10 Tips Aman Berkenalan dengan Cowok di Dating Apps

4 minggu, by Hai Gadis

Tips Aman Berkenalan dengan Cowok di Dating Apps

Belakangan ini, aplikasi kencan memang banyak diminati. Nggak hanya untuk mencari pasangan, tetapi juga digunakan sebagai ajang untuk bersosialisasi. Apalagi di masa pandemi begini, kesempatan untuk bersosialisasi di dunia nyata cenderung terbatas. Nggak heran deh kalau aplikasi kencan online banyak digunakan, seperti Tinder, Tantan, Setipe, OKCupid, dan lain sebagainya. Apakah kamu termasuk pengguna dating apps? Jika iya, pada artikel ini akan dibahas tentang tips berkenalan di dating apps.

Namun sebelum itu, Hai Gadis akan membahas sedikit tentang keuntungan menggunakan aplikasi kencan nih. Aplikasi kencan bisa membantumu yang sedang mencari pasangan untuk menemukan teman hidup yang cocok. Kamu juga bisa menemukan teman dengan minat atau kesukaan yang sama sehingga bisa jadi teman belajar atau membangun relasi. Selain itu, bisa saja ‘kan aplikasi ini juga mempertemukan kamu dengan orang tak terduga yang mungkin kamu cari selama ini.

Namun, kamu juga perlu berhati-hati nih, Girls. Terkadang, dating apps malah mengundang bahaya. Jika nggak hati-hati, seringkali ada oknum yang memanfaatkannya untuk penipuan, penculikan hingga yang paling bahaya bisa terjadi kejahatan seksual. Untuk itu, jangan sembarangan main dating apps ya. Kamu bisa melihat tips berkenalan di dating apps secara aman dari Hai Gadis berikut ini.

Tips berkenalan di dating apps dengan aman

1.Pilih aplikasi yang terpercaya

Tips berkenalan di dating apps dengan aman yang pertama banget adalah gunakan aplikasi yang terpercaya. Aplikasi dating online ada banyak lho, sehingga kamu perlu memilih aplikasi legal yang aman. Selain itu, pastikan saat menjadi pengguna aplikasi tersebut, data pribadi kamu aman. Kemudian, pilih juga aplikasi yang mampu mengkurasi membernya dengan baik.

Jadi, nggak sembarangan orang dengan identitas palsu bisa mendaftar aplikasi tersebut deh. Bila perlu, kamu bisa browsing dulu tentang review suatu aplikasi dating online. Jangan lupa juga untuk membaca syarat dan ketentuan saat mendaftar di aplikasi tersebut, ya.

2. Pilih profil yang telah diverifikasi

Jika sudah menggunakan aplikasi dating yang terpercaya, tips berkenalan di dating apps selanjutnya dimulai dari melihat foto maupun profil. Yang namanya foto memang bukan satu-satunya indikator untuk percaya dengan seseorang. Apalagi di sosial media, foto terkadang palsu. Kamu juga jangan mudah terjebak dengan foto bagus dan goodlooking. Belum lagi masih ditambah profil pengguna yang memiliki pekerjaan mumpuni dan idaman banget deh pokoknya. Kalau ternyata foto dan profilnya tersebut palsu ‘kan kamu pasti akan merasa tertipu.

Lebih baik, pilihlah akun dengan profil yang telah terverifikasi. Di aplikasi dating apps seperti Tinder, jika pengguna telah terverifikasi menggunakan foto asli, maka profilnya akan mendapat tanda centang biru. Pada akun yang sudah  ada centang biru ini, boleh deh kamu mempertimbangkan untuk lanjut berkenalan atau enggak. Selain itu, jika menemukan akun dengan foto profil yang kurang membuatmu percaya, lebih baik skip deh.

Oh ya, hal ini juga berlaku untuk kamu ya, Girls. Sebaiknya, jangan gunakan foto palsu supaya orang yang ingin berkenalan denganmu juga lebih percaya. Kamu boleh kok mengedit foto menjadi tampak bagus, asalkan jangan mengambil foto orang tak dikenal di google hanya karena ingin tampil lebih menarik. Gimana?

3. Bersikap sopan

Kalau kamu sudah menemukan orang yang dirasa menarik entah dari foto maupun deskripsi pada profilnya,  kamu bisa mulai berkomunikasi nih. Tips berkenalan di dating apps kali ini adalah kamu harus bersikap sopan, Girls. Jika ingin membuka obrolan, gunakanlah bahasa yang santun. Misalnya, “Hai, selamat pagi.” Kamu juga bisa bertanya, “Apakah aku mengganggu?”

Jika kamu menggunakan bahasa yang sopan dan nggak terkesan mengganggu, maka ini bisa menjadi first impression yang baik. Orang yang kamu ajak kenalan juga akan membalasmu dengan baik sehingga momen komunikasi kalian akan lebih lancar karena sama-sama terlihat memiliki niat yang baik.

4. Hindari berkomunikasi dengan langsung membicarakan informasi pribadi

Saat berkenalan, kamu dan dia pasti akan saling bertanya tentang hobi, pekerjaan, dan lain sebagainya. Nah, lama-lama komunikasi bisa makin intens. Namun, kamu harus waspada, Girls. Jangan mudah untuk membicarakan informasi-informasi pribadi dengannya. Misalnya saja membicarakan tentang alamat lengkap rumah, sekolah, atau tempatmu bekerja. Bahkan kalau kamu merasa belum terlalu dekat dengannya, jangan langsung memberikan nomor teleponmu.

Selain itu, hindari juga membicarakan soal informasi keluarga atau informasi penting lainnya yang sekiranya bisa disalahgunakan. Jika bingung dengan bahan obrolan, kamu bisa membicarakan hobi, minat, kegiatan di sekolah atau tempat kerja secara umum, film favorit, dan lain sebagainya yang nggak kalah menyenangkan.

5. Jangan mudah percaya jika ia menunjukkan sikap aneh

Tips berkenalan di dating apps selanjutnya adalah bersikap waspada ya, Girls. Saat komunikasi semakin menyenangkan, memang sih terkadang kamu atau dia akan sesekali curhat. Seperti curhat soal kerjaan yang numpuk, tugas kuliah numpuk, atau semacamnya. Namun, kamu harus mulai waspada jika ia menunjukkan sikap aneh.

Misalnya saja seperti meminjam uang dan menceritakan kisah sedih seolah-olah ia memang sedang butuh uang. Atau bisa saja ia meminta hadiah darimu. Memang sih, mungkin saja ia memang jujur dengan keadaannya. Namun lebih baik kamu jangan mudah percaya daripada tertipu, ‘kan? Bisa saja setelah meminjam uang padamu atau meminta sesuatu padamu, ia lalu menghilang dan nggak bisa dihubungi lagi.

6. Laporkan jika kamu menerima komunikasi yang mengandung kekerasan atau hal yang nggak senonoh

Tips berkenalan di dating apps yang satu ini nggak kalah penting, Girls. Jika saat berkomunikasi dengannya kamu menerima perlakuan yang mengandung kekerasan atau hal yang nggak senonoh, jangan ragu untuk laporkan. Begitu pula ketika ia meminta hal-hal privasimu, seperti meminta fotomu tanpa mengenakan baju, berkata kasar dan mengandung pelecehan, serta masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan fitur Prompt yang nantinya akan keluar kata-kata, “Apakah ini Mengganggu Kamu?”. Jika kamu merasa terganggu kamu bisa memilih “Ya” dan melaporkan pengguna tersebut. Selain melaporkan, jangan segan untuk memblokir pengguna yang kamu rasa menunjukkan perilaku mencurigakan.

7. Jangan takut  untuk menolak permintaan yang nggak kamu setujui

Hal yang satu ini masih nyambung dengan poin sebelumnya, Girls. Apabila ia meminta sesuatu entah informasi pribadi, meminta nomor pribadi, memintamu melakukan sesuatu, dan kamu nggak menyetujuinya, jangan segan-segan untuk katakan ‘tidak’. Termasuk ketika ia mengajakmu bertemu di tempat yang cenderung sepi dan kamu nggak kenal daerahnya.

Jika dia memang punya niatan sungguh-sungguh denganmu, ia pasti bisa menerima dengan baik kok saat kamu mengatakan ‘tidak’. Namun kalau dia malah bersikeras memaksa hal-hal yang nggak kamu sukai, jangan ragu untuk memblokirnya.

8. Jangan baper berlebihan

Tips berkenalan di dating apps secara aman berikutnya adalah jangan baper berlebihan, Girls. Memang nggak bisa dimungkiri sih kalau kamu dan dia sudah berkomunikasi intens, kamu jadi timbul perasaan. Namun, selagi kamu belum pernah bertemu dengannya, belum tahu latar belakangnya, kepribadiannya yang sesungguhnya, dan lain sebagainya, jangan menaruh perasaan terlalu dalam.

Boleh deh untuk merasa nyaman atau kagum, tetapi sewajarnya saja. Takutnya jika kamu berlebihan, bisa saja kamu hanya akan dimanfaatkan tanpa sadar. Sering terjadi lho ada seseorang yang sudah nyaman bertemu cowok di dating apps, nggak tahunya cowok tersebut malah sudah punya pasangan. Kalau sudah begini sih, kamu ditipu, Girls. Patah hati ‘kan, jadinya?

9. Jangan membuatnya baper berlebihan

Jika poin sebelumnya adalah kamu yang baper, pada tips berkenalan di dating apps kali ini, justru kamu yang nggak boleh membuatnya baper berlebihan. Mungkin kamu sebenarnya juga nyaman dengannya dan nggak ada niatan untuk menipunya. Namun jika hal ini terjadi, takutnya kamu malah dikekang.

Kamu nggak tahu ‘kan akan berhadapan dengan seseorang yang karakternya seperti apa? Bukan nggak mungkin ketika kamu membuatnya baper terlalu dalam padamu, lalu kamu memutuskan untuk pergi karena menemukan ketidakcocokan, ia akan bertindak yang nggak wajar. Misalnya saja menguntitmu, mengancammu, dan hal-hal mengerikan lainnya yang mengganggumu. Jangan sampai deh!

10. Jika ingin ketemuan, aturlah waktu dan tempat yang tepat

Saat kamu dan dia semakin dekat, ada kalanya nih kalian akan ketemuan untuk pertama kalinya. Sebaiknya sih kalau ketemu atur waktu dan tempat secara tepat. Hindari janjian bertemu di malam hari apalagi terlalu larut malam. Kemudian, hindari juga bertemu di tempat yang sepi dan nggak strategis.

Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan, Girls. Jika ingin ketemuan, aturlah waktu pada siang hari atau sore deh kalau siang kamu ada aktivitas. Lalu, aturlah tempat ketemuan yang sekiranya aman. Misalnya di kafe yang banyak orang, di restoran tengah kota, dan lain sebagainya. Bahkan usahakan tempat untuk ketemuan ini adalah rekomendasimu, bukan rekomendasinya. Jadi, kamu lebih nyaman deh bertemu di tempat yang sudah kamu tahu sebelumnya.

Itulah 10 tips berkenalan dengan cowok di dating apps secara aman. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Gunakan aplikasi dating secara bijak dan jangan sampai deh kamu menjadi korban kejahatan melalui aplikasi kencan online ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *