Girls.. Ini Lho Alasan Cowok Selingkuh dan Cara Menyikapinya

7 bulan, by Hai Gadis

Alasan cowok selingkuh

Perselingkuhan adalah masalah yang klise dan sering dialami dalam sebuah hubungan. Entah masih berstatus pacaran maupun sudah terikat pernikahan, yang namanya selingkuh bisa saja terjadi. Baik dari pihak cowok maupun cewek, sama-sama ada kemungkinan untuk selingkuh. Namun dalam artikel ini, Hai Gadis akan membahas tentang cowok yang selingkuh beserta alasan cowok selingkuh.

Hayo, kamu pernah mengalami diselingkuhin nggak, Girls? Pada dasarnya ketika seseorang melakukan perselingkuhan, ia tidak ingat akan konsekuensi yang mungkin dialami. Entah jadi putusnya hubungan dengan pasangan, perceraian, hingga menimbulkan kekecewaan terhadap anggota keluarga. Bahkan perselingkuhan bisa dilakukan sembunyi-sembunyi hingga terang-terangan.

Pada dasarnya, cowok bisa memilih lho apakah mau selingkuh apa enggak. Nggak peduli ia telah memiliki hubungan yang bahagia dengan pasangan, selingkuh tetap bisa dilakukan. Kamu pasti penasaran ‘kan, kenapa sih cowok bisa selingkuh? Di bawah ini ada beberapa alasan cowok selingkuh yang perlu kamu tahu, Girls.

Alasan cowok selingkuh

1. Belum paham betul arti komitmen

Salah satu alasan cowok selingkuh adalah rendahnya pemahaman soal komitmen dalam hubungan. Ketika memutuskan untuk berkomitmen dengan pasangan seperti pada pernikahan atau bahkan pacaran, maka seseorang harus betul-betul sanggup menjaga komitmen tersebut. Seperti berkomitmen pada satu pasangan saja. Nggak peduli saat bosan melanda, saat bertengkar, saat mengetahui kekurangan pasangan, ia tetap harus menjaga komitmennya.

Selain itu, berkomitmen juga berarti kita harus bisa memiliki batasan-batasan untuk berinteraksi dengan lawan jenis agar nggak kebablasan dan membuat pasangan sakit hati. Cowok yang selingkuh biasanya kurang paham akan arti komitmen, sehingga ia cenderung melakukan hal-hal yang bisa memiliki konsekuensi buruk. Konsekuensi tersebut misalnya menyakiti perasaan pasangannya, putusnya hubungan, perceraian, hingga hilangnya kedudukan sosial.

2. Masih kurang dewasa

Hal yang satu ini juga bisa menjadi alasan cowok selingkuh. Cowok yang belum dewasa akan cenderung sulit menjalani hubungan yang serius. Apalagi, cowok yang kurang dewasa biasanya menjalani hubungan hanya untuk main-main. Sementara ia sendiri masih menginginkan kebebasan untuk bisa dekat dengan banyak wanita.

Tipe cowok yang satu ini juga cenderung kurang dewasa soal emosional dan impulsif. Jika ada masalah pada hubungan kalian, bisa saja ia akan mencari jalan keluar dengan langsung mendekati orang lain. Ia juga mudah penasaran ketika menemukan sosok yang baginya menarik, meski hanya menarik sesaat. Pernah mengalami berhubungan dengan cowok seperti ini nggak Girls?

3. Pengaruh pergaulan

Kalau cowokmu banyak berteman dengan orang yang suka selingkuh, bukan nggak mungkin ia jadi ikut-ikutan lho. Pergaulan bisa memengaruhi tingkah laku cowokmu. Mungkin saja ‘kan ia sebenarnya benar-benar sayang denganmu tetapi ikut-ikutan teman untuk selingkuh agar ia diterima di circle pertemanannya?

4. Takut untuk memutuskan hubungan

Bisa saja lho alasan seorang cowok bisa selingkuh karena takut untuk memutuskan hubungan denganmu. Mungkin saja ‘kan saat menjalin hubungan, ia menemukan ketidakcocokan yang membuatnya nggak nyaman? Lalu, karena takut memutuskan hubungan, ia malah memilih jalan selingkuh.

Ia takut memutuskan hubungan karena takut menyakitimu, takut nggak ada jalan keluar lain dari masalah kalian, malas bertengkar denganmu, atau malah sebenarnya ia juga takut kehilangan kamu. Padahal selagi belum ada ikatan sah seperti pernikahan, ketidakcocokan adalah hal yang wajar dan perlu dibicarakan, bukan? Bukannya memilih jalan pengecut dengan berselingkuh.

5. Memiliki rasa insceure / kurang percaya diri

Seorang cowok bisa saja lho Girls merasakan insecure terhadap pasangannya. Entah karena ia terlalu tua dari pasangannya, terlalu muda, merasa kurang mapan, kurang tampan, kurang pintar, dan lain sebagainya. Karena kurang percaya diri itulah, ia jadi sibuk mencari validasi ke sana ke mari bahwa ia memang seseorang yang baik dan layak.

Nggak jarang juga rasa insecure itu membuatnya mencari wanita lain yang mungkin membuatnya merasa lebih layak dan diinginkan. Kalau memang kamu pernah mengalami cowokmu selingkuh karena hal ini, jangan menyalahkan diri sendiri ya, Girls.

6. Memiliki masalah kecanduan

Alasan cowok selingkuh berikutnya juga mungkin saja terjadi lho, yaitu memiliki masalah kecanduan. Bisa saja lho seorang cowok kecanduan terhadap obat-obatan, alkohol, hingga seks yang menyebabkannya banyak kurang bisa berpikir jernih saat melakukan hal-hal kurang bertanggung jawab. Bisa saja lho selingkuh itu baginya adalah pelampiasan yang membuatnya merasakan kepuasan saat ia mengalami suatu masalah.

7. Memanfaatkan kebaikan hati kamu

Terkadang saat seseorang merasa dicintai, ia bisa saja bersikap seenaknya sendiri terhadap pasangannya. Mungkin saja ia berselingkuh karena merasa bahwa kamu akan memaafkan perbuatannya. Ia merasa kamu yang begitu mencintainya atau biasa disebut terlalu bucin sehingga akan terus mengalah dan memaafkan kesalahan yang pasanganmu lakukan.

Intinya, ia bisa saja berkeinginan selingkuh karena memanfaatkan kebaikan hati kamu. Ia yakin meski berselingkuh, kamu nggak akan memutuskan hubungannya. Ia juga merasa bahwa kamu mudah dipermainkan karena kurang tegas dan semacamnya. Kalau hal ini yang terjadi padamu, jangan menyalahkan diri sendiri ya, Girls. Apapun alasannya, selingkuh tetaplah salah.

8. Merasa hubungannya denganmu sudah berakhir

Alasan cowok selingkuh yang satu ini pun sering terjadi, yaitu ia merasa hubungannya denganmu sudah berakhir. Mungkin saja ia sebenarnya sudah nggak memiliki rasa nyaman denganmu tetapi nggak mau mengakhiri hubungan. Ia cenderung menunggumu untuk mengakhiri hubungan. Nah selagi menunggumu mengakhiri hubungan, baginya, ia sudah nggak memiliki komitmen denganmu lalu berselingkuh deh.

Selain itu, bisa saja cowokmu sebenarnya ingin mengakhiri hubungan denganmu, tapi mencari pasangan pengganti terlebih dahulu. Saat hubungan kalian di ambang batas untuk putus, ia sudah memutuskan untuk mencari pasangan lagi dan memupuk cinta pada orang yang baru. Duh! Kamu belum pernah mengalami hal ini ‘kan, Girls?

9. Ingin mendapatkan hati dua orang sekaligus

Alasan cowok selingkuh

Photo via wattpad.com

Seringkali cowok berselingkuh karena merasa mencintai seseorang yang baru, tetapi ia juga masih memiliki perasaan pada pasangannya. Mungkin saja ‘kan ia tertarik pada seseorang yang baru di saat hubungannya denganmu sudah terjalin kuat. Keputusannya untuk berselingkuh bisa saja muncul karena ia nggak bisa memutuskan untuk memilihmu atau orang yang baru itu.

10. Berekspektasi berlebihan pada pasangan

Selanjutnya yang menjadi alasan cowok berselingkuh adalah karena ekspektasinya yang berlebihan pada pasangannya. Ia merasa bahwa kamu sebagai pasangannya harus bisa memenuhi semua kebutuhannya. Sehingga ketika di satu sisi kamu nggak bisa seperti yang ia inginkan, cowokmu akan mencari “tempat” lain.

Ekspektasi dalam berhubungan bisa melingkupi kualitas hubungan, penampilan fisik, gambaran ideal sebuah hubungan dan rumah tangga. Jika ekspektasinya nggak sesuai, ia akan mencari kesempurnaan di tempat lain, salah satunya dengan berselingkuh itu. Padahal dalam suatu hubungan, kamu dan pasangan akan memiliki kekurangan masing-masing.

11. Mudah tertarik dengan orang lain dan mengejarnya

Photo via mysmumn.org

Mungkin bagi cowok, mengejar cewek yang diincarnya adalah suatu hal yang memacu adrenalin dan menyenangkan untuk dilakukan. Namun jika hal tersebut dilakukan saat sudah memiliki pasangan, tentu bukan perbuatan yang tepat.

Cowokmu berselingkuh mungkin saja alasannya karena mudah tertarik dengan seseorang dan nggak bisa menekan keinginan untuk mengejarnya. Ia jadi melupakan komitmen yang dijalin denganmu demi mencari kesenangan serta sensasi saat mengejar cewek lain.

12. Trauma masa lalu

Trauma di masa lalu memang bisa memengaruhi tindakan dan perilaku seseorang. Mungkin yang menjadi alasan cowokmu berselingkuh karena pernah mengalami penelantaran, pengkhianatan, hingga pelecehan yang membuatnya sulit berkomitmen penuh pada satu orang.

Bisa saja ia juga jadi sulit percaya dengan seseorang sehingga sibuk untuk mencari orang lain. Bahkan mungkin saja selingkuh adalah tindakan pelampiasan yang membuat rasa sakitnya di masa lalu sedikit berkurang.

13. Ingin meraih tujuan tertentu

Cowokmu termasuk orang yang ambisius nggak nih, Girls? Nah, ambisius ini bisa jadi yang membuatnya memutuskan untuk selingkuh lho. Keinginannya untuk mencapai tujuan tertentu bisa saja membuatnya berselingkuh karena ingin memanfaatkan sesuatu pada selingkuhannya. Bisa saja ‘kan ketika ia menjalin hubungan dengan pasangannya, ia bisa meraih karir, cita-cita, atau hal lain yang ia inginkan dengan mudah. Ia percaya bahwa selingkuhannya memiliki pengaruh pada tujuannya sehingga tetap berselingkuh meski nggak ada perasaan.

14. Egois

Egois juga termasuk alasan cowok selingkuh yang menyebalkan abis. Hanya karena memikirkan dirinya sendiri, pasanganmu bisa saja selingkuh tanpa merasa bersalah. Ia merasa bebas berselingkuh karena memang ia ingin selingkuh. Ia hanya memikirkan dirinya tanpa mikirin pasangannya. Karena ia adalah orang yang egois, ia juga akan cenderung banyak berbohong padamu dan diam-diam menyimpan rahasia. Selain itu, cowok yang egois terkadang menganggap bahwa komitmen adalah suatu pengorbanan yang besar.

15. Adanya kesempatan

Pasti kamu sering denger ‘kan kalau kejahatan terjadi bukan hanya ada niat dari pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Termasuk untuk perbuatan selingkuh nih, Girls. Mungkin saja pasanganmu sebenarnya nggak terpikir untuk selingkuh. Namun ia nggak sengaja melakukannya karena ada kesempatan.

Misalnya saja saat pasanganmu tanpa sengaja merespon pesan dari perempuan lain. Awalnya nggak ada maksud tertentu, tapi bisa saja ‘kan lama-lama terjalin kenyamanan tanpa sengaja karena sering berinteraksi. Begitu pula ketika pasanganmu nggak memiliki batasan harus sejauh apa berinteraksi dengan lawan jenis, maka bisa saja berakibat pada perselingkuhan.

16. Kuatnya godaan orang ketiga

Alasan cowok berselingkuh kali ini bisa saja disebabkan oleh orang ketiga yang terus-terusan menggoda pasanganmu. Bisa saja ‘kan selama ini ternyata ada yang naksir cowokmu dan terus menggodanya. Mungkin awalnya pasanganmu nggak tertarik, tapi lama-lama jadi luluh juga dan berselingkuh. Duh, jangan sampai deh!

Itulah beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab cowok selingkuh. Alasan-alasan di atas hanya kemungkinan yang bisa kamu waspadai ya, Girls.  Memang sih perbuatan selingkuh itu akan sulit termaafkan. Jika kamu mengalami diselingkuhi pasangan, pasti rasanya campur aduk. Antara sakit hati, ingin marah, sedih, kecewa, dan lain sebagainya.

Lalu gimana ya menyikapi kenyataan bahwa kamu diselingkuhi? Tenang, Girls. Sebagai wanita yang kuat, lebih baik kamu simak dulu tips dari Hai Gadis berikut ini.

Cara menyikapi cowok selingkuh

a. Pastikan bahwa kamu bukan salah paham

Saat mengetahui bahwa pasanganmu selingkuh, pastikan dulu kebenaran dari dugaanmu itu, Girls. Bisa saja ‘kan kamu cuma salah paham dan ternyata pasanganmu nggak selingkuh? Jangan sampai deh kesalahpahamanmu membuat hubungan jadi bermasalah. Jika memang kamu mencurigainya, pastikan memang ada bukti dan alasan yang kuat.

b. Pahami situasinya

Cara menyikapi cowok selingkuh berikutnya adalah memahami situasinya. Caranya, kamu bisa meminta penjelasan atas hal yang sudah terjadi. Saat cowokmu menjelaskan tentang kejadian sesungguhnya pun kamu harus mendengarkan dengan baik. Disarankan sih kamu meminta penjelasan ini saat emosi sudah stabil, Girls. Sesudah pasanganmu menjelaskan situasi yang terjadi, meski salah paham atau beneran terbukti ia selingkuh, kamu bakalan mudah membuat keputusan selanjutnya deh.

c. Jangan salahkan diri sendiri

Mungkin saat awal tahu bahwa pasanganmu selingkuh, perasaanmu jadi campur aduk. Namun, jangan sampai kamu malah menyalahkan diri sendiri dan merasa bahwa pasanganmu selingkuh karena kesalahanmu. Atau merasa bahwa kamu nggak sempurna sehingga pasanganmu memutuskan berpaling. Apapun alasannya, selingkuh itu tetap salah pelakunya, Girls. Introspeksi diri boleh-boleh saja, asalkan nggak merasa insecure dan jadi kurang pede.

d. Cerita ke orang yang kamu percaya untuk meringankan beban masalahmu

Biasanya untuk meringankan beban masalah yang kamu alami, kamu bisa bercerita ke orang yang kamu percaya. Sebaiknya, hindari menyebarkan masalah ke sosial media ya, Girls. Soalnya cara menyikapi cowok selingkuh dengan nge-share masalah ke sosial media bikin suasana jadi makin runyam.

e. Pikirkan keputusan terbaik

Jika emosimu sudah mulai stabil, boleh kok untuk memikirkan keputusan mengenai hubunganmu dan pasangan selanjutnya. Apakah kamu akan memutuskan untuk berpisah atau lanjut, semua ada di tanganmu, Girls. Yang pasti jika mengenai cowokmu yang selingkuh hanya kesalahpahamanmu, maka kamu bisa banget menyelamatkan hubunganmu.

Namun jika cowokmu memang terbukti selingkuh, sebaiknya pikirkan matang-matang deh. Jika seseorang sudah mengkhianatimu, untuk apa kamu pertahankan, bukan? Sebab, hatinya sudah terbagi bukan hanya buat kamu. Selain itu, kamu juga sebaiknya jangan terlalu berharap bahwa pasanganmu akan berubah saat kamu menerimanya kembali.

Gimana? Sudah tahu ‘kan cara menyikapi cowok selingkuh yang bisa kamu lakukan? Bagaimana pun, jangan buat keputusan saat emosi belum stabil ya, Girls. Kemudian jika pasanganmu berdalih macam-macam tentang alasan cowokmu selingkuh, percayalah kamu nggak salah. Namun yang terpenting, semoga kamu nggak termasuk jadi korban selingkuh deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *