Tips Untuk Tidak Kepo dan Ikut Campur Urusan Orang Lain

By Hai Gadis

Jika ingin hidup lebih bahagia dan minim stress, mulai sekarang kamu harus stop kepo sama urusan orang Girls. Selain membuatmu comparing dengan merasa rendah diri, terlalu kepo dan ikut campur dengan urusan orang juga membuat hidup jadi tak tenang.

Padahal kalau kamu berhenti kepo, kamu tak akan menghabiskan waktumu untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Daripada pusing karena kepo, yuk simak bagaimana tips agar bisa berhenti kepo dan mengurusi orang lain ini.

Cara Berhenti Kepo Urusan Orang Lain

1. Fokus ke Diri Sendiri

tips untuk tidak kepo

Photo by yoursay.id

Daripada kamu sibuk mencari tahu urusan orang, alangkah lebih baik kalau kamu fokus dengan dirimu sendiri. Kamu bisa memulainya dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang, misalnya membaca buku, menghabiskan waktu dengan kesayangan, atau bermain dengan hewan peliharaan.

Dengan melakukan kesibukan tersebut, kamu tak akan kepikiran buat buka medsos dan mencari tahu kesibukan orang lain. Selain itu, kalau kamu nongkrong dan diajak bergosip, sebaiknya alihkan pembicaraan deh.

2. Jangan Mulai Membandingkan Diri

Photo by liputan6.com

Kadang ketika sedang kepo sama orang lain, kamu jadi tahu apa saja yang sudah mereka capai selama ini. Nah, ini yang akan membuatmu comparing. Girls, berhenti kepo urusan orang lain dan comparing ya. Hidupmu tak boleh kamu bandingkan dengan orang lain, karena tiap orang punya ceritanya sendiri.

Lebih baik kamu fokus dengan apa yang kamu lakukan sekarang. Kalau kamu masih kuliah, fokuslah untuk mengikuti kegiatan yang positif. Hal yang sama kalau masih sekolah, lebih baik kamu menghabiskan waktu untuk belajar dan mengembangkan diri. Jika sudah bekerja, fokuslah meniti karir yang kamu inginkan.

3. Bayangkan Jika Orang Lain Kepo dan Ikut Campur Urusanmu

tips untuk tidak kepo

Photo by harusjeli.com

Untuk membuatmu berhenti ikut campur dan kepo urusan orang lain, coba deh bayangkan kalau kamu berada di posisi tersebut. Apakah kamu nyaman ketika ada orang yang ingin tahu banget urusanmu sampai hal yang paling kecil? Enggak kan?

Jika kamu terlalu kepo pada orang lain, kemungkinan mereka juga akan merasakan hal yang sama. Siapa sih yang suka ditanyai keseharian mereka terus menerus? Yang ada rasa risih, sebal, dan tak nyaman akan dirasakan.

4. Minta Izin untuk Melakukan Intervensi

tips untuk tidak kepo

Photo by hipwee.com

Tips untuk tidak kepo dan ikut campur urusan orang selanjutnya adalah meminta izin ketika hendak melakukan intervensi. Misalnya nih, temanmu terlibat masalah dan kamu berniat untuk membantu. Daripada kamu langsung turun tangan, tanyakan dahulu apakah mereka butuh bantuan.

Gak semua orang mau lho mendapatkan bantuan dari orang lain. Kalau kamu tak minta izin, kamu akan dianggap sebagai orang yang suka ikut campur. Bukannya kamu mendapatkan terima kasih atas apa yang kamu lakukan, kamu malah mendapatkan kebencian sebagai balasannya.

5. Mulailah untuk Menghargai Orang Lain

Photo by kapanlagi.com

Siapa sih yang tak ingin dihargai? Untuk mendapatkan rasa sungkan dan hormat dari orang lain, kamu harus menghormati orang lain terlebih dahulu. Nah, salah satu caranya adalah dengan tidak kepo dan menghargai privasi mereka.

Meski terkesan simpel, tapi kamu harus tahu setiap orang punya privasi yang tak ingin diusik oleh siapapun. Jadi kamu tak boleh ya terlalu mengurusi hidup orang lain sampai membuat mereka terganggu. Bisa-bisa hubungan kalian bisa rusak karena salah paham.

6. Coba Pikirkan Dampak Negatifnya

tips untuk tidak kepo

Photo by pixabay.com

Sebelum kamu mulai kepo atau ingin ikut campur urusan orang lain, coba deh pikirkan dulu dampak negatifnya. Orang yang suka kepo biasanya tidak akan bahagia karena mereka mudah stress. Sedikit-sedikit comparing, sedikit-sedikit iri, mereka juga tak bisa fokus pada pencapaian yang sudah ada.

Kamu tentu tak ingin jadi seperti mereka kan Girls? Selalu mengurusi orang lain tak bagus buat dirimu, baik untuk kesehatan fisik ataupun mental. Bukankah lebih menyenangkan kalau kamu mulai fokus untuk mencintai dirimu sendiri?

Sekarang kamu sudah tahu kan tips untuk tidak kepo urusan orang lain? Boleh-boleh saja kok ingin tahu kabar teman atau membantunya ketika mendapat masalah, tapi pastikan tak berlebihan ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.