Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

By Hai Gadis

Meskipun banyak yang bilang kalau menggemukkan badan lebih mudah dibandingkan menguruskan badan, namun faktanya hal tersebut tidak semudah yang terlihat lho! Pasalnya ada banyak orang yang tetap kurus walaupun sudah mengonsumsi lebih banyak makanan daripada mereka yang tidak melakukan diet.

Kondisi seperti itu tentu saja membuat mereka yang memiliki tubuh terlalu kurus merasa frustasi. Selain karena dapat menurunkan rasa percaya diri, kekurangan berat badan juga sama bahayanya dengan kelebihan berat badan lho!

Perlu diketahui bahwa tubuh yang terlalu kurus hingga tergolong kurang gizi, menandakan adanya beberapa gangguan kesehatan yang bisa dialami seseorang, di antaranya anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah, hingga masalah kesuburan.

Untuk itu, sangat disarankan bagi pemilik tubuh terlalu kurus untuk meningkatkan berat badan agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Nah berikut merupakan beberapa tips menggemukkan badan buat cewek ceking yang aman untuk diterapkan!

1. Tambah porsi makan

Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

photo via sbs.com.au

Cara yang paling ampuh untuk menambah berat badan yang pertama adalah dengan menambah porsi makan harian kamu. Bila kamu selama ini makan dalam jumlah kecil, kali ini kamu bisa memakan makanan dalam jumlah yang lebih banyak.

Misalnya kamu biasanya memakan 1 centong nasi, namun untuk menggemukkan badan, kamu bisa menambah hingga 3 centong nasi setiap kali kamu makan. Hanya saja, pastikan untuk memilih makanan yang sehat dan berkalori tinggi.

2. Tingkatkan frekuensi makan kamu

Menambah porsi makan memang ampuh untuk menaikkan berat badan, namun makan dalam porsi besar sekaligus, mungkin bukan cara yang bisa dilakukan semua orang. Sebagai gantinya, kamu bisa makan dalam porsi kecil namun dalam waktu yang lebih sering. Para ahli gizi menyarankan untuk makan lima sampai 6 kali sehari dalam porsi yang kecil ditambah dengan cemilan sehat.

Panduan sehatnya adalah tiga kali makan besar berjarak sekitar 5 jam sekali setiap harinya dan 2-3 kali camilan sehari di sela-sela waktu makan besar.

Makan lebih sering dengan porsi secukupnya memungkinkan tubuh menggunakan makanan sebagai sumber energi, bukan lemak yang tersimpan di tubuh. Bila dilakukan secara rutin dan tepat, berat badan akan lebih cepat naik.

3. Tambah asupan kalori

Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

photo via healthifyme.com

Kunci sukses untuk menaikkan berat badan adalah dengan menambah asupan kalori dari yang kamu butuhkan setiap harinya. Jika selama ini kamu mengonsumsi 2000 kalori dan itu hanya bisa untuk mempertahankan berat badan saja, maka kamu perlu makan 2400 kalori jika ingin menggemukkan badan.

Selain menambah porsi makan atau meningkatkan frekuensi makan, kamu juga bisa menambah asupan kalori dengan memilih makanan penambah berat badan yang berkalori dan berlemak tinggi.

Kamu bisa memilih makanan yang kaya kalori dari sumber lemak nabati, yang ada pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, kamu juga bisa menambah kalori dengan mengonsumsi makanan seperti alpukat, jagung, oat, kentang, sup krim, dan minyak alami seperti minyak zaitun.

Meski memerlukan makanan berlemak tinggi, namun kamu harus tetap membatasi asupan makanan yang mengandung lemak hewani. Pasalnya lemak hewani biasanya tinggi lemak jenuh yang justru akan membahayakan kesehatan, seperti keju, margarin, atau produk susu lainnya.

Sebagai gantinya, kamu bisa mendapatkan asupan lemak dari telur dan ikan berlemak seperti ikan kembung, tenggiri, tongkol, dan sarden sebagai pengganti daging merah. Ikan berlemak lebih tinggi kalorinya dan mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan.

4. Pilih cemilan sehat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, disela-sela waktu makan besar, kamu juga bisa mengonsumsi cemilan 2-3 kali camilan dalam sehari. Namun cemilan yang dipilih tidak boleh sembarangan.

Hindari makanan seperti gorengan, keripik asin atau jajanan manis seperti donat yang tinggi kalori. Meskipun dapat menggemukkan badan dengan cepat, namun jenis cemilan seperti itu kurang menyehatkan dan hanya menyebabkan kenaikan gula darah dan tekanan darah.

Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati greek yogurt dengan topping granola dan muesli serta buah-buahan kering. Greek yogurt sendiri mengandung protein yang lebih tinggi daripada susu biasa dan juga lebih kaya serat, lemak baik, dan kalori.

5. Minum susu yang cukup

Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

photo via thelist.com

Untuk menggemukkan badan, kamu juga bisa meminum susu setiap harinya. Susu banyak mengandung kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Untuk menggemukkan badan, kamu dapat minum susu sapi murni sebanyak 1 atau 2 gelas per hari.

Selain susu sapi murni, kamu juga bisa meminum susu whey protein. Jenis susu ini mengandung whey, yakni sisa susu yang dihasilkan dalam produksi keju. Tipe protein dalam susu ini bisa membantu menaikkan berat badan kamu dengan membentuk jaringan otot.

6. Minum jus atau smoothie

Selain susu, kamu juga bisa meminum jus atau smoothie sebagai cara menggemukkan badan dengan cara yang sehat. Dengan mengubah buah-buahan menjadi jus atau moothie, maka nutrisi di dalamnya akan lebih gampang diserap oleh tubuh.

Rasa kenyang dari mengonsumsi jus atau smoothie tidak sama dengan kenyang dari mengonsumsi makanan berat yang kadang bikin perut sakit. Sehingga kamu tetap bisa menambahkan asupan nutrisi dan kalori sesering yang kamu inginkan tanpa harus takut kekenyangan.

Selain itu, jus atau smoothie dari campuran sayuran, buah-buahan ataupun tambahan yoghurt dan susu menyediakan kalori yang penting dalam menambah berat badan serta kaya akan vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh.

7. Jangan pernah lewatkan sarapan

Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

photo via mccormick.com

Jika kamu ingin menaikkan berat badan, maka sarapan merupakan aktifitas yang tidak boleh dilewatkan di pagi hari. Menu sarapan yang disarankanpun bukan menu makanan berat ataupun selembar roti saja.

Agar berat badan naik dengan sehat, kamu bisa mengonsumsi 1 butir telur dan segelas juice buah setiap kali sarapan. Tak hanya berpengaruh pada kenaikkan berat badan, sarapan juga angat bermanfaat untuk ketahanan tubuh sepanjang hari.

8. Berolahraga secara rutin

Siapa bilang olahraga hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan? Bagi kamu yang memiliki tubuh kurus dan ingin menggemukkan bada, olahraga juga sangat wajib untuk dilakukan secara rutin.

Olahraga dan aktivitas fisik rutin juga berperan penting dalam menggemukkan badan. Tak hanya itu, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan kalori dan nutrisi kamu bisa lebih tercukupi.

Kamu bisa fokus pada latihan kekuatan otot karena bisa membantu kamu menambah berat badan dengan membangun dan menguatkan otot-otot tubuh. Salah satu contoh latihan kekuatan otot yang bisa kamu lakukan adalah pull-up. Kamu perlu melakukan latihan ini secara rutin, lalu meningkatkan intensitasnya secara perlahan sekaligus mempercepat temponya.

9. Batasi latihan kardio atau aerobik

Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

photo via womenshealthmag.com

Semua jenis olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan dan pengaruhnya sangat besar bagi kamu yang ingin menaikkan ataupun menurunkan berat badan.

Tapi khusus kamu yang ingin menarikkan berat badan, maka kamu harus membatasi olahraga jenis kardio, apalagi kalau proses metabolisme tubuh kamu tergolong cepat. Latihan kardio selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu sudah sangat cukup.

Kamu juga perlu menghindari gerakan aerobik, seperti bersepeda atau lari. Pasalnya jenis latihan ini malah akan mengurangi lemak tubuh yang sebenarnya diperlukan kalau ingin berat badan naik.

10. Beristirahat yang cukup

Tips gemukin badan buat cewek kurus berikutnya adalah dengan beristirahat atau tidur yang cukup tiap malamnya. Tidur yang cukup diketahui berperan dalam mendukung proses pembentukan jaringan tubuh. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7–9 jam setiap malam.

Selain itu, hindari begadang. Seperti yang kita ketahui, tidak ada efek baik dari begadang. Begadang hanya membut kondisi kesehatan menjadi semakin buruk. Bukannya menaikkan berat badan dengan sehat, begadang hanya akan membuat kamu kurus dan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ganas.

11. Jangan minum sebelum makan

Tips Gemukin Badan Buat Cewek Ceking

photo via misskyra.com

Satu lagi cara menggemukkan badan secara cepat dan aman berikutnya adalah menghindari minum sebelum makan. Kebiasaan minum sebelum makan hanya akan membuat perut jadi lebih mudah kenyang. Alhasil, porsi makanan yang seharusnya kamu makan tidak bisa dihabiskan karena sudah kenyang dengan air. Hal ini tentu bisa membuat cara menggemukan badan menjadi gagal.

Oleh sebab itu, sebaiknya minumlah setelah makan dan tunggu kurang lebih 10 menit sebelum minum air. Namun jika kamu memang benar-benar harus minum sebelum makan, maka usahakan tidak minum segelas penuh.

Nah itu dia beberapa tips dan cara menggemukkan badan buat cewek ceking alias cewek dengan tubuh yang terlalu kurus. Perlu diingat bahwa proses menggemukkan badan tidak ada yang instan. Jika kamu ingin hasilnya maksimal, maka kamu perlu usaha yang konsisten dan kesabaran untuk menaikkan berat badan. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.