12 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik yang Bagus untuk Kulit

By Hai Gadis

Bagi pecinta skincare tentu sudah tak asing dengan serum retinol. Serum ini punya kemampuan untuk melawan penuaan pada kulit, merawat jerawat, hingga mengatasi kerusakan karena sinar matahari. Biar tak salah pilih, kamu bisa pertimbangkan untuk memakai rekomendasi serum retinol terbaik berikut ini.

Retinol sendiri merupakan bahan aktif yang punya banyak manfaat. Senyawa ini terbuat dari turunan vitamin A, sehingga mampu merangsang terbentuknya kolagen. Ketika kolagen di dalam kulit memiliki jumlah yang cukup, maka kulit baru bisa lebih cepat terbentuk.

Efektifitas dan jenis retinol juga bermacam-macam, ada dari retinyl palmitate dan propionate yang memiliki efektifitas rendah. Ada pula retinol dehyde yang punya efektifitas paling tinggi. Penggunaan retinol harus sesuai dengan anjuran lho, kalau tidak akan membahayakan kulit.

Cara Memilih Serum Retinol dengan Benar

Lihat Konsentrasi Retinol

Tiap produk memiliki konsentrasi retinol yang berbeda, karena itu lihat secara teliti berapa jumlahnya. Untuk pemula, kamu disarankan menggunakan serum dengan retinol 0,25 hingga 1 persen. Berbeda untuk pengguna lanjutan, kamu bisa pilih serum dengan konsentrasi retinol 1-2 persen.

Pakai Sesuai Anjuran

Agar tak membahayakan kulit, kamu bisa pakai serum retinol sesuai dengan anjuran pemakaiannya. Kalau kamu baru menggunakan, sebaiknya tak menggunakannya setiap hari agar kulit bisa beradaptasi. Jangan lupa tetap pakai sunscreen ya, sebab retinol akan membuat kulitmu lebih sensitive dengan sinar matahari.

Mulai dari Produk Lokal

Jika budgetmu terbatas, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan serum retinol dari brand lokal. Saat ini kualitas skincare lokal tak kalah bagusnya dengan buatan luar negeri, pun kamu bisa mendapatkannya dengan lebih mudah. Brand lokal juga sesuai dengan mayoritas jenis kulit masyarakat Indonesia.

Cara Menggunakan Serum Retinol

Kalau kamu sudah memilih serum retinol yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi wajah, langkah selanjutnya adalah menggunakan serum tersebut. Supaya dapat hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan tips dan panduan ini ya.

Gunakan Produk dengan Retinol Rendah

Seperti yang telah ditekankan sebelumnya, kamu bisa mulai menggunakan serum dengan konsentrasi retinol yang rendah. Perhatikan kondisi kulitmu ketika pemakaian, kalau memang tak ada keluhan, kamu bisa lanjut ke serum dengan konsentrasi retinol lebih tinggi atau melanjutkan pemakaian produk tersebut.

Bersihkan Muka

Sebelum menggunakan serum, sebaiknya cuci muka sampai bersih. Jangan pernah menggunakan produk skincare ketika wajahmu belum dibersihkan ya girls, ini akan membuat penyerapan manfaat serum jadi tak maksimal.

Penggunaan

Setelah kamu selesai cuci muka, kamu bisa tunggu kulit sampai kering sempurna sebelum menggunakan serum ini. Ketika kulitmu basah, kandungan retinol dalam serum malah akan membuat kulit dan bagian mata jadi lebih sensitive. Jika sudah kering, kamu bisa sapukan serum retinol ke seluruh permukaan wajah.

Pijat dengan Perlahan

Agar penyerapan serum oleh kulit menjadi maksimal, kamu bisa memijat secara perlahan wajahmu. Jika perlu kamu bisa membalurkan serum ke seluruh wajah dan memijat dengan gerakan memutar ya.

Pemakaian Pelembab dan Sunscreen

Tahap akhir setelah memakai serum retinol adalah menggunakan pelembab dan juga sunscreen. Gunakan kedua produk tersebut setiap pagi jika kamu hendak beraktifitas di luar ruangan. Kalau kamu tak melkukannya, bisa-bisa kulit jadi kemerahan karena iritasi.

Frekuensi Pemakaian

Sebagai pemula, kamu disarankan menggunakan serum retinol 2 – 3 kali dalam seminggu. Gunakan pada malam hari untuk menghindari wajah terkena cahaya matahari secara langsung. Jika kulit ternyata kurang cocok denga retinol, kamu bisa menggunakannya seminggu sekali.

Rekomendasi Serum Retinol Terbaik

1. Olay Regenerist Retinol24 Night Serum

rekomendasi serum retinol terbaik

Photo by shopee.com

Sebagai brand terkemuka, Olay menawarkan serum retinol dengan tambahan niacinamide. Kombinasi kedua bahan aktif ini akan membuat kulit lebih lembab, cerah dan terjaga elastisitasnya. Pemakaiannya juga tak rumit, kamu cukup menggunakannya beberapa tetes saja tiap malam.

Harga serum ini memang cukup mahal, satu botolnya bisa kamu dapatkan dengan harga 300 ribu rupiah. Namun kandungan niacinamide, bioavailable retinoid dan retinol24 complex-nya akan membuat kulit wajahmu lebih sehat dan terawat girls.

2. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Photo by female-review.com

Kalau kamu mencari rekomendasi serum retinol terbaik dari brand lokal, ada Avoskin Miraculous Retinol Ampoule. Serum ini bisa mencegah terjadinya garis halus, flek hitam dan berbagai masalah kulit akibat penuaan dini.

Untuk kandungan retinolnya, serum dari Avoskin ini memiliki konsentrasi sebesar 0,09 persen, jadi cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba. Ada kandungan bahan lain yang akan kamu dapatkan, mulai dari vitamin E, ekstrak raspeberry, dan hexapeptide untuk kulit halus dan kencang.

3. Elsheskin Retinol Rejuvenating Night Serum

Photo by sociolla.com

Serum retinol dari Elseskin ini punya kandungan retinol 1 persen plus tambahan multi peptide complex. Kedua bahan tersebut akan berperan aktif untuk membuat proses regerenasi kulit jadi lebih cepat. Sehingga masalah kulit seperti penuaan dini bisa dengan mudah teratasi.

Tak hanya sebagai anti aging, produk ini juga bisa menyamarkan kerutan dan membantumu mendapatkan kulit yang lebih lembab. Kandungan ekstrak licorice dan hyaluronic acid akan membuat kulitmu lebih kuat karena bisa memperbaiki skin barrier.

4. Ponds Age Miracle Double Serum

rekomendasi serum retinol baru

Photo by hd-mall.com

Brand Ponds memang sering merilis produk-produk anti aging. Tak heran Ponds juga merilis serum retinol khusus dalam Ponds Age Miracle Double Serum. Produk ini memiliki klaim kerja 40 kali lebih efektif untuk membuat kulit kusam menjadi cerah kembali.

Buat kamu yang punya dark spot, coba deh pertimbangkan pakai serum ini. Kamu bisa dapatkan kulit yang lebih elastis, terawat dan juga lebih cerah. Alhasil kerutan samar dan garis halus yang ada di wajahmu bisa berkurang secara nyata.

5. Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Lotion

Photo by blibli.com

Rekomendasi serum retinol terbaik selanjutnya berasal dari Hada Labo Gokyjun series. Dengan Alpha Ultimate Anti Aging Lotion, serum ini tak mengandung alcohol, pewangi, bahkan mineral oil yang tak punya manfaat untuk kulit wajah.

Dengan filosofi perfect x simple, kamu bisa dapatkan serum yang bisa meningkatkan kadar air dalam kulit dan mempercepat regenerasinya. Penggunaannya secara teratur bisa membuat kulitmu lebih elastis dan terlihat awet muda girls. Harganya juga terjangkau, jadi aman buat kantongmu!

6. For Skin’s Sake Retinol Serum

rekomendasi serum retinol terbaik murah

Photo by tokopedia.com

Terkenal dengan singkatkan serum retinol FSS, produk ini aman untuk semua jenis kulit. Jadi buat kamu yang punya kulit sensitive tak perlu khawatir ketika menggunakan produk ini. Tak hanya itu, produknya juga tak mengandung bahan berbahaya yang bisa membuat kulit iritasi.

Serum ini mengandung retinol yang akan mempercepat pergantian sel kulit lama menjadi baru. Dengan sel kulit yang lebih sehat, kamu bisa dapatkan wajah yang lebih halus dan lembut. Tekstur serumnya juga mudah meresap, jadi gampang buat kamu aplikasikan ke wajah deh!

7. Erto’s Retinol Serum

Photo by lazada.com

Wajah yang punya flek hitam tentu membuat penampilan tak maksimal. Untuk mengatasinya kamu bisa gunakan Erto’s Retinol Serum yang punya kandungan soybean oil dan retinol sebesar 0,5 persen.

Dengan tambahan kandungan lipochroman-6, kamu bisa dapatkan serum yang memiliki fungsi anti aging. Bahkan serum ini juga bisa membantumu menguatkan skin barrier agar tak rusak ketika terkena paparan cahaya matahari.

8. The Ordinary Retinol 0,2%

serum retinol terbaik remaja

Photo by tokopedia.com

Kalau mencari rekomendasi serum retinol, pasti kamu sering dapat saran untuk memakai produk dari The Ordinary. Serum ini memang punya konsentrasi yang pas untuk pemula. Kamu bisa dapatkan konsentrasi yang lebih tinggi dengan harga yang lebih mahal.

Jumlah konsentrasi retinol yang kecil bukan tanpa alasan, kamu bisa memberikan waktu untuk kulitmu agar terbiasa dengan bahan ini. Jadi kulit tak akan mengalami iritasi, pengelupasan atau kemerahan ketika menggunakan produk retinol yang lebih tinggi konsentrasinya.

9. Pixi Retinol Tonic

serum retinol terbaik baru

Photo by shopee.com

Ada produk retinol high end yang bisa kamu coba nih girls, yakni Pixi Retinol Tonic asal Inggris. Merupakan produk exfoliating toner, kamu bisa dapatkan toner dengan kandungan AHA yang rendah namun tetap maksimal untuk merawat kulit.

Kandungan formulanya memang bebas alcohol, namun menggunakan ekstrak lavender yang tak cocok untuk kulit sensitive. Jika kulitmu berjenis normal, kamu bisa gunakan tonic ini secara teratur untuk mendapatkan kulit yang cerah tanpa hiperpigmentasi dan jerawat berlebih.

10. Dear Me Beauty Single Activator Face Serum

Photo by dear-me-beauty.com

Kembali ke brand dalam negeri, ada rekomendasi serum retinol terbaik dari Dear Me Beauty. Dengan kandungan aloe vera dan blueberry, produk ini akan membantumu mendapatkan kulit wajah yang lebih lembab dan kaya akan anti oksidan.

Kandungan retinol yang ada di dalamnya juga bisa membuat kulitmu lebih sehat dan cerah terawat. Untuk pemakaiannya, kamu bisa gunakan serum ini 3-4 tetes setiap malam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

11. Somethinc 1% Retinol

Photo by shopee.com

Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan produk berbahan retinol, tak ada salahnya menggunakan Something 1% Retinol yang punya konsentrasi tinggi. Dengan bantuan teknologi terbaru Gentinol-200, kamu bisa dapatkan serum yang memiliki manfaat besar dan tak mudah rusak zatnya.

Untuk kamu yang punya pH wajah tak seimbang, produk ini akan membantumu mendapatkan Ph 5 – 6 secara stabil. Kemungkina untuk terkena resiko ataupun iritasi pun jadi berkurang. Dengan kandunga retinol yang tinggi, kamu bisa manfaatkan serum ini untuk meningkatkan produksi kolagen hingga memudarkan tanda penuaan dini.

12. Breylee Retinol Lifting Serum

rekomendasi serum retinol

Photo by shopee.com

Sebagai brand baru yang bersaing dalam dunia skincare, Breylee tak mau kalah dengan kompetitornya. Brand asal China ini merilis Breylee Retinol Lifting Serum yang bisa mengatur metabolisme dalam kulit. Jadi berbagai masalah dan tanda penuaan dini bisa tersamarkan secara tuntas.

Ketika metabolisme dalam kulit berjalan lancar, kamu bisa dapatkan kulit wajah yang lebih segar, berseri plus merona. Kalau kamu sering menghabiskan waktu untuk beraktifitas di luar ruangan, kamu bisa pakai produk ini sekaligus sunscreen kesayangan ya!

Memilih rekomendasi serum retinol terbaik memang butuh banyak pertimbangan ya. Namun dengan produk yang tepat, kamu bisa dapatkan kulit yang lebih cerah dan terawat. Dari berbagai produk diatas, mana nih yang ingin kamu coba lebih dulu girls?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.