Manfaat dan Efek Samping Facial Wajah Yang Perlu Kamu Ketahui

4 bulan, by Hai Gadis

Facial

Bagi wanita, melakukan perawatan wajah seperti menjadi rutinitas agar kulit semakin sehat, sehingga penampilan juga makin cantik. Salah satu metode perawatan wajah yang banyak digemari adalah dengan melakukan facial wajah di salon atau klinik kecantikan. Facial adalah salah satu jenis perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk membersihkan wajah yang dilakukan secara bertahap untuk mengatasi permasalahan tertentu di kulit, seperti jerawat, komedo, keriput, dan lain sebagainya sehingga membuat kulit terlihat lebih segar, sehat dan lebih muda.

Melakukan facial wajah di salon, spa, atau klinik kecantikan biasanya dilakukan untuk membersihkan wajah dan melakukan treatment-treatment tertentu sesuai permasalahan kulitmu. Tentunya, kamu harus memilih tempat yang tepat dan di bawah pengawasan ahli. Jangan sembarangan memilih tempat perawatan, apalagi yang menawarkan harga terlalu murah. Soalnya, prosedur facial wajah yang nggak tepat bisa menimbulkan efek samping pada kulitmu lho. Untuk itu ada baiknya kamu simak tips berikut ini.

Tips sebelum melakukan facial wajah

a. Lakukan facial di tempat yang aman, bersih, dan menggunakan peralatan yang steril

Tempat untuk melakukan facial seperti salon, spa, atau klinik kecantikan ini perlu kamu perhatikan pertama kali sebelum memutuskan untuk merawat wajahmu di tempat tersebut. Untuk menghindari terjadinya efek samping facial wajah, pilihlah tempat yang memang terkenal aman.

Kamu bisa mencari referensi di internet, tanya-tanya teman, saudara, dan lain sebagainya yang pernah facial di sana. Selain itu, pertimbangkan juga apakah tempat tersebut memang higienis dan memiliki peralatan yang steril. Nggak mau ‘kan wajahmu diotak-atik dengan alat yang kurang bersih?

b. Pastikan kamu ditangani oleh terapis yang ahli

Untuk menghindari efek samping facial akibat prosedur yang nggak dilakukan sebagaimana mestinya, pastikan kalau kamu ditangani oleh ahlinya, Girls. Facial wajah tentunya harus dilakukan oleh terapis yang sudah ahli di bidang tersebut, syukur sudah memiliki banyak pengalaman.

c. Pastikan produk perawatan yang digunakan untuk facial wajah aman dan cocok untuk kulitmu

Kalau kamu mendatangi klinik kecantikan, coba deh konsultasikan terlebih dahulu kondisi kulitmu. Boleh juga kok menanyakan tentang produk yang digunakan untuk perawatan facial. Kemudian kamu bisa cari tahu sendiri atau tanyakan sekalian pada ahlinya apakah produk tersebut nggak bereaksi di kulitmu. Jangan sampai deh sudah melakukan facial wajah, kamu baru tahu kalau produknya nggak cocok karena ada efek samping yang nggak kamu inginkan.

d. Lakukan facial untuk tujuan spesifik

Mungkin kamu melakukan facial wajah karena ingin mendapatkan kulit yang lebih bersih, sehat, dan cerah. Namun, treatment facial tentunya akan berbeda-beda tergantung permasalahan di wajahmu lho. Untuk itu, tentukan terlebih dahulu tujuan facial-mu lalu konsultasikan pada ahli di klinik kecantikan tersebut. Dengan begini, kamu sudah melakukan langkah yang tepat untuk meminimalkan terjadinya efek samping facial wajah.

e. Pertimbangkan biaya treatment

Untuk satu kali facial wajah, biayanya bisa berbeda-beda tergantung jenis perawatan yang kamu lakukan lho. Nah, jika kamu sudah menentukan budget untuk suatu perawatan, hindarilah tergoda untuk melakukan perawatan tambahan yang bikin kamu mengeluarkan uang lebih. Lakukanlah facial wajah sesuai kemampuan dan kantongmu ya, Girls. Nggak perlu memaksakan diri kok.

Itu dia tips sebelum melakukan facial yang harus ketahui. Dan berikutnya kamu juga perlu tahu apa saja sih tahapan facial wajah itu.

Tahapan facial wajah

a. Deep cleansing

Umumnya, saat melakukan facial wajah di salon, spa, atau klinik kecantikan, wajahmu akan dibersihkan secara menyeluruh dengan deep cleansing. Wajahmu akan dibersihkan dari sisa-sisa makeup, kotoran, debu, dan lain sebagainya. Oh ya, sambil dibersihkan, wajahmu akan diberikan pijatan ringan yang bikin rileks.

b. Penguapan

Setelah dibersihkan, ada alat khusus untuk penguapan yang tujuannya adalah melebarkan pori-porimu sekaligus melembutkan kulit. Dengan begini, berbagai kotoran di wajah seperti komedo dan sel kulit mati akan mudah terangkat deh melalui keringat.

c. Eksfoliasi / pengelupasan

Selanjutnya, kulitmu akan dilakukan eksfoliasi untuk menghempaskan segala kotoran dan sel kulit mati. Tentunya, metode eksfoliasi yang dilakukan tiap klinik akan berbeda-beda. Dengan pengelupasan ini, akan muncul lapisan kulitmu yang baru yang lebih cerah dan sehat.

d. Pembersihan komedo

Setelah dieksfoliasi, mbak-mbak terapis akan membantu membersihkan komedo di wajahmu hingga tuntas lho. Biasanya, treatment ini dilakukan dengan alat pencabut komedo.

e. Ekstraksi

Kalau proses yang satu ini sih biasanya dilakukan pada kulit yang berjerawat. Dari yang berjerawat tingkat ringan hingga parah, proses ekstraksi tentunya akan berbeda.

f. Pemijatan

Supaya otot wajah lebih rileks dan sirkulasi darah lancar, wajahmu juga akan dilakukan pemijatan saat melakukan facial wajah. Pemijatan ini bakalan memanjakanmu banget dan bisa mengurangi stres.

g. Penggunaan masker

Tahap facial wajah selanjutnya adalah penggunaan masker. Terapis akan mengaplikasikan masker ke wajahmu sesuai permasalahn kulit yang dialami.

h. Penggunaan toner atau astringen

Setelah berbagai treatment di atas dilakukan, kulitmu akan diberi toner setelah facial selesai. Namun jika kulit wajahmu cenderung berminyak, maka akan diberikan astringen untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah.

i. Pengaplikasian pelembap dan tabir surya

Setelah kulitmu bersih dan tahap perawatan selesai, maka kulitmu akan dilindungi dengan pengaplikasian pelembap serta tabir surya.

Dari berbagai tahapan tersebut, tentunya akan ada beberapa manfaat yang kamu dapatkan. Ini dia manfaat facial wajah yang juga perlu kamu ketahui.

Manfaat facial wajah

a. Pori-pori wajah menjadi lebih kecil

Karena berbagai kotoran, komedo, dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori sudah dibersihkan, maka pori-pori wajahmu akan tampak bersih. Pori-pori yang bersih juga akan tampak lebih kecil.

b. Wajah terasa lebih lembap dan halus

Saat facial, wajahmu akan dibersihkan dan diberi pelembap. Tentunya hal ini menjadikan tekstur wajah lebih terasa halus dan lembap.

c. Kulit wajah bebas dari minyak berlebih

Manfaat facial wajah selanjutnya adalah membuat minyak di wajah lebih terkontrol, terutama buat kamu yang memiliki kulit berminyak. Sebab, saat facial, kulitmu akan di-treatment sesuai dengan permasalahan yang dialami.

d. Kulit wajah lebih cerah

Jika kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk sudah hilang, maka sel kulit akan teregenerasi. Sehingga, kulitmu akan tampak lebih bersih dan cerah deh setelah facial.

e. Kulit lebih ternutrisi

Saat facial, wajah juga akan diberi masker sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan kulit. Nah, manfaat facial yang satu ini adalah membuat kulit wajahmu jadi lebih ternutrisi.

f. Jerawat dan komedo berkurang

Jika kulitmu berjerawat, maka akan diberikan treatment khusus untuk mengatasi jerawat sehingga nantinya pun penampilan jerawat akan berkurang. Begitu pula jika kamu melakukan facial khusus treatment komedo, tampilan komedomu pun akan berkurang sehingga wajah lebih mulus.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan melakukan facial wajah. Kamu pun otomatis akan lebih tampil percaya diri dengan kulit wajah yang bersih. Namun, jika facial wajah dilakukan dengan prosedur yang kurang tepat, justru bisa menimbulkan efek samping lho. Kamu pernah nggak Girls, mengalami efek samping setelah facial wajah?

Efek samping facial wajah

Efek samping dari facial wajah bisa jadi karena kulitmu nggak cocok dengan treatment yang dilakukan di suatu klinik kecantikan. Bisa jadi juga karena prosedur yang dilakukan nggak di bawah pengawasan dokter atau ahli kecantikan. Atau, terlalu sering melakukan facial juga bisa kok bikin kulit wajahmu mengalami efek samping. Nah, kalau kamu penasaran, simak deh ulasan HaiGadis soal efek samping facial wajah berikut ini.

1. Kulit kemerahan dan bengkak

Salah satu efek samping facial wajah adalah munculnya kemerahan pada kulit wajah dan noda-noda di bagian wajah yang di-treatment. Hal ini bisa jadi disesbabkan oleh tekanan dari pengelupasan kulit dan proses ekstraksi. Akibatnya, pembuluh darah di kulit wajah akan melebar dan meningkatkan aliran darah menuju kulit wajah. Itulah kenapa wajah jadi kemerahan.

Selain kemerahan, kulit wajah juga bisa bengkak lho karena terjadi penumpukan cairan pada jaringan kulit. Namun, efek ini akan mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu kok. Untuk itu, facial wajah memang sebaiknya dilakukan nggak terlalu sering, yaitu cukup sebulan sekali.

2. Kulit kering dan gatal

Efek samping facial wajah selanjutnya adalah kulit terasa kering dan gatal alias teriritasi. Hal ini bisa saja penyebabnya karena salon / klinik kecantikan menggunakan produk perawatan yang nggak cocok dengan kulit wajahmu. Belum lagi ketika proses eksfoliasi, kulit akan terkelupas sehingga berisiko menjadi kering dan gatal.

Memang sih pada tahapan akhir facial, kulitmu akan diberi pelembap dan tabir surya. Namun tetap saja, sebaiknya kamu menghindari beraktivitas langsung di bawah paparan sinar matahari dalam waktu lama.

3. Dermatitis dan erupsi akneiformis

Dermatitis merupakan kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan ruam, gatal, dan kemerahan. Dermatitis ini bisa menjadi salah satu efek samping facial wajah akibat iritasi atau kulit bereaksi alergi terhadap produk perawatan yang digunakan.

Sementara itu, erupsi akneiformis merupakan kondisi kulit yang menyerupai jerawatan akibat infeksi atau efek samping terhadap obat-obatan. Kalau kedua efek samping ini sudah dialami sih sebaiknya kamu langsung menghubungi dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Kulit jadi jerawatan

Yang habis facial wajah malah mengalami efek samping jerawatan juga ada lho, Girls. Hal ini karena pada treatmet pembersihan saat facial, pori-pori wajah bisa terbuka. Sehingga, bakteri penyebab jerawat bisa dengan mudah masuk ke pori-pori. Belum lagi jika peralatan treatment kurang higienis, tentu sangat memicu adanya jerawat.

5. Wajah tampak berlubang dan pori-pori membesar

Efek samping facial wajah selanjutnya adalah tampilan wajah tampak berlubang dan pori-pori membesar. Hal ini bisa terjadi saat treatment menghilangkan komedo membandel. Bisa saja pori-pori yang terbuka tersebut nggak tertutup dengan baik pada tahapan selanjutnya, sehingga wajah malah tampak berlubang deh.

6. Luka pada kulit wajah

Kulit wajah terluka juga menjadi salah satu efek samping facial wajah yang layak untuk kamu pertimbangkan. Penggunaan alat facial atau jari terapis saat melakukan treatment berisiko merusak lapisan luar kulirmu lho. Hal ini biasanya terjadi saat ekstraksi atau saat pembersihan komedo. Jika tahap ini nggak dilakukan dengan benar, kulitmu bisa terluka. Kulit yang terluka akan berisiko mengalami infeksi lho.

Pastinya kamu nggak mau dong Girls mengalami efek samping facial wajah seperti di atas? Bukannya bikin kulit bersih dan sehat tapi malah menyebabkan masalah. Maka dari itu, memilih tempat untuk facial nggak bisa sembarangan. Sebelum facial, kamu pun juga perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Simak yuk tips sebelum melakukan facial yang perlu kamu perhatikan berikut ini.

Melakukan facial wajah secara rutin boleh-boleh saja kok Girls asalkan nggak terlalu sering. Soalnya, facial juga memberikan beberapa manfaat buat kulit wajahmu. Namun, jangan langsung asal melakukan facial wajah juga lho. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk menghindari terjadinya efek samping facial wajah. Gimana? Setuju, kan?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *