Tips Baikan dan Kembali Harmonis Dengan Pasangan Setelah Bertengkar

2 minggu, by Hai Gadis

Tips Baikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Sebuah hubungan terkadang tidak akan berjalan mulus-mulus saja. Sesekali, sebuah pasangan pasti akan mengalami selisih. Berselisih atau bertengkar dengan pasangan bukanlah hal yang menyenangkan. Kadang kita akan mengalami situasi yang nggak nyaman. Entah saling diam, menangis, atau mencurahkan emosi dengan marah-marah. Yang pasti, baikan dengan pasangan tetap harus dilakukan.

Pasalnya, setiap orang akan menghadapi pertengkaran dengan cara yang berbeda-beda. Sehingga, durasi bertengkar sebuah pasangan ada yang lama, ada yang dengan cepat langsung bisa berbaikan. Nah, terkadang cara untuk berbaikan dengan pasangan itu sangat susah. Apalagi jika suasana sudah canggung, baikan rasanya sulit sekali.

Penyebab pertengkaran dengan pasangan

Biasanya kamu berantem dengan pasangan karena apa sih, Girls? Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya rawan membuatmu dan dia bertengkar:

a. Salah paham

Biasanya salah paham ini gampang banget memicu konflik. Bisa jadi salah paham saat kamu melihat pasangan jalan dengan cewek lain. Padahal bisa saja mereka hanya papasan di jalan, bukan? Nggak hanya itu lho, salah paham bisa karena banyak hal.

b. Terlalu sibuk hingga lupa untuk berkomunikasi

Yang satu ini juga terkadang membuat hubunganmu dengannya ada masalah. Apalagi saat kamu sedang kangen-kangennya, eh dia nggak ada waktu untukmu. Kalau yang satu ini sih harus saling pengertian, ya.

c. Pasangan bukan orang yang tepat waktu saat janjian

Pasanganmu suka ngaret saat janjian ketemu? Kadang hal ini menyebalkan banget lho. Apalagi kalau ngaretnya keterlaluan dan membuatmu harus menunggu lama. Kalau ini sih harus ada kesepakatan untuk mengubah kebiasaan supaya lebih tepat waktu.

d. Lupa dengan janji yang telah disepakati

Nah, kalau soal janji, mending saling mengingatkan deh. Manusia ‘kan memang tempatnya lupa. Namun kalau memang sudah terlanjur berantem, ya harus segera baikan.

e. Beda prinsip

Wajar kok kalau dalam menjalin hubungan, kamu dan dia memiliki prinsip yang berbeda. Kalau sudah bertengkar soal hal ini, penyelesaiannya ya hanya saling mengerti saja deh. Prinsip nggak bisa dipaksakan lho.

Kamu nggak perlu khawatir kalau sudah terlanjur berantem gara-gara hal di atas, Girls. Nggak mau ‘kan terus-terusan bertengkar dan berada di situasi nggak nyaman? Mending baikan saja deh. Begini nih caranya:

Tips baikan dengan pasangan

1. Kendalikan ego dan jangan berusaha untuk menang

Tips Baikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Mengendalikan ego adalah salah satu tips baikan dengan pasangan yang harus kamu lakukan. Terlepas dari salah atau benar, dalam sebuah hubungan, setiap pasangan harus saling mengalah. Apalagi jika kamu terus adu argumentasi dengan pasanganmu, jangan merasa harus menang.

Ingatlah bahwa hubungan bukanlah sebuah perlombaan. Belum tentu ia yang menang berargumen adalah yang benar. Misalnya saja kamu merasa pasanganmu salah dan ia terus mendebatmu. Mending mengalahlah dulu, lalu saat suasana pertengkaran sudah mereda, kamu bisa menyampaikan padanya bahwa ia keliru. Percaya deh, hal ini akan membuat pertengkaranmu dengan pasangan tidak berlama-lama.

2. Beri sinyal untuk segera menghentikan pertengkaran

Penting banget lho Girls bagi kamu dan pasangan untuk memberikan sinyal satu sama lain bahwa kalian nggak ingin bertengkar. Atau jika sudah terlanjur bertengkar, maka beri saja sinyal supaya perdebatan nggak semakin memanas. Misalnya kamu bisa meminta waktu untuk diam atau dengan bahasa tubuh lainnya yang kalian mengerti.

Saat bertengkar, kamu dan pasangan bisa jadi saling diam untuk menikmati waktu sendiri. Ya, hal tersebut memang lebih baik daripada membiarkan amarah meledak-ledak. Takutnya, kamu justru berkata kasar atau malah main tangan saking emosinya. Mending redam dulu marahmu. Kamu bisa tidur, atau menghibur diri seperti nonton serial Korea, dan lain sebagainya untuk menghilangkan rasa marah.

3. Diskusi

Untuk bisa baikan setelah bertengkar dengan pasangan, salah satunya kamu bisa berdiskusi padanya. Kamu dan pasangan adalah dua orang berbeda yang disatukan oleh perasaan cinta. Tetap saja, dalam beberapa hal pasti nggak selalu sama. Inilah salah satu hal yang mengakibatkan terjadinya pertengkaran.

Maka, kamu mending mendiskusikan hal yang menjadi penyebab kamu dan pasanganmu bertengkar tersebut. Diskusi bisa kamu lakukan di waktu yang tepat untuk mencari jalan keluar yang sama-sama membuat kamu dan dia tidak keberatan. Kalau sekiranya kamu masih bertengkar, redakan dulu emosimu. Beri waktu juga untuknya meredakan emosi. Setelah itu, baru deh diskusikan hal yang menjadi masalah tersebut dengan kepala dingin.

4. Minta maaf dan memaafkan

Tips Baikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Photo via theorionway.com

Minta maaf dan memaafkan adalah kunci baikan dengan pasangan. Kalau kamu salah, jangan gengsi untuk minta maaf duluan, Girls. Minta maaf bukan menandakan kamu kalah. Minta maaflah dengan tulus pada pasanganmu bahkan meskipun kamu sebenarnya nggak sepenuhnya salah.

Memang sulit mengakui kesalahan dan berusaha untuk memperbaikinya. Namun, kamu bukanlah orang yang sempurna yang nggak akan pernah melakukan kesalahan bukan? Begitu pula jika pasanganmu meminta maaf padamu, maafkanlah dengan tulus. Sama halnya denganmu, pasanganmu pun punya banyak kekurangan. Dimulai dari saling minta maaf ini, maka komunikasi yang kaku setelah bertengkar bisa hangat kembali deh.

5. Ingat hal-hal indah saat bersamanya

Terkadang jika pertengkaranmu dengan pasangan nggak kunjung mereda, atau kamu sulit memaafkan kesalahannya, maka ingatlah hal-hal indah yang sudah kamu lalui bersamanya. Dengan begini, akan lebih mudah bagimu untuk baikan dengan pasangan. Kamu harus ingat bagaimana dulu kamu dan dengannya saling suka, malu-malu, jalan bersama, dan lain sebagainya.

Dengan begini, kamu akan sadar kalau perjuanganmu dan dia untuk bersatu nggak bisa berakhir begitu saja dengan pertengkaran. Apalagi pertengkaran kecil karena beda pendapat, salah paham, atau kurang pengertian saja. Akan berbeda penyelesaian ya Girls jika pertengkaranmu dengan pasangan adalah karena hal fatal seperti selingkuh.

6. Mulai ngobrol soal hal yang ia sukai

Tips Baikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Photo via wartatangerang.com

Tips baikan dengan pasangan harus segera dieksekusi, Girls. Nggak hanya dipikirin saja. Mulailah hangatkan suasana dengan ngobrol hal yang pasanganmu sukai. Misalnya saja kamu habis minta maaf, dan ia sudah memaafkanmu. Belum tentu suasana kembali harmonis, lho.

Nah, coba deh ngobrol soal hobi dia, film kesukaannya, makanan kesukaannya, atau apa saja yang sekiranya menaikkan minatnya. Misalnya saja ada film terbaru yang ia suka. Mending kamu ajak nonton deh, ya nggak?

7. Melawak atau katakan hal lucu

Hal-hal lucu yang kamu katakan terkadang bisa membuat mood pasangan menjadi lebih baik, lho. Terutama jika kamu dan dia habis bertengkar dan ingin segera baikan. Tips baikan yang satu ini susah-susah gampang. Kalau kamu adalah orang yang mudah bercanda, maka gampang sekali untuk melawak atau mengatakan hal lucu.

Namun jika kamu termasuk orang yang susah bercanda, coba deh berusaha melucu meskipun nggak lucu. Dengan begini pasanganmu akan memaklumi usahamu untuk baikan dengannya lho. Atau kamu juga bisa menirukan kelucuannya yang sering membuatmu tertawa. Suasana bakalan harmonis lagi deh setelah kalian tertawa bersama.

8. Beri hadiah pada pasangan

Tips Baikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar

Photo via parcel2go.com

Tips baikan dengan pasangan yang satu ini juga bisa kamu coba, Girls. Kamu bisa memberikan pasangan hadiah atau hal-hal yang ia sukai. Meskipun hanya makanan kesukaaannya, dijamin ia bakalan hepi lagi deh.

Kamu juga bisa lho memberi hadiah yang romantis seperti bunga. Nggak harus cowok yang ngasih bunga ke cewek. Kamu pun boleh-boleh saja memberi bunga ke pasanganmu. Jangan lupa sisipkan surat cinta supaya makin romantis. Pasti hati pasanganmu bakalan meleleh dengan hadiahmu.

9. Luangkan waktu untuk ber-quality time

Ada lagi lho Girls tips baikan dengan pasangan yang bisa kamu lakukan. Coba deh rencanakan liburan atau makan di restoran yang unik dengannya. Apalagi jika kamu dan dia selama ini sama-sama sibuk beraktivitas. Dengan pergi berdua tanpa memikirkan kesibukan, kamu dan dia bakalan makin akrab deh. Nah kalau kamu menjalin hubungan LDR, luangkan waktu untuk bertemu juga, ya.

Sesekali bisa juga lho memamerkan kebersamaan kalian berdua di sosial media saat liburan tersebut. Ber-quality time nggak harus banyak modal kok. Kalau berantemnya hanya masalah kecil sepertinya agak boros juga, ya nggak? Sekadar makan di kafe langganan juga bisa lho. Liburannya juga nggak perlu jauh-jauh. Cuma jogging berdua saja bisa lho.

10. Berdoa bersama

Ini adalah tips baikan dengan pasangan yang wajib kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu berdoa pada Tuhan supaya melancarkan hubungan kalian. Segala sesuatunya terjadi atas kehendak Tuhan, bukan?

Dengan berdoa bersama, hubunganmu dengannya dan juga hubungan kalian dengan Tuhan akan semakin harmonis. Kamu dan dia akan semakin percaya bahwa cinta kalian bukanlah main-main. Ada ketulusan dari kamu dan dia yang harus dipertahankan. Kalian juga bisa saling menyampaikan harapan dan mendoakan harapan satu sama lain. Hal ini akan menciptakan pengertian. Kamu akan lebih mengerti apa yang ia inginkan. Begitu pun, ia juga akan lebih mengerti apa yang kamu harapkan.

Gimana Girls? Coba deh lakukan tips baikan dengan pasangan tersebut kalau kamu lagi bertengkar. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan beri kebahagiaan untuknya, ya. Apa pun penyebab masalahmu dengan dia, semoga dapat segera kalian selesaikan. Jangan lupa untuk nggak mengulangi lagi kesalahanmu yang menyebabkan pertengkaran itu, ya. Semoga bermanfaat!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *