Rekomendasi 15 Primer Makeup Terbaik Agar Tampil Flawless (2020)

1 bulan lalu, by Hai Gadis

Primer makeup terbaik

Sering nggak sih kamu merasa saat menggunakan makeup, rasanya foundation, BB cream, maupun cushion terasa nggak nempel? Atau sering juga merasa nggak pede karena hasil makeup yang nggak flawless, kurang mulus, dengan pori-pori yang kelihatan banget? Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan primer makeup terbaik, Girls.

Primer atau face primer merupakan bagian dari makeup base selayaknya pelembap maupun foundation. Nah, primer ini digunakan setelah kamu menggunakan skincare seperti moisturizer agar kulit lebih halus sebelum kamu mengaplikasikan foundation. Sayang banget deh kalau kamu melewatkan memakai primer saat makeup. Sebenarnya apa saja sih manfaat primer?

Manfaat primer makeup

a. Membuat makeup lebih awet

Manfaat primer salah satunya adalah mengunci makeup agar bisa menempel di wajahmu dengan baik. Soalnya kandungan di dalam primer mampu mengikat makeup agar lebih tahan lama. Buat aktivitas seharian dan malas touch up, jangan lupa pakai primer ya, Girls.

b. Menjadi pelapis agar makeup nggak langsung menempel ke kulit wajah

Fungsi atau manfaat primer makeup yang pertama adalah melindungi kulitmu agar nggak tertempel makeup secara langsung. Jika foundation dan peralatan makeup lain nggak langsung menempel di wajahmu, maka kamu akan terhindar dari masalah seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Apalagi kalau kamu juga menghapus makeup dengan kurang bersih.

c. Mengecilkan tampilan pori-pori

Suka nggak pede dengan hasil makeup karena pori-porimu kelihatan? Kamu bisa menggunakan primer, Girls. Primer yang biasanya mengandung silicone biasanya mampu membuat tampilan pori-pori mengecil. Kalau untuk mengecilkan pori-pori, tetaplah kamu harus rutin menggunakan skincare.

Advertisement

d. Mengontrol produksi minyak berlebih

Yang punya jenis kulit berminyak, pasti khawatir banget ‘kan tampilan makeup jadi cepat luntur? Atau wajahmu jadi terlihat mengkilap nggak bagus? Makanya, kamu butuh primer juga, Girls. Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan primer makeup terbaik yang memiliki efek mattifying.

e. Membuat tampilan makeup lebih flawless

Manfaat primer yang nggak kalah penting adalah membuat tampilan makeup-mu lebih sempurna alias flawless. Makeup pun bakalan lebih rapi dan nyaman dilihat.

Gimana?  Betapa penting ‘kan manfaat primer makeup? Nah, kalau kamu ingin membeli produk primer makeup pun, nggak bisa asal pilih, Girls. Kalau nggak cocok dengan kulitmu, bisa-bisa malah makeup-nya jadi kurang oke. Untuk itu, simak dulu deh tips memilih primer makeup terbaik berikut ini.

Tips memilih primer makeup terbaik

a. Pilihlah primer sesuai kondisi kulit

Yang satu ini sangat penting Girls dalam memilih primer makeup terbaik, agar manfaatnya lebih efektif. Untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih primer yang memberi efek mattifying dan bisa mengontrol minyak dengan baik. Lalu kalau kamu memiliki kulit kering, primer makeup yang banyak kandungan pelembapnya bisa kamu pilih. Kamu pun bisa lho memilih primer dengan hasil akhir yang glowing agar wajah tampak segar.

Sementara untuk kulit berjerawat, kamu perlu memilih primer yang formulanya non-comedogenic sehingga nggak akan tertinggal di pori-pori. Wajahmu pun bakalan terhindar dari jerawat atau komedo deh. Namun untuk kulit sensitif, pilihlah primer yang hypoallergenic dan nggak mengandung bahan-bahan seperti paraben maupun parfum.

b. Pilih primer berdasarkan kandungannya dengan mengetahui fungsinya

Di pasaran, produk primer makeup terbaik ada 2 jenis lho. Ada silicone based primer yang berfungsi untuk mengecilkan tampilan pori-pori. Selain itu, jenis primer ini pun bisa membuat tampilan wajah lebih merata. Kemudian ada water based silicone yang lebih ringan dan memiliki kemampuan coverage kekurangan wajah. Soalnya jenis primer ini biasanya memiliki warna – seperti foundation. Teksturnya pun lebih ringan saat menempel di kulit wajah. Nah, kamu bisa memilih mana primer makeup yang sekiranya kamu butuhkan.

c. Tetap gunakan produk skincare lainnya

Nggak hanya primer nih yang perlu kamu gunakan sebelum makeup, tetapi juga skincare lain seperti sunscreen dan moisturizer. Kalau moisturizer ini wajib banget kamu gunakan sebelum primer agar kulit nggak mudah kering meski wajahmu berminyak. Selain itu, sunscreen juga nggak boleh kamu lewatkan, apalagi kalau moisturizer maupun primer-mu nggak mengandung SPF. Kamu pun bisa kok memilih primer makeup terbaik yang mengandung SPF.

d. Pilih produk primer berdasarkan ulasan yang ada

Kalau kamu baru saja membeli sebuah produk primer, kamu perlu melihat dulu ulasan produk. Baik oleh beauty influencer maupun review dari pengalaman pengguna yang pernah memakainya. Bisa juga kok kamu melihat review produk dari artikel yang ada di internet. Dengan begini, kamu bakalan tahu gambaran soal produk melalui ulasan yang ada.

e. Pilih produk primer berdasarkan budget

Yang terakhir, penting sekali untuk memilih produk primer berdasarkan budget. Kamu nggak perlu membeli produk mahal yang belum tentu cocok buatmu. Mending, pilih yang harganya terjangkau tetapi berkualitas dan cocok buat kamu.

Itulah beberapa tips memilih primer makeup terbaik di pasaran. Sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi dengan produk-produk yang recommended. Soalnya HaiGadis punya ulasannya buat kamu nih.

Rekomendasi primer makeup terbaik

1. Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via shopee.co.id

Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer merupakan produk primer dari Wardah yang memiliki formula pore blurring. Primer makeup murah yang satu ini bisa menyamarkan tampilan pori-pori agar terlihat lebih keci. Selain itu, formulanya breathable sehingga ringan dan juga cocok untuk kulit sensitif.

Untuk teksturnya sendiri creamy dan mudah dibaurkan. Selain itu, primer yang satu ini juga bisa digunakan untuk meratakan warna kulit karena ada kandungan Mineral Pigments. Dengan harga Rp 71.500,- produk Wardah ini cocok digunakan untuk makeup sehari-hari karena ketahanannya juga bagus.

2. Studio Tropik Flawless Priming Water

Primer Makeup Terbaik

Photo via shopee.co.id

Primer makeup terbaik selanjutnya adalah Studio Tropik Flawless Priming Water yang cocok abis buat kulit kering. Soalnya ada kandungan pelembap yang bagus untuk membuat wajahmu terlihat lembut dan terhidrasi. Selain itu ada juga kandungan air mawar dan aloe vera yang bisa menghilangkan berbagai iritasi di kulit.

Oh ya, produk dari Studio Tropik ini juga memiliki formula yang bebas alkohol dan paraben lho, sehingga aman untuk kulit sensitif. Teksturnya juga ringan karena termasuk water based primer. Dan yang pasti, primer ini berbeda dengan primer makeup lain yang biasanya berbentuk krim dengan kemasan tube. Kalau yang satu ini berbentuk cair dan cara mengaplikasikannya disemprotkan ke wajah sebelum menggunakan makeup. Harga primer ini sekitar Rp 99.000-an.

3. Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via pixy.co.id

Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer juga termasuk primer makeup terbaik yang juga harganya murah lho. Primer ini berfungsi untuk meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam, dan menyamarkan garis halus di wajah. Wajah pun bakalan terlihat mulus sehingga hasil makeup bakalan lebih flawless.

Produk ini pun akan memberi efek kulit yang cerah dan lembap sehingga hasil akhirnya glowing lho. Kamu juga nggak perlu khawatir karena Pixy Make Itu Glow Beauty Skin Primer ini akan membuat makeup-mu lebih tahan lama. Buat digunakan seharian pun, primer ini ada kandungan SPF 35 PA++ yang akan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kamu bisa membelinya seharga Rp 57.000,-.

4. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser

Primer Makeup Terbaik

Photo via maybelline.co.id

Kali ini, produk primer makeup terbaik hadir dari Maybelline, yaitu Baby Skin Instant Pore Eraser. Sesuai namanya, primer ini memang mampu menjadikan kulitmu tampak lebih halus seperti kulit bayi. Formulanya juga ringan meskipun mengandung silikon dengan hasil akhir matte yang cocok abis buat kulit berminyak. Untuk masalah pori-pori besar, primer ini juga bisa menyamarkan.

Namun, produk dari Maybelline ini nggak akan bikin pori-porimu tersumbat kok. Saat diaplikasikan ke wajah, tampilan kulit akan menjadi lebih lembut dan halus terlembapkan. Foundation dan makeup-mu pun jadi lebih smooth deh. Harga Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser ini sekitar Rp 70.000-an ya, Girls.

 5. Emina Pore Ranger

Primer Makeup Terbaik

Photo via eminacosmetics.com

Emina Pore Ranger juga termasuk primer makeup murah yang recommended buat kamu nih. Produk ini cocok banget buat remaja atau pemula yang baru belajar makeup. Formulanya ringan dan mampu membantu menyamarkan tampilan pori-pori wajah serta garis halus. Kulit kamu pun akan tampak smooth sebelum mengaplikasikan makeup.

Selain itu, primer ini juga harganya terjangkau dan bisa digunakan semua jenis kulit. Cocok banget deh untuk makeup sehari-hari. Kamu bisa membelinya seharga Rp 49.000-an. Tetap ramah kantong, ‘kan?

6. LT PRO Foundation Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via blibli.com

LT Pro Foundation Primer merupakan primer makeup terbaik yang juga recommended buat kamu nih. Produk ini mampu menyamarkan tampilan pori-pori besar agar lebih halus dan wajah pun lebih flawless. Tekstur dari primer ini halus dan memiliki hasil akhir matte. Cocok banget nih buat kamu yang memiliki kulit berminyak.

Kulit kamu pun juga akan tetap terlembapkan karena produk ini nggak bikin kulit kering. Tahan lama juga lho untuk digunakan seharian. Bisa banget deh digunakan untuk pemula. Kamu bisa membelinya seharga Rp 110.000,-.

7. Make Over Powerstay Color Correcting Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via lazada.co.id

Produk primer makeup murah dan bagus yang sangat direkomendasikan untukmu selanjutnya adalah Make Over Powerstay Color Correcting Primer. Primer ini mampu menetralkan warna wajah dan meratakan warna kemerahan, kusam, pucat, serta tampilan warna kulit yang nggak merata. Formulanya sendiri mengandung allantoin dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari polusi maupun kotoran.

Menggunakan produk ini, kamu akan mendapatkan tampilan akhir yang matte sehingga cocok banget untuk kulit berminyak karena ada Prime-Lock Technology Formula. Teksturnya juga sangat ringan dan mudah menyerap, jadi nggak terasa berat di wajah saat dipakai. Kulit pun akan terlihat halus dengan pori tersamarkan. Untuk ketahanannya, produk ini akan menambah ketahanan makeup-mu 4 jam lebih lama. Ada beberapa warna yang bisa kamu pilih, yaitu Green, Lilac, Peach, dan Yellow. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 66.400,-.

8. Focallure Perfect Matte Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via focallure.com

Kali ini, produk primer makeup terbaik yang bisa kamu pilih adalah Focallure Perfect Matte Primer. Produk ini sesuai namanya akan memberi tampilah akhir yang matte. Cocok juga lho untuk semua jenis kulit dari normal, berminyak, hingga kulit kering. Formulanya juga dapat menyamarkan pori-pori dengan baik. Primer ini bagus banget untuk menahan makeup hingga 12 jam juga lho.

Selain itu, produk ini vegan, sehingga aman untuk kulit sensitif. Packaging-nya sendiri berbeda dengan primer lain yang berbentuk tube. Kalau produk dari Focallure ini packaging-nya berupa botol kaca dan dilengkapi pump. Focallure Perfect Matte Primer dijual seharga Rp 80.000-an.

9. Make Over Velvet Mattifying Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via citrus.id

Make Over Velvet Mattifying Primer pun termasuk produk primer makeup terbaik yang juga harganya tergolong murah. Primer yang satu ini recommended untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Formulanya mampu menyamarkan kerutan dan pori-pori di wajah sehingga kulit akan tampak lebih halus.

Selain itu, makeup kamu juga akan lebih tahan lama deh. Oh ya, primer ini tanpa warna lho sehingga lebih bisa kamu sesuaikan dengan shade foundation-mu dengan mudah. Makeup-mu akan tampak smooth dan flawless dengan primer ini. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 80.000-an.

10. Benefit The POREfessional Face Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via ulta.com

Berikutnya ada Benefit The POREfessional Face Primer. Primer makeup ini sangat bagus untuk kamu yang memiliki kulit berminyak karena mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Dengan kandungan Vitamin E, primer ini akan melindungi kulit kamu dari radikal bebas serta meremajakannya.

Primer satu ini juga dapat mengecilkan pori-pori serta kerutan halus pada wajah. Dan bagusnya lagi, Benefit The POREfessional Face Primer bisa digunakan untuk semua tone kulit.

Dengan menggunakan primer makeup terbaik ini maka makeup kamu akan lebih tahan lama.

Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp. 184.000,-

11. Rimmel Stay Matte Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via rimmellondon.com

Rekomendasi primer makeup terbaik selanjutnya adalah Rimmel Stay Matte Primer. Primer wajah yang satu ini memiliki formula yang ringan dengan hasil akhir matte. Manfaatnya adalah mengecilkan tampilan pori-pori wajah dan mampu mengontrol minyak hingga 8 jam. Makeup kamu akan terlihat lebih flawless dan tahan lama deh.

Primer ini juga nggak akan terasa berat atau berminyak di wajah lho. Cocok juga kok untuk kulit sensitif yang cenderung acne-prone. Nggak hanya bisa digunakan sebelum makeup, produk ini juga bisa kamu gunakan tanpa menggunakan makeup setelahnya. Rimmel Stay Matte Primer dijual seharga Rp 125.000,-.

12. Beauty Story Pearl Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via gogobli.com

Masih ada nih primer makeup murah yang recommended untuk kamu, yaitu Beauty Story Pearl Primer. Produk ini dapat membuat kulit muka lebih smooth dan lembut. Kulit kamu pun nggak akan mudah kering karena ada kandungan pelembap di dalamnya. Kandungannya sendiri dilengkapi dengan antioksidan sehingga tetap melindungi kulitmu meski bisa membuat makeup lebih tahan lama.

Masalah warna kulit nggak merata pun bisa tersamarkan lho dengan primer ini. Hasil akhirnya sendiri tampak glowing dan wajah akan tampak segar alami. Bisa juga lho produk ini digunakan tanpa makeup. Kamu bisa membelinya seharga Rp 77.500,-.

13. Catrice Prime and Fine Beautifying Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via catrice.eu

Rekomendasi produk primer makeup terbaik selanjutnya adalah Catrice Prime and Fine Beautifying Primer. Produk ini bisa membuat tampilan kulit wajah terasa berkilau, halus, dan flawless. Formulanya sendiri diperkaya dengan vitamin E yang menutrisi wajah. Pigmentasinya juga bagus karena memberi efek glowing alami.

Cocok abis lho digunakan seharian agar complexion makeup-mu lebih tahan lama dan ada efek soft focus agar tampilan riasan lebih sempurna. Primer ini termasuk cruelty free lho. Dengan packaging yang cantik warna pink, produk ini bisa kamu beli seharga Rp 72.000,-.

14. NYX Born to Glow Illuminating Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via nyxcosmetics.com

NYX Born to Glow Illuminating Primer adalah primer makeup yang memiliki efek glowing dan mencerahkan. Kulit kamu pun akan tampak halus sehingga riasan akan lebih flawless. Kulitmu juga akan tampak sehat dan segar lho. Pokoknya recommended abis deh!

Kandungan dari produk ini adalah glycerin yang membuat kelembapan wajahmu lebih terjaga. Primer dari NYX ini cocok untuk kulit normal hingga kulit kering. Harganya Rp 190.000,- ya, Girls.

15. ELF Cosmetics Blemish Control Face Primer

Primer Makeup Terbaik

Photo via amazon.com

ELF Cosmetics Blemish Control Face Primer juga recommended nih untuk kamu pilih sebelum mengaplikasikan makeup. Produk ini dilengkapi dengan kandungan salicylic acid, vitamin E, dan tea tree extract yang membantu menyamarkan noda jerawat. Sehingga kulit kamu pun lebih siap untuk diaplikasikan riasan seperti foundation.

Primer ini akan membantu makeup-mu agar lebih flawless dengan satin finish dan tahan lama. Tampilan pori-pori juga bisa lebih kecil lho. ELF Cosmetics Blemish Control Face Primer ini dikemas dengan packaging botol kaca dan dilengkapi pump. Kamu bisa membelinya seharga Rp 170.000-an.

Deretan primer makeup terbaik di atas memiliki kualitas bagus dan harganya nggak sampai 200 ribuan lho. Masing-masing juga memiliki kelebihan tersendiri untuk membuat tampilan makeup lebih flawless dan tahan lama. Jangan lupa pilih yang paling cocok untukmu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *