Tips Memilih Pergaulan yang Baik dan Sehat

By Hai Gadis

Menjalin pertemanan memang bisa dilakukan dengan bebas saat ini, tapi kamu harus tahu cara memilih pergaulan yang baik ya girls. Punya banyak teman memang akan membuatmu tampak keren, namun punya circle yang sehat dan suportif akan membuatmu berkembang jadi pribadi yang baik.

Temanmu seharusnya memberikan dampak positif bagi hidupmu, bukannya malah menjadikanmu pribadi yang toxic. Kamu tentu tak ingin kan di cap sebagai pribadi yang menyusahkan orang lain, baik fisik atau mental kan?

Cara Memilih Circle Pertemanan yang Sehat

Supaya kamu tak salah memilih teman, tips dan cara berikut ini akan menolong ketika memilih teman. Jika kamu melakukannya, tak hanya punya teman yang mendukungmu, kamu juga bisa punya circle pertemanan yang membantumu mencapai goals-mu.

Pilih Teman yang Punya Tujuan Sama

memilih pergaulan yang baik

Photo by merahputih.com

Teman dengan tujuan atau goals yang sama akan memotivasimu untuk terus maju meraih impian. Ketika kamu sedih dan butuh motivasi, mereka ada di sampingmu untuk mengingatkan kembali apa tujuanmu yang sebenarnya.

Pergalulan yang positif dengan tujuan yang sama juga akan membantumu berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Kamu juga bisa menjadikan temanmu sebagai sumber motivasimu untuk terus maju.

Jangan Ragu Berteman dengan Teman yang Lebih Sukses

Photo by robert-half.com

Tips selanjutnya dalam memilih pergaulan yang sehat adalah berkawan dengan teman yang sukses. Jika ingin kondisi karirmu berkembang, kamu bisa mengikuti mindset dan kebiasaan yang mereka miliki, sehingga ada peningkatan ke kualitas hidupmu.

Ketika berteman dengan teman yang sukses, mungkin kamu akan merasa minder karena tak bisa mendapatkan apa yang sama dengannya. Tapi ingat, kamu bisa mengubah rasa minder tersebut sebagai penyemangat agar bisa satu tingkat yang sama denganya.

Hindari Teman dengan Sikap yang Buruk

memilih pergaulan yang baik dan sehat

Photo by yoursay.id

Teman yang Suka Mengeluh

Tidak masalah berteman dengan kawan yang sering curhat tentang hidupnya. Sebagai teman kamu bisa menjadi pendengar yang baik untuk meringankan masalahnya. Tapi bagaimana kalau dia banyak mengeluh? Ini bisa jadi senjata makan tuan karena sikap pesismisnya akan merusak kepribadianmu.

Jangan Berteman dengan Mereka yang Melanggar Aturan

Hati – hati ya girls kalau punya teman yang suka melanggar aturan, bisa jadi kamu akan terjebak dengan masalah yang sama dengannya. Misalnya kamu berteman dengan si tukang bolos, lama kelamaan kamu akan melihat kebiasaan sebagai hal yang kecil, jadi kamu malah ikut – ikutan bolos deh.

Teman yang Narsis? Gak Dulu!

Satu lagi nih sifat teman yang menyebalkan, yakni narsis dan merasa lebih baik dari yang lain. Berteman dengan teman yang narsis memang awalnya biasa saja, tapi lama kelamaan kamu akan melihat sifatnya yang self – centered dan tak mau mengalah. Daripada capek hati, mending hindari dulu girls.

Cari Teman dengan Sikap yang Baik

Photo by kompas.com

Dekati Teman yang Rajin

Sifat rajin ternyata tak dimiliki oleh semua orang, lho. Kalau kamu ingin ketularan sifat rajin, kamu bisa coba dekati teman yang punya sifat rajin. Dengan terbiasa memiliki sifat tekun, bekerja keras dan tak gampang menyerah, kamu tak akan kesulitan menghadapi berbagai masalah ke depannya.

Pilih Teman yang Moralnya Baik

Girls, coba deh cek circle pertemananmu, pasti ada kan satu – dua yang punya moral baik dan bisa kamu jadikan panutan? Jika ingin merubah sikapmu dan jadi pribadi yang sopan, tak ada salahnya berteman dengan mereka. Dengan pembawaan positif, secara perlahan kamu juga akan punya sifat yang terpuji.

Jika Memang Memberikan Pengaruh Buruk, Tolak Mereka

cara memilih pergaulan yang baik

Photo by tirto.id

Karena sudah berteman, ada beberapa orang yang tak bisa mengatakan “tidak” pada temannya ketika diajak melakukan sesuatu yang buruk. Jika memang tak suka dengan apa yang mereka lakukan, sebaiknya tolak dengan tegas ya.

Ingat bahwa pergaulan yang buruk nantinya malah akan merugikanmu. Jangan sampai masa depanmu rusak hanya karena teman – temanmu toxic dan tak memberikan dampak positif pada hidupmu.

Hindari Teman Toxic dan Pilih yang Bisa Diajak Berbagi

Mulai sekarang, kamu harus bisa menemukan teman yang ada untukmu dalam suka maupun duka. Memilih teman yang baik menjadi suatu skill yang secara perlahan akan kamu miliki ketika kamu bertambah dewasa.

Menghindari teman yang toxic akan membantumu keluar dari circle toxic mereka. Kamu pun bisa mendapatkan teman yang memang tulus berteman denganmu dan kamu pun bisa jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Kamu bisa lihat seseorang dari teman – temannya lho, girls. Kalau tak ingin di cap buruk, kamu bisa memilih pergaulan yang baik dan sehat. Tak hanya baik untuk mentalmu, tapi baik juga untuk perkembangan dirimu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.