Tips Menggunakan Lulur yang Benar Agar Mulus dan Bersih Maksimal

By Hai Gadis

Lulur menjadi perawatan kulit tradisional yang lestari sampai sekarang. Dulunya lulur hanya bisa digunakan oleh putri raja, namun dengan semakin berkembangnya zaman, setiap orang kini sudah boleh menggunakan lulur. Meski terkesan sederhana, tapi kamu sudah tahu belum tips menggunakan lulur yang benar?

Pemakaian lulur dengan cara yang tepat akan membuat kulit jadi lebih cerah, bersih dan juga halus. Sayangnya banyak orang masih salah dalam menggunakan lulur, sehingga kulit jadi iritasi dan kering. Supaya kulitmu tetap sehat setelah pemakaian lulur, kamu bisa lakukan tips luluran berikut ini ya, Girls.

Cara Menggunakan Lulur

1. Pilih Jenis Lulur Sesuai Jenis Kulit

Ada dua jenis lulur yang saat ini beredar di pasaran, yakni lulur dengan butiran halus dan kasar. Dengan memilih jenis lulur yang sesuai dengan jenis kulitmu, kamu bisa menghindari kulit mengalami kerusakan.

Kalau kulitmu sensitif, sebaiknya gunakan lulur dengan butiran yang halus, jadi kamu tak akan menyakiti kulitmu. Lulur dengan butiran yang kasar hanya bisa kamu gunakan untuk kondisi kulit yang normal. Pastikan juga kalau lulurmu bisa mengangkat kotoran dan daki secara tuntas.

2. Mandi dengan Air yang Hangat

Umumnya orang-orang akan menggunakan lulur kemudian membilasnya saat mandi. Coba deh mulai sekarang ganti urutannya, kamu bisa mandi terlebih dahulu dengan air hangat, baru pakai lulur setelahnya.

Ketika mandi, kamu bisa menggunakan sabun yang mengandung bahan anti septic. Fungsinya untuk membuat kulit lebih bersih, mempersiapkan kulit, dan membuat lulur bisa terserap dengan sempurna. Air hangat juga bisa membantumu melembutkan kulit lho, jadi proses pengelupasan sel kulit mati tak akan terasa sakit.

3. Menambahkan Baby Oil

Kalau kamu sudah beres mandi, kamu bisa melanjutkan dengan menggunakan baby oil. Kamu juga boleh kok pakai minyak tradisional seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Dengan bantuan baby oil, kulitmu pun jadi lebih lembab dan siap buat kamu lulur.

Tambahan minyak baby oil aka membantu proses pengangkatan kotoran dan kulit mati. Jika sudah kamu oleskan, jangan lupa beri pijatan lembut ya. Selain membuat kulit jadi lebih lembab, peredaran darahmu pun jadi lebih lancar.

4. Sapukan Lulur dengan Gerakan Memutar

Mulai sekarang kamu harus mengaplikasikan lulur dengan gerakan memutar ya Girls. Pasalnya menyapukan lulur kemudian menggosokkannya naik turun malah akan membuat kulit jadi kendor. Kamu juga tak boleh menggosok kulit dengan kencang karena bisa menyebabkan iritasi.

Perhatikan pula bagian tubuh yang ingin kamu oleskan dengan lulur, hindari bagian kulit yang mengelupas, terluka atau terlalu kering. Ada baiknya kamu juga tidak menggunakan lulur pada bagian tubuh yang baru kamu cukur bulu rambutnya karena akan terasa perih.

5. Jangan Buru-Buru Disiram

Tips menggunakan lulur yang benar tapi seringkali dilupakan adalah buru-buru menyiram tubuh setelah pemakaian lulur. Sebaiknya tunggu dulu selama 10 sampai 15 menit ya, jadi kandungan lulur dapat terserap sempurna ke dalam tubuh.

Ketika menyiram lulur, kamu tak harus menggunakan sabun lagi kok, cukup dengan air saja. Gunakan air dingin atau air dengan suhu ruangan, jangan air panas karena akan membuat kulit jadi kering. Kalau tak kuat pakai air dingin, ganti dengan air suam-suam kuku ya Girls.

6. Aplikasikan Pelembab

Menggunakan lulur sama saja dengan melakukan eksfoliasi pada kulit. Karena itu kamu harus membuatnya tetap lembab setelah prosesnya selesai. Caranya dengan mengaplikasikan body lotion, pelembab atau body butter.

Kalau sel kulit mati sudah terangkat dari permukaan kulit, berbagai kandungan dan nutrisi dari pelembab pun bisa lebih maksimal meresap ke kulit. Kulitmu pun bisa jadi lebih cantik, halus dan cerah.

Kesimpulan

Walaupun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tapi kamu tak boleh mengaplikasikan lulur setiap hari ya. Baiknya kamu lakukan seminggu sekali atau dua kali. Jika berlebihan, kulitmu akan jadi kering dan gampang iritasi.

Karea sudah tahu tips menggunakan lulur yang benar, kamu tak boleh lagi sembarangan memakai lulur ya, Girls. Jangan lupa lakukan tiap langkahnya dengan benar ya!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.