Menu Sahur yang Pas Untuk Menjaga Stamina Seharian

By Hai Gadis

Makan sahur menjadi aktifitas wajib bagi umat Muslim sebelum memulai puasa. Agar tetap kuat seharian, ada lho menu sahur yang bisa kamu coba. Menu sahur ini cocok buat kamu yang banyak aktifitas seharian girls.

Jangan asal ya memilih menu sahur, pilih yang memiliki nutrisi esensial, sehingga tubuh tetap bugar selama puasa. Yuk simak rekomendasi menu sahur yang akan membantumu tetap berstamina dan terhidrasi sepanjang hari.

Olahan dengan Kandungan Protein Tinggi

photo by medium.id

Protein memiliki fungsi untuk menjaga tubuh tetap kuat selama puasa berlangsung. Makanan dengan kandungan protein tinggi juga bisa menjaga masa otot, sehingga kamu tak pegal pegal dan lemas selama puasa.

Ada beberapa menu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi nih, diantaranya adalah:

Olahan Telur

Kalau kamu masih mau diet selama puasa, coba deh sahur dengan olahan telur. Telur mengandung protein yang tinggi, namun kalorinya rendah. Jadi kamu tetap bisa mengontrol berat badan selama puasa.

Dengan mengonsumsi telur, kamu bisa kenyang lebih lama dan stamina tetap terjaga dengan baik. Ada banyak lho gilrs olahan telur yang bisa kamu coba, mulai dari telur dadar, telur orek, sup telur, hingga telur balado.

Masakan dari Ayam

Tak hanya telur, ayam juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Mengonsumsi ayam selama sahur akan membuat tubuh tetap kuat. Apalagi ayam memiliki rasa yang enak dan cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Menu dari Ikan

Ikan memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi ikan, khususnya ikan salmon, kamu tak akan mudah sakit selama puasa lho.

Olahan ikan juga beraneka ragam, mulai dari ikan asam manis, ikan goreng, hingga ikan saus kakap saus tomat. Kamu bisa berkreasi memasak menu dari ikan bersama kakak atau ibu lho!

Makanan Pengganti Nasi

menu sahur

photo by selera.id

Nasi yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi memang sering menjadi menu sahur paling umum. Kalau kamu ingin mencoba menu baru dan mengurangi konsumsi nasi, coba deh beberapa pilihan makanan berikut ini.

Oatmeal

Kamu tentu tak asing dengan oatmeal, makanan ini memang identik dengan menu diet rendah kalori. Tapi tahu gak kalau oatmeal ternyata juga bisa jadi menu makanan sahur dengan kandungan nutrisi tinggi?

Oatmeal memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi, namun kalorinya cukup rendah. Kalau kamu banyak aktifitas selama puasa, bisa coba makan oatmeal dan tambahan buah-buahan untuk sahur girls.

Roti Gandum

Sama seperti oatmeal, roti gandum juga memiliki manfaat yang besar untuk menjaga stamina selama puasa. Ini karena kandungan gandum yang baik untuk kesehatan pencernaan, apalagi tambahan kandungan zinc dan kalsiumnnya yang tinggi.

Ketika sahur, kamu bisa mengonsumsi roti gandum dengan berbagai resep lho. Mulai dari memakannya langsung, menjadikannya sandwich atau ditambah selai buah untuk memberikan rasa manis.

Menu Makanan Sahur yang Menghidrasi Tubuh

photo by katadata.com

Selain rekomendasi menu diatas, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang kandungan airnya tinggi. Gunanya agar kamu tak mudah haus selama menjalankan ibadah puasa. Ada beberapa menu sahur yang bisa menghidrasimu lho, ini dia contohnya:

Buah Buahan

Sudah jadi rahasia umum ya girls kalau buah banyak mengandung air. Kalau kamu ingin tetap terhidrasi, bisa pilih buah-buahan sebagai pencuci mulut ketika sahur. Buah yang mengandung banyak air diantaranya jeruk,stroberi, timun atau semangka.

Sayur

Menyantap sayur saat sahur bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin tetap terhidrasi sekaligus kenyang lebih lama. Semangkuk sup juga punya kalori yang rendah, hanya sekitar 20 persen dari total asupan kalori harian lho!

Yogurt

Rasa yogurt yang masam ternyata bisa lho kamu jadikan menu sahur. Tapi kamu harus makan makanan lain selain yogurt ya. Yogurt bakal enak banget kalau kamu campurkan dengan buah-buahan dan jadi desset pas sahur.

Gimana girls? Sudah memilih mana menu sahur yang akan kamu pakai? Pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna selama puasa ya. Jadi kebutuhan kalori harian dan nutrisimu tetap terjaga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.