Aktivitas Penghilang Stress Ini Bisa Kamu Coba Agar Kembali Ceria

By Hai Gadis

Stress jadi masalah banyak orang masa kini. Meski teknologi memudahkan pekerjaan manusia, namun resiko mengalami stress terus meningkat. Padahal stress yang tak teratasi bisa membuat kesehatan dan kualitas hidup menurun.

Supaya kamu tak berlarut-larut dalam stress, lakukan aktivitas penghilang stress berikut ini ya, Girls. Kalau kamu biarkan stress-mu berlarut-larut, bisa-bisa kamu jadi burnout dan memberikan dampak buruk pada kesehatan mentalmu.

Aktivitas yang Bisa Menghilangkan Stress

1. Melakukan Olahraga Rutin

Photo by liputan6.com

Ketika sedang stress, ada kecenderungan untuk menyendiri dan bersedih. Tapi baiknya kamu tak melakukannya lama-lama ya. Cobalah untuk tetap beraktifitas ringan untuk meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini akan membantumu terlepas dari stress dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Cara alami untuk mengeluarkan hormon endorfin adalah melakukan olahraga ringan. Tak harus berat-berat, kamu bisa mulai dengan jalan santai tiap akhir pekan, jogging, bersepeda, atau berenang. Boleh kok melakukannya bersama sahabat biar semangat!

2. Makan

aktivitas penghilang stress

Photo by doktersehat.com

Jangan salah Girls, makan ternyata bisa membantumu mengatasi stress lho. Dengan makan kamu akan mendapatkan tambahan energy dan vitamin yang bagus untuk menurunkan kadar stress dalam otak.

Makan juga jadi aktifitas menyenangkan yang bisa membuatmu bahagia. Tentunya tak semua makanan bisa kamu lahap. Usahakan yang mengandung gizi seimbang agar tak memberikan dampak negatif pada tubuh. Kamu juga bisa kok masak sendiri jika tertarik mengisi waktu luangmu dengan kegiataan yang bermanfaat.

3. Cobalah untuk Beristirahat

Photo by sinergi.com

Stress bisa membuatmu kurang tidur, sulit berkonsentrasi dan selalu murung. Karena itu luangkan waktu untuk tetap beristirahat yang cukup ya. Kalau kamu tak beristirahat, mood-mu akan memburuk. Ini bisa membuatmu makin stress karena tak bisa fokus beraktifitas.

Ada beberapa tips nih buat kamu yang susah tidur, mulailah dengan menciptakan suasana yang nyaman untuk beristrahat. Kamu bisa meredupkan lampu kamar, menyalakan lilin aromaterapi, dan tidur di jam yang sama tiap harinya.

4. Menulis dan Journaling

aktivitas penghilang stress

Photo by orami.com

Bagi yang suka menulis, salah satu aktivitas penghilang stress yang bisa kamu coba adalah journaling. Dengan menulis, kamu bisa meluapkan perasaanmu dan membuat hati lebih lega. Beban dalam hatimu tentu akan jadi lebih ringan.

Jika ada peristiwa atau seseorang yang membuatmu kesal, cobalah untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan. Ketika kamu menulis, kamu bisa melakukan overview pada masalah tersebut. Siapa tahu kamu dapat solusi yang akan membantumu, Girls.

5. Dengarkan Musik Kesukaan

Photo by sociolla.com

Menurut penelitian, mendengarkan musik akan membantu tubuh menurunkan tingkat stress. Kalau kamu sedang stress, cobalah mendengarkan musik dengan irama yang lembut. Ini akan membuat tubuhmu lebih rileks, detak jantung dan tekanan darah pun bisa perlahan turun.

Seumpama kamu tak suka musik bernada lembut, dengarkan saja musik dari genre favoritmu. Ini akan membantumu mengalihan perhatian dan menurunkan hormon stress dalam tubuhmu. Mudah bukan?

6. Bersihkan Ruangan

Photo by liputan6.com

Meja kerja dan ruangan yang berantakan akan membuat moodmu makin sumpek. Kalau ingin perasaanmu membaik, cobalah untuk membersihkan ruanganmu. Jika ruangan bersih, tentu kamu lebih nyaman beraktifitas.

Meski terkesan sederhana, tapi membersihkan ruangan dan meja kerja bisa membantumu mengatasi stress lho. Beranjak dari satu tempat ke tempat lain akan memberikan penyegaran pada matamu, secara perlahan kamu pun bisa kembali beraktifitas. Bonusnya ruangan pun jadi bersih dan rapi.

7. Lakukan Kegiatan yang Kamu Sukai

aktivitas penghilang stress

Photo by halo-dokter.com

Cara terbaik untuk mengatasi stress adalah rehat sejenak dan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Kalau kamu suka membaca, menonton film atau drakor, bahkan memancing, jangan ragu melakukannya. Jangan menganggap kegiatan ini menghabiskan waktumu ya, membuat mood membaik dan mengatasi stressmu jadi prioritas utama kali ini.

Tapi jika ingin melakukan sesuatu yang berbeda, cobalah untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Bisa dengan berkebun, mengikuti kelas menari, atau merangkai bunga. Siapa tau dari aktifitas tersebut kamu bisa menambah skill dan meningkatkan potensi diri.

Kegiatan sederhana diatas bisa jadi aktivitas penghilang stress yang dapat kamu coba. Jika memang tak kunjung membaik, cobalah menunda aktifitas dan ambil libur sejenak. Siapa tau beban pikiranmu akan berkurang setelah libur. Dengan begitu kamu pun bisa kembali beraktifitas sebagaimana biasa, Girls.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.