan, bahkan kegembiraan yang bikin perasaan campur aduk banget.

17. Toradora! (2008)

Anime romantis terbaik

Toradora

Kalau anime romantis berjudul Toradora! ini bercerita tentang dua orang keras kepala yang saling mencintai. Takasu Ryuji memiliki wajah menyeramkan dan aneh. Ia bertemu seorang wanita berbadan kecil bernama Aisaka Taiga yang sifatnya pemarah. Awalnya mereka sering berkelahi tetapi lama-kelamaan mereka saling membantu untuk mendapatkan hati sahabat dari musuh mereka tersebut.

Seiring berjalannya waktu, mereka berdua malah jadi saling tertarik. Anime romantis terbaik yang satu ini recommended banget untuk kamu deh. Soalnya ceritanya bagus. Pasti kamu penasaran dengan kelanjutannya ‘kan?

18. Angel Beats (2010)

Anime romantis terbaik

Angel Beats

Pengen dibikin baper dengan cerita dari anime romantis terbaik? Mending tonton deh Angel Beats. Cerita dari Angel Beats bermula dari terdamparnya Otonashi di dunia isekai. Ketika membuka mata, ia melihat seorang wanita bersenjata yang bernama Yuri. Otonashi nggak ingat tentang identitas dirinya dan ia juga nggak percaya kalau ia telah mati.

Yuri yang ternyata sedang menyerang Tenshi (malaikat) menyuruh Otonashi menjauh dari Tenshi. Ia juga meminta Otonashi bergabung dengan klubnya yang disingkat SSS. Otonashi kemudian menemui Tenshi dan meminta penjelasan atas apa yang terjadi padanya. Namun Tenshi justru langsung menusuk Otonashi. Menarik abis deh Girls alur cerita dari anime ini. Kamu juga bakalan dibikin bingung deh apakah Otonashi sebenarnya sudah mati atau belum.

19. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (2013)

Anime romantis terbaik

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

Apakah kamu sudah pernah nonton anime romantis terbaik yang judulnya super panjang ini, Girls? Mending simak dulu deh ulasan dari anime romance school yang satu ini. Anime ini menceritakan kisah cinta antara dua orang antisosial yang dipaksa oleh gurunya menjalankan klub relawan. Ada tokoh bernama Hikigaya Hachiman, seorang murid SMA yang biasa-biasa saja dan nggak ingin melewati masa SMA dengan hal merepotkan.

Hachiman di masa depan juga ingin fokus menganggur karena menurutnya bekerja itu merepotkan. Kemudian, Hachiman ini dimasukkan ke klub relawan oleh gurunya dan bertemu dengan seseorang yang antisosial bernama Yukinoshita Yukino. Hachiman dan Yukino lalu sering memberi pertolongan kepada orang lain. Seperti apa kelanjutannya ya? Tonton gih!

20. Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo (2019) – Anime Romantis Terbaru

Anime romantis terbaik

Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo

Anime romantis terbaik yang satu ini bakalan bikin baper dan ngakak terus karena ada unsur komedinya. Ore wo Suki nano wa Omae dake ka you bercerita tentang Kisaragi Amatsuyu yang sering dipanggil dengan panggilan Jouro. Jouro adalah anak SMA yang pada suatu hari diajak kencan oleh 2 gadis paling terkenal di sekolah. Ada ketua OSIS Sakura Akino (Cosmos) di hari Sabtu dan teman masa kecilnya Aoi Hinata (Himawari) di hari Minggu.

Ternyata kedua gadis tersebut nggak menyukai Jouro, melainkan ingin dicomblangkan dengan teman dekat Jouro bernama Ooga Taiyou (Sun-Chan). Rencana Jouro untuk mencomblangkan gadis-gadis itu dengan temannya sering gagal. Hingga suatu hati, Jouro bertemu dengan gadis berkacamata bernama Sanshokuin Sumireko (Pansy). Pansy sesungguhnya adalah wanita cantik dan sudah lama menyukari Jouro. Pastinya kelanjutan kisah Jouro, Pansy, dan teman-temannya menarik abis ‘kan?

Itulah dia beberapa judul anime romantis terbaik yang recommended untuk kamu tonton. Masing-masing punya jalan cerita yang menarik dan pembawaan yang berbeda-beda. Yang pasti, semuanya bisa menghiburmu kok. Mau nonton yang mana dulu nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *