Rekomendasi Merek Essence Terbaik Untuk Wajah Lebih Sehat dan Glowing

3 minggu, by Hai Gadis

Merek Essence Terbaik

Dalam rangkaian skincare, kamu akan mendapati produk yang disebut essence. Essence ini memiliki wujud yang mirip dengan toner maupun serum. Lalu sebenarnya essence itu apa, ya? Apa bedanya dengan toner dan serum? Kamu perlu tahu dulu nih Girls sebelum tergiur untuk mencari merek essence terbaik untuk merawat kulitmu.

Essence merupakan produk perawatan kulit yang dipopulerkan dalam tahapan skincare ala Korea Selatan. Biasanya essence terbuat dari beragam kandungan aktif untuk mengatasi berbagai masalah di kulitmu. Tekstur essence sih umumnya cair, tetapi lebih kental dari toner tetapi nggak sekental serum. Meski manfaatnya hampir sama, essence memiliki kandungan bahan aktif yang nggak sebanyak serum.

Manfaat essence untuk kulit wajah

Penggunaan essence memiliki sejumlah manfaat untuk kulitmu. Apalagi kalau kamu ingin mendapatkan kulit cantik dan glowing ala orang Korea yang salah satu tahapan skincare-nya memakai essence. Nah, apa saja ya manfaat essence? Simak, yuk!

a. Melembapkan kulit

Manfaat essence salah satunya adalah melembapkan dan menghidrasi kulit wajahmu. Biasanya essence akan terdapat kandungan aktif yang bisa melembapkan maupun mengatasi kulit dehidrasi. Kandungan tersebut misalnya seperti hyluronic acid, Aloe vera, dan lain sebagainya.

b. Mencegah kulit mengalami iritasi

Apabila kulit mengalami iritasi akibat jerawat, kering, maupun karena terpapar sinar matahari, essence ini juga bermanfaat untuk meredakannya lho. Biasanya akan ada juga kandungan bahan aktif yang bisa menenangkan kulit dan membuat kulit segar kembali.

c. Memperbaiki tekstur kulit

Tekstur kulit bisa berubah lebih kasar kalau kurang lembap, mengalami masalah bekas jerawat, atau mengalami tanda-tanda penuaan. Nah, essence ini juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit agar lebih halus dan elastis dengan tekstur yang merata.

d. Mengembalikan pH kulit

Manfaat essence selanjutnya adalah mengembalikan pH kulit. Apalagi setelah cuci muka dengan sabun, biasanya pH kulit wajah akan berubah. Belum lagi, kadar minyak alami di wajah pun ikut hilang, sehingga perlu dikembalikan dengan produk toner dan juga essence ini agar kulit wajah nggak kering atau ketarik.

e. Mencerahkan kulit

Masalah kulit kusam masih sering dialami wanita karena pengaruh polusi, paparan sinar matahari, maupun makeup. Nah, untuk mengembalikan kecerahan kulit, produk essence ini bisa digunakan. Biasanya kandungan bahan aktif pencerah ada yang berupa niacinamide, vitamin C, dan lain sebagainya.

f. Mencegah penuaan dini

Kulit bisa mengalami tanda penuaan nggak harus menunggu usia 30-an maupun 40-an ke atas lho. Di usia 20-an pun kulitmu bisa mengalami tanda-tanda penuaan. Misalnya seperti garis halus, kusam, bintik hitam, dan kulit kurang elastis. Manfaat essence wajah dalam hal ini adalah mengatasi tanda penuaan. Biasanya bahan aktif yang baik adalah antioksidan seperti yang dikandung pada sekresi lendir siput, vitamin E, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa manfaat essence wajah bagus yang sangat berarti untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, kamu nggak bisa memilih essence wajah terbaik asal-asalan. Bisa-bisa malah nggak cocok dengan kulitmu sehingga nggak bisa mengatasi masalah kulit secara efektif. Untuk itu, simak juga deh tips memilih merek essence terbaik dari Hai Gadis ini.

Tips memilih merek essence terbaik

a. Pilih produk sesuai tipe kulitmu

Penggunaan essence sebaiknya kamu sesuaikan dengan jenis kulit nih, Girls. Apakah jenis kulitmu berminyak, kering, kombinasi, atau justru sensitif?

  • Kulit berminyak
    Untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih essence yang formulanya ringan, mudah meresap, dan non-comedogenic serta non-acnegenic. Tekstur essence yang cair sangat direkomendasikan agar penetrasi produk ke dalam kulit lebih cepat tanpa terhalang sisa-sisa sebum di kulit.
  • Kulit kering
    Lalu untuk kulit kering, kamu bisa memilih essence yang bisa menghidrasi sekaligus melembapkan. Ada kandungan yang bisa kamu pilih, seperti hyaluronic acid, glycerin, capric triglyceride, caprylyl glycol, dan lain sebagainya. Kalau kulitmu kering disertai kasar, pilih essence yang sekaligus bisa memperbaiki kerusakan kulit, ya.
  • Kulit kombinasi
    Sementara itu untuk kulit kombinasi, ada tips sendiri nih Girls. Kamu bisa memilih essence yang tetap bisa melembapkan kulit. Selain itu, pilih produk yang nggak memicu iritasi dan juga nggak memicu terbentuknya jerawat di area T-zone. Untuk tekstur sih essence yang ringan lebih direkomendasikan karena akan cepat meresap.
  • Kulit sensitif
    Nah, kalau untuk kulit sensitif, jangan lupa pilih produk dengan formula yang hypoallergenic. Kemudian hindari pula bahan-bahan seperti pengawet, parfum, alkohol, dan paraben. Oh ya, bahan alami belum tentu aman juga buat kulit sensitif lho. Itulah kenapa kamu perlu lakukan test patch juga sebelum membeli produk essence wajah terbaik.

b. Pilih essence sesuai permasalahan di wajah

Untuk kulit yang mengalami penuaan dini, kusam, berminyak dan berjerawat, maupun kulit kering, tentu kandungan essence yang dibutuhkan berbeda-beda. Maka, pilihlah produk yang sesuai dengan permasalahan kulitmu tersebut, Girls. Kamu bisa kok membaca pada informasi produk yang tertera pada label. Bisa juga melihat ulasan maupun review dari para pengguna dan beauty influencer.

c. Pilih produk sesuai usia

Tips yang satu ini juga nggak kalah penting lho. Bagi kamu yang masih berusia remaja, mungkin nggak terlalu butuh essence. Namun jika memang ingin memilih merek essence terbaik, pilihlah yang kandungannya ringan dengan bahan aktif yang aman. Kamu belum perlu kok menggunakan essence untuk anti-aging yang bahan aktifnya lebih banyak dan kompleks. Selain itu, pertimbangkan juga essence yang harganya terjangkau sesuai kemampuanmu.

Kalau untuk usia 25 ke atas atau 30-an ke atas, sudah bisa kok menggunakan produk essence dengan formula anti-aging. Namun, tetaplah fokus pada penyelesaian permasalahan kulitmu. Berbeda dengan usia 40-an ke atas di mana kamu bisa memilih essence yang fokus untuk mengatasi masalah penuaan seperti keriput. Untuk usia-usia ini, memilih essence dengan harga sesuai kemampuan tetap dianjurkan, ya.

Banyak kok produk essence bagus yang terjangkau. Atau, kamu bisa membeli essence dengan kemasan travel size yang cenderung lebih murah. Yang terpenting, pilihlah dengan bijak!

Itu dia tips memilih merek essence terbaik untuk perawatan kulit wajahmu. Setelah ini, kamu nggak perlu bingung lagi mau memilih produk yang mana. Soalnya Hai Gadis punya rekomendasi essence wajah bagus khusus buat kamu nih.

15 rekomendasi merek essence terbaik

1. SK-II Facial Treatment Essence

Merek essence terbaik

Photo via sk-ii.co.id

Salah satu rekomendasi merek essence terbaik yang sangat terkenal adalah SK-II Facial Treatment Essence. Essence dari SK-II ini diformulasikan dengan Pitera 90% yang mampu meregenerasi kulitmu. Pitera sendiri merupakan hasil fermentasi strain ragi eksklusif dari SK-II. Formula khusus Pitera ini mengandung lebih dari 50 micro nutrients termasuk berbagai macam vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik.

Fungsi dari bahan-bahan tersebut adalah mengondisikan fungsi alami kulit dan menjaga kelembapannya. Dari segi tekstur, essence ini cukup cair, ringan, dan mudah meresap. Jika kamu menggunakannya sehari-hari, maka regenerasi tekstur kulit akan lebih baik. Kulitmu pun akan terasa halus dan kenyal. Selain itu, kulit akan tampak lebih cerah dan glowing lho.

Menariknya lagi, essence ini nggak memiliki kandungan sulfates, pewangi buatan, maupun GMOs. Namun, harganya agak pricey dan tentunya sebanding dengan kualitasnya. Kamu bisa membeli essence ini seharga Rp 2 jutaan untuk ukuran kemasan 160 ml.

2. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Merek essence terbaik

Photo via cosrx.com

Rekomendasi essence wajah terbaik selanjutnya adalah COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence. Produk berkemasan botol plastik dengan pump dan camp ini memiliki kadar kandungan snail secretion filtrate sebanyak 96%. Kandungan tersebut mampu memperbaiki kerusakan kulit hingga level paling dasar lho.

Selain itu, produk ini hanya memiliki 12 ingredients sehingga aman dan cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif maupun yang alergi pada kandungan-kandungan tertentu di produk skincare. Untuk klaimnya sendiri, essence ini mampu membuat complexion wajah menjadi lebih bersih dan terhidrasi. Selain itu, kulitmu akan terevitalisasi dan lebih elastis dengan pemakaian teratur.

Kalau dari segi tekstur, essence ini sedikit kental, licin, dan agak slimy dengan warna yang bening. Namun, produk ini tetap mampu meresap dengan baik di kulitmu kok dan nggak terasa lengket. Soal aroma juga produk COSRX ini nyaris nggak memiliki wangi apa pun. Cocok untuk kamu yang sensitif terhadap bau. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence bisa kamu beli seharga Rp 200.000-an untuk kemasan 100 ml.

3. Laneige Water Bank Moisture Essence

Merek essence terbaik

Photo via laneige.com

Selanjutnya, ada Laneige Water Bank Moisture Essence yang juga menjadi produk essence wajah bagus dan recommended untuk merawat kulitmu. Produk dari Laneige ini mengandung green mineral water yang diekstrak dengan sayuran, yaitu dari kale, Bussel spourts, artuchocke, dan 5 beans. Fungsinya adalah membantu mengisi pertahanan kulit.

Selain itu, produk ini mengandung bahan garden cress sebagai antioksidan yang membuat kulit tampak cerah berseri. Ada juga kandungan water splash yang mampu meledakkan kelembapan saat diaplikasikan ke kulitmu agar lembap tahan lama. Kemudian, kelembapan kulit akan dikunci agar lebih kuat dengan efek water zipper.

Kamu bisa mengaplikasikan produk ini sebanyak 2-3  pump ke seluruh bagian wajah setelah menggunakan toner. Pemakaian teratur bakalan bikin kulit tampak glowing. Kamu bisa membeli essence ini seharga Rp 400.000-an.

4. Somethinc C-Riously 24K Gold Essence

Merek essence terbaik

Photo via somethinc.com

Rekomendasi merek essence terbaik berikutnya adalah Somethinc C-Riously 24K Gold Essence. Produk berkemasan botol akrilik berwarna ungu ini cocok juga lho digunakan untuk kulit sensitif. Essence ini diformulasikan dengan Ascobyl Glucoside yang merupakan turunan dari water solluble vitamin C, yaitu Ascorbyl Acid. Karena bentuk vitamin C-nya lebih stabil, jadi nggak akan mudah teroksidasi, sekaligus memiliki pH yang seimbang dengan kulit.

Selain itu, bahan-bahan pembuat essence ini minimalis dan nggak mengandung fragrance. Selain vitamin C, ada juga niacinamide dan gold yang bermanfaat menghidrasi, membantu meratakan warna kulit, memperkuat skin barrier, dan memudarkan bekas jerawat. Cara menggunakannya yaitu setelah membersihkan muka. Tanpa pakai toner dulu nggak masalah lho, Girls.

Kamu bisa mengambil 5-10 tetes untuk diaplikasikan ke wajah. Tekstur produk ini cair dan nyaman banget di kulitmu, serta cepat meresap. Warnanya sendiri bening dan ada gold flakes sehingga terlihat aesthetic. Digunakan sebelum memakai makeup pun bisa kok. Kamu bisa membeli essence ini seharga Rp 225.000-an dengan kemasan 40 ml.

5. Benton Fermentation Essence

Photo via bentoncosmetics.com

Essence wajah terbaik kali ini hadir dari produk Korea Selatan, yaitu Benton Fermentation Essence. Produk ini cocok kok untuk semua jenis kulit. Kandungannya ada galactomyces ferment filtrate, bifilda ferment lysate, EGF, dan ceramid. Manfaatnya adalah membantu kulit terlihat lebih muda dan memperbaiki kulit yang bermasalah.

Selain itu, essence ini mampu mengatasi kulit yang mengalami stres, menutrisi, melembapkan, hingga mengecilkan pori-pori. Performa kulitmu jadi lebih baik dan telindung dari sinar UV. Oh ya, produk ini nggak bikin iritasi lho, sehingga cocok juga buat kamu pemilik kulit sensitif.

Essence dari Benton ini teksturnya ringan dan nggak ada wanginya. Ingredients-nya juga nggak aneh-aneh. Untuk mendapatkan kulit glowing, cerah, dan lembap, kamu bisa menggunakannya secara rutin. Harga Benton Fermentation Essence ini sekitar Rp  360.000-an untuk ukuran 100 ml.

6. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Merek essence terbaik

Photo via avoskinbeauty.com

Kali ini, ada essence wajah bagus yang juga sangat direkomendasikan buat kamu, yaitu Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence. Dengan kemasan botol kaca, ada berbagai kandungan dari essence ini yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Ada gycerin untuk menjaga kelembapan dan proses pemulihan kulit. Lalu ada ekstrak Roman chamomile yang mampu menenangkan kulit dan mengatasi masalah peradangan seperti jerawat atau iritasi.

Selain itu, ada carrot oil sebagai antioksidan, juga rosehip oil untuk merangsang kolagen dan memperbaiki tekstur kulit. Dengan pemakaian teratur, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah, halus, dan kerutan berkurang. Bahkan nggak ada kandungan alkohol lho dalam essence dari Avoskin ini.

Dari segi tekstur, essence ini ringan dan mudah meresap kok. Sayangnya, masih ada kandungan fragrance. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 130.000-an untuk kemasan berukuran 30 ml.

7. Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Merek essence terbaik

Photo via esteelauder.com

Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion adalah merek essence terbaik yang mampu meremajakan kulitmu. Dengan kandungan pencerah, produk ini didukung dengan teknologi partikel mikro yang mampu meresap ke jauh ke dalam lapisan kulit. Formulanya juga berupa Micro-Nutrient Bio-Ferment yang bisa menutrisi kulit dan membuat tekstur wajah lebih lembut.

Cocok banget deh produk ini digunakan pada kulit yang kehilangan vitalitas, sangat kering, hingga dehidrasi. Produk dengan tekstur agak kental ini nggak mengandung pewangi kok. Formulanya pun nggak akan menyumbat pori sehingga nggak berisiko bikin munculnya jerawat atau komedo. Untuk ukuran kemasan 30 ml, produk ini dijual Rp 150.000 – Rp 200.000-an.

8. SAFI Age Defy Gold Water Essence

Merek essence terbaik

Photo via safiindonesia.com

Selanjutnya, ada essence wajah terbaik dari SAFI yang produknya juga terkenal halal, yaitu Age Defy Gold Water Essence. Produk ini bermanfaat untuk membantu memelihara struktur kulit dan merawat keremajaan kulit dengan optimal. Cocok nih buat kamu yang mengalami masalah penuaan dini pada kulit.

Kandungannya sendiri ada bio hyaluronic yang mampu mempertahankan dan memelihara kelembapan wajahmu sepanjang hari. Kemudian ada juga kandungan silk protein dan gold extract yang bisa menutrisi kulitmu. Digunakan secara teratur, essence dari SAFI ini akan membuat kulit terasa halus dan lembut.

Untuk teksturnya sendiri agak kental tapi cepat meresap di kulit kok. Kamu bahkan bisa menggunakannya untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare berikutnya. Untuk kemasan 100 ml, produk ini dijual seharga Rp 130.000-an.

9. Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Photo via wardahbeauty.com

Wardah White Secret Pure Treatment Essence termasuk essence wajah bagus yang recommended untuk melengkapi rangkaian skincare-mu nih, Girls. Essence ini memiliki efek boosting yang bisa membantu mengembalikan kecerahan kulit akibat stres, cuaca, maupun polusi. Untuk kandungannya sendiri ada niacinamide (vitamin B3), Leontopodium alpinum extract (ekstrak bunga edelweis), dan Actinida polygama fruit extract.

Kandungan-kandungan tersebut mampu mencerahkan kulitmu secara optimal lho. Selain itu, formula tersebut pun dilengkapi dengan Skin Awakening System dan sodium hyaluronate yang bisa melembapkan, melembutkan, serta menghaluskan tekstur kulit.

Kalau dari segi tekstur, produk ini cair, bening, dan ringan seperti air. Formulanya juga diklaim bebas fragrance maupun paraben. Kamu bisa memakainya secara teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang lembap dan cerah bercahaya. Untuk kemasan 50 ml, harga essence ini Rp 65.000-an.

10. Lacoco Hydrating Divine Essence

Merek essence terbaik

Photo via lacoco.co.id

Masih dengan rekomendasi merek essence terbaik, kali ini ada Lacoco Hydrating Divine Essence dengan kemasan warna pink yang manis. Essence ini mampu mencerahkan, melembapkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan pada kulitmu. Teksturnya sendiri ringan dan nggak terasa sticky atau berminyak ketika diaplikasikan di wajah.

Kalau dari segi kandugan, ada vitagen dan melazero yang fungsinya adalah mencerahkan kulit wajah. Kemudian, ada juga lidah buaya yang bisa menenangkan sekaligus melembapkan kulit, serta vitamin C sebagai antioksidan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan.

Oh ya, essence dari Lacoco ini juga punya aroma yang enak dan cenderung cocok untuk berbagai jenis kulit. Efek hydrating-nya bisa bikin kulit kenyal dan lembut. Kamu bahkan bisa memakainya sebelum mengaplikasikan makeup kok. Kamu bisa membeli Lacoco Hydrating Divine Essence seharga Rp 180.000-an untuk kemasan 50 ml.

11. Pixy White Aqua Hydra Moist Essence

Photo via pixy.co.id

Pixy White Aqua Hydra Moist Essence juga recommended nih buat kamu yang mencari essence wajah terbaik dengan harga terjangkau. Produk dengan kemasan botol plastik warna biru ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungannya berupa glycerin yang mampu mengoptimalkan kemampuan kulit untuk menyerap kadar air sekaligus melembapkan kulit.

Lalu ada juga kandungan ekstrak Aloe vera yang bisa menjaga kelembapan dan menenangkan kulit. Selain itu, ada vitamin C, mulberry extract, dan niacinamide yang bisa mencerahkan dan meratakan warna kulit. Untuk mengatasi masalah jerawat atau peradangan, essence ini juga memiliki kandngan witch hazel extract lho.

Dengan pemakaian teratur, kulitmu akan terasa lembap, lembut, cerah, dan tampak segar. Untuk teksturnya sendiri ringan seperti air dengan warna bening. Sayangnya, produk ini masih mengandung fragrance yang kurang bersahabat untuk kulit sensitif. Harga essence ini hanya Rp 80.000,- untuk kemasan 125 ml lho.

12. Missha Time Revolution First Treatment Essence

Photo via missha.co.id

Rekomendasi essence wajah bagus selanjutnya adalah Missha Time Revolution First Treatment Essence yang cocok untuk mengatasi kulit kusam. Essence yang satu ini bebas pewarna, pewangi, dan paraben sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif. Kandungannya sendiri berupa yeast atau bir yang difermentasi. Manfaatnya adalah membantu menenangkan kulit yang lelah atau stres.

Dengan aroma sedikit asam, produk ini akan terasa sejuk begitu diaplikasikan di kulit. Dengan pemakaian teratur, essence ini akan membuat wajah terasa lebih cerah, kantung mata berkurang, dan kulit pun terasa lebih elastis. Masalah kulit kusam bakalan teratasi deh.

Oh ya, essence ini sih konon menjadi dupe dari essence-nya SK-II lho. Semacam produk SK-II dengan versi murah. Kamu bisa membelinya seharga Rp 300.000-an.

13. Innisfree Green Tea Moisture Essence

Merek essence terbaik

Photo via innisfree.com

Brand Korea Selatan Innisfree juga punya nih produk essence yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulitmu sehari-hari. Untuk masalah kulit kering, Innisfree Green Tea Moisture Essence ini cocok banget lho. Formulanya terbuat dari perasan daun teh hijau Jeju yang kaya akan kandungan pelembap yang bermanfaat membangun lapisan kelembapan kulit.

Kulit pun akan tampak lebih lembap dan bercahaya. Selain itu, essence ini nggak memiliki kandungan paraben, sulfat, alkohol, alergen, dan nggak diujicobakan pada binatang. Kamu bisa menggunakannya sehari-hari setelah membersihkan wajah dan memakai toner. Innisfree Green Tea Moisture Essence dijual seharga Rp 250.000-an untuk kemasan 50 ml.

14. L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro Essence

Photo via loreal-paris.co.id

Kalau ingin punya kulit wajah yang tampak glowing, coba saja merek essence terbaik dari L’Oreal Paris, yaitu Revitalift Crystal Micro Essence ini. Dibuat dengan teknologi micronized technology, produk ini mampu meresap dengan cepat hingga 10 lapisan dalam kulit. Kandungannya sendiri ada Centella asiatica dan Skin Brightening Actives yang bisa mempercepat proses peremajaan kulit, menyamarkan pori, dan menghaluskan tekstur kulit.

Teksturnya sendiri ringan, lebih cair, dan cepat meresap. Dengan pemakaian teratur, kamu akan mendapatkan kulit yang halus, tampak muda, dan glowing sebening kristal. Oh ya, buat kulit sensitif, essence ini tetap bisa dipakai kok. Kamu bisa membelinya Rp 299.000,-.

15. The Body Shop Drop of Youth Essence Lotion

Photo via thebodyshop.co.id

Masih ada nih produk essence wajah terbaik yang bisa kamu gunakan, yaitu The Body Shop Drop of Youth Lotion Essence. Essence ini punya formula yang ringan dengan tekstur water-gel  yang cocok untuk kulit berminyak. Soalnya produk ini nggak akan bikin kulitmu terasa greasy.

Untuk kandungannya sendiri, produk ini memiliki plant stem cell dari Edelweiss, Sea Holly, dan Criste Marine yang bermanfaat untuk membuat kulit lembap serta kenyal. Kamu bisa menggunakannya sehari-hari setelah membersihkan wajah dan memakai toner. Harga produk ini adalah Rp 399.000,- untuk kemasan 160 ml.

Nah, dari beberapa merek essence terbaik di atas, mana nih yang menjadi favoritmu? Jangan lupa untuk memilih produk secara bijak sesuai kebutuhan. Kemudian, jangan lupa juga untuk menggunakannya bersama rangkaian skincare lainnya agar kulitmu lebih sehat dan glowing.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *