Perlukah Cek HP Pasangan? Ini Jawaban Serta Alasannya

By Hai Gadis

Rasa saling percaya merupakan kunci dasar dalam berhubungan. Meski begitu, masih ada juga yang curiga dengan pasangan, sehingga perlu banget untuk selalu cek HP si dia. Mengecek HP pasangan memang jadi bahan perdebatan, ada yang mengatakan boleh, ada yang mengatakan sebaiknya tak kamuu lakukan.

Walau ada beberapa orang yang tak keberatan HP-nya dibuka, tapi sebagian risih dan terganggu lho. Kira-kira kenapa ya orang suka mengecek HP pasangan? Apa aktifitas ini boleh dilakukan? Yuk simak penjelasannya.

Alasan Kenapa Seseorang Suka Cek HP Pasangan

Photo by suara.com

Ada banyak alasan kenapa seseorang suka cek HP pacarnya. Bisa jadi ia pernah punya pengalaman masa lalu yang tak mengenakkan. Misalnya gagal menjalin hubungan jangka panjang karena paarnya ternyata selingkuh. Inilah yang akhirnya membuatnya bersikeras untuk tahu gerak gerik pasangan.

Alasan lain adalah kurangnya rasa percaya pada si pacar. Jadi ketika kamu mulai cemburu atau curiga dengan kegiatannya, kamu diam-diam akan mengecek HP pasangan untuk tahu apa yang sudah dia lakukan.

Namun kadang kala sikap ini timbul karena si dia terlihat menutup-nutupi sesuatu. Inilah yang kemudian membuatmu berinisiatif membuka dan mengecek ponselnya. Dengan cara ini, kamu pun memutuskan untuk mencari tahu sendiri lewat HP-nya secara sepihak dan memastikan tak terjadi apa-apa.

Ini yang Terjadi Kalau Kamu Suka Membuka HP Pasangan

Photo by liputan6.com

1. Hubungan jadi Toxic

Hubungan yang baik adalah hubungan yang berlandaskan rasa saling percaya. Jika terlalu sering membuka HP pasangan, ada kemungkinan hubungan kalian akan menjadi toxic. Tak jarang masalah membuka HP pasangan akan menjadi sumber pertengkaran.

2. Melanggar Privasi

Setiap orang punya privasi yang tak boleh kamu langgar, begitu pula dengan pacarmu. Walaupun dia sudah jadi pacarmu, tapi dia masih berhak punya privasi sendiri. Punya hubungan yang saling terbuka satu sama lain memang penting, namun harus tetap ada batasannya ya.

3. Kamu Tidak Dewasa

Rasa cemburu karena pasangan dekat dengan yang lain memang wajar. Tapi jika ini jadi alasan buat kamu untuk membuka dan mengecek HP-nya? Bisa jadi kamu sendiri yang tidak dewasa, Girls. Mengecek HP pasangan merupakan tindakan kekanak-kanakan yang sebaiknya kamu hentikan.

Jadi, Apakah Boleh Mengecek HP Pasangan?

cek hp pasangan

Photo by suara.com

Memeriksa HP pasangan bisa jadi aktifitas remeh yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tapi sebenarnya ini bisa jadi penanda kalau hubunganmu dengan si dia tak sehat, lho. Padahal daripada mengecek HP pasangan, kamu bisa meminta pasanganmu jujur akan perasaannya.

Walau begitu, kamu tetap boleh kok mengecek HP pasangan. Kamu bisa melakukannya dengan meminta izin terlebih dahulu sebelum meminjam dan membuka pesan pribadinya. Beberapa pasangan juga membuat kesepakatan untuk tak masalah membuka HP satu sama lain.

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan jika mulai tak percaya dengan hubungan kalian. Mintalah waktunya sejenak untuk bertemu dan berbicara secara mendalam mengenai masalah yang membenimu. Ini akan membuat hubungan kalian lebih sehat dan awet.

Komunikasi yang baik antar pasangan bisa jadi solusi daripada harus membuka dan mengecek HP si dia. Kamu pun tak akan lagi gampang curiga, sedangkan si dia tak merasa terganggu privasinya. Hubungan pun jadi makin harmonis dan dewasa.

Nah, jadi sudah tahu kan alasan kenapa sebaiknya kamu tak mengecek HP pasangan? Yuk mulai sekarang mulai terbuka dengan si dia mengenai masalahmu, jadi kalian bisa saling memahami satu sama lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.