15 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

2 minggu lalu   |     |   by Hai Gadis

Daun Kemangi

Kemangi memang mudah ditemukan dimana saja dan kapan saja. Tidak jarang kita menemukannya ketika makan di rumah makan dan rstoran. Biasanya daun kemangi ini disajikan sebagai lalapan. Misalnya, saat kita menyantap pecel lele, biasanya di situ ada daun kemanginya. Selain disantap sebagai lalapan, daun kemangi juga diolah untuk memasak makanan khas Indonesia. Misalnya, kemangi digunakan untuk memasak ayam woku, pepes ikan mas, dan nasi bakar teri kemangi. Namun, selain digunakan sebagai bahan masakan, ternyata ada beberapa manfaat daun emangi bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui.

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa daun kemangi bisa digunakan sebagai lalapan, disajikan bersama makanan yang lain. Siapa sangka, ternyata daun ini bisa memberikan banyak manfaat lainnya. Misalnya, daun kemangi bisa mengatasi gangguan bau mulut. Masyarakat China pun menggunakan daun kemangi untuk mengatasi sengatan serangga, sakut perut, dan sebagai obat infeksi. Negara-negara lainnya seperti Filipina, Meksiko, dan Yunani juga memanfaatkan daun ini untuk obat tradisional.

Daun kemangi mengandung vitamin A, B, C, K, magnesium, zat besi, kalsum, fosfor, dan folat namun tidak dalam kuantitas yang besar. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh daun kemangi untuk kessehatan tubuhmu, yaitu:

1. Mengajaga kesehatan indra penglihatan

Mata – Photo via ustereyes.com

Vitamin A yang terkandung pada kemanggi bisa membantumu mengatasi masalah pada indra penglihatan. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik bagi indra penglihatan. Selain pada daun kemangi, sebenarnya vitamin A juga bisa kita temukan pada wortel. Mengonsumsi daun kemangi dan wortel memang bisa memberi efek yang baik bagi kesehatan mata.

Untuk mendapat manfaat dari daun kemangi sebagai obat untuk menjaga kesehatan mata, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara membuatnya menjadi minuman atau menyantapnya langsung sebagai lalapan. Sebenarnya, kandungan vitamin A yang dimiliki daun kemangi tidak sebanyak jumlah vitamin A yang dimiliki wortel. Namun, jumlah yang dimiliki daun kemangi masih dalam porsi yang cukup jadi masih bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata jika kamu tidak memiliki wortel di rumah.

2. Menangkal depresi

Depresi – Photo via healthline.com

Daun kemangi bisa membantumu melawan dan menangkal dan melawan depresi. Zat yang ada pada daun kemangi bisa mengatur hormon dalam tubuh sehingga menimbulkan energi dan rasa bahagia. Zat alaminya juga mampu membuat pikiranmu merasa tenang, meningkatkan daya ingat, dan membantu agar tubuhmu tidak cepat merasa kelelahan.

Daun kemangi mengandung antidepresan yang bisa menangkal stress. Daun ini bisa mengendalikan tekanan darah, kadar lipid, dan gula darah. Ya, daun kemangi bisa digunakan untuk mendapatkan mental yang sehat.

3. Mengatasi diabetes

Manfaat daun kemangi - Mengatasi diabetes

Diabetes – Photo via diabetesqld.org

Kadar gula yang tinggi pada tubuh bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes. Salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes adalah mengonsumsi gula secara berlebihan. Penyakir diabetes bisa memicu penyakit lain misalnya penyakit jantung. Salah satu obat alami yang bisa kamu peroleh manfaatnya adalah daun kemangi.

Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai lalapan. Namun, sebelumnya, kamu harus mencucinya hingga benar-benar bersih.

Untuk hasil yang lebih baik, sebelum mengonsumsi daun kemangi, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mempertimbangkan apakah manfaat dari mengonsumsi daun kemangi bisa bekerja dengan baik pada tubuhmu.

Pengidap penyakit diabetes bisa mengonsumsi daun kemangi karena daun kemangi ini bisa melepaskan gula dalam darah. Di dalam daun kemangi juga ada minyak atsiri yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Inilah jawaban yang tepat bagi para penderita diabetes. Minyak atsirinya bisa mengurangi trigliserida. Mengonsumsinya secara teratur dan rutin bisa membantu pelepasan gula yang berlebihan yang bisa menyumbat aliran darah.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sistem Pencernaan – Photo via alison.com

Daun kemangi ternyata juga bisa mendatangkan efek bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh, termasuk lambung. Daun kemangi diklaim mampu mencegah gejaja akibat terlukanya lambung.

Selain itu, daun kemangi juga diklaim mampu menurunkan kadar asam lambung sehingga lambung tidak mudah terluka. Daun ini juga mampu menyeimbangkan kondisi asam dalam tubuh dan membuat tubuh berada pada kadar pH yang tepat.

Dengan setengah sendok teh kemangi kamu bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat karena asam lambung yang menurun.

5. Mengatasi penyakit demam dan bantuk

Demam – Photo via aboutkidshealth.ca

Untuk mencegahmu terkena demam, kamu bisa mengonsumsi daun kemangi ini dengan cara yang sederhana dan mudah. Kamu tinggal merebus daun kemangi lalu meminum air rebusannya. Lakukan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam satu hari sehingga kamu bisa sembuh dari flu. Air rebusan ini sangat cocok diminum ketika musim hujan dan pancaroba. Jika kamu mau mengatasi demam karena penyakit flu, kamu tinggal mengunyah daun kemangi ini.

Untuk meredakan batuk, kamu tinggal mencampurkan beberapa daun kemangi dengan cengkeh. Keduanya diseduh dalam air yang sudah mendidih. Tunggu minuman ini sampai dingin. Jika sudah dingin, segeralah diminum. Mengonsumsinya secara teratur juga bisa mengatasi batuk. Kemangi juga bisa menghangatkan tubuhmu sehingga tubuhmu merasa nyaman.

6. Membuat kulit lebih sehat

Manfaat daun kemangi - Membuat kulit lebih sehat

Kulit Sehat  – Photo via patchmd.com

Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Hal ini merupakan berita baik bagi kamu yang sering berjerawat, karena sifat inilah yang membuat daun kemangi mampu mencegah datangnya jerawat sehingga penampilanmu pun bisa tetap terjaga. Daun kemangi mampu membersihkan kulit dari minyak. Daun ini juga mampu mengatasi kotoran pada pori-pori. Menarik, bukan? Jadi kamu tidak perlu membeli produk skincare untuk kulit berjerawat yang mahal. Cukup dengan daun kemangi saja.

7. Mengatasi bau mulut dan bau badan

Bau Mulut  – Photo via caringsmilesfd.com

Jika kamu memiliki bau mulut, kamu bisa ikuti cara mudah yang satu ini. Kamu tinggal mencampurkan air perasan daun kemangi dengan beluntas dan kunyit. Minumlah dengan rutin dan teratur. Hasilnya, bau mulut pun akan hilang. Daun kemangi memang punya aroma yang harum sehingga cocok dijadikan obat untuk menangkal bau mulut.

Kalau kamu punya masalah dengan bau badan dan bau mulut, kamu bisa mengatasinya secara alami, yaitu dengan memanfatkan daun kemangi. Selama tiga hari berturut-turut, cobalah untuk meminum air rebusannya. Kemangi dipercaya bisa membunuh kuman penyebab bau mulut dan bau badan, bahkan bau ketiak sekalipun.

Banyak yang mempercayai bahwa bau ketiak bisa diusir dengan mengonsumsi daun kemangi. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai lalapan. Kalau kamu tidak suka dengan rasanya, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman atau campuran dalam bahan masakan untuk memberi aroma wangi. Daun kemangi bisa memberi manfaat ini karena daun kemangi mengandung minyak atsiri. Selain daun kemangi, daun beluntas, daun sirih dan bunga kecombrang bisa mengusir bau ketiak juga.

8. Mengurangi risiko kemandulan

Kemandulan  – Photo via medicalxpress.com

Buat pasangan yang ingin memiliki momongan namun belum tercapai juga, bisa memanfaatkan daun kemangi. Daun kemangi bisa mengurangi risiko kemandulan pada wanita. Daun kemangi bisa merangsang terbentuknya dua hormon, yaitu androgen dan estrogen.

9. Memelihara kesehatan jantung

Kesehatan Jantung  – Photo via youm7.en24.news

Selain berolahraga, menjaga pola hidup, dan mengatur pola makan yang seimbang, memelihara kesehatan jantung pun bisa dilakukan dengan mengonsumsi daun kemangi. Kandungan magnesium dan mineralnya bisa membantumu dalam menjaga kesehatan jantung.

10. Melawan radikal bebas

Radikal Bebas  – Photo via oxygenmag.com

Kandungan apigenin pada daun kemangi dipercaya mampu melawan radikal bebas yang bisa jadi ancaman bagi tubuhmu. Radikal bebas bisa membuatmu terkena penyakit. Jadi, kamu harus waspada dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Salah satu caranya dengan mengonsumsi daun kemangi.

Antioksidan dalam daun kemangi memang bisa menangkal dan melawan radikal bebas. Selain itu, zat eugenol yang ada di dalamnya bisa mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur.

11. Mempercepat penyembuhan luka

Luka  – Photo via bioalternatives.com

Saat ini belum ada penelitian langsung yang dilakukan pada manusia, dan hanya sebatas pada hewan saja. Namun, beberapa orang percaya bahwa daun kemangi memang memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Sifat anti inflamasi dan antimikrobanya bisa mencegahmu terkena infeksi dan iritasi akibat luka.

12. Bermanfaat untuk pertumbuhan tulang

Tulang – Photo via infinitecbd.com

Kandungan fosfor dan kalsiumnya sangat baik untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor memang salah satu zat penting dalam pembentukan tulang. Selain itu, daun ini juga bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Menakjubkan, ya?

13. Mengatasi kembung

Kembung – Photo via abcnews.go.com

Jika perutmu terasa kembung, kamu bisa memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasinya. Cara penggunaannya pun sangat mudah dan tidak ribet. Kamu tinggal rebus air secukupnya seperti biasa, kemudian masukkan daun kemangi, bawang merah, dan minyak kelapa. Gunakan racikan ini dengan mengoleskannya pada perut yang kembung.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan memberi hasil bahwa daun kemangi memang memiliki sifat antivirus dan antikanker. Selain bisa mengusir nyamuk, orang-orang dari Yunani biasa menggunakannya untuk mengobati luka akibat sengatan kalajengking. Sedangkan orang Roma seringkali memanfaatkannya untuk mengatasi perut kembung dan mengatasi keracunan.

14. Mengatasi penyakit sariawan

Manfaat daun kemangi - Mengatasi penyakit sariawan

Sariawan – Photo via alodokter.com

Pastinya kamu pernah mengalami sariawan bukan? Rasanya sangat perih dan bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Namun, jangan khawatir karena ada solusinya. Sebenarnya, masih banyak yang belum tahu bahwa salah satu manfaat daun kemangi bisa digunakan untuk mengatasi sariawan. Caranya, segera ambil beberapa helai daun kemangi. Jangan lupa untuk mencucinya hingga benar-benar bersih. Kunyah daun kemangi itu sampai halus, selama kurang lebih 2-3 menit. Jika sudah halus, telan daun kemanginya. Segeralah minum air putih hangat. Jika kamu ingin hasil yang optimal, kamu bisa lakukan ini secara teratur, tiga kali dalam satu hari.

15. Mengobati panu

Panu – Photo via makelifenatural.com

Terserang penyakit panu memang tidak mengenakkan karena bisa menimbulkan rasa gatal pada tubuh. Tapi tenang saja, karena salah satu manfaat dari daun kemangi adalah untuk mengobati panu seperti yang Hai Gadis kutip dari salah satu artikel di blog Universitas Semarang yang berjudul “Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan“. Caranya pun tidak sulit dan cukup sederhana. Kamu tinggal mencuci segenggam daun kemangi. Haluskan daun kemangi yang telah dicuci. Campurkan daun kemangi dengan air kapur sirih. Oleskan ramuan ini ke kulit yang terkena panu secara merata. Lakukanlah hal ini secara teratur. Paling tidak dua kali dalam satu hari.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari daun kemangi. Kamu bisa berkonsultasi dengan doktermu juga jika ingin mengonsumsi daun kemangi. Ya, mulai dari sekarang, kamu bisa dengan rutin mengonsumsinya untuk menjaga kesehatanmu.

Buat kamu yang kurang suka kemangi karena pahitnya, apa masih ragu-ragu untuk memakannya? Padahal, daun ini menyimpan sejuta manfaat dan punya zat-zat yang mampu menyehatkan tubuhmu. Jika kamu memakannya, kamu pun bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi, tunggu apa lagi, kamu bisa rasakan manfaat dari daun kemangi mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *