Tips Berbakaian Dan Gaya Rambut Untuk Wawancara Kerja

3 minggu lalu, by Hai Gadis

Gaya rambut wawancara kerja

Wawancara atau interview kerja menjadi hal yang mendebarkan. Setelah melaksanakan serangkaian prosedur untuk mendaftar pekerjaan, wawancara biasanya menjadi langkah terakhir. Nantinya, kamu akan berhadapan dengan HRD dan menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan. Tentunya, interview kerja membutuhkan persiapan yang matang, entah belajar, berlatih, dan juga mempersiapkan penampilan. Pastinya datang tepat waktu juga wajib kamu lakukan. Kali ini sih Hai Gadis akan membahas seputar tips berpenampilan dan tips gaya rambut untuk wawancara kerja agar memberikan kesan yang baik.

Tips berpakaian untuk wawancara kerja

Sebelum membahas gaya rambut wawancara, perlu kamu ketahui Girls kalau gaya penampilan untuk interview kerja nggak semuanya formal. Ada juga yang cenderung santai, tergantung tipe perusahaan tempat kamu mendaftar pekerjaan. Namun yang pasti, kesan saat wawancara pastinya akan turut menentukan nasibmu. Jadi, jangan sampai berpenampilan asal-asalan deh. Untuk itu, simak dulu deh tips berpakaian untuk wawancara kerja berikut ini.

a. Hindari celana berbahan jeans / denim

Celana jeans / denim memang cenderung cocok untuk berbagai item pakaian. Saat digunakan pun, penampilanmu jadi lebih modis. Namun, celana jeans harus kamu hindari untuk dipakai saat interview kerja meskipun kamu mendaftar pekerjaan pada perusahaan di bidang kreatif yang memang agak santai. Lebih baik pakai saja celana bahan dengan warna netral. Atau bisa juga memakai rok di bawah lutut yang warnanya nggak mencolok.

b. Gunakan kemeja / blouse formal

Supaya ada kesan formal tetapi nggak terlalu kaku, gunakanlah kemeja sebagai atasan, Girls. Kamu juga bisa kok mengenakan blouse yang modelnya formal dan nggak aneh-aneh motifnya. Intinya, tetaplah bergaya sopan tetapi nggak terlalu kaku.

c. Boleh kok gunakan jas, blazer, atau kardigan formal sebagai pelengkap

Supaya look-mu terkesan maksimal dan profesional, boleh banget lho gunakan tambahan pakaian seperti jas, blazer, vest, atau kardigan formal. Selain itu, gunakan yang warnanya nggak menonjol dan pastinya match dengan atasan maupun bawahanmu. Namun, ini opsional kok Girls, bukan item yang wajib yang kamu pakai.

d. Hindari pakaian yang motifnya berlebihan

Pada tips gaya wawancara selanjutnya, motif pakaian perlu kamu perhatikan juga lho. Jangan gunakan pakaian yang motifnya berlebihan dan bikin HRD salah fokus saat wawancara. Misalnya kamu memilih kemeja yang bermotif, gunakan saja yang motifnya kecil-kecil tetapi nggak mencolok seperti motif bunga-bunga kecil. Hindari baju bermotif binatang atau gambar-gambar yang ukurannya besar. Hal ini bikin momen wawancaramu jadi terdistrak.

e. Hindari warna pakaian yang mencolok

Warna pakaian juga sangat memengaruhi kesan saat kamu wawancara nih, Girls. Hindari warna pakaian yang mencolok dan nggak match. Sebaiknya, gunakan saja pakaian-pakaian berwarna netral. Oh ya, warna pakaian juga bisa merepresentasikan karaktermu nih. Misalnya warna biru menunjukkan kesan percaya diri, warna cokelat memberi kesan fleksibel, warna abu-abu merepresentasikan profesional, warna hitam menunjukkan kekuatan, dan lain sebagainya. Yang pasti, pilihlah warna pakaian yang kamu banget.

f. Pilihlah sepatu yang tertutup

Jangan salah pikir kalau sepatu nggak bakal terlihat lho dalam berpakaian untuk wawancara. Pemilihan sepatu juga perlu kamu perhatikan, Girls karena siapa tahu HRD akan memperhatikan penampilanmu dari atas hingga bawah. Pertama, dari segi model gunakanlah sepatu yang modelnya tertutup. Jangan sampai kamu memilih sepatu yang memperlihatkan jari-jari kakimu, ya.

Kemudian kedua, jangan pilih model sepatu yang ada aksen-aksen mencolok. Misalnya saja sepatu yang ada motif pom-pom, gambar-gambar kartun lucu, dan sebagainya. Pilihlah sepatu yang modelnya simpel dan warnanya netral. Kemudian, jangan lupa juga untuk gunakan kaus kaki, ya.

g. Aplikasikan makeup yang tepat

Untuk interview kerja, pastinya kamu sebagai wanita harus memakai makeup dong. Hal ini agar penampilanmu nggak terlihat pucat. Menggunakan makeup pun nggak perlu terlalu bold kok. Warna-warnanya juga pilih saja yang netral. Misalnya saja, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow warna cokelat, nude, orange, atau pink natural.

Begitu pula dengan lipstik, kamu bisa memilih yang paling cocok dengan karaktermu. Kemudian, bisa juga kok gunakan lipstik merah supaya terlihat tegas. Namun, jangan terlalu tebal, ya. Kamu juga nggak perlu kok menggunakan bulu mata palsu untuk mempercantik mata. Cukup gunakan maskara secara rapi saja, yang penting tetap good looking.

h. Gunakan gaya rambut yang tepat

Tips gaya wawancara kerja selanjutnya adalah memperhatikan style rambut. Pastikan bahwa rambutmu rapi, nggak kusut, nggak lepek, dan nggak memiliki gaya berlebihan. Jangan sampai kamu membiarkan rambut tampak berantakan. Tipsnya adalah keramas dulu dan keringkan sebelum styling. Hindari juga dikuncir asal-asalan seperti messy bun. Memang sih lagi kekinian banget, tapi tentunya nggak tepat banget kalau buat interview.

Nah, daripada bingung dengan gaya rambut yang oke buat wawancara kerja, HaiGadis punya beberapa referensi buat kamu nih. Simak, yuk!

Tips gaya rambut untuk wawancara kerja

1. Sleek ponytail

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via yahoo.com

https://id.pinterest.com/pin/483222234996287130/

Tips gaya rambut yang pertama yang bisa kamu gunakan untuk wawancara kerja adalah sleek ponytail. Gaya ini cukup klasik tapi gampang kok styling-nya dan nggak butuh waktu lama. Gaya ini sebenarnya style ekor kuda, hanya saja modelnya jatuh dan nggak terlalu tinggi.

Caranya, cukup sisir rambutmu hingga rapi ke belakang. Bisa kok gunakan hair spray untuk merapikan anak rambut yang berdiri. Setelah itu, kamu tinggal ikat deh pakai kuncir rambut warna netral. Bisa juga kamu styling sebagian ujung rambut untuk mengikat secara melingkar. Gimana? Gampang tapi tampak rapi dan profesional.

2. Pretty ponytail

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via stylecaster.com

https://id.pinterest.com/pin/108579040994630894/

https://id.pinterest.com/pin/448037862903836548/

Pretty ponytail juga bisa kamu tiru sebagai tips gaya rambut untuk interview kerja. Style ekor kuda yang ini berbeda dengan sleek ponytail, karena tipe ikatan rambut akan lebih kencang dan tinggi. Style ini juga cocok buat kamu yang berambut panjang, baik lurus atau agak curly. Kamu cukup mengikat rambutmu secara rapi kok.

Oh ya, supaya ada kesan elegan, boleh juga ambil sebagian rambutmu yang digunakan untuk menutupi kuncir rambut. Kemudian untuk anak rambut yang potongannya lebih pendek seperti di bagian depan, kamu bisa menggunakan hair clip untuk merapikannya.

3. One side back

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via verama.com

https://id.pinterest.com/pin/552465079293501279/

Gaya rambut wawancara kerja yang recommended untuk kamu selanjutnya adalah style one side back. Di mana pada gaya ini rambut dibiarkan rapi tetapi di satu sisi rambutnya kamu jepit ke belakang dengan hair clip. Style yang satu ini cocok buat kamu yang memiliki panjang rambut medium ataupun pendek.

Caranya, rapikanlah rambutmu, entah lurus atau wavy maupun curly, tetap saja jangan sampai terlalu messy. Kemudian, gunakan bobby pin atau hair clip model lainnya untuk menjepit satu sisi rambutmu ke belakang telinga. Dijamin penampilanmu bakalan mempesona deh.

4. Loose curls style

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via abeautyhub.com

https://i.pinimg.com/736x/54/2d/32/542d329a7e4cdb9116e2e3a0bb25af7c.jpg

Ingin tampil nggak terlalu kaku saat interview kerja? Coba deh tips gaya rambut ikal longgar yang satu ini. Supaya tampil menarik, kamu bisa styling rambutmu berbentuk wavy kemudian dibiarkan tergerai rapi. Style yang satu ini sih agak butuh waktu untuk mempersiapkannya.

Nah, untuk langkah awal pastikan kamu habis keramas, pakai kondisioner, dan lain sebagainya. Kemudian, catok rambutmu berbentuk wavy yang rapi. Gunakan hair spray untuk merapikannya. Jangan sampai ada rambut yang tampak messy, ya.

5. Gaya lurus tergerai

Photo via wowwigs.com

 

Kalau kamu punya model rambut yang lurus, mudah diatur dan nggak berantakan, dibiarkan tergerai saja juga bisa kok. Gaya rambut wawancara kerja yang satu ini pastinya bikin penampilanmu tampak effortless. Yang terpenting, rambutmu tetap rapi.

Style rambut ini cocok buat kamu yang punya rambut dengan panjang medium atau pendek. Kalau rambutmu panjang, pada style ini biarkan rambutmu berada di belakang bahu. Gimana? Mau coba style ini untuk interview kerja?

6. Side bun style

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via sophiegee.com

https://id.pinterest.com/pin/445293481890176674/

Tips gaya rambut yang recommended selanjutnya adalah side bun style atau gaya ikat samping. Gaya yang satu ini akan membuat penampilan tampak cantik dan elegan tetapi nggak terlalu flat.

Buat kamu yang berambut lurus, wavy, maupun keriting, style ini tetap bisa digunakan kok. Jangan lupa untuk rapikan rambutmu terlebih dahulu terutama pada bagian anak rambut agar nggak terkesan berantakan.

7. Twisted ponytail

Photo via more.com

https://id.pinterest.com/pin/20618110765250020/

Masih ada nih rekomendasi gaya rambut wawancara kerja khusus buat kamu, yaitu twisted ponytail. Gaya yang satu ini sebenarnya merupakan variasi dari style ponytail, hanya saja bagian belakang rambut dibentuk secara memutar. Bisa banget nih buat kamu yang ingin gaya rambut nggak terlalu ribet tapi tetap stylish dan rapi.

Gaya twisted ponytail ini sih cocoknya diterapkan buat kamu yang punya rambut panjang, baik lurus atau wavy. Oh ya, kalau dikombinasikan dengan lipstik merah, gaya rambut ini bakalan bikin penampilanmu lebih berkarakter.

8. French twist

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via crazyforus.com

https://id.pinterest.com/pin/133067363972220404/

Gaya rambut french twist ini biasanya digunakan oleh pramugari, Girls. Namun, buat kamu yang ingin memberi kesan profesional pada HRD, tips gaya rambut ini juga bisa banget diterapkan untuk interview pekerjaan.

Pada dasarnya sih di gaya french twist ini, bagian belakang rambutmu diselipkan lagi ke dalam rambut bagian atas, sehingga tampak sangat rapi dan tertata. Selain itu, kamu juga akan terlihat niat dan memiliki persiapan yang baik untuk wawancara, lho.

9. Pixie cut

Photo via hairstylesweekly.com

https://id.pinterest.com/pin/411375747198948992/

Punya potongan rambut yang super pendek dan bingung gimana style yang oke untuk wawancara kerja? Tenang, style pixie cut ini bisa kamu coba kok. Meski rambutmu pendek, asal pakaianmu sudah oke, tetap bakalan terlihat profesional.

Bahkan style rambut pixie cut ini juga akan membuat penampilanmu terkesan lebih pede dan classy. Gimana? Buat rambut super pendek nggak perlu bingung dan ribet lagi, ‘kan?

10. Bob cut with bangs

Photo via sistacafe.com

https://id.pinterest.com/pin/518899188319474434/

Buat kamu yang memiliki rambut dengan panjang sebahu, ada tips gaya rambut untuk interview kerja yang gampang kok. Kamu cukup menggunakan gaya bob cut yang disertai poni.

Baik yang rambutnya wavy maupun lurus, style ini akan tetap cocok.  Selain itu, mempersiapkan gaya rambut ini juga nggak bakalan membutuhkan waktu lama. Cukup rapikan saja supaya nggak messy. Mau coba?

11. Gaya rambut kepang klasik

Gaya rambut wawancara kerja

Photo via allthingshair.com

https://www.beautified.co.id/wp-content/uploads/2019/09/69940771_176577196718328_5692669932925998936_n.jpg

Gaya rambut wawancara kerja yang satu ini memang klasik banget, tetapi bisa juga kamu gunakan saat job interview lho. Terutama kalau kamu memiliki potongan rambut yang panjang, gaya kepang ini akan membuat rambutmu tampak rapi. Kamu juga nggak perlu khawatir lho rambut jadi berantakan dan terbang-terbang susah diatur.

12. Low bun

alexgaboury.com

Photo via alexgaboury.com

Low bun style merupakan gaya rambut sanggul tetapi dibiarkan rendah. Tips gaya rambut ini juga oke banget buat wawancara kerja untuk menarik perhatian HRD. Low bun style ini cocok kok buat segala bentuk rambut.

Nantinya, penampilanmu akan tampak rapi tetapi tetap classy dan elegan. Look ini juga mungkin terkesan klasik, tapi nggak akan basi lho. Sepanjang waktu, gaya rambut ini memang banyak digunakan dan timeless banget deh.

Nah, itu dia Girls beberapa tips gaya rambut untuk interview kerja yang bisa kamu coba. Masing-masing gaya di atas tetap perlu kamu sesuaikan dengan bentuk dan panjang rambutmu, ya. Selain itu, gaya di atas hanyalah secara umum. Selebihnya, untuk gaya rambut dan penampilan, kamu tetap harus memperhatikan persyaratan dari perusahaan tempatmu melamar kerja. Jangan sampai mau tampil all out dan profesional, tapi malah salah tempat. Gimana? Sudah siap jadi wanita karir belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *