Nostalgia! Ini Lho 12 Film Barbie Terbaik Sepanjang Masa

By Hai Gadis

Siapa nih yang masa kecilnya suka nonton film Barbie? Film Barbie terbaik bisa dibilang berjaya di tahun 2000an. Pada saat itu ada banyak film Barbie yang mengambil cerita dongeng klasik yang penuh fantasi. Nggak heran jika film Barbie disukai oleh segala kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Film Barbie sendiri merupakan sebuah film franchise produksi dari Mattel, produsen mainan dari Amerika yang juga menghasilkan Hot Wheels dan Matchbox. Film ini fokus pada karakter utama Barbie, sebuah boneka mainan anak-anak paling populer di dunia. Seperti bonekanya, sosok Barbie digambarkan memiliki tampilan yang cantik dan memiliki hati yang baik.

Hingga tahun 2021 lalu, Mattel telah menghasilkan banyak film Barbie dengan cerita-cerita yang seru dan imajinatif. Nah buat kamu yang ingin bernostalgia, berikut beberapa film Barbie terbaik yang wajib kamu tonton!

1. Barbie in the Nutcracker (2001)

Film Barbie Terbaik

photo via reviewsgroups.wordpress.com

Barbie in the Nutcracker merupakan film Barbie pertama Mattel yang dirilis tahun 2001 silam. Film Barbie ini dimulai dengan adegan Barbie yang tengah berlatih balerina dengan seorang anak bernama Kelly. Namun Kelly mengalamai kesulitan selama berlatih dan membuatnya putus asa.

Untuk menghibur Kelly, Barbie pun menceritakan mengenai kisah seorang anak yatim piatu bernama Clara dengan sebuah nutcracker (boneka kayu pemecah kacang) yang tiba-tiba hidup di suatu malam.

Dalam kisahnya, Clara mendapat sebuah kado natal berisi boneka nutcracker dari seorang bibinya. Namun suatu malam, Clara mendapati boneka nutcracker tersebut hidup dan tengah melawan raja tikus. Tanpa sengaja Clara terkena sihir raja tikus yang membuatnya menyusut menjadi seukuran tikus.

Clara kemudian melakukan petualangan dengan nutcracker dan masuk ke dunia fantasi untuk mencari Putri Sugarplum yang dapat mematahkan sihir raja Tikus yang jahat.

2. Barbie as Rapunzel (2002)

Film Barbie Terbaik

photo via ingeniovirtual.com

Kemudian ada Barbie as Rapunzel yang dirilis pada tahun 2002. Film Barbie ini merupakan salah satu yang paling populer karena menghadirkan kisah dongeng putri klasik berjudul Rapunzel dengan banyaknya keajaiban yang dihadirkan.

Kisahnya sendiri menceritakan tentang Rapunzel yang memiliki rambut panjang nan ajaib. Rambut panjang Rapunzel ini bermula ketika ia dikurung di kastil tersembunyi oleh sang wanita jahat bernama Gothel, yang memiliki tujuan untuk memanfaatkan rambutnya untuk membuat dirinya awet muda.

Suatu hari Rapunzel menemukan sebuah tangga rahasia menuju sebuah ruangan tua di bawah kastil itu. Di sana ia menemukan sebuah sikat rambut perak dan juga sebuah lorong yang menuju ke desa terdekat. Di desa tersebut, ia bertemu dengan Pangeran Stefan dan mereka menjadi dekat. Namun pertemuan mereka diketahui oleh Gothel yang jahat. Hal tersebut membuat Gothel mengurung Rapunzel di sebuah menara tinggi tanpa pintu.

Namun siapa sangka jika sikat rambut yang ditemukan Rapunzel, ternyata memiliki kekuatan ajaib. Apapun yang dilukis oleh Rapunzel dengan kuas tersebut semuanya akan menjadi nyata. Rapunzelpun melukis jalan keluar dari menara dengan menciptakan jalan rahasia menuju taman istana dan terus bertemu dengan Stefan.

3. Barbie of Swan Lake (2003)

Film Barbie Terbaik

photo via imdb.com

Film Barbie terbaik berikutnya adalah Barbie of Swan Lake yang rilis pada tahun 2003. Film Barbie ini menceritakan tentang kisah seorang perempuan bernama Odette yang suatu hari bertemu dengan unicorn dan kemudian mengikutinya masuk kedalam hutan.

Sayangnya, di dalam hutan tersebut, ia tidak sengaja melihat pertempuran yang terjadi antara Ratu Peri dengan penyihir jahat bernama Rothbart. Ratu Peri mengatakan kepadanya bahwa dia ditakdirkan untuk mengalahkan penyihir Rothbart.

Odette pun takut terlibat dan memilih untuk keluar hutan, namun Odette dihadapkan oleh Rothbart yang menyihirnya menjadi menjadi angsa putih. Berkat bantuan ratu peri, sihir tersebut pun tidaklah begitu sempurna karena Odette tetap dapat menjadi manusia di siang hari, dan hanya menjadi angsa di malam hari. Odette pun berusaha untuk mengalahkan kejahatan sang penyihir dan mematahkan sihir yang ia dapatkan.

4. Barbie as the Princess and the Pauper (2004)

Film Barbie Terbaik

photo via imdb.com

Barbie as the Princess and the Pauper juga menjadi salah satu film Barbie terpopuler dengan original soundtrack yang keren-keren. Film Barbie ini menceritakan tentang seorang putri bernama Anneliese yang harus dijodohkan dengan raja muda bernama Dominick. Namun, Anneliese rupanya sudah memiliki orang yang ia sukai bernama Julian.

Suatu hari, Anneliese tiba-tiba menghilang dan diculik oleh menteri jahat yang haus kekuasaan dan gak rela Annaleese menikah. Mengetahui pujaan hatinya menghilang, Julian pun berusaha mencari keberadaan Annaliese, sampai akhirnya ia bertemu dengan Erika, seorang gadis yang berprofesi sebagai penjahit.

Julian pun meminta bantuan Erika untuk menyamar sementara sebagai Annaliesse lantaran keduanya memiliki wajah mirip meski warna rambut mereka berbeda. Erika akhirnya menggantikan Annalise dan bertemu dengan Raja Dominick. Keduanya pun jatuh cinta sementara di sisi lain, Julian tetap berusaha untuk menyelamatkan Annaliese.

5. Barbie: Fairytopia (2005)

Film Barbie Terbaik

photo via barbie.fandom.com

Selanjutnya ada Barbie: Fairytopia yang rilis pada tahun 2005 llau. Film Barbie ini menceritakan tentang Elina, seorang peri bunga yang hidup di sebuah negeri indah yang terletak di ujung pelangi bernama Fairytopia. Elina dilahirkan dengan kekurangan yaitu tanpa sayap sehingga otomatis ia tidak bisa terbang. Namun kekurangannya tersebut membuat Elina menjadi olok-olok para penduduk Fairytopia lainnya.

Suatu ketika datang Laverna, seorang penyihir jahat yang menyihir semua bunga dan segala suatu yang indah termasuk sayap para peri yang membuat mereka tidak bisa terbang. Elina kemudian menjadi harapan terakhir bagi Fairytopia untuk bisa lolos dari cengkraman Laverna.

Dalam petualangannya, Elina berhasil mengumpulkan sejumlah sahabat yang tak kalah unik. Mereka pun harus menembus hutan gelap, kota yang belum pernah dilihat sebelumnya, bagian bawah laut hingga istana sang penyihir jahat untuk menyelamatkan Fairytopia.

6. Barbie and the Magic of Pegasus (2005)

Film Barbie Terbaik

photo via imdb.com

Barbie and the Magic of Pegasus juga sangat sayang untuk dilewatkan. Film Barbie yang rilis pada tahun 200 ini mengisahkan tentang seorang putri bernama Annika yang dilamar oleh seorang penyihir jahat bernama Wenlock.

Annika yang tidak menyukainya menolak lamaran tersebut. Namun penolakan tersebut membuat Wenlock murka dan membuat kutukan di mana semua masyarakat dan orang orang di istana berubah menjadi patung kecuali Annika.

Annika hanya punya waktu tiga hari untuk mencari Tongkat Cahaya, satu-satunya benda yang cukup sakti untuk mengalahkan Wenlock. Annika pun melakukan petualangan bersama Brietta, saudara perempuannya yang disihir menjadi kuda terbang. Mereka pun berjuang untuk menyelamatkan seluruh kerajaan.

7. Barbie Fairytopia: Mermaidia (2006)

Film Barbie Terbaik

photo via bilibili.tv

Rekomendasi film Barbie terbaik berikutnya adalah Barbie Fairytopia: Mermaidia yang rilis pada tahun 2006. Film ini berupakan sekuel dari Barbie: Fairytopia (2005) dan masih akan fokus pada karakter Elina.

Barbie Fairytopia: Mermaidia sendiri menceritakan tentang Elina yang mendapat kabar bahwa Nalu, teman duyungnya, ditangkap oleh sekelompok penjahat fungi atas suruhan Laverna.

Laverna menginginkan Nalu untuk memberikan arah tempat mendapatkan Immunity Berry, buah berry yang dapat melindungi tubuh dari semua sihir.

Elina pun berusaha untuk mencegah Laverna untuk mendapatkan Immunity Berry. Dibantu oleh teman-temannya, misi pertama mereka adalah untuk membebaskan Nalu. Setelah Nalu bebas, Elina dan kawan-kawan berusaha untuk menukarkan Immunity Berry dengan buah berry palsu yang dapat menunjukkan jati diri asli mereka.

Rencana merekapun berhasil dan membuat Laverna berubah menjadi katak usah memakan berry palsu tersebut. Di lain sisi, Elina yang telah mengorbankan sayapnya dengan ekor duyung juga memakan
buah berry palsu untuk mengembalikan sayap perinya.

8. Barbie in the 12 Dancing Princesses (2006)

Film Barbie Terbaik

photo via pedia.watcha.com

Barbie in the 12 Dancing Princesses juga tak boleh dilewatkan. Film Barbie yang dirilis tahun 2006 ini menceritakan tentang sebuah kerajaan yang dihuni oleh 12 putri yang jago menari. Dari ke 12 putri tersebut, terdapat salah satu putri yang paling jago menari bernama putri Genevieve.

Suatu hari, raja meminta tolong kepada sepupunya bernama Rowena untuk menjaga kedua belas putrinya tersebut. Sayang, Rowena ternyata merupakan sosok yang jahat. Rowena melarang para putri untuk menari lagi.

Hal tersebutpun membuat para putri sedih, namun Genevieve tidak sengaja menemukan pintu yang menghubungkannya dengan tempat ajaib. Di tempat itulah para putri kembali menari dengan bahagia dan sampai melupakan kehidupan mereka di istana.

Disisi lain, Rowena terus menerus menghasut raja agar dirinya dapat menjadi ratu. Rencana jahatnya pun diketahui oleh seorang pemuda pembuat sepatu. Pemuda tersebut kemudian berusaha mencari kedua belas putri untuk memberitahukan kabar akan kejahatan Rowena tersebut.

9. Barbie Fairytopia: Magic of the Rainbow (2007)

Film Barbie Terbaik

photo via imdb.com

Barbie Fairytopia: Magic of the Rainbow merupakan sekuel kedua dari Barbie Fairytopia yang dirilis pada tahun 2007. Film ini kembali akan menghadirkan dunia Fairytopia yang terancam bahaya karena kehadiran Laverna.

Kisahnya sendiri menceritakan tentang Fairytopia yang terancam akan mengalami musim dingin berkepanjangan selama 10 tahun sepuluh tahun jika First Blush tidak mekar.

Elina dan teman-temannya pun harus menarikan tarian musim semi untuk membuat First Blush mekar. Sayangnya belum sempat mereka melakukannya, Laverna si peri jagat muncul kembali dan mengacaukan segalanya. Elina dan kawan-kawan pun mencari cara untuk mengalahkan Laverna dan berjuang untuk membuat First Blush mekar.

10. Barbie as the Island Princess (2007)

Film Barbie Terbaik

photo via imdb.com

Rekomendasi film Barbie terbaik yang wajib ditonton berikutnya adalah film Barbie as the Island Princess yang dirilis pada tahun 2007. Film ini menceritakan tentang seorang gadis kecil yang terdampar di pulau yang hanya berpenghuni hewan saja.

Gadis kecil yang disapa Roe itu pun tumbuh besar bersama 3 teman hewannya, Sagi si panda merah, Princess Azul si burung merak dan Tika si bayi gajah. Suatu hari datanglah seorang Pangeran bernama Antonio bersama asistennya ke pulau tersebut dan mereka melihat Roe

Antonio pun jatuh cinta kepada Roe dan membujuk Roe untuk ikut bersamanya agar Roe bisa menikmati kehidupan bersama manusia seperti dirinya. Roe beserta 3 temannya itu akhirnya ikut bersama Antonio.

Sayangnya kehadiran Roe ditengah keluarga Antonie tidak semanis yang dipikirkan. Roe harus melihat konflik antara Antonie dan kedua orang tuanya yang ingin menjodohkan Antonie dengan Princess Lusiana. Terang saja Antonio tidak mau karena dia sudah menemukan tambatan hatinya yaitu Roe.

Masalah demi masalah pun bermunculan, apalagi Princess Lusiana memiliki ibu yang licik yang akan melakukan berbagai cara untuk merebut kekayaan dari keluarga kerajaan Antonio.

11. Barbie: Mariposa (2008)

Film Barbie Terbaik

photo via barbie.fandom.com

Barbie: Mariposa merupakan spin off dari Barbie: Fairytopia. Film Barbie yang dirilis pada tahun 2008 ini diawali dengan adegan Elina yang tengah menceritakan kisah Mariposa kepada Bibble yang cemas karena ingin bertemu sahabatnya.

Mariposa sendiri merupakan seorang peri kupu-kupu pemalu yang tinggal di Flutterfield, ujung kota dari Fairytopia. Ia bekerja sebagai asisten dari 2 peri kembar, Rayna dan Rayla.

Suatu hari Mariposa mendapat kabar bahwa Ratu Peri di tempat dia tinggal telah diracuni oleh pelayan istananya, yaitu Henna. Padahal keberadaan sang Ratu sangatlah penting bagi mereka karena hanya Ratu yang dapat menerangi Flutterfield.

Melihat kekacauan yang terjadi, Pangeran Carlos kemudian meminta bantuan Mariposa untuk menemukan obat rahasia di ujung daerah tempat tinggal mereka. Mariposa pun memulai petualangan nya untuk menyelamatkan sang Ratu dan Flutterfield.

12. Barbie & the Diamond Castle (2008)

Film Barbie Terbaik

photo via petroldecent.store

Film Barbie terpopuler berikutnya adalah Barbie & the Diamond Castle yang rilis pada tahun 2008 lalu. Film Barbie ini menceritakan tentang dua sahabat yang bernama Liana dan Alexa yang sangat suka bermain musik.

Suatu hari, mereka berjalan-jalan dan tak sengaja bertemu dengan seorang nenek tua yang sedang kelaparan. Liana pun memberikan nenek itu sebuah roti yang dibawanya dari rumah. Sebagai ucapan terimakasih, nenek tua tersebut memberikan mereka sebuah cermin dengan hiasan di pinggirnya.

Namun ternyata di dalam cermin tersebut terdapat seorang perempuan bernama Melody yang terkurung di dalam cermin karena sihir dari penyihir jahat bernama Lydia. Liana dan Alexa pun bersepakat membantu Melody untuk menemukan istana berlian untuk mengalahkan sihir dari Lydia.

Nah itu dia beberapa rekomendasi film Barbie terbaik yang mampu membuat kamu kembali mengenang indahnya masa kecil dulu. Dari deretan film Barbie di atas, mana favorit kalian?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.