Girls… Ini Lho Alasan Pentingnya Mendengarkan Nasehat Orang Tua

By Hai Gadis

Orang tua merupakan orang yang paling peduli denganmu, tak heran mereka akan sering menasehati dan memberikan saran. Nasehat orang tua punya tujuannya agar kamu tak salah dalam mengambil keputusan serta mengingatkanmu agar tak melakukan kesalahan.

Kadang orang tua memang terlihat terlalu mengatur kehidupanmu ya, apalagi jika kamu dan orang tua punya pemikiran yang berseberangan. Tapi tahu gak, ternyata penting untuk mendengarkan nasehat mereka, lho. Mau tanya apa alasannya? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Mereka Sayang Padamu

Photo by orami.com

Saran dan masukan yang diberikan orang tua padamu merupakan bentuk kasih sayang mereka secara lisan girls. Tujuan mereka menasehatimu supaya kamu selalu memikirkan konsekuensi atas apa yang kamu lakukan. Kalau kelakuan dan sikapmu baik, kamu pun tak akan merasa rugi.

Dengan mendengarkan nasehat orang tua, kamu sudah menghargai usaha mereka dan membuat perasaan mereka lebih baik. Walaupun kamu tak menggunakan nasehat tersebut, tapi tak ada salahnya kan menggunakannya sebagai pengingat diri dan masukan yang baik?

Koreksi Atas Apa yang Kamu Lakukan

Jika kamu melakukan kesalahan, orang tua mungkin jadi yang pertama yang akan memberimu nasehat. Bukan berarti mereka menghakimi mu ya, mereka hanya ingin memberi tahukan bahwa apa yang kamu lakukan kurang tepat. Kamu tak perlu marah, setiap manusia memang melakukan kesalahan kok.

Nasehat Orang Tua akan Membuatmu Jadi Pribadi yang Bijak

Photo by liputan6.com

Mendengarkan nasehat orang tua akan membuat kamu punya sikap yamg lebih rendah hati. Kamu pun akan jadi orang yang bijak, tidak sombong serta peduli dengan orang lain. Kalau kamu perhatikan, nasehat orang tua tak selamanya buruk kan?

Nasehat dan masukan tersebut akan membuat hidupmu tak stagnan dan berjalan di tempat. Jika nasehat dari orang tua memang bermanfaat, kamu bisa mengaplikasikannya dalam kehidupanmu. Kamu pun jadi lebih kaya inisiatif dan memiliki pola pikir positif.

Mengurangi Rasa Penyesalan

Setiap penyesalan pasti akan datang terlambat, karena itu tak ada salahnya mendengarkan nasehat orang tua barang sejenak guna menghindari perasaan ini. Bisa jadi dengan mengabaikan nasehat orang tua, kamu malah menyesal belakangan. Mungkin saja apa yang mereka katakan memang benar dan sebaiknya tak kamu lakukan.

Apalagi masa muda merupakan masa pencarian jati diri, inilah yang membuatmu memiliki rasa penasaran tinggi. Mencoba berbagai hal dalam hidup ketika masih muda memang baik girls, tapi ingat, jika orang tua menasehatimu untuk tak melakukannya, maka jangan lakukan ya. Mereka tentu ingin yang terbaik untukmu.

Orang Tua Pernah Muda

nasehat orang tua

Photo by wartapena.com

Umur orang tua menjadi nilai lebih kenapa kamu harus mendengarkan nasehat mereka. Karena orang tua pernah muda, tentunya mereka juga paham apa yang kamu rasakan. Dengan pengalaman yang sudah mereka dapatkan, kamu pun bisa menutupi celah – celah yang mungkin akan menjatuhkanmu.

Nasehat Mereka Berdasarkan Pengalaman

Anjuran, saran maupun nasehat yang orang tua berikan tak sembarangan diberikan, lho. karena mereka lebih tua darimu, pengalaman mereka tentu lebih banyak. Seringkali orang tua sudah merasakan berbagai pengalaman dalam kehidupan, pengalaman inilah yang bisa kamu ambil hikmahnya karena merupakan harta yang tak bernilai.

Perspektif Orang Tua Lebih Obyektif

mendengarkan nasehat orang tua

Photo by kumparan.com

Kalau kamu perhatikan, orang tua tak ada hubungan secara langsung dengan apa yang kamu alami lho. Baik kehidupanmu di kantor, kampus, atau di circle pertemananmu. Namun bukan berarti kamu berhak menolak nasehat yang mereka berikan.

Karena mereka tak terlibat inilah, orang tua jadi bisa memberikan pandangan yang lebih objektif. Untuk saat ini mungkin nasehat mereka tak kamu butuhkan, namun siapa tahu di masa yang akan datang nasehat tersebut akan menuntunmu dengan baik.

Tak ada salahnya kok girls mendengarkan nasehat orang tua. Dengan mereka menasehatimu, ikatan antara kamu dengan mereka juga akan jadi lebih kuat. Sebagai orang yang sudah mengasuhmu sejak kecil, tentu jadi ibadah yang baik jika kamu mau mendengarkan nasehat mereka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.