Tips Menilai Sifat dan Karakter Cowok Berdasarkan Zodiak, Mana yang Cocok Jadi Pacarmu?

9 bulan, by Hai Gadis

Sifat dan Karakter Cowok Berdasarkan Zodiak

Sebagai cewek, punya pacar itu memang menyenangkan, Girls. Setiap hari ada yang memperhatikan kamu, ada yang mendukungmu meraih cita-cita kamu, dan ada yang selalu menemanimu. Hari-hari kamu jadi jauh lebih membahagiakan deh kalau bersamanya.

Ya, jatuh cinta itu memang selalu menyenangkan. Apalagi di masa awal pacaran, kamu dan dia serasa hanya berdua di dunia ini. Rasanya bagai pasangan paling serasi mengalahkan Romeo dan Juliet. Padahal seiring berjalannya waktu, kamu dan dia akan menemukan konflik-konflik atau masalah-masalah. Namanya juga hubungan, pasti nggak luput dari suatu masalah.

Dan semakin lama kamu dan pacarmu kenal, semakin tahu pula sifat serta karakter masing-masing. Yang tadinya hanya kelihatan sifat bagusnya, semakin lama semakin terlihat sifat aslinya. Yang tadinya merasa menjadi pasangan terkompak di dunia, kini mulai menemukan ketidakcocokan. Lalu kamu mulai nggak nyaman dengannya, sering bertengkar, dan lama-lama hubungan kalian berakhir.

Kalau udah begitu, kamu jadi sedih berkepanjangan dan sulit move on. Akibatnya, aktivitas sehari-harimu jadi terganggu dan kurang produktif. Kamu merasa bahwa selama ini hanya membuang-buang waktu pada cinta yang salah.

Hmm … Semua itu bisa diantisipasi kok, Girls. Supaya hubungan kamu dan pasangan nggak gampang putus, maka kamu jangan asal memilih cowok deh. Apalagi kalau kamu berniat serius dan nggak main-main di suatu hubungan. Minimal, kamu harus mememahami karakter cowok kamu supaya bisa mempertimbangkan apakah ia cocok denganmu atau enggak.

Tips yang tepat dalam menilai karakter cowok

Nah, simak dulu deh tips menilai karakter cowok berikut ini:

a. Lihat cara dia berkomunikasi

Dalam memahami karakter cowok, kamu bisa menilai berdasarkan cara dia komunikasi, Girls. Perhatikan cara dia berbicara. Apakah dia tipikal orang yang baik dalam bertutur kata atau cenderung blak-blakan dan sering berkata kasar. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cara dia ngobrol denganmu. Kalau dia banyak membicarakan tentang diri sendiri, bisa jadi dia adalah orang yang egois atau banyak membanggakan diri. Namun, jika dia hanya sedikit membicarakan diri sendiri, kemungkinan dia adalah orang yang suka berbagi, ramah, dan rendah hati.

b. Lihat cara dia menghargai waktu

Yang satu ini juga penting lho untuk menilai karakter cowok yang akan kamu jadikan pacar. Jika dia selalu datang tepat waktu saat kalian janjian bertemu, ini menandakan kalau dia adalah orang yang disiplin. Sebaliknya, jika dia suka terlambat, apalagi membiarkanmu menunggu lama, bisa jadi dia cenderung suka meremehkan. Namun sebelumnya, kalau ia hanya terlambat satu kali, bisa tanya dulu ya alasan keterlambatannya.

c. Lihat apakah dia bisa mendengarkanmu dengan baik saat kamu berbicara

Kadang kesel nggak sih kalau kita lagi bicara di hadapan orang lain, tapi orang tersebut nggak mendengarkan kita dengan baik? Nggak mau ‘kan kamu dapat pacar dengan karakter seperti itu? Kamu bisa menilainya dengan mudah saat ia berbicara denganmu, Girls. Apakah ia mendengarkanmu dengan seksama atau justru mudah nggak fokus. Seperti sedikit-sedikit buka handphone bahkan menguap.

d. Lihat dari tatapan mata

Tatapan mata juga bisa menjadi salah satu penilaian karakter cowok. Kamu bisa memperhatikan saat dia berbicara kepadamu. Jika dia berbicara dengan mempertahankan kontak mata kepadamu terlalu lama, bisa jadi ia adalah sosok yang agresif. Namun jika dia hanya menatap mata kamu saat berbicara hal penting dan nggak terlalu lama, maka ia adalah karakter yang menyenangkan, ramah, dan dapat dipercaya. Sebaliknya, jika kontak mata kepadamu saat berkomunikasi sangat kurang, dapat mencerminkan bahwa ia kurang kemauan dan kontrol diri.

e. Lihat cara dia memperlakukan orang lain

Nah, yang satu ini juga penting dalam menentukan karakter cowok untuk jadi pacarmu nih Girls. Mungkin di awal, dia akan memperlakukanmu dengan baik. Namanya juga baru kenal, bisa jadi ia belum menunjukkan dirinya yang sebenarnya. Kamu bisa menilai cara dia memperlakukan orang lain. Misalnya saja pelayan restoran di tempat kalian bertemu. Apakah dia ramah dan menghargai pelayan restoran, atau bahkan cenderung seenaknya sendiri. Selain itu, kamu pun bisa menilai cara dia bersikap terhadap ibunya. Jika dia dengan ibunya saja menghormati, maka ia pun akan memperlakukanmu dengan baik. Namun jika dengan ibunya saja ia kasar, mending pikir-pikir lagi deh.

Sifat dan Karakter Cowok Berdasarkan Zodiak

Selain beberapa hal di atas, memahami karakter cowok juga bisa dilakukan melalui zodiak lho. Zodiak juga sering dipercaya bisa menilai karakter seseorang berdasarkan tanggal lahir, termasuk cowokmu itu. Nah, gimana sih cara menilai sifat atau kepribadian cowokmu melalui zodiak? Simak deh ulasan HaiGadis berikut ini.

1. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

aquarius

aquarius

Pertama, kita akan menilai karakter cowok berdasarkan zodiak Aquarius nih. Pada dasarnya, cowok Aquarius itu unik dan menarik kok. Mereka ini mudah tertarik dengan suatu hal, jadi nggak heran kalau saat kenal dengan mereka, kamu menemukan bahwa mereka banyak hobi. Dia juga sangat suka berpetualang dan mencari pengalaman baru. Nah, kalau kamu berkencan dengan cowok Aquarius, gampang deh untuk membuatnya senang. Kamu tinggal mengajaknya ke tempat yang baru atau mengajaknya melakukan hal baru yang menarik.

Ia juga akan suka lho kalau kamu memberinya kejutan. Pokoknya, dia senang dengan hal-hal baru deh. Kalau kamu mau memberinya kejutan, nggak perlu yang mahal dan mewah kok. Asal itu unik dan dengan usaha maksimalmu, maka dia akan sangat terkesan. Sebaliknya, kamu pun pasti akan mendapatkan banyak kejutan menarik darinya.

Oh ya, karakter cowok berdasarkan zodiak Aquarius ini juga cenderung bebas, Girls. Maksudnya ia nggak suka kalau kamu terlalu banyak menuntut atau posesif dengan terlalu mengaturnya. Ia akan senang jika kamu memberinya kebebasan untuk berteman dengan siapa pun dan pergi melakukan hobinya ke mana pun. Tenang aja, dia orangnya setia kok. Apalagi kalau kamu adalah cewek yang baik dan memang tulus menyayanginya. Dia nggak akan mudah berpaling ke cewek lain.

Nah, karakter cowok Aquarius ini agaknya kurang cocok kalau kamu adalah tipe orang yang banyak aturan atau cenderung posesif. Dia akan cocok dengan kamu yang punya karakter serius tapi tetap memberi kebebasan. Oh ya, kalau kamu pacaran dengan cowok Aquarius, kamu bakalan beruntung deh. Soalnya dia pandai mengatur keuangan. Dia nggak akan mudah menghambur-hamburkan uang untuk hal yang nggak penting. Gimana? Kira-kira cocok nggak sih untuk jadi pacarmu?

2. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

pisces

pisces

Selanjutnya, mari kita kenali karakter alias sifat cowok berdasarkan zodiak Pisces. Sifat cowok Pisces ini  sensitif, sehingga ia akan cenderung lembut dan mudah peka. Namun, di satu sisi jika ia sudah temperamental, ia susah untuk ditenangkan kembali. Dia akan cenderung mudah emosi nih kalau kamu melakukan hal-hal yang nggak ia sukai atau bahkan melukai hatinya. Soalnya, dia akan mudah mengekspresikan perasaannya kepadamu. Akan tetapi, kamu beruntung kalau nggak membuatnya marah. Ia akan menyayangimu dengan sepenuh hati.

Karena kepekaannya itulah, cowok Pisces menjadi sosok yang sangat peduli dengan orang lain. Bahkan seringkali ia terlalu mementingkan orang lain dibanding diri sendiri. Kebayang ‘kan jika ia sudah sayang padamu, ia bakalan memprioritaskan kamu banget. Karakternya yang sangat memikirkan perasaan orang lain ini juga kadang malah membuatnya sulit membuat keputusan, Girls. Untuk memutuskan sesuatu, ia pasti akan berpikir secara matang-matang. Nah, sifat cowok Pisces ini akan sangat cocok buat kamu yang orangnya hati-hati dan mampu memberinya solusi saat ia akan mengambil keputusan.

Nggak hanya itu. Cowok Pisces ini kalau diajak ngobrol bakalan gampang nyambung karena ia punya wawasan luas. Ia juga cenderung memiliki kecerdasan di atas rata-rata. So, kalau kamu ingin pacaran sama cowok Pisces, kamu harus bisa mengimbanginya nih.

Selain itu, kalau kamu tipikal cewek yang selalu ingin dimanjakan oleh pacarmu, cowok Pisces ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Soalnya dia romantis abis. Dia nggak akan malu atau segan menunjukkan rasa sayangnya padamu meski di tempat umum. Kira-kira cocok nggak nih karakter cowok Pisces untuk jadi pacarmu?

3. Aries (21 Maret – 19 April)

aries

aries

Kamu punya pacar atau lagi deket dengan cowok yang lahir antara tanggal 21 Maret – 19 April? Berarti cowok tersebut memiliki zodiak Aries. Kenali dulu nih karakter dan sifat cowok berdasarkan zodiak Aries, apakah cocok denganmu atau enggak. Tahu nggak Girls, kalau cowok Aries itu adalah sosok yang pemberani, kreatif, agresif, dan selalu berinisiatif untuk melakuka perubahan.

Cowok Aries adalah sosok yang nggak gampang menyerah, mudah beradaptasi, dan cepat belajar. Jadi, kalau kamu lagi PDKT dengan cowok Aries, dia bakalan bisa memahamimu dengan cepat. Namun, dia agak keras kepala, ambisius, dan kurang berpikir panjang nih. Cocoknya sih dia pacaran sama kamu yang selalu mendukungnya dan mampu mengimbanginya dalam berpikir. Kalau kamu juga karakter yang keras kepala, dia bakalan kurang cocok buat kamu deh.

Oh ya, cowok Aries ini juga termasuk pribadi yang aktif, jadi kamu nggak bakalan bosan saat berkencan dengannya. Ia juga menjadi sosok pemimpin yang baik untuk kamu. Selain itu, sifat ingin tahunya besar. Kamu nggak bakalan bisa menutupi sesuatu darinya, termasuk menutupi perasaanmu. Itulah kenapa cowok Aries cocoknya sama cewek yang jujur.

Karakter cowok berdasarkan zodiak Aries ini sebaiknya diimbangi dengan cewek yang nggak keras kepala, mampu mengimbanginya untuk melakukan hal-hal baru, dan mampu diajak berdiskusi. Namanya juga kurang berpikir panjang, kamu harus bisa menjadi otak keduanya. Gimana? Cocok nggak sama kamu?

4. Taurus (20 April – 20 Mei)

taurus

taurus

Apakah cowok kamu atau gebetanmu punya zodiak Taurus? Mari kita pahami karakter cowok berdasarkan zodiak Taurus yang lahir antara tanggal 20 April – 20 Mei ini, Girls. Cowok Taurus adalah seseorang yang cenderung santai, bisa diandalkan, dan romantis. Kalau kamu pacaran atau lagi deket dengan cowok Taurus, kamu harus paham bahwa ia adalah sosok yang realistis. Ia sangat santai dan nggak banyak drama.

Namun tenang saja, dia akan selalu membuktikan cintanya kepadamu dan akan selalu ada ketika kamu membutuhkan. Dia akan menjadi orang yang santai tapi stabil. Mungkin saat PDKT sama dia, kamu merasa dia nggak kunjung nembak-nembak. Kamu harus tahu kalau dia nggak suka buru-buru tapi nggak bisa membuktikan omongannya. Tunggu saja, Girls. Sekalinya dia serius sama kamu, dia bakalan membuktikan kalau ia memang nggak main-main.

Selain itu, karakter cowok berdasarkan zodiak Taurus ini bakalan butuh cewek yang kreatif. Soalnya meski romantis, dia orangnya santai. Kalau kamu adalah cewek yang pasif, kamu bisa bosen banget pacaran sama dia. Kamu nggak perlu khawatir untuk lebih aktif karena dia sangat easy going.

Oh ya, cowok Taurus ini juga termasuk orang yang teratur. Dia nggak bakalan suka deh kalau saat janjian kamu malah meremehkan waktunya dengan membiarkan dia menunggu lama. Meski simpel, dia adalah orang yang konsisten ya, Girls. Cocok nggak nih jadi cowokmu?

5. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

gemini

gemini

Sekarang, mari kita selami karakter cowok berdasarkan zodiak Gemini. Gemini ini terkenal sebagai sosok yang unik dan khas. Cowok Gemini bisa kamu pilih kalau ingin dapat pacar yang humoris, Girls. Ia juga pandai bicara dan bersosialisasi. Dia bakalan pandai menarik hati kamu deh.  Karakter positifnya ini membuat cowok Gemini banyak disukai orang.

Selain ia pandai bicara dan bersosialisasi, Gemini juga merupakan sosok yang sopan. Nggak heran kalau orang mudah nyaman dengannya. Kalau mau menolong orang, ia juga nggak mikir-mikir. Kalau dekat dengan cowok Gemini, kamu bakalan selalu merasa nyaman.

Namun, di balik kepandaiannya bergaul, Gemini ini cenderung plin-plan. Ia mudah berubah pikiran dan sulit saat mengambil keputusan. Nggak heran jika cowok Gemini juga memiliki mood yang mudah berubah. Kamu harus sabar menghadapinya, ya. Nanti kalau mood-nya sudah membaik, ia bakalan membahagiakanmu kembali dengan humornya. Karena ia sangat humoris, maka ia juga termasuk sosok yang cerdas. Membuat jokes humor itu nggak gampang lho.

Oh ya, cowok dengan zodiak Gemini ini juga gigih dalam bekerja. Namun, ia agak kurang memperhatikan pengeluaran kalau lagi punya uang. Kamu harus bisa mengimbanginya nih. Jangan sering-sering minta traktir berlebihan, ya.

6. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

cancer

cancer

Kalau kamu pacaran dengan cowok Cancer, jangan heran kalau kamu sering merasa pusing sendiri. Soalnya, karakter cowok berdasarkan zodiak Cancer ini sangat tertutup. Dia bakalan susah untuk terbuka dengan orang lain. Jadi, kalau kamu ingin tahu tentang dia, pelan-pelan saja Girls. Ketika ia sudah mulai membuka diri untuk kamu, itu artinya, kamu adalah orang yang spesial.

Kalau dia udah jadi pacarmu dan sangat mencintai kamu, dia bakalan menjadi sosok yang akan melakukan apa pun demi kamu deh. Namun, kamu harus selalu menghargai yang ia lakukan, ya. Soalnya cowok Cancer juga cenderung sensitif nih. Bisa jadi hal yang menurut kamu bercanda, itu justru melukai hatinya.

Kalau kamu udah berbuat salah sama dia, dia bakalan sulit memaafkan kamu. Jadi, kamu nggak boleh menyia-nyiakan kalau ia tuh sebenarnya udah melakukan apa pun karena sayang sama kamu lho. Kamu pun jangan sampai membuatnya khawatir karena ia cenderung overprotective.

Akan tetapi di balik sifat itu semua, cowok Cancer itu penyayang banget sama ibunya. Itu artinya, dia nggak bakalan menjadi cowok yang kasar dengan wanita. Gimana? Kira-kira kamu cocok nggak sih jadi pacarnya cowok Cancer?

7. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

leo

leo

Kamu penasaran dengan karakter cowok berdasarkan zodiak Leo? Nah, yuk kita simak. Cowok Leo itu terkenal menyenangkan, percaya diri, dan terbuka. Sehingga dia mudah membawa suasana dan menarik perhatian orang lain. Cowok Leo juga cenderung mudah bergaul dan bisa membuat keputusan dengan baik.

Pas banget deh untuk kamu jadikan pemimpin di masa depan. Kamu bisa bergantung padanya untuk memberi pendapat saat ada masalah. Soalnya dia juga cerdas, Girls. Namun, Leo juga memiliki kekurangan nih. Dia cenderung egois dan mendominasi.

Kalau kamu jadi pasangannya, kamu harus mampu memberinya perhatian. Soalnya Leo ini cenderung suka diperhatikan. Kamu juga harus pengertian banget nih, karena sifat Leo yang mendominasi tersebut kadang bikin orang lain nggak nyaman.

Selain itu, karakter cowok berdasarkan zodiak Leo ini sangat setia pada pasangannya. Dia bakalan memberikan yang terbaik untuk kamu yang ia cintai. Nah, kira-kira cocok sama karaktermu nggak nih si Leo?

8. Virgo (23 Agustus – 22 September)

virgo

virgo

Karakter cowok berdasarkan zodiak Virgo sih biasanya sedikit tertutup tapi perfeksionis. Nggak heran deh kalau soal pasangan, ia juga pilih-pilih. Nggak mau asal-asalan. Jadi, kalau kamu berhasil berpacaran dengannya, kamu beruntung banget Girls. Tandanya kamu masuk ke semua kriteria dia.

Kepribadiannya yang perfeksionis itu juga membuatnya cenderung lebih rapi, bersih, dan disiplin. Ia menjadi sosok yang sangat bisa diandalkan dalam suatu hal. Kalau kamu merencanakan sesuatu dengannya, ia pasti dapat secara tangkas dan teliti membuat rencana tersebut berjalan maksimal.

Namun, sifatnya yang perfeksionis ini nggak jarang bikin orang lain kurang nyaman lho. Apalagi kalau kamu nggak bisa mengimbanginya. Bakalan capek banget deh pacaran sama dia kalau kamu adalah karakter orang yang ceroboh dan kurang teliti.

Tapi kamu nggak usah khawatir Girls. Sifat Virgo yang satu ini membuatnya sukses dalam bekerja dan meraih cita-cita. Ia juga akan menjadi pemimpin rumah tangga yang baik kalau kamu berniat serius bersamanya. Sebab ia adalah sosok yang sangat bertanggung jawab, bahkan pandai mengatur keuangan. Gebetanmu Virgo bukan nih?

9. Libra (23 September – 22 Oktober)

libra

libra

Kalau kamu mengidam-idamkan pacar yang hangat dan adil, cowok Libra bisa kamu pilih. Gimana sih sebenernya karakter cowok berdasarkan zodiak Libra? Cowok Libra adalah sosok yang hangat, lembut, dan objektif dalam menyelesaikan masalah. Ia banyak disukai orang lain karena ringan dalam membantu.

Pacaran dengan sosok Libra ini pasti bakalan harmonis. Soalnya ia selalu bisa menyelesaikan masalah secara objektif dan lembut. Ia pun nggak emosian dan selalu bikin suasana damai deh. Ia bakalan jadi sosok pemimpin yang adil dan membuat nyaman orang lain.

Namun, Libra juga punya kekurangan nih, Girls. Ia terlalu polos sehingga mudah dimanfaatkan oleh orang lain. Apalagi ia juga susah banget menolak ketika orang lain meminta bantuan. Kalau mau jadi pacarnya, kamu harus mampu mengimbanginya dan jangan sampai memanfaatkannya, ya.

Tenang saja, dia juga sosok romantis kok. Kalau cowok Libra ini adalah gebetanmu, maka kamu harus jadi cewek yang pandai menjaga kata-kata. Soalnya Libra nggak suka dengan orang yang sering mengucapkan kata-kata kotor dan berperilaku buruk. Namanya juga cinta damai, ‘kan?

10. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

scorpio

scorpio

Kali ini, kita akan membahas karakter cowok berdasarkan zodiak Scorpio. Secara umum sih Scorpio adalah sosok yang tekun, ambisius, dan pekerja keras. Ia juga tipikal orang yang lurus dan selalu berpegang teguh pada peraturan. Dia nggak bakalan main-main deh sama kamu.

Scorpio ini juga merupakan sosok yang selalu bekerja keras untuk mencapai cita-citanya. Lalu, ia juga suka menolong orang yang lemah. Idaman banget deh! Namun, ia punya insting yang kuat dalam suatu hal. Kalau kamu jadi pasangannya, jangan coba-coba bohong atau menyembunyikan sesuatu deh.

Kalau sama pasangan, cowok Scorpio ini sangat setia. Tetapi sayangnya mudah cemburu, Girls. Jangan sekali-sekali bikin ia nggak nyaman, ya. Soalnya ia juga cenderung posesif jadinya.

Oh ya, Scorpio juga punya kekurangan nih, yaitu sedikit pendendam. Ia juga pandai memanipulasi keadaan untuk mencapai tujuannya. Ia juga susah percaya sama orang lain nih. Kalau mau jadi pacarnya, kamu harus jadi sosok yang selalu bisa diandalkan. Cocok jadi pacar kamu nggak ya kira-kira?

11. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

sagitarius

sagitarius

Penasaran sama karakter cowok berdasarkan zodiak Sagitarius nggak nih, Girls? Dia memang sosok yang inspiratif dan berjiwa petualang tinggi. Ia juga termasuk sosok yang cerdas, jujur, dan pandai membawa diri.

Bakalan menyenangkan banget deh pacaran sama sosok Sagitarius. Soalnya dia jujur dan terus terang, dijamin kamu nggak bakalan dibohongi. Kamu juga nggak bakal merasa bingung sendiri karena ia nggak akan menyembunyikan sesuatu darimu.

Namun kepribadiannya yang terus terang ini kadang bisa menyakiti hati orang lain. Ia akan bicara terlalu blak-blakan dan kurang memikirkan perasaan orang lain. Ia juga kerap kali nggak sabaran dan sering menyuruh orang mengerjakan sesuatu tanpa memikirkan kondisinya.

Oh ya, karena karakter cowok berzodiak Sagitarius ini suka berpetualang, ia jadi cenderung nggak suka diatur. Maksudnya nggak suka dengan aturan yang terlalu mengekang. Kalau jadi pacarnya, jangan posesif ya, Girls.

12. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

capricorn

capricorn

Yang terakhir, mari kita simak karakter cowok berdasarkan zodiak Capricorn. Cowok Capricorn ini dewasa abis dan cocok dijadikan pemimpin. Ia juga punya kepercayaan diri yang tinggi, dewasa, dan bertanggung jawab. Dengan karakternya ini, Capricorn lebih suka dengan pasangan yang juga dewasa dan pengertian.

Ia nggak bakalan suka kalau kamu adalah tipe yang kekanak-kanakan lho, Girls. Dengan kebijaksanaannya ini, ia selalu dapat diandalkan untuk menyelesaikan masalah. Dan ia juga sosok yang setia kawan. Pas banget nih dijadikan partner.

Namun ia juga punya kekurangan nih. Karena Capricorn punya karakter kuat, ia jadi sosok yang agak keras kepala. Selain itu, karena rasa percaya dirinya besar, ia menjadi sosok yang kadang haus perhatian dan egois. Kamu harus bisa mengimbanginya nih kalo pengen pacaran sama cowok Capricorn.

Di balik itu semua, Capricorn adalah cowok bertanggung jawab dan visioner. Ia bisa merencanakan masa depan dengan baik lho. Ia pun nggak boros dan suka menghambur-hamburkan uang. Gimana? Sudah sesuai kriteria kamu belum?

Itu dia Girls beberapa karakter cowok berdasarkan zodiak yang wajib kamu pertimbangkan saat cari pacar. Meski demikian, zodiak bukanlah satu-satunya patokan, ya. Kamu tetap bisa menilainya dengan hal lain. Kira-kira yang cocok jadi pacarmu yang mana nih?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *