10 Merek Susu Rendah Lemak Terbaik Yang Bagus Untuk Diet

4 bulan lalu, by Hai Gadis

Susu rendah lemak terbaik

Susu adalah salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Susu juga memiliki cita rasa yang enak serta kandungan gizi yang baik dan cukup lengkap, seperti protein, vitamin, mineral, lemak, bahkan antioksidan. Selain itu, susu mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi kehilangan masa otot dan membantu pembentukan otot tubuh. Susu pun berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Nah, kamu juga perlu tahu Girls kalau susu ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu susu skim, susu rendah lemak, dan susu utuh (whole milk).

Whole milk atau yang sering disebut susu biasa adalah jenis susu yang kandungan lemaknya masih utuh dan nggak dikurangi. Sementara susu rendah lemak adalah susu dengan kandungan lemak sebanyak 5% dan susu skim adalah susu yang memiliki kandungan lemak kurang dari 0,5%. Namun secara umum, susu memiliki kandungan gizi seperti karbohidrat, lemak, vitamin D, omega 3, dan kalsium yang diperlukan tubuh.

Susu ini terkadang ditakuti saat seseorang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Sebab, susu (whole milk) memang mengandung lemak yang lumayan tinggi, yaitu sebanyak 7,9 gram. Sehingga dianggap hanya akan menambah asupan lemak dan kurang bisa untuk diet. Padahal untuk menurunkan berat badan atau diet, kamu bisa lho mengonsumsi jenis susu rendah lemak maupun susu skim yang kandungan lemaknya lebih sedikit.

Susu rendah lemak ini bisa untuk membantu dietmu karena susu memang diolah lebih lama di pencernaan kamu, jadi nggak akan bikin cepat lapar. Jadi asupan kamu akan lebih terkontrol deh. Selain itu, dengan meminum susu rendah lemak kamu akan tetap bisa memenuhi kebutuhan kalsium, protein, dan vitamin D  tanpa takut kelebihan asupan lemak.

Namun, karena saking banyaknya produk susu rendah lemak yang ada di pasaran, maka kamu harus selektif, Girls. Kamu harus bisa memilih susu rendah lemak terbaik dengan tips-tips sebagai berikut.

Tips memilih susu rendah lemak

a. Pertimbangkan kandungan gizi susu

Saat diet, kandungan gizi suatu makanan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Dalam memilih produk susu rendah lemak terbaik, perhatikanlah tabel kandungan gizi yang tercantum. Memilih susu dengan kandungan lemak yang rendah memang penting, tetapi kamu juga perlu memperhatikan zat gizi seperti karbohidrat. Sebab, karbohidrat juga sangat berpengaruh dalam penurunan berat badan. Pilihlah susu dengan kandungan karbohidrat  (biasanya dari gula) yang nggak terlalu tinggi. Hal ini agar kamu nggak mengonsumsi gula atau pemanis tambahan yang terlalu banyak.

Selain itu, jika kamu memang nggak begitu membutuhkan asupan lemak dari susu, kamu bisa memilih produk susu skim yang memang nyaris nggak mengandung lemak. Oh ya, asupan lemak kamu dalam sehari jangan sampai melebihi 30% dari kebutuhan kalori kamu. Misalnya saja kebutuhan kalorimu sehari 2000 kalori, maka dalam sehari kamu hanya bisa mengonsumsi lemak sebanyak 67 gram. Kalau untuk diet, usahakan asupan lemakmu lebih rendah, ya!

b. Pilihlah bentuk susu yang sesuai kenyamananmu

Bentuk produk susu rendah lemak tentunya bermacam-macam, Girls. Ada yang berbentuk bubuk, cair dalam kemasan kardus, atau dalam bentuk kemasan kecil yang siap minum. Nah, kalau kamu memilih susu bubuk, tentu harus menyeduhnya terlebih dahulu. Untuk bepergian pun susu bubuk cenderung kurang fleksibel. Namun, susu bubuk tentu akan lebih tahan lama asalkan kamu menyimpannya di tempat yang kering dan suhunya sejuk.

Lalu apabila kamu memilih susu dengan kemasan kardus yang isinya banyak, tentu kekurangannya susu ini kurang tahan lama setelah kemasannya dibuka. Oleh karena itu tiap setelah minum kamu harus menyimpannya di kulkas dan menutup kemasannya secara rapat. Sementara susu yang bentuknya kemasan kecil siap minum pastinya lebih fleksibel lagi karena akan langsung habis tiap konsumsi. Susu bentuk ini juga lebih fleksibel, tetapi akan cenderung memiliki harga yang lebih mahal.

c. Pastikan tubuhmu nggak alergi susu

Nggak semua orang bisa mengonsumsi susu dengan normal, lho. Ada juga yang memiliki alergi terhadap susu sapi dalam produk susu rendah lemak. Alergi tersebut misalnya terjadi gatal-gatal. Kalau sudah begini sih kamu perlu berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi. Selain itu, susu sapi juga memiliki protein yang terkadang membuat sebagian orang diare saat mengonsumsinya. Jika terjadi seperti ini, kamu bisa memilih susu jenis lain seperti susu kedelai.

d. Pilih susu dengan rasa yang sesuai seleramu

Biasanya susu rendah lemak tersedia dalam berbagai rasa, nggak hanya yang plain saja. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai seleramu, Girls. Apalagi susu ini nantinya akan sering kamu konsumsi setiap hari. Ada rasa strawberry, cokelat, pisang, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberap tips memilih susu rendah lemak terbaik yang bisa kamu lakukan. Sekarang, saatnya kamu menyimak rekomendasi susu rendah lemak dari HaiGadis berikut ini.

10 rekomendasi merek susu rendah lemak terbaik

1. WRP On The Go

Susu rendah lemak terbaik

WRP On The Go – Photo via wrp-diet.com

WRP On The Go adalah salah satu produk susu rendah lemak terbaik yang recommended untuk kamu. Produk ini tersedia dalam kemasan yang siap minum dan bisa kamu konsumsi seharian dalam dietmu. Kandungan kalsium dan protein di susu ini tinggi serta diperkaya dengan serat. Tentunya, serat juga menjadi zat gizi yang krusial untuk penurunan berat badan. Karena bisa melancarkan pencernaan dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Susu rendah lemak yang satu ini memiliki 4 varian rasa yang bisa kamu pilih, yaitu cokelat, strawberry, kopi, dan original. Kalori dalam susu ini sebanyak 150 kkal, sehingga bisa kamu minum untuk pengganti makan. Kalaupun kamu ingin meminumnya bersama dengan makan juga bisa kok asalkan perhatikan kalori dari makanan yang kamu asup, ya. Kamu bisa meminum susu ini bersama 2 lembar roti tawar misalnya. Atau bisa juga dengan buah-buahan. Harga dari susu ini sekitar Rp 11.000,- untuk kemasan 200 ml.

2. Marigold HL Low Fat Milk

Susu rendah lemak terbaik

Marigold HL Low Fat Milk – Photo via happyfresh.my

Produk susu rendah lemak terbaik selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Marigold HL Low Fat Milk. Susu asal Malaysia ini memiliki klaim yaitu tinggi kalsium dan tinggi protein, serta rendah lemak dan laktosa. Selain itu susu ini juga telah difortifikasi dengan vitamin A, B1, B3, B6, B12, vitamin C, D3, E, dan asam folat.

Produk ini pun memiliki klaim bisa memperkuat tulangmu dan mencegah osteoporosis karena kandungan kalsiumnya 36% lebih banyak. Namun karena kandungan proteinnya 52% lebih banyak, kamu harus memperhatikan asupan protein sehari-hari dari sumber makanan lainnya, ya. Jangan terlalu banyak konsumsi sumber protein seperti daging, telur, ayam, tahu, maupun tempe. Takutnya, asupan proteinmu yang berlebihan bisa berpengaruh memperburuk kondisi ginjal.

Marigold HL Low Fat Milk hadir dalam kemasan ukuran 200 ml, 1 liter, dan 2 liter. Masing-masing sudah dalam bentuk cair yang siap untuk dikonsumsi. Jadi, kamu harus memperhatikan penyimpanan susu ini, ya. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih, yaitu plain, cokelat, strawberry, dan kurma. Kamu bia membeli susu ini seharga Rp 8.500,- untuk kemasan 200 ml.

3. Ultra Milk Low Fat High Calcium

Susu rendah lemak terbaik

Ultra Milk Low Fat High Calcium – Photo via bukalapak.com

Ada lagi nih susu rendah lemak terbaik yang bisa kamu pilih. Kali ini hadir dari brand Ultra, yaitu Ultra Milk Low Fat High Calcium dengan jenis susu UHT (Ultra High Temperature). Susu UHT telah diproses dengan suhu tinggi agar lebih steril dari bakteri patogen. Susu ini selain memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan lemak yang rendah, juga mengklaim bahwa kandungan kalsium di dalamnya mampu diserap tubuh dengan baik.

Susu dengan bentuk cair dan terdiri dari beberapa ukuran kemasan ini memiliki 120 kalori per sajian 250 ml. Kemudian kandungan lemaknya adalah 3 gram dan kalsiumnya 400 mg. Kamu bisa mengonsumsinya sehari-hari. Karena bukan termasuk susu pengganti makanan, kamu bisa meminumnya bersama makan. Asalkan tetap kontrol kalori dalam makananmu, Girls.

Oh ya, karena bentuknya cair, menyimpan susu ini juga harus benar. Jika belum dibuka, kamu bisa menyimpannya di tempat yang kering, bersih, dan sejuk. Namun jika kemasan telah dibuka, simpanlah dalam lemari pendingin dengan suhu 4 derajat Celcius. Kamu bisa membeli produk ini sehrag Rp 19.000,- untuk kemasan 1 liter.

4. Diasweet Litesip Low Fat Milk Powder

Susu rendah lemak terbaik

Diasweet Litesip Low Fat Milk Powder – Photo via happyfresh.id

Susu rendah lemak terbaik yang satu ini hadir dalam bentuk bubuk. Susu ini adalah jenis susu skim yang nyaris nggak memiliki kandungan lemak. Produk ini pun nggak memiliki penambahan gula lho, sehingga memang cocok abis buat diet menurunkan berat badan. Di dalam susu ini pun terdapat kandungan kolin dan kalsium tinggi sehingga sangat membantu memelihara kepadatan tulang kamu.

Susu dengan 2 varian rasa, yaitu cokelat dan vanila ini memiliki jumlah kalori sebanyak 75-an kkal per sajian 20 gram. Jadi, bakalan aman meski kamu konsumsi bersama dengan makan. Susu ini memiliki kemasan kardus di mana di dalamnya terdiri dari beberapa kemasan sachet. Kamu bisa menggunakannya 1 sachet tiap kali minum. Harga susu berukuran 120 gram ini sekitar Rp 35.000-an, Girls.

5. Tropicana Slim Low Fat

Susu rendah lemak terbaik

Tropicana Slim Low Fat – Photo via jd.id

Masih berupa susu rendah lemak berbentuk bubuk, Tropicana Slim Low Fat ini juga recommended untuk kamu konsumsi dalam diet menurunkan berat  badan. Produk ini memiliki klaim rendah lemak dan bebas gula sehingga asupan kalorimu lebih terkontrol. Selain itu, susu ini juga dilengkapi dengan serat alami dari tumbuhan chicory yang akan membantumu merasa kenyang lebih lama.

Serat ini juga bisa membantuk menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lemakn dalam susu ini hanya 0,5 gram lho, tetapi sudah diperkaya dengan vitamin dan mineral. Produk ini juga bebas gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan kalsiumnya pun tinggi untuk membantu kepadatan tulangmu.

Oh ya, susu rendah lemak terbaik yang satu ini memiliki rasa vanilla yang lezat sehingga akan memberi kenikmatan saat kamu mengonsumsinya. Untuk tiap kali minum, kamu cukup melarutkan susu ini sebanyak 4 sdm, ya! Harganya sekitar Rp 78.900,- untuk kemasan ukuran 500 gram.

6. Asahi Dear-Natura Active Soy Protein

Susu rendah lemak terbaik

Asahi Dear-Natura Active Soy Protein – Photo via japanesbeauty.com

Asahi Dear-Natura Anctive Soy Protein pun termasuk dalam susu rendah lemak terbaik yang bisa kamu coba untuk diet. Karena termasuk susu kedelai, produk ini bakalan aman buat kamu yang instoleransi laktosa maupun yang alergi susu sapi. Untuk kamu yang vegan, susu ini pun cocok untuk melengkapi kebutuhan gizimu sehari-hari.

Susu ini kaya akan protein, karena mengandung bahan-bahan yang bersumber protein tinggi. Selain itu, ada kandungan serat pangan larut air dan sporulated lactic acid bacteria powder yang akan menjaga kesehatan pencernaanmu. Produk ini hadir dalam kemasan plastik dengan susu berbentuk bubuk yang kalorinya hanya 80 kkal per sajian. Kandungan lemaknya juga hanya 0,75 gram.

Namun karena kandungan proteinnya tinggi, kamu pun tetap harus mengontrol asupan protein dari makanan. Hal ini agar kamu nggak kelebihan asupan protein yang lama-kelamaan bisa mengganggu fungsi ginjal. Harga produk ini adalah Rp 399.000,- dengan rasa original.

7. Nestle Bear Brand White Tea

Susu rendah lemak terbaik

Nestle Bear Brand White Tea – Photo via sahabatnestle.co.id

Produk susu rendah lemak terbaik yang recommended untuk kamu selanjutnya adalah Nestle Bear Brand White Tea. Diekstrak dari pucuk teh pilihan, susu ini memilki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain rendah lemak dan tinggi kalsium, susu ini pun dilengkapi vitamin A, B1, B2, B6, B12, vitamin C, D, dan vitamin E.

Nggak hanya cocok untuk diet deh, susu ini pun bisa dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatanmu. Dikonsumsi oleh penderita diabetes pun bisa kok karena susu ini nggak mengandung gula. Susu Bear Brand ini seperti yang kamu tahu, hadir dalam kemasan kaleng siap minum. Selain varian rasa white tea, ada juga rasa white malt yang nggak kalah menyehatkan. Harga susu berukuran 140 ml ini adalah Rp 10.000-an.

8. Greenfields UHT Hi-Calcium Low Fat

Susu rendah lemak terbaik

Greenfields UHT Hi-Calcium Low Fat – Photo via blibli.com

Greenfields Hi-Calcium Low Fat ini pun bisa kamu konsumsi sebagai susu rendah lemak untuk diet. Susu UHT ini sesuai namanya memang mengandung lemak yang rendah dan kalsium yang tinggi. Hadir dengan kemasan siap minum, susu ini tentu kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Dalam satu sajian susu ini (250 ml), ada energi sebanyak 110 kkal dengan kandungan lemak sebesar 2,5 gram. Untuk diet, tentu kamu tetap harus mengontrol pola makanmu, Girls. Susu dengan kemasan 1000 ml ini bisa kamu beli seharga Rp 19.000,-. Namun nggak ada varian rasa yang bisa kamu pilih ya, Girls.

9. Indomilk Calci Skim

Susu rendah lemak terbaik

Indomilk Calci Skim – Photo via blogunik.com

Masih ada nih susu untuk diet yang recommended buat kamu. Susu skim yang satu ini diproduksi dari susu segar dan dikhususkan untuk wanita produktif usia 20 – 30 tahun. Cocok banget deh kamu konsumsi untuk diet menurunkan berat badan. Kamu nggak perlu khawatir kekurangan kalsium karena sesuai namanya, susu skim yang satu ini punya kandungan kalsium tinggi. Sehingga bisa mencukupi kebutuhan kalsium untuk kepadatan tulang dan gigi.

Susu ini pun rendah gula lho, sehingga cocok juga bagi penderita diabetes. Indomilk Calci Skim juga dilengkapi dengan karagenan, lesitin kedelai, oligofruktosa, vitamin A, C, B1, dan D3. Bentuk susu ini berupa powder dengan kemasan berupa box berukuran 300 gram. Harganya sekitar Rp 39.000,-.

10. Sunlac Skim Milk Powder

Susu rendah lemak terbaik

Sunlac Skim Milk Powder – Photo via sunlac.com.my

Sunlac Skim Milk Powder juga termasuk susu rendah lemak terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk membantu diet penurunan berat badan. Susu berbentuk bubuk ini dibuat tanpa bahan pengawet maupun zat berbahaya lainnya. Kandungan lemaknya sendiri sangat sedikit dan mampu membantumu menurunkan berat badan.

Susu ini bahkan nggak hanya bisa dikonsumsi untuk diet, tetapi juga bisa digunakan untuk campuran roti, produk permen, dan lain sebagainya. Di dalamnya terdapat kandungan gizi seperti kalsium, protein, serta mineral untuk memelihara tulang, gigi, dan otot yang kuat. Produk susu bubuk yang satu ini meskipun berasal dari New Zealand, sudah memiliki label Halal kok. Untuk kemasan 600 gram, kamu bisa membelinya seharga Rp 99.450,-.

Fakta tentang susu rendah lemak

Yang membuat susu rendah lemak lebih unggul daripada susu biasa adalah dari segi kandungan lemaknya yang lebih sedikit, terutama jenis lemak jenuh. Memang, penelitian menunjukkan bahwa lemak jenuh berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kolesterol, dan lain sebagainya. Namun ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa pernyataan mengenai lemak jenuh bisa mencegah penyakit jantung ternyata nggak bisa dibuktikan.

Mengonsumsi asam lemak jenuh memang berisiko meningkatkan kolesterol LDL (kolesterol buruk), tetapi juga meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang kita butuhkan. Apalagi asam lemak jenuh pun hanya meningkatkan jenis kolesterol LDL pada partikel yang nggak berbahaya. Selain itu, ada penelitian lagi yang menyatakan kalau mengonsumsi susu biasa (whole milk) justru malah lebih efektif menurunkan berat badan.

Hal ini dapat disimpulkan kalau susu rendah lemak memang terkadang efektif, tetapi bukan satu-satunya solusi untuk menurunkan berat badan. Susu rendah lemak hanyalah membantu, bukan dianggap sebagai makanan yang bisa menurunkan berat badan ya, Girls. Karena menurunkan berat badan pada dasarnya adalah mengonsumsi kalori yang lebih sedikit daripada kebutuhan tubuh.

Itulah rekomendasi merek susu rendah lemak terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk membantu diet. Namun perlu kamu ingat bahwa dalam menurunkan berat badan, nggak cukup hanya mengonsumsi susu rendah lemak. Perlu juga kamu mengimbanginya dengan asupan makanan yang sehat untuk diet dengan jumlah kalori yang dibatasi. Selain itu, olahraga secara teratur juga perlu kamu lakukan. Hal ini agar berat badan kamu turun secara sehat dan kamu terbiasa melakukan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Referensi:

  • Kratz M, Baars T, Guyenet S. The relationship between high-fat dairy consumption and obesity, cardiovascular, and metabolic disease. Eur J Nutr. 2013 Feb;52(1):1-24. doi: 10.1007/s00394-012-0418-1.
  • Siri-Tarino PW, Sun Q, Hu FB, Krauss RM. Saturated fat, carbohydrate, and cardiovascular disease. Am J Clin Nutr. 2010 Mar;91(3):502-9. doi: 10.3945/ajcn.2008.26285.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *