Aneka Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

3 minggu, by Hai Gadis

Manfaat air kelapa

Air kelapa memang sering dikonsumsi karena terasa menyegarkan dan memiliki cita rasa yang khas. Saat cuaca panas, minum air kelapa akan terasa seperti mengembalikan kesegaran tubuh. Selain itu, minuman ini juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja karena kandungan gizinya sangat baik. Salah satu manfaat air kelapa yang terkenal adalah mengembalikan cairan tubuh karena mengandung beragam elektrolit.

Nggak hanya itu, air kelapa pun punya beragam manfaat lain untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Namun sebelum mengetahui manfaat air kelapa secara lebih dalam, kamu perlu tahu dulu nih Girls mengenai kandungan air kelapa.

Kandungan gizi air kelapa

Saat minum air kelapa, kamu pasti merasakan kalau rasanya manis-manis ada gurihnya, alias nutty taste gitu, ‘kan? Nah, hal ini karena air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula alami dan juga mengandung elektrolit yang bikin sensasi rasanya jadi unik. Namun selain karbohidrat, kamu bisa mengetahui kandungan air kelapa per 240 ml:

  • Air 94% dari
  • Energi 46 kkal
  • Karbohidrat 9 gram
  • Serat pangan 3 gram
  • Lemak 0,5 gram
  • Protein 2 gram
  • Vitamin C 5,8 mg
  • Kalium 600 mg
  • Fosfor 48 mg
  • Magnesium 60 mg
  • Mangan 0,3 mg
  • Natrium 252 mg
  • Kalsium 57,6 mg

Perlu kamu tahu nih Girls, semakin tua usia buah kelapa, kandungan air dan dagingnya akan semakin banyak. Nutrisinya tentu juga akan lebih tinggi dibandingkan buah kelapa yang muda.

Manfaat air kelapa

Dari kandungan gizi di atas, kamu jadi tahu ‘kan kalau air kelapa adalah bahan makanan yang sangat nutritious alias kaya akan zat gizi. Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan konsumsi air kelapa sangat baik bagi kesehatan. Ingin tahu manfaatnya? Simak yuk ulasan Hai Gadis berikut ini.

1. Untuk rehidrasi (mengembalikan cairan tubuh)

Manfaat air kelapa yang pertama adalah mengembalikan cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit. Berdasarkan kandungannya, air kelapa memiliki 94% air sehingga bisa kamu konsumsi untuk memenuhi cairan tubuhmu. Selain itu, kandungan elektrolit dalam air kelapa pun banyak lho.

Ada beragam mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, natrium, dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk keseimbangan elektrolit tubuh seperti di darah maupun sel-sel tubuh. Jika elektrolit tubuh tercukupi, maka kinerja otot, darah, dan organ-organ lain di tubuh akan lebih lancar deh. Kamu pun bakalan lebih bugar dan nggak mudah sakit.

Buat kamu yang hobi olahraga, atau juga buat atlet-atlet dengan intensitas aktivitas fisik yang tinggi, air kelapa juga bisa kamu konsumsi dibandingkan harus minum minuman elektrolit maupun sports drink. Manfaat air kelapa dalam hal ini juga bisa mengurangi sensasi seperti perut yang terasa nggak nyaman maupun mual setelah berolahraga.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat air kelapa untuk kesehatan berikutnya adalah mengontrol tekanan darah. Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengonsumsi air kelapa pastinya akan sangat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian kecil, orang dengan tekanan darah tinggi kemudian mengonsumsi air kelapa, tekanan darah sistolnya bisa lebih baik lho.  Hal ini karena air kelapa mengandung kalium sebanyak 600 gram (dalam 240 ml) di mana kalium ini memang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi dehidrasi akibat diare

Pada orang yang diare, biasanya berisiko mengalami kekurangan cairan dan elektrolit yang kalau nggak segera diatasi bisa terjadi dehidrasi. Nah, manfaat air kelapa untuk masalah yang satu ini adalah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan kembali menyeimbangkan elektrolit tubuh. Selain untuk masalah diare, air kelapa juga mampu mengatasi sembelit, cacingan, hingga gangguan ginjal.

4. Mengandung antioksidan yang baik buat tubuh

Jika tubuh terpapar radikal bebas, maka bisa menyebabkan respon seperti stres dan kerusakan pada sel tubuh. Kalau kamu belum tahu, radikal bebas merupakan molekul yang nggak stabil yang diproduksi oleh sel saat metabolisme. Kalau tubuhmu kebanyakan radikal bebas, maka bisa mengalami stres oksidatif yang berakibat ke kerusakan sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Untuk mengatasi hal ini, manfaat air kelapa yang bisa kamu ambil adalah kandungan antioksidannya yang bisa menangkal radikal bebas. Ada penelitian pada tikus percobaan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa  bisa memperbaiki kadar stres oksidatif di tubuh. Selain itu, antioksidan juga bisa menurukan tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin yang sangat berpengaruh meningkatkan risiko penyakit diabetes.

5. Mencegah penyakit diabetes

Jika dilihat dari kandungannya, air kelapa memiliki jumlah gula yang sedikit dibanding minuman-minuman manis yang memiliki tambahan gula. Sehingga bisa kamu konsumsi sebagai alternatif pengganti minuman manis seperti soft drink. Kandungan gula yang sedikit dari air kelapa ini bisa mencegah terjadinya diabetes melitus.

Selain itu, manfaat air kelapa juga bisa menurunkan kadar gula darah yang bisa mengatasi diabetes. Ada juga penelitian yang menunjukkan kalau hewan coba yang diberikan air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c lebih rendah. Hemoglobin A1c merupakan indikator jangka panjang adanya penyakit diabetes.

Masih seputar untuk mengatasi diabetes, air kelapa ini juga mengandung magnesium yang baik. Sehingga manfaatnya adalah meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Hal ini sudah diteliti pada orang yang mengalami diabetes tipe 2 dan prediabetes.

6. Memiliki kandungan antibakteri

Kali ini, akan dibahas soal manfaat air kelapa untuk kecantikan. Kamu pasti sering melihat ‘kan produk skincare yang memiliki kandungan coconut water? Nah, soalnya air kelapa memang memiliki zat antibakteri. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran maupun sisa makeup, minyak berlebih, hingga bakteri penyebab jerawat. Selain itu, zat antibakteri di air kelapa juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun alias mendetoks tubuhmu secara alami.

7. Menghambat penuaan (aging)

Kalau kamu ingin selalu tampak awet muda, konsumsi saja air kelapa secara rutin dengan bijak. Soalnya, air kelapa memiliki kandungan Cytokinins yang memiliki manfaat untuk menghambat penuaan pada sel-sel tubuh. Selain itu, kandungan ini menyebabkan manfaat air kelapa yang bisa kamu dapatkan adalah sel-sel bisa beregenerasi dengan baik.

Belum lagi, air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penuaan. Manfaat ini nggak hanya bisa kamu dapatkan pada sel-sel di dalam tubuh, sel-sel kulit pun juga akan lebih muda.

8. Mencegah risiko penyakit ginjal

Manfaat air kelapa kali ini adalah dapat mencegah risiko terjadinya penyakit ginjal. Kok bisa, ya? Ya, seperti yang kamu tahu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal seperti batu ginjal. Nah, air kelapa ini bisa kamu konsumsi sebagai alternatif untuk mencukupi cairan tubuh.

Penelitian pada hewan coba menunjukkan bahwa air kelapa bisa mencegah pembentukan kristal pada ginjal maupun saluran urin. Kristal pada urin sendiri dibentuk oleh penumpukan kalsium, oxalate, dan zat lainnya. Air kelapa ini juga membantu mengurangi adanya produksi radikal bebas akibat kandungan oxalate yang tinggi di urin. Namun, soal hal ini masih perlu banyak penelitian lebih lanjut.

9. Membantu menjaga elastisitas kulit

Kali ini adalah manfaat air kelapa untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan. Kandungan air yang tinggi sekitar 94% pada air kelapa tentunya bisa membantu menghidrasi kulitmu sehingga terasa lebih halus dan kenyal. Cocok nih sebagai solusi buat kamu yang memiliki masalah kulit kering.

Belum lagi pada air kelapa ini terdapat elektrolit dan juga enzim-enzim yang bisa membantu merevitalisasi sel-sel termasuk sel kulit agar lebih sehat elastis. Untuk kesehatan kulit, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bisa membantu memproduksi kolagen untuk menjaga elastistas kulit.

10. Membantu menjaga kesehatan jantung

Masih ada lho manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuhmu, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi air kelapa bisa mencegah kadar kolesterol,  trigliserida dalam darah, dan mengurangi perlemakan hati. Perlu kamu tahu bahwa kolesterol dan trigliserida yang tinggi memang berisiko meningkatkan penyakit jantung. Namun mengenai dosis seberapa banyak air kelapa yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala penyebab penyakit jantung, masih perlu penelitian lebih lanjut.

11. Membantu upaya penurunan berat badan

Ternyata manfaat air kelapa ada lagi lho, yaitu membantu upaya penurunan berat badan. Perlu diingat nih Girls, bahwa air kelapa ini hanya membantu, bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Karena prinsip menurunkan berat badan adalah dengan mengontrol asupan makan dan juga meningkatkan aktivitas fisik. Kalau nggak ada upaya tersebut, minum air kelapa saja bakalan percuma.

Peran air kelapa dalam penurunan berat badan ini karena air kelapa sangat sedikit mengandung kalori, lemak, dan juga karbohidrat. Sementara itu kandungan serat yang dimiliki bakalan membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan air kelapa sebagai alternatif kalau ingin minum minuman manis tanpa khawatir kalori yang diasup berlebihan.

Nggak hanya itu, air kelapa ini juga punya kandungan asam laurat yang bisa kamu konsumsi saat perut kosong untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh meningkat, penurunan berat badan juga bisa lebih cepat. Kemudian, kandungan mineral kalium di air kelapa bisa membantu mengontrol natrium. Perlu kamu tahu, jika tubuh kebanyakan natrium, maka kamu akan merasa haus terus. Berat badan malah bisa meningkat deh karena konsumsi cairan yang kebanyakan.

Nah, manfaat air kelapa memang banyak banget ‘kan, Girls? Nggak ada alasan lagi deh untuk nggak suka dengan air dari buah yang bernama ilmiah Cocos nucifera ini. Namun, untuk mendapatkan beragam manfaat di atas, kapan ya konsumsi air kelapa yang dianjurkan? Nggak usah bingung, karena masih ada nih yang mau Hai Gadis kasih tahu ke kamu.

Waktu yg tepat untuk konsumsi air kelapa

Sebenarnya mengonsumsi air kelapa kapan pun kamu menginginkannya, boleh-boleh saja kok. Kamu akan tetap mendapatkan manfaat dari air ajaib tersebut. Namun, ada nih beberapa waktu spesifik yang tepat untuk konsumsi air kelapa agar manfaatnya lebih efektif.

a. Pagi hari saat perut kosong

Waktu untuk konsumsi air kelapa salah satunya adalah di pagi hari saat perut kosong. Air kelapa ini memiliki kandungan asam laurat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan membantu berat badan. Asam laurat merupakan zat yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan juga antiperadangan. Konsumsi air kelapa di pagi hari pun akan membuat tubuhmu lebih sehat seperti didetoks.

Selain itu untuk ibu hamil, air kelapa yang dikonsumsi di pagi hari bisa mencegah terjadinya dehidrasi dan konstipasi (sembelit). Bahkan bisa meredakan morning sickness dan nyeri dada yang menjadi gejala kehamilan.

b. Sebelum dan setelah olahraga

Karena air kelapa bisa membantu hidrasi tubuhmu, waktu konsumsi air kelapa yang tepat adalah sebelum dan sesudah berolahraga. Sebelum berolahraga, air kelapa akan menjaga hidrasi tubuhmu sekaligus meningkatkan energi. Lalu setelah olahraga, air kelapa bermanfaat mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang. Jadinya, kamu nggak akan merasa pusing, kehausan, maupun lelah yang berlebihan setelah berolahraga.

c. Sebelum dan sesudah makan

Waktu untuk konsumsi air kelapa yang efektif selanjutnya adalah sebelum dan sesudah makan. Minum segelas air kelapa (tanpa tambahan apa pun) sebelum makan bisa membuatmu lebih dapat mengontrol porsi makan agar nggak kelebihan. Kalau sesudah makan, air kelapa ini bisa membantu proses pencernaan makanan dan mencegah kembung.

d. Sebelum tidur

Sebelum tidur juga termasuk waktu untuk konsumsi air kelapa yang tepat nih, Girls. Minum air kelapa, secara nggak langsung akan membuatmu menghirup aromanya juga. Aroma air kelapa yang enak dan nyaman memiliki efek psikologis untuk mengurangi kecemasan serta membuat detak jantung lebih rileks.

Selain itu, air kelapa ini akan membuat stres berkurang dan membuat pikiran lebih tenang. Kalau tubuhmu rileks, maka tidurmu juga akan lebih berkualitas. Belum lagi nanti saat bangun tidur, air kelapa akan membantu pengeluaran racun dari tubuh dan juga mencegah kencing batu.

e. Setelah mengonsumsi alkohol atau saat mengalami efek dari alkohol

Mungkin bagi sebagian orang yang sering mengonsumsi alkohol, akan mengalami mabuk, rasa haus berlebih, mual, hingga sakit kepala. Nah, air kelapa bisa diminum saat mengalami gejala-gejala tersebut. Air kelapa akan membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang, menyeimbangkan elektrolit, dan meredakan mabuk.

Itulah ulasan mengenai kandungan, manfaat, dan juga waktu yang tepat untuk konsumsi air kelapa. Manfaat air kelapa tentu akan lebih efektif jika dikonsumsi pada waktu yang tepat. Oh ya, mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan, akan selalu ada penelitian terbaru yang lebih akurat. Sehingga, tetaplah bijak mengonsumsinya ya, Girls.

Referensi

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *